Sep 132018
 

Latihan Vostok-2018 Rusia yang melibatkan pasukan Cina. (photo: Ministry of Defence of the Russian Federation)

Jakartagreater.com – Rusia memulai latihan militer bersama tentara Cina pada Selasa 11-9-2018, di saat presiden dari kedua negara bertemu di sela-sela Forum Ekonomi Timur, menunjukkan bahwa aliansi yang kuat sedang terjadi di Timur, ujar Analis urusan internasional dan keamanan Mark Sleboda kepada Sputniknews.com.

Latihan Vostok-2018, yang diadakan di lima tempat pelatihan militer dan di perairan Laut Jepang, akan melibatkan lebih dari 300.000 pasukan, 36.000 tank, 1.000 pesawat terbang dan 80 kapal perang dan kapal pendukung. Sekitar 3.200 anggota Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) akan bergabung dalam latihan, menurut Al Jazeera.

Awal latihan juga bertepatan dengan dimulainya pertemuan ekonomi 3 hari di Vladivostok, di mana Presiden Cina, Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin terlihat menikmati makan Pancake bersama. Pertemuan itu juga dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan ancaman perang perdagangan antara AS dan Cina serta sanksi yang dipimpin AS terhadap Rusia.

Sleboda mengatakan kepada Radio Sputnik’s Loud & Clear pada hari Selasa bahwa latihan militer adalah yang terbesar yang pernah dilakukan oleh Uni Soviet atau Rusia dan menyoroti kemitraan yang berkembang antara Cina dan Rusia.

“Ini tentang militer, politik, ekonomi dan bahkan hubungan budaya, dan ini bukan hanya latihan militer besar sejak kejatuhan Uni Soviet,” katanya kepada Brian Becker dan John Kiriakou. “Ini adalah latihan militer terbesar yang pernah dilaksanakan Rusia atau Uni Soviet, dan itu adalah latihan militer domestik.”

Latihan Vostok-2018 Rusia yang melibatkan pasukan Cina. (photo: Ministry of Defence of the Russian Federation)

“Ini menunjukkan bahwa kemitraan strategis militer, politik, ekonomi ini … menjadi aliansi,” ujar Mark Sleboda. Ia menambahkan bahwa kesatuan dari Rusia dan China berkat perilaku AS terhadap kedua negara.

“AS secara ekonomi, militer dan politik mendorong dan mendorong dan mendorong Cina di Laut Cina Selatan, perang dagang, tarif, sanksi dan hal yang sama dengan Rusia,” katanya kepada Becker. “Mereka terus mendorong, mendorong, dan mendorong, dan mereka melakukan segala kemungkinan untuk membuat mimpi buruk geopolitik terburuk.”

Bagi Sleboda, kebijakan administrasi Trump menciptakan “permainan bola baru, geopolitik.” Dan dia tidak sendirian dalam pendapat ini. Fyodor Lukyanov, editor Rusia di Global Affairs, mengatakan kepada Al Jazeera untuk sebuah artikel yang diterbitkan Senin bahwa China dan Rusia yang semakin dekat adalah tanggapan langsung kepada AS.

“Jelas kita dapat melihat peningkatan hubungan antara Rusia dan China karena garis yang sangat tegas terhadap kedua negara oleh Amerika Serikat. Dan dalam hal ini kita dapat mengatakan bahwa [Presiden AS] Donald Trump adalah penyebab utama dari Rusia-Cina hubungan lebih dekat, “katanya.

Latihan Vostok-2018 Rusia yang melibatkan pasukan Cina. (photo: Ministry of Defence of the Russian Federation)

Setelah pembicaraan dengan Xi, Putin mengatakan kepada wartawan bahwa Rusia dan China akan terus mengadvokasi penggunaan mata uang nasional dalam transaksi bilateral, mencatat bahwa langkah tersebut akan membantu “meningkatkan stabilitas layanan perbankan untuk ekspor-impor di tengah berlanjutnya risiko di pasar global.”

Latihan militer akan berlangsung hingga 17 September 2018 dan akan bertepatan dengan latihan NATO Rapid Trident 2018 di Ukraina, yang diperkirakan akan berakhir pada 15 September 2018, Sputnik melaporkan.

Berbagi

  5 Responses to “Latihan Vostok-2018, Tumbuhkan Persekutuan Kuat Rusia-Cina”

  1.  

    PERSEKUTUAN RUSIA, CHINESE, KOREA UTARA DAN INDONESIA (AVENGER) UNTUK MENGALAHKAN USA + NATO (THANOS AND BLACK ORDE)

  2.  

    Kalau segitu jumlah gelar latihan akbar vostok? Tidak butuh waktu lama utk menginvasi nato
    😀 😆

  3.  

    tuh lihatin para warmonger sedang memperlihatkan bloodlust nya.
    ah gw mah jadi fishmonger aja ah…….

  4.  

    335.000 tentara, itu berapa divisi? jumlahnya hampir mirip tentara inggris yg dievakuasi dari dunkrik nyeberang ke negaranya

 Leave a Reply