Sep 132018
 

Pelatihan mencakup beberapa materi kegiatan yaitu gabungan antara kemampuan menembak tepat dan menembak cepat, patroli jalan kaki, patroli dengan kendaraan tempur, penanganan korban tempur  dan Pertempuran kota.

Darwin, Jakartagreater.com  –  Latihan puncak Latma Wirra Jaya Ausindo 2018 telah dilaksanakan dengan lancar dan sukses pada Selasa 11-9-2018 di MBTA Darwin, Australia. Latma Wirra Jaya Ausindo 2018 ini sangat mengutamakan operasi gabungan infanteri mekanis dan melibatkan 85 orang prajurit dari Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad dengan 90 prajurit Bravo Coy 5th RAR (the Royal Australian Regiment) Battalion.

Pelatihan mencakup beberapa materi kegiatan yaitu gabungan antara kemampuan menembak tepat dan menembak cepat, patroli jalan kaki (dismounted), patroli dengan kendaraan tempur (mounted), penanganan korban tempur (Care of Battle Casualty) dan Purkota (Urban Operation).

Tahap pertama adalah kegiatan melatih kemahiran menembak tepat dan menembak cepat yang dilaksanakan di lapangan tembak di Mount Bundey Training Area (MBTA). Pelaksanaan pertandingan menembak tersebut diawali dengan apel pemeriksaan kesiapan peserta yang dilaksanakan oleh Lettu Inf Agus Wibowo sebagai Pasi-2/Ops Latma Wirra Jaya Ausindo 2018.

“Tampilkan semangat untuk menjadi yang terbaik dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas,” ujarnya. Setelah semua selesai, kegiatan dilanjutkan dengan kompetisi adu menembak cepat semua prajurit yang dibagi dalam 16 gelombang terdiri dari 5 prajurit TNI dan 5 prajurit RAR pada tiap gelombang tersebut.

Tahap kedua adalah latihan taktis seluruh materi dimulai dari hubungan Peleton Gabungan kedua kontingen yang terbagi dalam tiga daerah yakni daerah patroli jalan kaki, patroli dengan kendaraan tempur dan pertempuran kota.

Pada Aplikasi latihan Purkota ini diawali dengan pemberian Perintah Operasi oleh Maj Jacob Osborne, Danki B 5 RAR Battalion didampingi Ltt Inf Simbolon selaku Danki Yonif MR 411 Kostrad kepada seluruh Danton gabungan untuk melaksanakan tahapan mulai tahap persiapan, infiltrasi, aksi serangan, eksfiltrasi serta konsolidasi.

Setiap prajurit harus mampu bertindak secara tepat dan cepat untuk melumpuhkan musuh yang dihadapinya. Dan hasilnya latihan puncak dapat dilaksanakan dengan sukses karena Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad memiliki kemampuan Raider yang mampu mengimbangi taktik tempur Purkota prajurit RAR AD Australia.

“Latihan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan setiap prajurit apa bila dihadapkan dengan medan atau ruang bangunan yang sempit bahkan bertingkat. Dalam situasi apapun, seorang prajurit harus mampu melumpuhkan lawan yang mengancam kedaulatan NKRI.

Saya bangga atas semangat yang kalian tunjukkan. Semoga hasil latihan ini dapat kita tularkan kepada prajurit di satuan dalam melaksanakan tugas serta mampu menjunjung tinggi martabat dan nama baik Indonesia di mata Internasional,” ungkap Letkol Inf Andreas selaku Komadan Kontingen Latma Wirra Jaya Ausindo 2018. (Penkostrad)

Berbagi

  One Response to “Latihan Yonif MR 411 Kostrad dan Bravo Coy 5th RAR di Darwin”

  1.  

    Horee Sugimura Agato adalah LoL

 Leave a Reply