JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 112018
 

SST Batalyon dari Yonko 464 Paskhas yang dipimpin langsung oleh komandan batalyon, Letkol Pas M. M. Munir diterjunkan dalam operasi perebutan dan pertahanan pangkalan udara baru-baru ini di Kab. Jember, Jawa Timur. (latihan)

Jember, Jakartagreater.com – Satu Satuan Setingkat Batalyon Perebutan dan Pertahanan Pangkalan (Yonbuthanlan) dari Yonko 464 Paskhas yang dipimpin langsung oleh komandan batalyon, Letkol Pas M. M. Munir diterjunkan dalam operasi perebutan dan pertahanan pangkalan udara baru-baru ini di Kab. Jember.

Merebut, menguasai dan mempertahankan sebuah pangkalan udara dari kekuasaan musuh merupakan salah satu tugas Yon Komando 464 Paskhas. Dalam hal ini Bandara Notohadinegoro Jember sebagai sasaran operasi tersebut mengingat kondisi bandara Notohadinegoro sedang dalam kekuasaan musuh.

Sesuai perintah komando atas agar Yonko 464 Paskhas menyiapkan satu batalyon perebutan dan pertahanan pangkalan dengan kekuatan penuh. Dengan menggunakan pesawat C-130 Hercules dengan nomor lambung A-1336 dan A-1303, pasukan itu berangkat dari pangkalan udara Abdulrahman Saleh Malang.

Hal ini merupakan skenario dalam Latihan kesiapan satuan jajaran Lanud Abd. Saleh dengan sandi latihan “Garuda Perkasa” yang dilaksanakan di Malang dan Jember, Jawa Timur.

Pada kesempatan tersebut Danlanud Abd. Saleh Kolonel Pnb Andi Wijaya secara langsung menyaksikan simulasi latihan yang didampingi oleh Danwing Udara 2 Lanud Abd. Saleh, Kadisops, Danden Matra 2 Paskhas, Bupati Jember dan para pejabat Muspida Kab. Jember. (tni-au.mil.id).

Berbagi

  10 Responses to “Latihan Yon Paskhas, Terjun, Rebut dan Kuasai Bandara”

  1.  

    Dikuasai musuh dulu baru direbut…skenario latihan yg aneh

    •  

      Sebentar bang…..

      Menurut sumber aslinya, diskenariokan bahwa pasukan Paskhas berhasil melakukan raid merebut pangkalan udara Butterworth.

      Dan untuk merayakan keberhasilan menguasai lapangan udara malon, personel Paskhas melakukan acara panjat Pinang, balap Karung, makan kerupuk dll. Nah sewaktu acara sedang berlangsung sekongyong2 datang segerombolan FPDA yg secara diam2 menguasai lapangan udara, minus tempat acara perayaan berlangsung.

      Begitulah kurang lebih skenario awalnya…..

    •  

      Doktrin TNI memang bukan murni ofensif, tapi lebih pada Hankamrata yg dalam artian doktrin militer internasional adalah defensif. Makanya skenario adalah musuh sudah menguasai sebagian wilayah Indonesia lalu dibebaskan. Walaupun demikian, kita juga mengenal doktrin ofensif seperti saat Dwikora, Trikora dan Seroja.

  2.  

    PERTAMAX RACING

  3.  

    Klu mau latihan mendekati nyata dibentuk dua tim, tim1 sebagai penjaga dan pertahanan bandara dan tim kedua sebagai tim penyerang bandara nah kedua tim diadu kuat sapa yg plg berhasil melaksanakan tugas yg diskenariokan dan sesudahnya posisi dibalik agar terjadi kedinamisan latihan.he3.ngelantur.com

  4.  

    gimana pelatihan penerjunan HALO nya

 Leave a Reply