Jun 122014
 
Pasukan US Neavy Seals tiba di Surabaya (photo: koarmatim)

Pasukan US Neavy Seals tiba di Surabaya (photo: koarmatim)

Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim akan melaksanakan latihan bersama dengan pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat US Navy SEALs dalam waktu dekat. Saat ini tim Satkopaska Koarmatim sedang menyiapkan kedatangan tim US Navy SEALs Team One di Bandara Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda, Surabaya, Selasa (10/06).

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih enam jam, personel Navy SEALs Team One tiba di Lanudal Juanda, sekitar pukul 11.45 WIB, menggunakan pesawat militer jenis C-40A Clipper milik Angkatan Laut Amerika Serikat United States Navy (USN) dari Skuadron VR 53, Naval Air Logistic Operation.

Latihan bersama tersebut diberi sandi Flash Iron 14-1 JCET T.A 2014. Kegiatan ini merupakan latihan bersama antara Kopaska TNI AL dengan US Navy SEALs dalam rangka peningkatan profesionalisme prajurit Satkopaska Koarmatim.

Latihan dasar US Neavy Seals (photo: Getty images)

Latihan dasar US Neavy Seals (photo: Getty images)

Tugas pokok dari kedua satuan elite tersebut dalam latihan bersama ini yaitu melaksanakan pengembangan teknik maupun taktik peperangan laut khusus (Naval Special Warvare) dan operasi lanjutan. Latma Flash Iron 14-1 JCET T.A 2014 digelar dalam rangka meningkatan hubungan bilateral kedua negara, Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat.

Bentuk hubungan baik tersebut, kedua negara perlu melaksanakan peningkatan kerja sama yang salah satunya diwujudkan dalam bidang kemampuan profesionalisme Angkatan Laut melalui Latihan Bersama.

US Navy Seals

US Navy Seals

Paradigma Baru TNI AL Kelas Dunia
Latihan Kopaska dengan US Navy Seals ini, tidak terlepas dari upaya TNI AL untuk mewujudkan ‘Paradigma Baru TNI AL Kelas Dunia’ yang sedang menyusun Visi ‘Sea Power Indonesia’.

Sea Power merupakan salah satu upaya membangkitkan visi maritim menjadi kejayaan bangsa Indonesia. Sedangkan ‘Paradigma Baru TNI AL Kelas Dunia’, menjadi instrumen pendukung dalam rangka pencapaian visi TNI AL yang handal dan disegani dunia.

Konsep ‘Sea Power Indonesia’ dan ‘Paradigma Baru TNI AL Kelas Dunia’, dituangkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) TNI Laksamana Marsetio, dalam bukunya yang diluncurkan Rabu 11 Juni 2014.

“TNI AL berkomitmen untuk menjaga kedaulatan negara khususnya wilayah maritim Indonesia. Stabilitas nasional, regional maupun internasional perlu dijaga TNI Angkatan Laut”, ujar Laksamana Marsetio, Rabu (11/6).

Latihan Satkopaska dengan US Navy Seals, merupakan salah satu dari sekian banyak langkah yang ditempuh TNI AL, untuk mewujudkan ‘Paradigma Baru TNI AL Kelas Dunia.

sumber: koarmatim.tnial.mil.id dan merdeka.com

  116 Responses to “Latihan US Navy Seals dan Kopaska”

  1. Asik… pagi-pagi dapet “sarapan”.

  2. Keduax.
    Xixixixi

  3. Ambil positifnya buang negatifnya…sipp

  4. BRAVO ,,bapak faizal..

  5. dapet 6 pun gpp lah..

  6. WORLD CLASS NAVY !!!

  7. Dapat dicontoh tuh equipment nya navy seal dan cqb

  8. 10 besar..mantaap..

  9. Nyimak

  10. selama ga ada foto rapatnya..itu sebatas hoax bung… 🙂 xixixi
    “PADA 2014 TNI AU AKAN SEMAKIN DISEGANI”—> biarlah statement ini yang menjadi pelega dahaga kita untuk saat ini bung, karena kita sebagai pemerhati hanya bisa bangga dari sini 🙂

  11. Disini kan memang diskusi sesuatu yg akan terjadi kedepan (ngerti sakdurunge winarah). Hal inilah yg jadi menarik hati saya utk setia nongkrong disini, sambil jualan ayam di pasar. Semoga warungnya Bung Diego tambah sukses. Amin.

  12. jadi kembali ingat film “Act of Valor”… 🙂

  13. maaf OOT…
    Menurut saya ada benarnya para sesepuh memberi bocoran bahwa kita punya alutsista kelas 1 dalam jumlah sekian walaupun kita tidak pernah tahu / tidak pernah melihat itu barang paling tidak kita ikut bangga bahwa ternyata negeriku punya “barang ini itu” dsb, dsb dan dsb….seandainya para sesepuh tdk memberi sedikit bocoran brng “goib TNI” lalu tiba2 panglima TNI pidato adanya perubahan doktrin dari “masuk gebuk” menjadi “pre emptive strike”….untung sudah dicerahkan bung nara…la kalau tidak, paling cuma mlongo (mosok iya dgn unit yg sudah “kakek nenek” gitu doktrin tni berubah) ndenger pidato panglima tni…tapi saya tetep bangga dgn TNI dgn keadaan pas2 san msh mampu berprestasi….mudahan pada waktunya kelak itu brng diperlihatkan pada rakyat…maaf ini cuman impian rakyat jelata seperti saya yg kerjanya cuman jadi kuli…..

    • setuju bung.. kita sebagai rakyat jelata, hanya bisa berbangga hati.. saat para hulubalang negara semakin kuat dan disegani. semoga saja ‘mainan yang tersembunyi’ semakin terbukti keberadaannya. serta bermutu kualitas dan kuantitasnya. amin.
      maaf.. cuma pandangan tukang jual bantal.. hehe

  14. para sesepuh pada kemana yah,.
    beberapa waktu kmaren ada uji statis bom BTN-500 oleh TNI AU di lanud IWJ,.,

    mohon pencerahan nya,.,

  15. JAYA TRS TNI AL

  16. latihan bersama tersebut sebenarnya untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kekuatan TNI sebenarnya, sehingga ASU bisa mencari kelemahan TNI

  17. Mantab bung kayanya cluenya akan segera jadi kenyataaan

  18. tepatnya bukan sama, tapi blog garuda militer sering intip n copas dari JKGR termasuk clue n teka teki nya.

  19. bung @ paolodeceglies…
    Semoga itu merupakan interprestasi clue2 bung nara yg berserakan di warung ini : akselerasi program “realisasi program alutsista primer AU, AL, AD 2014 – 2017″…mudah2han selekasnya terwujud…amin

  20. Bung @ paolodeceglies…
    Semoga itu merupakan interprestasi clue2 bung nara yg berserakan di warung ini : akselerasi program “realisasi program alutsista AU, AL, AD 2014 – 2017 external source”…mudah2han selekasnya terwujud…amin…

    • amin.. insyaallah bung Ipur… kita selalu berharap yg terbaik buat hulubalang NKRI.. yg pasti…: armada tempur kita DAYA KEPRUK YANG MENDADAK MENJADI LUAR BIASA.. hehe.
      salam kenal ya bung

  21. US Navy bisa dapat ilmu anti gerilya dari Kopaska. Kopaska dapat ilmu apa dari Us Navy?

    • saya punya temen yang kakanya TNI AD di komplek jalan jawa di bandung..katanya waktu ada latihan Sama ASU di batujajar markas KOPASUS.. merka itu(ASU) selalu request akomodasi kyak liburan di hotel.. makanan yang baik bahkan mandi minta pake sower,.. kata si kaka temen saya. ” emang waktu perang bisa milih makan Sama pasilitas mandi..
      ( jadi apa yang kita dapat dari ASU… hanya kesulitan yang di pesen mereka)

    • selamat datang bung nara…semoga sehat selalu

    • sipp dah.. bru keliatn lg ne bung nara..hehehe

    • Seals cuma minta diajari bikin nasi liwet & sambal pedas terasi & cara makan nasi pake tangan …

    • Sekali2 minta latihan di Alaska atau dimana disuatu daerah di Amrik ndan, doktrin baru TNI kayaknya perlu latihan di negeri orang masak dikampung melulu.

    • Asyik bung nara dah kembali,,,

    • Sugeng rawuh bung Nar, salam hangat…
      Untung jurus rahasia kita ngga dkasih ke mana-mana, kalau udah bisa berabe dong jadinya, udah hutan makin dikit, jurus dbabar ke…. bakalan abis-abisan ntar ujungnya.

    • waduh… jd berbunga2 dech bung Nara dtg lagi… kangen nih oleh2nya dr bung nara

    • mungkin 1 yang pernah mereka pelajari dulu bung nara, waktu di hutan sitobondo, materi bertahan hidup dihutan (survival in the jungle) waktu di ajarin makan ular dan tumbuhan, sehingga saat itu ada yg pingsan 10 org dri pihak USA.

      • akan lebih menggembirakan seandainya yang ikut serta latihan bukan Navy Seals dari Team One, tetapi dari Team Six…
        saya sependapat dengan bung Nara, bahwa Kopaska memang mendapat banyak ilmu mengenai CQB maupun Underwater Demolition dari Navy Seals..lebih jelasnya baca buku 50 tahun kopaska 🙂 salam

    • welcome back bung@nara
      dtunggu pencerahannya

  22. Siippppp,mudah2han lancar,dan mendapat ilmu baru…..Lanjutkan…..!!!!!

      • yoi..

      • serem serem seragam nya bung jalo,, lengkap bgt,

        • Kalau Denjaka itu lengkap aksesorisnya dan serem.

          saya cerita pengalaman sedikit, pernah kejadian latihan gabungan TNI-Polri (5 foto yg diatas) salah seorang denjaka terjun payung nabrak tiang kapal dan bunyi. Selesai latihan anggota yg salah itu dilempar dan kakinya diikat dari depan kapal lalu ditarik lalu dilempar lagi ama instrukturnya (sekitar 5 kali dilempar), kasihan sih saya lihatnya sampai pucat anggotanya. Lalu saya tanya itu gak kasihan anggotanya digituin, si instruktur ngomong (maksudnya seperti gini)

          “kalau di perang gara2 dia teman2 lainnya bisa mati semua. Jadi lebih baik jatuh bangun saat latihan dari pada nanti melakukan kesalahan saat perang dan teman2nya bisa terkena dampak.”

        • menurut saya ga serem klo pake seragam kuntilanak atau pocong baru deh itu serem,, seragam yg dipakai kopaska ini sangat KEREN bung andri. macam di pelem” hollywood tp ini versi Indowood. hehe

          salam kenal dulu deh dr penjual jagung

  23. Asyik bung nara dah kembali,,,semoga bung nara sehat selalu,dan di tunggu pencerahan nya,,

  24. maaf nih mau tanya

    biasanya klo latihan bareng itu materi yg disusun atas dasar apa?
    pembagian anggota dlm 1 grup itu 100% msg” negara atau campuran ? campurannya berapa berapa?
    pernah ga TNI al latihan ma negara lain tp bukn di RI latihanny?
    keuntungannya apa ja yg didpt dr lat . tsb?

    maaf klo bnyk nanya dr penjual jagung
    mks

    • Sering dilakukan diluar juga bung Adry, Denjaka atau Kopaska sering juga belajar ke negara luar seperti Inggris, Amerika (armada pasifik di Jepang), Filipina, Malaysia, Brunei, dll. Biasanya pertukaran strategi pelatihan masing2 negara. Keuntungannya bisa berbagi pengalaman.

  25. maaf bung jalo, klo denjaka itu saya denger recruitment dari kopaska, dan taifib,, berarti kemampuan nya bisa diatas kopaska donk bung,,? seperti halnya satgultor 81 kopasus.. apa benar demikian? maaf OTT

    • Iya bener bung Andri, mereka prajurit pilhan Kopaska dan Taifib jumlah mereka sedikit cuman 3 digit. Dulu waktu teman ane jadi komandannya (Dandenjaka) saya pernah sedikit lihat perekrutannya, sadis banget brooo… Untuk kemampuan individunya saya ancungin jempol, cuman maaf tidak bisa saya ceritain. Untuk kekompakan tim gak usah ditanya, mereka dibagi lagi dalam beberapa tim Kelompok Komando (Pokko), Alfa, Bravo, Charlie dan Delta. Ada yg melalui udara,terjun payung, speed boat, dan penyusupan bawah air (salah satunya underwater demolition). Mereka punya peralatan keren buatan dalam negeri untuk menyusup di bawah air namanya subskimmer, ini sudah dilengkapi anti sonar dan modelnya kayak speed boat.

      kalau untuk kemampuan gak usah ditanya, coba baca lagi kisah suud rusli, dia mantan anggota denjaka, yg saat penangkapannya susahnya minta ampun. 😀

      • iya bung jalo, saya pernah denger kisah suud rusli dan Syam Ahmad Sanusi terpidana mati, bersama Gunawan Santoso otak pembunuhan Dirut PT Asaba, . suud rusli berhasil kabur dari Rumah Tahanan Militer Cibinong yang di jaga super ketat.

      • iya…suud rusli yang penangkapannya kalau tidak salah ikut melibatkan personel taifib..beliau kalau tidak salah juga bekas personel pasukan tersebut..

      • Bung Jalo,
        kira-kira apa saja aksi Suud Rusli sampai taifib turun langsung mengejar?

  26. Tu mah dah rahasia umum kalee kalo mereka manja..liat aja fasilitas mereka waktu perang teluk..cuman sisi positipnya ada yaitu dari sgi ekonomi,uangnya muter deras..

  27. bangun sudah siang

  28. Hehe…sepuluh besar, hajar navy seal biar tau rasa tni

  29. Bung naraya..selamat datang kembali kita bener2 kesepian ni,soalnya bung satrio sm bung PS cm sesekali aj nengokin..bung jalo seakan2 malah ngebanting#maap loh bung jalo,hehehe..kl bung Nyd malah d lama g keliatan..bung lare sarkem kayaknya br pindah haluan ke sebrangnya jadi calo tiket kereta buat lebaran#maap bung lare sarkem,kulo tayang pajeksan,hehe..kami sbg SR bener2 menunggu pencerahanya..mau Hoax atau bukan,ada fotonya atau kagak..kami tetap percaya biarkan kami yg mengunyahnya.

  30. ah yg penting . Indonesia kuat .kuatkan persatuan dan kesatuan tpi bung jalo temenya kok peneliti dan pimpinan2 tni ya . Dan pnya fto2 lengkap jagan2 bung jalo bin. Hehe piss bung jalo

  31. secara kwalitas serdadu amerika jauh diatas serdadu indonesia..mereka sudah teruji di medan tempur manapun dan dlm peperangan yg panjang,segala cuaca sdh mereka jalani,iklim ekstrim gurun pasir sdh biasa buat mereka apalagi iklim yg bersuhu dibwh nol derajat tentu itu bkn halangan..
    Sekali2 ya serdadu kita di ajak latihan di gurun pasir atau di di daerah yg bersuhu di bwh nol derajat..klo mampu itu br hebat..denger2 waktu yg di lebanon tni kabur selain takut serbuan israel yg membabi buta jg krn dehidrasi,pdhl lebanon tdk lah sepanas suhu di irak hehe
    Tp koq mau ya latihan sm serdadu amerika,bknnya byk yg ga seneng sm amerika..kenapa gak latihan sm rusia atau china?

    • TNI yang kabur dari Lebanon itu info dari mana bung??jangan mudah termakan isu dari media sana..

      • dewa kembar@lah,kan sdh berapa kali di tayangkan televisi swasta nasional,byk versi yg menjadi alasan 4 prajurit tni meninggalkan lokasi konflik,krn tercecer dr kelompoknya,krn dehidrasi,tp klo yg lbh validnya ya melarikan diri krn demi keselamatan prajurit,krn israel sdh tdk perduli pasukan manapun disikatnya,sempet jd pembicaraan dunia hehe

      • dan yang disayangkan adalah televisi nasional mem blow-up berita ini sehingga akhirnya terkesan bahwa prajurit TNI adalah tentara penakut yang kabur ketika menjalankan tugas, padahal bukan itu yang sebenarnya terjadi..media nasional kita juga main comot saja berita dari televisi lokal di Lebanon sana (perlu diketahui bahwa media disana dekat dengan Hezbulloh), hal yang tidak disukai dari mereka kepada TNI adalah begitu mudahnya tentara kita membaur bersama masyarakat dan ramah terhadap warga disana, terlebih mayoritas tentara yang bertugas adalah muslim..justru malah bukan media Israel yang menyudutkan pihak TNI..
        yakin dan percayalah bahwa prajurit2 pilihan yang berada disana tidak memiliki sikap pengecut seperti itu bung.. 🙂

        • Iya bung frans ….apa kataloe aja
          TDM seterong…..itu maumu kan….TDM paling jaguh…..

          Eject kat hanggar

          Wkwkwkwkwkwk….

        • sabar bung redemption 🙂 tak kenal maka tak sayang, diteliti saja setiap komentar bung frans, nanti bisa ditelaah beliau ini fans nya TDM atau TNI?? 🙂 salam

    • Iya bung frans, tentara amerika udah terbukti di dunia. Terbukti kalah di vietnam, terbukti maen keroyokan di Afganistan sm irak trus apa lg ya…

    • waduh… uler’e tulisane mas sat ucul nang kene to….

    • Bung jangan merendahkan bangsa kami, ini dadaku mana dadamu !!!

      • dada ku tarata..jgn maen dada dong..semua org dgn tulisan atau omongan bs mengatakan seolah2 pemberani/patriotisme/nasionalisme..indonesia negri saya,soal saya sering berbeda pendapat sah2 saja toh..

    • gue@saya rasa tdk merendahkan lah,apalg kan sdh saya klarifikasi di bwh hehe
      jail dikit blh dong,peace

  32. baca aja dulu,, biar di analisa sendiri,, trus kalo ada yang kaga ngarti di tanya deh sm sesepuh.. cm kmrn bung jalo ga jawab pertanyaan saya soal roket r han 122 nya..

  33. ASU sma vietkong aja lari. Apalagi sma smangat juang TNI. lah ASU cma mngandalkan teknologi.

  34. selamat datang Bung Nara@..kami kangen pencerahannya

  35. waduh proyek aku pie……kena imbas, tapi siplah biar TNI makin garang…..itung2 terima kasih kepada bokap yg old soldier never die…Hidup NKRI

  36. dewa kembar@sebenarnya mmg ngga seperti itu kejadiannya,lg an televisi kita jg ngga memblow up yg negatif..justru mengklarifikasi berita2 yg beradar..klo ga salah peace keeping force dr spain malah sdh duluan meninggalkan pos nya..lantaran upaya negosiasi dilapangan gagal,kebetulan negosiatornya indonesia..peace hehehe

  37. dada ku tarata..jgn maen dada dong..semua org dgn tulisan atau omongan bs mengatakan seolah2 pemberani/patriotisme/nasionalisme..indonesia negri saya,soal saya sering berbeda pendapat sah2 saja toh..

  38. Sudah muncul satu ular disini bung bung semua

  39. yaah..koq bs doeble gtu,delete dong admin

  40. saya heran..pemerintah amerika/pentagon koq mereka tega yah mengorbankan ribuan putra bangsanya di medan perang..mulai dr perang vietnam,perang irak hingga afghanistan..pemerintah amerika seperti menghipnotis warganya utk bersedia menjadi patriot bangsa yg rela mati demi amerika..byk para org tua,istri dan anak2 yg kehilangan suami,ayah dan anaknya,tp kesedihan itu terhapus dgn biusan kata2 “kita telah kehilangan salah satu prajurit terbaik amerika”..
    Protes warga soal pengiriman pasukan tdk di gubris pemerintah..
    Herannya lg,koq setiap peperangan yg melibatkan amerika pasti alot atau paling tidak sengaja dikondisikan berlarut larut,pdhl dgn kemampuan yg mereka miliki saya yakin bs mempersingkat waktu dan meminimalisir korban prajurit mereka..(jepang ckp 2 bom,langsung menyerah)
    Entah kebijakan apa yg mereka terapkan..saya jg pernah mendengar bahwa,amerika pernah menguji senjata kimia atau apa kpd prajurit mereka sendiri..
    tp sempat dibantah,pemerintah blg itu accident di lapangan(friendly fire)..saya ga faham..
    Brgkali ada yg lbh faham bs berbagi ilmu..

  41. Perang menstimulus perekonomian beserta turunannya yang sudah tentunya menghasilkan putaran dana yang luar biasa banyak, semakin lama berlangsungnya semakin bagus. Untuk perang Irak dan Afganistan saja asu habis USD 4-6 Trilyun atau hampir Rp 66.000 T. Mungkin keuangan negaranya jadi carut marut tapi kontraktor swasta alutsistanya, perusahaan2 minyaknya dst jadi kaya raya, belum termasuk SDM SDA yang ada dinegara jajahan tersebut…Tanya perusahaan2 milik siapakah itu? ….milik petinggi2 asu beserta kroni 🙂

  42. dasar teroris dunia, mendekati karna ada maunya… sekedar kamuflase.. mencari kelemahan strategi saja..
    coba siapa di warjag ini ada atek barat ga?? pengen lihat ujung hidungnya!!!

  43. Semoga jadi yg terbaik

  44. Amerika hanya akan menyerang negara lemah militernya.contoh libya,irak di afgan yg sdh terpecahpun mereka enggak berani.mereka byk mengandalkan drone.tujuanya cuma 1.mengambil sda mereka yg terjajah.

  45. amerika hanya unggul teknologi , waktu invasi ke irak dgn alasan adanya senjata pemusnah massal, pasukan darat asu ga ada apa2nya mereka baru berani masuk setelah serangan udara. bukti banyak tentara asu yg bertugas di irak mengalami gangguan jiwa. coba lihat di afganistan berkali kali pejuang taliban menggempur markas nato tapi apa berani pasukan darat asu menggempur markas taliban tanpa dukungan udara?

    • asu sama sekali ga hebat, ga ada peperangan yg dimenangkan asu tanpa bantuan sekutunya,perang vietnam mereka kabur meninggalkan medan laga,perang korea bisa dibilang imbang, perang teluk,afganistan,libya mereka keroyokan. pada PD 2 asu menang karna mereka memang relatif fresh coba kalau dekat dgn jerman pasti dah digulung hitler.
      menurut saya negara yg terbukti hebat spt jerman,jepang dan inggris
      kemenangan asu mungkin hanya menghadapi suku indian

    • @ dacildekfish

      #amerika hanya unggul teknologi #

      itu betul sekali,…dan america bisa menguasai dunia..

      dan dia bisa se enaknya sendiri menghajar negara 2 kecil,

  46. asu ga pernah sendiri menghajar negara kecil, yg ada kerroyokan.
    karna teknologi mereka jadi berkuasa,mereka lebih dulu menguasai senjata nuklir lalu menjadi gudang senjata nuklir dan senjata canggih lainnya dgn itu semua asu bisa meneror negara lainnya dan menurut saya ada yahudi dibelakang asu inilah bangsa yg menurut saya yg paling hebat, bangsa yg mampu mengatur asu,memeras asu dan israel memang telah menguasai dunia tapi akhirnya yahudi juga pasti hancur dan itu menjadi pertanda akhir zaman

  47. bung frans hebat apanya di irak tentara asu banyak yg stress, lebih dari 100 ribu mengalami gangguan jiwa. kalau perang berlarut bagaimana dgn taliban yg persenjataan kalah jauh tapi mampu memaksa asu cs perang berlarut, bahkan beberapa kali markas nato diserbu.

    • @ dacildekfish

      hebatnya tentara america…CUKUP DENGAN 300 RB TENTARA SEKUTU, BISA MENGALAHKAN 2 JT TENTARA IRAK YANG NO 5 TERKUAT DIDUNIA DENGAN PENDUDUK 30 JUTA JIWA
      yang gangguan jiwa bukan 100 rbu kali…? tapi ya 50% penduduk america jug mengalami gangguan jiwa.

      xixi

  48. tentara irak kuat dimananya ya neng oke ? waktu perang irak iran apa irak menang meski dibantu asu? waktu reaktor nuklir irak dihancurkan israel kenapa irak tdk membalas kuat dimananya ya? yg jelas asu ga pernah menang tanpa bantuan sekutunya tolong neng oke beritahu saya kapan asu sendirian pernah menang perang (selain dgn suku indian)? kemerdekaan asu juga dibantu perancis.

  49. kok dopost

 Leave a Reply