Sep 122014
 
Pesawat SU-30MKM melaksanakan Lintas Hormat selesai penembakan

Pesawat SU-30MKM melintas selesai penembakan (photo: TUDM)

Kinabalu – Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) dan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) berhasil melancarkan penembakan misil secara terpadu di Perairan Laut China Selatan sekitar jam 9 hingga 11 pagi. Penembakan yang dilancarkan dari aset TLDM dan TUDM ini, berhasil mengenai sasaran udara dan sasaran permukaan yang disasar pada jarak dan kelajuan yang telah dirancang.

Tembakan rudal KH-31A dari SU 30MKM (photo: TUDM)

Tembakan rudal KH-31A dari SU 30MKM (photo: TUDM)

Dalam penembakan itu, TLDM melepas misil SEAWOLF dari Kapal Diraja (KD) LEKIU ke sasaran udara TGX-2. Manakala misil EXOCET MM40 dari KD KASTURI dan misil SEASKUA dari helikopter TLDM Super Lynx dan misil KH-31A dari pesawat TUDM SU-30MKM melancarkan serangan ke sasaran permukaan. Kesemua misil ditembakkan pada jarak yang dirancang dan tepat mengenai dan memusnahkan struktur sasaran yang dibuat untuk tujuan penembakan.

KD KASTURI menembakkan Misil Exocet MM40 (photo : TLDM)

KD KASTURI menembakkan Misil Exocet MM40 (photo : TLDM)

Penembakan terpadu ini merupakan puncak Latijhan ANGSA 9/2014 yang digelar sejak 1 September dan dijadwalkan berakhir 15 September 14.  Latihan  ini dilaksanakan setiap tahun secara giliran di antara TLDM dan TUDM dengan elemen bantuan dari Tentera Darat Malaysia (TDM), dalam usaha meningkatkan latihan secara bersama (joint) antara semua cabang  ATM khususnya dalam senario peperangan maritim.

KD KASTURI menembakkan Misil Exocet MM40 (photo : TLDM)

KD KASTURI menembakkan Misil Exocet MM40 (photo : TLDM)

Penembakan kali ini membuat sejarah, karena pesawat TUDM, SU-30MKM melaksanakan penembakan misil sejak memasuki inventori ATM pada tahun 2007. TLDM dan TUDM turut melaksanakan kerjasama dalam pengoperasian penembakan dengan menggunakan struktur target permukaan yang sama untuk penembakan misil SEASKUA, KH-31A dan EXOCET MM40. Selain itu, siri latihan penembakan tahunan TLDM yaitu  Operasi TAMING SARI 18/2014 juga turut digabung dan dilaksana sewaktu Eksesais ANGSA 9/2014.

Target Tembakan Exocet MM40 (photo : TLDM)

Target Tembakan Exocet MM40 (photo : TLDM)

Latihan  tahun ini melibatkan aset bantuan dari kedua-dua cabang perkhidmatan sebagai aset untuk keselamatan kawasan, tim sasaran, rakaman dan analisis. Aset TLDM yang terlibat:  KD JEBAT, KD MAHAWANGSA, KD SELANGOR, KD KELANTAN, KD PAHANG, KD MAHAMIRU, KD LEDANG, Bot Tempur CB 90, Tim Penyelam, Weapon Trial and Assesment Team (WTAT), Institut Penyelidikan Sains dan Teknologi Pertahanan (STRIDE), Tim Teknikal Misil dari Depot Peluru dan Letupan TLDM serta helikopter Fennec dan Super Lynx. Sementara aset TUDM yang turut terlibat ialah pesawat SU-30MKM, EC752 dan B200T.

KD LEKIU melancarkan Misil SEAWOLF (photo : TLDM)

KD LEKIU melancarkan Misil SEAWOLF (photo : TLDM)

Kejayaan penembakan misil bersepadu ini telah sekali lagi membuktikan bahawa kesiagaan ATM khususnya TLDM dan TUDM sentiasa di tahap yang tinggi dalam mempertahankan kedaulatan negara. Ia juga sekaligus meletakkan ATM antara pasukan Angkatan Tentera yang disegani di kawasan.

VVIP yang turut hadir bagi menyaksikan penembakan bersepadu (photo : TLDM)

VVIP yang turut hadir bagi menyaksikan penembakan bersepadu (photo : TLDM)

Panglima Tentera Laut, Laksamana Tan Sri Abdul Aziz bin Haji Jaafar, Panglima Tentera Darat, Jeneral Tan Sri Raja Mohamed Affandi bin Raja Mohamed Noor dan Panglima Operasi Udara TUDM Leftenan Jeneral Dato Seri Ackbal bin Haji Abdul Samad TUDM hadir menyaksikan penembakan ini dari platform kapal KD MAHAWANGSA di Perairan Laut China Selatan. Latihan ANGSA 9/2014 dan penembakan misil ini dikelolakan oleh Panglima Armada, Laksamana Madya Dato Mohamad Roslan bin Mohamad Ramli selaku Pengarah Eksesais. Kejayaan Latihan ANGSA 9/2014 membuktikan keupayaan saling khidmat (interperobality) antara elemen dalam ATM. (navy.mil.my).

  109 Responses to “Latihan TLDM dan TUDM di Laut China Selatan”

  1. permisi…!!!

    • Alhamdulillah dapat pertamax…!!!

    • Bagus juga malay bikin latihan2 gini, siap2 menghadapi kekuatan besar dari utara.
      jangan sampe kalo yg utara turun ke LCS trus kita doang yg hadapin

      • tambayaong melayu dah mulai ikut iktan mejengin hasil latihan……..biar dibilang .terbuka………sampai kapan…………….ntar klow ada masalah peralatan,…kayak scorpene gak bisa nyelem,…..tertutup lagi dah……….

    • duel till the end, and stand my ground,

      sebelum theyownitall.includingyou

      duel till the end, and stand my ground

    • Kalau melihat kasus NATO vs Rusia dalam persoalan Ukraina, nyaris terlihat NATO tak bisa berbuat banyak. Crimea lepas dan kini sebagian wilayah Ukraina diduduki Pro-Rusia. NATO berpikir keras, karena yang dihadapi negara nuklir.

      Kisah Ukraina ke depannya, bisa ditarik menjadi pembelajaran.

      Ada sedikit perbedaan dengan kasus klaim China di Laut China.

      Sejumlah negara berhadapan dengan China soal sengketa wilayah: Jepang, Taiwan, Vietnam, Filipina. Kalau Indonesia membiarkan China mencaplok Wilayah Vietnam dan Filipina, maka pencaplokan wilayah Natuna, hanya masalah waktu.

      China tampaknya membagi ke beberapa babak, tentang penguasaannya di Laut China. Sekarang dia keras ke Vietnam dan Filipina. Tidak keras ke Indonesia, karena untuk memecah musuh.

      Saya yakin, jika wilayah sengketa dengan Vietnam dan Filipina sudah dikuasai China, maka dia tinggal menggebuk Indonesia. Saat ini China masih lembut dan tampaknya Indonesia terbuai.

      Setelah beres dengan Indonesia, China akan urus Taiwan lalu Jepang. Tentu China sedang mempersiapkan skenario bentrok dengan AS, saat hendak “menggarap” Taiwan dan Jepang.

      Jepang tentu secara cermat akan mengamati gerakan China. Jika AS dianggap tidak lagi mampu melindungi Jepang dari ancaman China, sudah pasti Jepang akan mengaktifkan arsenal nuklir mereka utk hadapi China di masa depan.

      Indonesia harus putuskan sikap. Kalau China tetap abu-abu soal Laut Natuna, berarti wilayah itu akan dicaplok dikemudian hari.

      • Berani kah pemimpin kita?? kalau pemimpin yg hampir selesai masa jabatannya mungkin “ya”, tapi kalau pemimpin yg baru?? semoga beliau tegas dan tidak plin plan kadang A kadang B

        • yg baru selesai blm tentu jg, krn beliau ahli militer. kl yg baru, bisa jadi iya krn beliau bukan militer.

          iya atau tdk yg fenting bapak2 jendral dan militer yg ada di warjeger, harus di dukung ame rakyat kayak kita2 ini, eh salah kami2 ini.
          kita jg tdk usah ribut sara lagi, yg penting jalan terus dan bekerja sambil selalu bercerita kepada org2 terdekat.

        • Sebagai warga negara yg baik kita jelas akan dukung…makanya mulai skg kita galakkan menanam bambu…pas peristiwa itu terjadi pasti berguna bambunya

      • setuju bung diego,

        kira2 malahan dicaplok dulu baru pada sadar..org kita sadarnya sering telat,

        tapi harapan kami jangan lah… sadar dulu dan siap,

      • China mungkin punya strategi

        Jia dao fa guo yaitu Memperoleh JALUR AMAN untuk menaklukkan negeri Guo
        Merujuk pada kisah Jin Xian Gong (Duke Xian of Jin).
        Negeri Guo(oz) sering menyerang perbatasan Jin.(china)
        Duke Xian kemudian berharap dapat menyeberangi wilayah negeri Yu (Indonesia)

        Negeri Yu (indonesia) ada diantara negeri Jin (china) dan negeri Guo (aushie). Yu memberi izin lewat pasukan Jin, SETELAH Jin menghancurkan Guo, mereka lalu pulang ke Jin sambil menghancurkan Yu di tengah jalan. Yu yang LENGAH dapat dengan mudah dikalahkan.

        Sedangkan Indonesia bisa menganut strategi.” Berteman dengan negeri yang jauh, menyerang tetangga dekat” .Taktik ini diajukan oleh Perdana Menteri Fan Ju dari Kerajaan Qin. Fan Ju (menhan) menganjurkan pada Raja Zhaoxiang (presiden) agar berteman dengan Yan (Rusia) dan Qi (China) yang jauh untuk menyerang Zhao, Han dan Wei (anda tafsirkan sendiri negerinya ) yang negara tetangga sebelah Qin (indonesia).

        Sun tzu berkata “And thus, the weapon not being blunted by use, its keenness remains perfect.”
        Dan dengan demikian, senjata tidak tumpul oleh penggunaan, ketajaman yang tetap sempurna. ”
        Dalam bahasa jawa dapat diterjemahkan “Ora usah tandang gawe, waton alus gelungan e” 😀

        Biarkan tetangga selatan SIBUK dengan kehadiran ancaman baru dari Utara yang membuat mereka paranoid dan demam akan kehadiran China. Sedangkan Indonesia yang digadang bisa dijadikan bemper menhadapi serangan dari utara malah di sia siakan dan dimusuhi, maka kehadiran China langsung di utara mereka membuat bingung dan akan menguras tenaga mereka untuk menyikapinya.

        Sedangkan Indonesia bisa berkonsentrasi menumbuhkan ekonominya dan kekuatan militernya untuk menguatkan sendi sendi pertahanan kedaulatan negeri yang MANDIRI.

        WASPADA dengan segala bentuk ancaman dari utara barat dan timur.

        Sambil mengantisipasi pasukan Jin yang akan menyerang negeri Guo, agar pulangnya tidak menggebuk negeri Yu ini.

        http://jakartagreater.com/berteman-dengan-negeri-jauh-yang-menyerang-tetangga-dekat/

      • Sependapat dg @bung Diego…semangat persatuan Asean harus lebih digalakan.

    • Permisi ikut nimbrung,..

      Perihal peta, gabar peta wilayah China yang menjorok keselatan dan mengiris ZEE Indonesia tidak muncul sebelum tahun 40an, peta tersebut muncul sebagai bentuk tindak lanjut gerakan nasionalisme Mao yang ingin mengembalikan masa kejayaan kekaisaran Tiongkok. Dalam klaimnya wilayah tersebut merupakan wilayah kekaisaran Tiongkok yang “dicuri”, bila menganut peta tersebut maka sebagian semenanjung Indochina baik darat dan laut adalah milik China (termasuk didalamnya Vietnam dan Laos). Meskipun demikian klaim tersebut tidak pernah (dan tidak akan pernah) diakui karena bertentangan dengan hukum yang berlaku saat ini.

      Status ZEE Natuna yang dipandang abu – abu oleh China di satu sisi merupakan bahasa isyarat bagi Indonesia. Yaitu sebagai garansi dan ancaman halus bagi Indonesia untuk tetap mempertahankan sikap “netral”nya. Menekuk Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei adalah persoalan mudah bagi China namun akan menjadi rumit bila Indonesia turut ikut campur. Bukan karena merasa terancam dengan kekuatan militer Indonesia, melainkan karena konsekuensi politik yang akan timbul jika Indonesia ikut terseret masuk. Seperti yang telah diketahui, Indonesia adalah pemilik jalur dagang internasional terpenting di Asia yang menjadikan Indonesia memiliki peran yang sangat “penting” (yang juga menjadi alasan mengapa Malaysia selalu merasa iri pada Indonesia). Segala bentuk agresi atas Indonesia akan memantik reaksi yang “SANGAT” keras dari barat, namun tidak demikian bila China hanya mengusik Vietnam dan Filipina. Secara strategi, dimata China memasukkan Indonesia kedalam konflik akan sama dengan menambah beban yang tidak perlu, bagi China jika bisa mendapatkan LCS dengan usaha seminimal mungkin maka mengapa tidak?! Oleh karena itulah kita masih bisa melihat adanya kerja sama militer antara Indonesia – China yang secara harafiah bisa kita artikan sebagai “sogokan” terselubung, seperti kasus hibah F16 namun yang ini dalam bentuk rudal dll. Tentang Malaysia dan Brunei, mereka ini tergolong negara oportunis terutama Malayshit, jika ada kesempatan mereka akan mengaisnya namun jika keadaan memburuk mereka akan lari. Dalam hal ini Brunei tidak menaruh harapan banyak, jika situasi sudah sulit dan selama kerajaan tidak diganggu maka ia akan mundur. Hubungan simbiosis mutualisme Indonesia-Brunei tercipta dari keinginan Brunei untuk mendapat jaminan keamanan melalui pengaruh Indonesia.

      Masalah ke-strategis-an posisi wilayah Indonesia bisa dikatakan sebagai blessings in disguise, di satu sisi ini mencegah invasi China terus memanjang keselatan dan di sisi lain juga mencegah invasi barat ke Indonesia. Jika barat masuk ke Indonesia maka baik Rusia dan China tidak akan merasa segan – segan lagi untuk turut ikut mencelupkan tangannya disini, dan Indonesia akan menjadi seperti seonggok bangkai bagi segerombolan burung nasar, akan terjadi situasi yang sama seperti di Irak-Siria. Dalam hal ini yang saya khawatirkan justru jika Vietnam dan Filipina menarik konflik ke arah Indonesia. Perumpamaan sederhananya, jika terjadi baku hantam di laut antara Vietnam-Filipina dengan China lalu Vietnam atau Filipina secara sengaja menyerat pertempuran memasuki wilayah laut Indonesia (mendekati Natuna misalnya) ini akan secara tidak langsung memancing Indonesia untuk bereaksi. Permasalahannya adalah, dimana dan dengan siapakah kita kelak akan berpijak?

      Tentang Ukraina, barat menyadari itu adalah sebuah kesalahan yang harus diperbaiki. Sikap mereka yang cenderung mendesak secara ekonomi dan melakukan pendekatan militer halus merefleksikan rasa kekhawatiran mereka akan pecahnya perang besar Eropa / perang dunia jilid 3. Hal ini bisa dilihat juga dari ketidak kompakan dalam tubuh NATO dalam menghadapi Rusia, dan penolakan warga pada politisi mereka agar tidak memantik api perang. Sisa sisa krisis ekonomi besar masih terasa diseluruh Eropa yang menjadikan perekonomian mereka lesu. Karenanya jika perang besar meletus maka Eropa akan jatuh dalam krisis yang jauh lebih besar lagi, dan China-lah yang akan tertawa diatas semua itu. Dan pastinya jika China tertawa terbahak – bahak maka kita negara – negara ASEAN-lah yang akan celaka. Sebab barat akan terlalu disibukkan meladeni Rusia dan mereka tidak akan memiliki cukup sumber daya untuk mengurusi Indochina. Alasannya sederhana, Rusia memiliki arsenal nuklir dan militer yang cukup besar untuk menghadapi Eropa head to head, Barat akan lebih memilih fokus mempertahankan diri mereka dari gerakan militer dan moncong rudal Rusia daripada pelesir ke Indochina. Inilah alasan mengapa Amerika mulai menata militernya dan mengalihkan sebagian besar kekuatannya ke Pasifik, Eropa dirasa cukup untuk menghadapi Rusia tapi Jepang-Korea-ASEAN-Australia tidak akan sanggup menghadapi China walaupun sudah keroyokan. Kurang lebihnya inilah yang saya gambarkan sebagai perang dunia jilid 3. IMHO.

      Salam

      NB: btw bung Diego, Jepang punya arsenal nuklir? Saya baru mendengarnya sekarang. cmiiw

      • Ini saya ambil dari trit sebelah

        STMJ says:
        September 11, 2014 at 12:35 am

        “Nampaknya, helicopter disini akan di plot sebagai unit bantuan tempur dan combat SAR. KCR-40 dan KCR-60 yang berpratoli, Apache yang menjadi tukang gebuk ringan dan Blackhawk yang menjadi unit SAR merangkap combat recce yang bertugas mengintai dan mengarahkan target tembak, langkah yang taktis dan ekonomis saya rasa, imso. Bila dibutuhkan bantuan tempur berat dari udara, Sukhoi atau F16 dapat di deploy di Natuna, bukankah disana sudah ada bandara yang fungsi taktisnya sebagai pangkalan aju. Kalau saja di Natuna juga ditempatkan baterai medium SAM serta unit SSM setara Yakhont/Brahmos hasilnya akan sangat luar biasa. Natuna akan menjadi poros Indonesia untuk mengontrol kawasan, sekaligus mengunci gerak sabah dan serawak.”

        Secara sederhana, alutsista timur (China) counter-nya ya alut sista dari barat. Namun tujuan sebenarnya penempatan heli di Natuna lebih kepada pengamanan Natuna sampai pembangunan pangkalan militer utama selesai dan beroperasi penuh. Itung-itung tugas jaga sambil patroli dan dalam pelaksanaannya kedua jenis heli (apache dan duetnya) dirasa cukup handal dan fleksibel untuk melaksanakan misi tersebut.

      • Jepang belum punya arsenal nuklir,tp punya kemampuan membuat bom nuklir setara dengan china….ma’af kalo salah….

      • Wah.. dah lama banget gak ada ulasan dari bung@STMJ

        terima kasih yah dah kasih pencerahan..

        salam hormat buat @STMJ, sukses selalu

        salam
        HK

  2. Pertamak…

  3. ijin nyimak

  4. bung admin,tolong nanti buat artikel tentang latihan militer negara kita,he he he……,posting fotonya yg banyak,

  5. Kurang ngeh aq….!!!

  6. Numpang lewat

  7. pdo ng ndi iki

  8. ping..!!

  9. semoga bisa memotivasi TNI , penting nya publikasi untuk mengertarkan musuh . jangan semua yg syereem2 di sembunyikan. sehingga bila ada yg ingin memancing coba coba ,jarrak keampuhan TNI , ora sido. di jaman skarang sangat penting media publikasi..

  10. hadir

  11. latihan yang bener ya pakcik. jangan smpe diulang lagi pengalaman mo ngabisin tentara sulu tapi malah bikin acara tebang pohon sawit besar-besaran pake misile + hornet…..kahkahkah

  12. Nyimak dlu…

  13. Pagi smua warjagers.Kurang mantap klo sasarannya diam.Hayo TNI,jadikan latih tanding tld/um ni.TNI jaya Indonesia Sejahtera.

  14. semoga admin di warung ini juga mempublikasi tentang latgab 2014 kemarin, terutama yang dibilang goib goib, harapan kami disini supaya jiwa nasionalisme dan patriottisme makin menjulang. dan kebanggaan terhadap TNI makin besar, sekali lagi ini cuma harapan rakyat yang sangat menginginkan tahu lebih banyak tentang penjaga nusantara, bukan hanya para pemangku kepentingan dan para pelaksana saja yang dapat menyaksikan DASIATNYA alutsista INDONESIA.
    mohon maaf dan terimakasih, wassaalam

    • oke yang goib biarlah goib, tapi berharap dapat minimal satu yag yang goib kan oke juga tu bung, kan latgab kemaren dilakukan secara terbuka dan pastinya banyak tetangga yang mengintip, jadi secara tidak langsung mereka udah tahu kekuatan dan sebagian alutsista tni. jadi ndak ada salahnya kan kita yang sebagai warga negara INDONESIA juga pengen tau dikit aja. sekali lagi ini cuma harapah. dikasih sukur gak dikasih ya gak papa

  15. Tapi mestinya TNI cuma senyum2 dgn latihannya si upin ya bung…ah yang gue tembakin kemarin jauh lebih sangar dari punya lu (mungkin begitu kata hati petinggi2 kita)…jelas dak mungkin kalah to Garuda

    • (Dalam hati petinggi hulubalang)…tu si upin naik Lekiu sama MKM aja di blowup gede2an…kita malah sdh naik cocor bebek, F-16 badai (clue bung Erich), hawk bawa phyton, sukro mutant, super sukro, den bagus Selava, cak Kirov, mas Sovre,bang Uda de el el…tapi kami diem2 aja…awas lu upin berani ngajak duel, gue gebukin ampe lu mabuk

    • iy bung…sy Garuda gkn pernh mw klah ma melon :mrgreen:

  16. Hahahahaha…… :mrgreen: was muntah cak

  17. mana oleh2e bung? masa komen gitu tok… 😀

  18. nembaknya dikit fotonya banyak banget.kebalikan ama latgab tni….
    ayo cak nar barangkali ada sisa foto dokumentasi latgab kemarin yg masih nyelip mohon di keluarin

    • bung dd seandainya bung yg ambil fotonya sudah barang tentu bung punyali segede pulau jawa….tni aja motonya dr ks ….itu ledakan klo dilihat dr warnanya asal tnt bukan misil…maaf oot coba dibabar senior…

    • Ga ada fotonya bung…lha foto manalagi, yg mau difoto jg ga ada blas…makanya tanam bambu sebanyak banyaknya bung…percayalah suatu saat pasti berguna hihihi…

  19. Ora usah ditanggapin, yang penting kalau sonora ngintip di wilayah NKRI…hajar..gitu aja kok Repot….

    JAYALAH NKRI

  20. Ora usah ditanggapin, yang penting kalau sonora ngintip di wilayah NKRI…HAJAR !!!..gitu aja kok Repot….

    JAYALAH NKRI
    Orang Pedalaman

  21. Kemarin habis klaim Karang Singa terus sekarang unjuk kekhuwatan. Tapi………………….. :mrgreen: kok lokasi show nya jauh di tengah samudera ?

  22. ????bgung sy…tp kq kyk ndan Nara ni = Pemburu Rajawali deh… :mrgreen:

    hehe..jd cm sgtu jwabny melon ?? gk getar neh… :mrgreen:

  23. ndan itu fotonya dr goib kita yang ngintip apa dari publisnya tdm?
    salam hangat n sukses slalu…

  24. he..he..he..upin ipin pake baju genderuwo…

  25. ooooo paham saya. maaf kalau selama ini salah, kami disini siap menerima ilmu baru dari bung @NARA. aturan abis bertapa lumayan lama pasti udah ada ilmu baru yang siap di ajar kan pada murid2 disini.
    terima kasih

  26. Kapal selam Scorpene nya pada mogok ya? Ambil gambar target yg kena tembak kok dari langit yah, bukan dari kapal selam?

  27. Latihan tempur bebek goreng pak cik 9/2014 .. ya perlulah malaysia latihan perang pake peluru tajam .. masa tentara malay latihan perang pake jari aja dengan perang kata kata di media sosial …. ayo malaysia lanjutkan latihan perang angsa bakar nya ..

  28. Mungkin scorpenenya nggak kebagian tugas bung,,,soalnya lagi pada siaga penuh takut ada kilo 4** yg masuk secara ghoib…xixixixxiiiii,,,

  29. Pdhal br mau koment klo tu malay mau ngikut2 spt Latgab kita.. 🙂

  30. Ndan kita ada yg jagain di sono kagak ya? Jaga2 klo ada slonong boy hehe 🙂

  31. Biasa aja tuh latihan gak dahsyat tapi cuma pamer gitu – gitu amat 😀

  32. Perasaan sy blm liat Photo KRI Karang banteng yg disruduk Exocet di latgab kemaren dah …….

    #maat OOT

  33. cuma tes misil…trus??? kalo cuma tes misil keknya cuma meunjukka existenxi kalo mereka juga punya, tapi latgab sampai pengerahan psukan darat gimana?? gak gampang lo…. PLA aja selalu latihan dengan segala skenario sesuai medan tempur di cina sono

    bukan meremehkan cuma terlihat sekali ini cuma buat pamer… cuma 2 angkatan aja..sekedar obilisasi masukan saja kaparang pespue

  34. Welcome back mas Nar..latihan begini cukup dilirik dikit aja mas..ini mah cuma latihan nembak target..kalau Latgab kan Latihan Perang Besar2an…blm pantes latihan begini dibandingin sama Latihan Perang kita mas..IMHO….oh ya mas A1 list blm dikeluarin ya di 7 Okt’ besok?..sebagiab kecil aj ya yg udh datang mas?..

  35. Bkn tndingan tni…
    Msh kalah jauh,walau cma pke alutsista jaman jadul jg,g ush yg bru d keluarin…

  36. Para senior ijin komen ya: keliatannya cuma latihan sasaran laut dan ujicoba senjata yg lama bwlum diuji. spt KH-31 by SU 30 MKM. cuma beda dengan kita, mreka tidak ada bom buatan sendiri. seperti Sukhoi TNI yg uji puluhan bom P-100. asik liat Sukhoi TNI AU droping puluhan bom bersama….kaya carpet bombing B 52. mohon koreksi.

  37. Itu setara dg latihan biasa tni au.

  38. Nggak seseram yakhont kita nenggelemin kapal yang gede hanya dalam hitungan menit cuma dengan 1 rudal Coy….

  39. o gitu yah…banyak fans bapak…yang kangen tuh…he7x…

  40. Wahhh… Hebat ya latihan Tentera Malaysia di LCS.
    Langsung tunjuk kekuatan sama China.

    Kalau Indon, Latgabnya cuman di Jawa.
    Tunjuk kuat sama rakyat aja ya… Kihkihkihhh

  41. ini mah latihan dagelan,foto ngeshoot dari jauh,rudalnya biasa,targetnya seumprit,dagelan :mrgreen:

  42. stop press : semoga harga su-35 menjadi lebih murah

    Russia scraps defence procurement agencies
    SEPTEMBER 11, 2014 / ENGINEERINGRUSSIA

    Russia has disbanded state defence procurement agencies Rosoboronzakaz and Rosoboronpostavka, the Kremlin announced on 8 September.

    The official logic behind the move is to cut out unneeded layers of bureaucracy and duplication of effort. The previous responsibilities of the two agencies will now be distributed to other departments.

    Rosobornopostavka stated they were being abolished “in order to improve governance and control of the state defence order of weapons, military and special equipment, and supplies.”

    The decision to abolish the agencies was made following a meeting on 8 September between Russian President Vladimir Putin and Russian Prime Minister Dmitry Medvedev.

    http://engineeringrussia.wordpress.com/2014/09/11/russia-scraps-defence-procurement-agencies/

  43. Anakpahang says:
    September 12, 2014 at 1:43 pm

    Wahhh… Hebat ya latihan Tentera Malaysia di LCS.
    Langsung tunjuk kekuatan sama China.

    Kalau Indon, Latgabnya cuman di Jawa.
    Tunjuk kuat sama rakyat aja ya… Kihkihkihhh
    ——————————————————

    ada yang mencoba menghibur diri,biarlah atau ane kasih link video latgab tni kemarin nih :mrgreen:

  44. http://chirpstory.com/li/229675

    pembersihan besar besaran ditubuh TNI
    bagaimana tanggapan sesepuh?

    back to SR

  45. Untuk TUDM dan TLDM semoga militernya smkn hebat kuat.

    Dan utk TNI smoga bs mjd militer yg terbaik nmr 1 dunia.

    Utk sesama WNI, mari kita tingkatkan nasionalisme kita. Jgn lupa, kita dijajah 350 th oleh belanda krn kita mudah utk di adu domba. Semoga Indonesia dan Malaysia bs mjd negara yg rukun dan damai.

    • dan telah 32thn dan +-10thn oleh neo kolonialisme dan imperialisme yg memperbudak orde baru dan mau balik lagi sekarang oleh mereka yg mengaku pendukung pancasila namun menghamba pada amerika.
      cirinya: cara2 dan kata2 dari mereka adalah mirip dgn yg dipakai dalam penggulingan sukarno,
      maupun gusdur.

      banyak org tau bagaimana sukarno hidup dan memimpin, tapi sedikit yg tau mengapa belaiu harus diakhiri dan dihabisi, beserta teman2nya. (kennedy dan castro)
      beruntung yg teraqir hidup sampai di abad ini. kuba adl satu dari 3 negara yg bank sentralnya blm dikuasai bankir eropa, nilai uang masik dikendalikan sdri oleh pemerintah. sesuai barang dan jasa yg dihasilkan rakyatnya.

  46. indonesia dan malaysia harus sama2 bersaing membangun kekuatannya terbaik dan diam2 bekerja sama!!!

  47. indonesia dan malaysia harus sama2 bersaing membangun kekuatannya terbaik dan diam2 bekerja sama

    • iya setuju..
      coba negara-negara rumpun melayu bisa bersatu padu dan bahu membahu..apalagi mayoritas penduduknya islam
      Indonesia, Malaysia, Singapura n Brunei..bisa jadi kekuatan yang cukup menggetarkan

      • Ngemeng ape bung?

        • Dua negara itu adalah “Srigala berbulu domba” ditambah dgn satu yg di selatan.kalau ga cukup informasi coba baca kembali artikel terdahulu dari para sesepuh JKGR.

      • saya merupakan orang yang mendukung konsep persatuan bangsa-bangsa di asia tenggara. jika ini bisa terwujud maka akan menjadi kekuatan besar di dunia selain Cina, India, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

        bisa terwujud tetapi sangat sulit. di dalam negeri saja dipecah belah oleh kekuatan asing apalagi mewujudkan persatuan antar negara asia tenggara.

        ditambah lagi dengan nasionalisme sempit dari warga di masing-masing negara tampaknya persatuan bangsa-bangsa asia tenggara masih jauh

        • Dengan Catalan si upin, si upil tidak rese’ he he he he he

        • Bisa saja negara2 ASEAN digabungkan, tetapi Namanya diganti dengan NUSANTARA, g ada nama malaysia, singapura… diganti dengan malaya dan melaka

        • Mimpi aja bung extrada@ Negara Asean membentuk komuniti perdagangan bebas bisa! Tapi klau masalah pakta pertahanan ibarat jauh api dari panggang.kita tak usah melihat jauh ke dlm internal negara masing2 cukuplah siapa yg berdiri di blkng negara2 Asean? Dan itu adalah dinding yg kokoh ibarat perjanjian dunia akhirat yg dipersetujui oleh negara Asean tsb.Jadi,mau membentuk pakta pertahanan Asean? Robohkan dulu negara USA,BRITISH,AUSTRALIA,RUSIA.

  48. bung Nara, mana coretannya, kangen nii. hehee..

    apakabarnya bung, lama tak terlihat..
    itu diatas bung Diego, bung STMJ, bung Satrio.. pada komnt yg buat saya jadi melek..
    nunggu pak Nara aah..

  49. Cakep….lanjutken…malay.
    .????

 Leave a Reply