Mar 012014
 
Sengketa laut China Selatan

Sengketa laut China Selatan

Filipina menyerukan kepada Malaysia, Vietnam dan Negara-negara tetangga lain untuk bergabung mengajukan gugatan hukum atas klaim teritorial besar-besaran yang dilakukan China di Laut China Selatan.

Jaksa Agung Filipina, Francis Jardeleza, 27/2/2014 mengatakan bahwa Malaysia, Vietnam dan dua pemerintahan lainnya bisa bergabung dalam gugatan hukum yang telah diajukan Filipina tahun lalu di hadapan pengadilan internasional, atau mendaftarkan gugatan sendiri dalam menyelesaikan konflik terkait klaim teritorial China.

claim-china11.jpg

Jardeleza mengatakan satu-satunya kesempatan bagi negara-negara kecil untuk mempertahankan wilayah mereka melawan superpower Asia itu, hanyalah dengan cara damai melalui pengadilan.

China, Brunei, Malaysia, Filipina dan Taiwan terlibat konflik terkait klaim wilayah di sepanjang Laut China Selatan. Perselisihan itu secara berkala meletus ke dalam konfrontasi berbahaya, dan memicu ketegangan dalam masalah keamanan serta diplomatik.

Tentara Filiphina tancapkan bendera nasional di Kaeang Scarborough, LCS

Tentara Filipina tancapkan bendera nasional di Kaeang Scarborough, LCS

Konflik terbaru
Sementara itu, dua kapal China yang melakukan latihan kurang dari setahun di sekitar kawasan pulau karang James Shoal telah membuat Malaysia terkejut dan menciptakan pergeseran penting dalam cara negara jiran itu menghadapi konflik Laut China Selatan.

Pulau karang itu terbentang di luat wilayah perairan Malaysia tapi berada di dalam wilayah 200 mil laut zona ekonomi ekslusif.

Insiden Januari lalu, khususnya, telah memicu Malaysia untuk diam-diam menjalin kerjasama dengan Filipina dan Vietnam, dua negara tetangganya di Asia Tenggara yang paling keras mengkritik langkah China di wilayah itu, dalam upaya mengikat Beijing untuk menyepakati kode etik di wilayah perairan Laut China Selatan, demikian diungkapkan oleh seorang sumber diplomatik Malaysia.

lcs-china-3

Kesombongan kapal-kapal Beijing juga akan mendorong Kuala Lumpur untuk mendekat ke Amerika Serikat, sekutu terpenting mereka dalam bidang keamanan, sekaligus semakin memperdalam perpecahan antara Asia Tenggara dengan China dalam konflik di perairan yang kaya mineral tersebut.

Malaysia secara tradisional bersikap “tiarap” dalam masalah keamanan ini, karena mereka ingin menjalin hubungan ekonomi yang lebih dekat dengan China, yang merupakan rekan dagang terbesar mereka.

“Itu adalah sebuah ‘panggilan untuk membangunkan‘ bahwa itu bisa terjadi pada kami dan itu terjadi…“ kata Tang Siew Mun, ahli kebijakan luar negeri di Malaysia’s Institute of Strategic and International Studies, sebuah lembaga kajian yang memberi masukan kepada pemerintah dalam urusan luar negeri.

“Untuk beberapa lama kami percaya dengan hubungan khusus ini (antara Malaysia-Cina)… kasus James Shoal telah menunjukkan lagi dan lagi kepada kami bahwa ketika sudah tiba pada urusan mempertahankan kedaulatan dan kepentingan nasionalnya (China), maka itu akan menjadi sebuah permainan yang berbeda.(dw.de).

  112 Responses to “Laut China Selatan : Asia Tenggara vs China”

  1. Ingat, china mempunyai hak vetto, begitu jga dengan beberapa negara lainya, termasuk rusia.

    Sebaiknya kita(indonesia) tidak usah ikut campur dg urusan diatas, tetapi kita harus lebih waspada dalam menjaga dan mengawasi kedaulantan NKRI skaligus memperkuat otot TNI dan diimbangi peningkatan taraf hidup ekonomi bagi rakyat yg tinggal diwilayah perbatasan.

    Saya yakin china tdk akan sembarangan memusushi kita, karna kita punya daya tawar luar biasa dibandingkan pinoy, malay, brunai dan jga viekong 😀

  2. Indonesia kan sdh memposisikan diri sebagai NETRAL dalam pertengkaran LCS, sampai kita mandah melepaskan kapal ikan China setelah diancam pengawalnya, jadi nggak usah ikut.

    • Betul bung. Indonesia harus disis netral, mungkin juga itu maksud daru kungjungan pak. moel ke china. jadi skalian menegaskan wilayah kita. sbelum muncul klaim mengklaim langsung ditegaskan dinegeranya. mana ada pimpinan militer negara yg terkaim melakukakuna hal ini. secara otomatis menunjukkab kebernian kita.:). slain itu juga mampir2 ke lapak2 alusista disana.hehe..:D

  3. Ini seperti KARMA z….

    kadang pengen juga Ketawa seperti Malasyia tertawa saat memenangkan Sipadan-Ligitan dan mencoba peruntungan atas ambalat.(walau sikap begini ga baik juga)

    Kini Malaysia sedang di GAMPAR oleh China…

    yg menarik adalalh ketika China nanti memaksakan Kehendaknya di LCS berbarengan Natuna di Perkuat, apa yg akan dilakukan mereka..?
    kita nantikan perkembangannya.

    • Menarik dan menegangkan. Pak mul berani berkoar akan memperkuat natuna ditengah kunjungan kecina. Ada sesuatukah dibelakang kita..

      • yup…statement Pak Moeldoko, memiliki implikasi yg bisa kita baca boleh seperti ini untuk wacana masa depan :
        – Silahkan China dgn kebesaran Tiongkoknya, dan kami dgn Nusantara nya, dan kita tetap bergandengan/bahu membahu untuk mewujudkannya untuk semangat Asia for asia.

        dgn munculnya statement seperti itu menandakan China juga sudah deal.!
        sepemahaman.
        so be it.

        • Pak Mul jg sekaligus ingin menegaskan :
          – “Silahkan China klo mau “ngrecoki” Malingsia, Filipina, Brunai, Vietnam, Taiwan. Bhkn silahkan jg klo China mau “ngrecokin” Ausi and Singporn. Kami, INDONESIA ttp netral. Kami ogah bela tetangga2 “BERMUKA DUA” (musuh dlm selimut). Asal, JANGAN GANGGU WILAYAH, KEDAULATAN NEGARA KAMI INDONESIA!!!
          – Jika China juga ganggu KEDAULATAN KAMI, maka kami akan rangkul semua musuhmu utk MENGGEBUKMU..!!!

          Pak Mul, memang TOP MARKOTOP, JUOS GUANJOS NGOJOS2… MANTAP….!!!

  4. ya bung arjuna,selagi tetangga sibuk ngurusin sengketa tumpang tindih lcs kita memang sedang menguatkan otot-otot tni.

    yg saya sesalkan pernyataan menkeu chatib basri kemaren.beliau mengatakan dana nya tidak ada , jadi mau apa? beuh kalimat arogan yg bikin saya muak,kalau memang sdg tidak ada ya jawab baik2 lah.

    • Tahun ini ada pemilu gan,,mungkin duitnya kesedot kesana
      http://www.kemenkeu.go.id/Page/infografis-apbn-2014

    • muak sih muak, tp beliau juga pakar keuangan dan diberi wewenang menjaga stabiltas keuangan negara, agar kita semua, bisa enak makan tidur dan hidup dengan kondisi perekonomian yg baik, kalo emang dibilangin dananya diirit buat yg lebih urgen, yah namanya juga prioritas.harus ada yg didahulukan bahkan dikorbankan, emang mau kayak korut, miltery first tp rakyatnya pada kelaparan.

    • Berpikir positif akan lebih baik, dri pada berpikir negatif

      Karna pak menkeu mungkin bukan asal ngomong, dia punya alasan tidak bisa dipublikasi secara umum.

      Inget loh, pak mol lagi main ke tiongkok( kalau orang pergi biasanya pulangnya bawa oleh-oleh) dan kemarin papa beruang main di jakarta nawarin join kerjasama(ada layangan salah 1nya) yg tentu membutuhkan anggaran yg tidak sedikit.

      Dari pada belanja keluar negri, mending bikin kerjasama dg negara sahabat yg tentunya akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda 😀 barang dpt ilmu jga dapet 😀

    • Maap Bung… Pak mentri ngomongnya boong, biar jiran ngaa pada kringetann

  5. Malaysia dan Brunei memilih diam. Brunei bisa dimengerti, tapi Malaysia mengecewakan mengingat jika dibandingkan Pilipina mereka punya kekuatan militer yang lebih baik untuk menjaga kedaulatan. Keliatanya China sadar benar bahwa Malaysia Timur tidak berada dibawah naungan PFDA, dan reaksi Malaysia yang adem ayem -apapun alasan mereka- bisa dimengerti mengingat sejarah pembentukan federasi. Selama semenanjung tidak terancam Malaysia akan memilih jalur lain menyelamatkan diri kecuali militer. Dan memang besar kemungkinan Malaysia ikut Singapura merapat ke US

    Mengingat sudah ada usulan dari militer China untuk penerapan ADIZ di LCS, keliatannya situasi masih akan terus memanas karena US sudah dengan tegas menyatakan penolakannya. Belum lama ini juga China menerapkan larangan memancing bagi kapal ikan negara2 claiman di LCS. Kapal nelayan Pilipina diusir dengan tembakan cannon air oleh kapal ‘pengawas’ China

  6. bila para negara sengketa lcs sudah dlm siaga.
    indonesia akan dilema dlm ke ASEAN
    yg notebane indonesia negara pendiri n tentunya “ditetuakan” dlm hal ini pula di mancanegara indonesia dipercaya n diperhitungkan dlm peredam “konflik” baik regional maupun intl.
    dua hal efek menurut saya bila lcs trjdi(saya harap tdk trjadi)

    1.arah n peran asean,khususnya indo.
    2.base pertempuran walaupun tdk lgsg trjdi tp apakah ada yg menjamin dampaknya tdk ke indo baik langsung(mgkn rudal nyasar dll) n tdk lgsg scra ekonomi(jalur perdagangan dll)

    cuma pendapat
    maaf cucu lancang

    • Rasanya tidak dilema, malah menjadi Kesempatan Bagus, Indonesia udah jelas memperlihatkan kebijakannya atas masalah LCS. ambigu pun adalah kebijakan. 😀

      Pada akhirnya Kuntul Hitam akan gabung dgn Hitam, begitupun juga dgn kuntul putih akan gabung dgn yg putih (jargon amien rais)

    • Di tuakan omong kosong! Giliran ribut ngajak ngajak.pas enak telen sendiri.biarin aja mereka di makan cina.kalau perlu suruh ke ostrali sekalian biar bersih nih belahan selatan

  7. Mbah semakin yakin
    semakin sangat yakin
    benar-benar akan terjadi

    Semua dimulai dari Filiphina, dari Blokade total yang dilakukan PLAN,
    sesuai skenario maka malaysia dan Vietnam yang berusaha menjadi penengah malah ikut terseret.

    MASALAH DIMULAI !
    Indonesia dan Australia yang awalnya tidak ikut-ikutan pun akhirnya ikut juga terseret ke perang, begitupun Selandia baru, dan akhirnya Amerika serikat turun tangan.

    MASALAH MENJALAR
    Dimulai dengan pengiriman armada australia, selandia baru dan USA armada ke 7 yang ingin membebaskan blokade langsung berhadapan dengan PLAN dengan composisi 4 Carrier, 40 Destroyer, 120 fregate, 115 LPD, Kapal tanker, Kapal tender dll dalam sebuah grup Angkatan Perang Pembebas + 50 kapal selam siluman mereka. Dan bisa ditebak hasilnya, USA dan Australia Babak belur kabur langsung ke selatan.

    Dan china yang ingin perang cepat segera mengarahkan armadanya ke Selatan melewati Natuna, NAH DISINILAH AWAL MULANYA GESEKAN ITU.

    China yang menginginkan Perlindungan Total dari Armada yang bergerak memerintahkan semua kapal permukaan Indonesia HARUS menjauh 200 KM dari iring-iringan Konvoy mereka. Dan akhirnya fregate kita yang tidak sengaja masuk ke jangkauan radar mereka radius 79 KM langsung di tembak oleh Destroyer mereka.

    PECAH KONFLIK AKHIRNYA :
    Flanker kita dan kumpulan F 16 dan campuran pesawat tempur lainnya berusaha membalas dan berakhir sia-sia, setiap pesawat tempur kita yang berani naik di ketinggian lebih dari 5 KM langsung di sambut missile. tapi keajaiban juga terjadi yaitu Armada china juga mengalami gangguan serius dari Kapal-kapal selam kita yang ternyata berjumlah lumayan banyak, sulit dijelaskan type apa yang pasti kapal-kapal selam itu banyak membawa korban yang cukup berarti yaitu 20 fregate tenggelam, 2 Destroyer tenggelam, 1 Kapal tanker mengalami kerusakan parah, 1 Kapal induk mereka juga terkena torpedo, meski tidak tenggelam tapi satu kapal induk mereka tidak bisa digunakan saat operasi mereka di Laut Jawa.

    Armada laut kita yang masih utuh sangat bermain cantik dan memilih tidak melayani peperangan secara langsung dengan china dan lebih memilih mundur ke timur indonesia bergabung dengan Bala Bantuan Amerika serikat yang saat itu baru datang dari Pasific. Sedangkan Armada Australia sudah hancur dan tinggal sebagian di darwin, Praktis tinggal sebagian saja angkatan Udara dan angkatan Darat mereka yang tersisa menunggu musuh mendarat.

    kapan-kapan mbah lanjutkan lagi skenarionya.

    YAITU SAAT SERANGAN BALIK INDONESIA yang dibantu USA + RUSSIA DAN AKHIR KEKALAHAN CHINA

    • Oz + As saja yg maju duluan mbah…bilang sono….berani ga lawan China..??
      bila perlu kerahkan semua tentara dan alutsista oz + as dan pindahkan ke Philipine

    • Oke-oke.. ta tunggu mbah dkk di mulut Darwin yah, awas ga nongol…

      • si mbah mah pinteran prediksinyah.
        ahli sejarah juga.
        apa harus gwa bongkar indentitas si mbah nih.
        JASMEV..
        “.. kalian akan melawan penjajah bangsa sendiri.. ”
        (sukarno).
        kaki tangan ASU tapi berak ma makan di INDONESIA.

    • Hi..hi Mbah bowo kaya dalang perang sampe detil kapal ma pesawatnya. Buat skenario film pearl harbour asia cocok mbah.

    • ngapain china melarang KRI mendekat klo itu benar2 terjadi? lha wong TNI mmpersilahkan… lagipula TNI tdk akan membiarkan konvoi2 kapal perang dr selatan melewati perairan indonesia.. Blokade Full… jdi australia mesti lewat smping papua nugini 😀 :p

      • Saat itu china sudah Murka, terlebih lagi indonesia saat itu bersikap tidak jelas memihak siapa ?

        2020 teater dimulai, jalan yang terbaik adalah menumpuk S-300 sebanyak 50 baterai dan Yakhnot sebanyak 100 baterai, di pulau-pulau di sekitar natuna.

        Untuk pesawat tempur jangan paksakan diri mencegat konvoy, karena akan berakhir sia-sia.

        Bila memang sudah terjadi konflik maka Armada laut kita harus segera menghindar ke timur / pasific saat di kejar biar tetap utuh, kita menjauh dan biarkan saja iring-iringan konvoy PLAN, jangan paksakan mencegat konvoy PLAN yang akan membereskan australia.

        • Yakhnot sebanyak 100 baterai di Natuna, 300 baterai di Kupang :mrgreen:

        • Mbah.. menarik sekali Jika PLAN merangsek naek ke Darwin,
          Kapasita Perang darat PLA yg massive …kira2 Oz bagaimana menghadapi nya.?
          dan para imigran yg tertindas melakukan kekacauan internal di oz..?

          • saat itu australia sangat ketakutan, sangat-sangat ketakutan karena armada laut mereka sudah kalah saat awal-awal fase pertempuran di Laut china selatan, yang kembali hanya beberapa fregate, kapal corvet kecil2 yang tidak berarti, 1 LHD Australia yang berisi 25 F-35 sudah tenggelam di perairan sekitar Natuna.

            sedangkan 1 LHD mereka masih ada, utuh lengkap beserta isinya kabur ke timur pasific bersama-sama armada Indonesia.

            Australia selamat dari terkaman china karena Jepang dan Russia tiba-tiba tanpa di duga menyerang Daratan china membelah 2 daratan china menjadi 2 front pertempuran,

            Sedangkan armada PLAN yang kebingungan mau kembali ke Laut kuning sudah terlambat, di sekitar teluk manila armada PLAN diterkam dan di libas habis oleh armada amerika serikat yang sudah tiba.

            Mungkin saat itu adalah satu-satunya pertempuran terbesar di sejarah angkatan Laut di Dunia.

            Dimana Posisi armada Indonesia saat itu ?

            Armada Indonesia MASIH UTUH dan berada tidak jauh dari Armada USA, saat itu Armada Perancis, inggris dan Italy sudah bergabung.

          • Adalah ide yg bagus mbah..jika China naek ke daratan Oz dgn hasil akhir membagi dua benua Oz, utara untuk Penduduk Asia dan imigran yg akan datang, 1/3 diselatan buat bangsa bule nyasar, jadi nanti ada acara pelucutan Tentara oz di wilayah utara, tentu sebagai bagian dari pbb indonesia harus ikut ambil bagian terutama ACARA MEULUCUTI ini.
            gimana mbah..fair enough..?
            😀

          • Hahaha…. pakaian enggak ikut dilucuti juga khan om donnie… apalagi pasti bakal banyak janda2 di ostrali setelah kalah perang… hehehe

    • mari kita perang

  8. bung diego@ itu di gambar terakhir ada garis merah yg menyelimuti sampai ke singapura,
    maksud nya itu kekuasaan kerajaan china zaman dulu atau gmn?
    maaf saya org awam,,
    makasih sebelum nya

    • Itu China’s Map of shame tahun 1938. China merasa wilayahnya banyak yang lepas akibat kolonialisme dan imperialisme barat serta Jepang. Peta itu menandai wilayah China “seharusnya”, sebagian India termasuk kepulauan andaman, Pakistan, seluruh Main land Asia tenggara sampai semenanjung, kepulauan Natuna, Taiwan, kepulauan Okinawa, seluruh Mongolia dan sebagian Russia Timur. Mungkin kita juga harus bikin Indonesia’s Map of Shame yang mencakup Siam dulu dan seluruh kepualaun Nusantara di Pasifik selatan :mrgreen:

      Klaim LCS berdasarkan sejarah dinasti Han, alasannya kepulauan di LCS adalah tempat berlindung nelayan China ketika melaut sejak dari sekitar 2000 tahun ke belakang 😀 Bukan tidak mungkin suatu saat China mengklaim wilayah2 yang dulu bayar upeti pada kaisar China, itu artinya kerajaan Sriwijawa dan Majapahit. Bisa juga mengklaim wilayah yang didatangi Laksamana Cheng Ho. Tanpa adanya musuh bersama US (dan Jepang), China juga mungkin akan bersengketa wilayah dengan Russia.

      China bukan musuh, tapi bukan juga sahabat. Aristoteles mengatakan “A friend to all is a friend to none”, karena kita siap berteman dengan negara manapun artinya adalah kita tidak bisa bersekutu dengan negara manapun

      • koreksi bung,sriwijaya majapahit tidak pernah bayar uperi ke mongol,coba baca lagi,malahan di pukul mundur sama raden wijaya

        • 🙂 semua bayar upeti pada kaisar China. Upeti itu pengakuan superioritas bung, biasa dilakukan dari jaman dulu sampai sekarang, hanya bentuknya saja yang berubah. Dulu Sriwijaya dan Majapahit bayar upeti pada Kaisar China. Singosari bayar upeti, ketika menolak pasukan datang. Raden wijaya tidak perang head to head dengan pasukan China (waktu itu dibawah pemerintahan ras Mongol) dan menggunakan strategi untuk mengusir pasukan Mongol, dan kemudian ketika Majapahit mapan kunjungan ke kaisaran China kembali dilakukan. guest what? kembali ngasih upeti

          Upeti bukan kedaulatan, hanya pengakuan, karena memang upeti dikirimkan oleh negara2 yang berdaulat. dan yang dikhawatirkan mengenai klaim China adalah klaim LCS mereka sangat lemah menurut standard internasional dan mengada-ngada, tapi toh mereka tetap ngotot. Sementara ekspedisi maritim seperti perjalanan Laksamana Cheng ho terdokumentasi dengan baik, ini yang dikhawtirkan negara2 ASEAN, China menggunakan alasan sejarah masa lalu ribuan tahun ke belakang untuk melakukan claim wilayah di masa sekarang ini.

          • sebagai tambahan Pulau Subi masuk dlm pengawasan ketat pemerintah daerah Riau karna di pulau tsb terdapat Mercusuar yang menurut dokumen yang ada, dibangun oleh Cina, pada tahun 1800-an, bila merujuk klaim cina atas LCS berdasarkan peta yg dibuatnya bukan tidak mungkin gesekan akan terjadi antara RI dan China.. informasi perihal klaim sepihak yang bakal dilakukan Cina saat ini sudah berkembang ditengah masyarakat Natuna dan Anambas (Kepala Bakesbanglinmaspol Pemkab Anambas, Baharuddin Thalib)
            Tapi menurut Camat Subi memang ada bekas mercusuar diwilayah Subi tepatanya di Desa Meliah kecamatan Subi, tapi mercusuar tersebut dibangun oleh penjajah Belanda pada 1818 silam” (Erliansyah Camat Subi)

            Pulau Subi yang termasuk bagian dari Kabupaten Natuna, dan secara astronomis terletak pada koordinat 03 01’ 51’’ Lintang Utara (LU) dan 108 54’ 52’’ Bujur Timur (BT). pemerintah harus memperhatikan Pulau Subi apalagi dengan sumberdaya minyak dan gas bumi serta kekayaan laut lainnya yang dimiliki Pulau Subi dan Natuna pada umumnya, sangat beralasan jika negara asing, berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan Pulau Subi dan pulau lainnya, sebagai bagian dari teritorial mereka. (HaluanKepri)

            Semoga kedepannya bangsa Indonesia mempunyai pemimpin yang bisa membuat Indonesia mandiri & berdaulat (NKRI HARGA MATI).

  9. Hmmmm…,real chicken always look for ally . Apapun situasinya Indonesia hanya perlu memperkuat diri dan selalu waspada.

  10. SETUJU Bung Rafale.
    Baca koment sampean jd bawaan ikut ESMOSI jg neh,hahahaaa….

    Lbh baik diam dan nilang, “Malingsia, Singoporn, Ausi…
    SIAPA YA MEREKA”??????

  11. No More Mr.Nice Guy
    saatnya kita hanya diam
    mungkin bisa sekalian cari untung seperti yg dilakukan tetangga kita yg “baik hati” pada masa lalu

    JASMERAH bung

  12. Kita dikerdilkan IMF, industri strategis kita dihancurkan oleh pesanan perusahaan2 besar negara barat. Tapi ketika eropa nyaris bangkrut kita malah ikut ngasih pinjaman bantuan dana lewat IMF 🙁

    Dalam masalah kebangkitan China dan perseteruan dengan beberapa negara Asean kita jangan diam, jutru manfaatkan saja

  13. cocok, kita nggak jadi ketua asean juga nggak papa. lebih baik kita nggak usah ikut campur selama punya kita nggak ikut di klaim sama china.

  14. * Pentingnya Tol + Railway : Trans Sumatra, Jawa, Bali, sulawesi,Kalimantan Irian Jaya *
    (oot sedikit )

    Membaca informasi masuknya Monster truck KAMAZ, terbersit z pembentukan Defender Nasional :Brigade, Long Range Missile mobile. Padu Padan dgn modifikasi gerbong Sepur dgn mekanisme VLS missile.

  15. Pertanyaan yang bagus :
    Mbah sebenarnya tidak boleh menjawab dulu, tapi spesial info ini buat anda.

    Republik federasi russia menyerang dari Utara china.
    1. Disaat china disibukkan dengan Laut china selatan yang berdarah-darah, tanpa di duga Jepang membuka Front baru memberikan pukulan yang menyakitkan, menyerang angkatan laut china yang secara kuantiti tinggal sedikit dan mendaratkan tentaranya di shanghai.

    2. Russia sebenarnya sudah mengingatkan china tentang vietnam, tapi PLAN sudah terlanjur menghajar vietnam army termasuk menyerang Pangkalan angkatan Laut russia di Veitnam. Russia langsung menghukum china karena menyerang Vietnam dan Russia menyerang dari Utara china dengan kekuatan Red Army 3 juta pasukan, ribuan pesawat, 4000 MBT, dan belasan ribu artilery.

    Red Army menggunting dan membelah kekuatan pasukan china menjadi dua bagian, Red army menyerang melewati mongolia dalam, langsung menuju beijing, tentara china sebagian terjebak di utara dan tentara china yang satu lagi ter isolasi di selatan.

    tentara china di Utara diserang dan di gilas Russia dan tentara china yang diselatan di serang jepang habis-habisan sampai mundur ke kota chengdu.

    • Kalau daratannya Cina diserbu apa ga ada kemungkinan Cina akan menyiagakan nuklirnya mbah?

      Kayaknya kok gak bakalan mungkin ada invasi 3 juta Red Army masuk ke daratan Cina, seperti dulu WW II the Soviet storm wipe out eastern Europe dan jadi yang pertama kali memasuki Berlin.

    • wakawakawakak

      3juta pasukan rusia…????
      Kalo bicara mbok di pikir doloe mbah….

      Ane ketawa liatin komen anda yg ba bi bu kayak dukun..
      Mendingan anda minum viagra atau cialis doloe mbahhhh
      Biar setrong ot*k anda hhhhhh

  16. Gimana ngga berani China tetapin ADIZ di LCS kalau penetapan ADIZ dinegara superpower asia lainnya, Japan, cuma begitu reaksinya. US protes keras ADIZ di LCS, sama lah US juga protes keras ADIZ di Japan, cuma mulut doang. di Japan aja ngga ada perubahan banyak militer US (tambah LPD doang) sampai Japan mesti cari back up baru India n ASEAN, trus bagaimana kelayakan janji US mau bantu Philipina / negara ASEAN lain, yg jauh lebih kecil status sekutunya dari Japan. Faktor lain yang menyebabkan China bakal berani buat ADIZ di LCS juga karena masing2 negara ASEAN yg punya klaim di LCS juga masi saling klaim wilyah tersebut, jadi mereka sangat berat kalau diminta kerja sama, ada yg panggil preman benua lain, ada yg pura2 cuek wilayahnya udah dimasukin 80km dari panatai, ada yg diem2 numpuk alutsista.

    Menurut pendapat pribadi ane si, cara satunya yg terbaik ya lewat ASEAN yg dimulai dari pembuatan COC LCS. karena cara tersebut minimal China masi mau duduk manis bicara, meskipun China masi rada2 ngga jelas. karena cara panggil back up justru membuat China lebih tertantang n apesnya China memang mempunyai kemampuan, cara diem pura2 ngga tau lebih di obok2 oleh China n Cara menumpuk alutsista diem2 juga kalah cepat dengan China juga. Tapi ada satu hal yg langka, di masalah LCS, akhirnya Russia n NATO sehati, yaitu cuman jual senjata doang di pihak manapun yg mau beli. alias cari duit.. lebih aneh lagi Indonesia Singapore Australia yg lebih banyak beli alutsista padahal tidak / belum secara langsung terancam.

    Jadi pihak ASEAN yg bersengketa di LCS (kecuali Vietnam) masi pelit buat mempertahankan wilayah sendiri, kenapa kita di Indonesia yg didorong untuk maju perang. Buat intel OZ n US mending mengompor n mendorong Philipin, Malay, Brunai borong alutsista aja dari pada minta tentara disini maju perang, yang punya masalah langsung aja ngga panik juga, liat tu Philipin cm teriak2 doang tapi pembelian alutsista ngga jelas, maunya cuman hibah. Malaysia n Brunai, entah kenapa mereka tetep bisa adem ayem tentram bahagia ngga ribut.

    • Saya sependapat ASEAN adalah Bumper Indonesia dalam menghadapi ancaman dari utara dan ancaman dari selatan.
      Lebih baik memakai kekuatan asean dalam mengahadapi ancaman ancaman itu
      sambil menguatkan otot otot sendiri

      China masih berhitung ulang bila menyerang asean karena ekonominya banyak ditopang perdagangan dengan asean,
      China pun maunya menyelesaikan konflik perbatasan LCS ini dengan jalur bilateral antar negara yang bersengketa dikawasan asean tanpa campurtangan dunia internasional dan amerika serikat.
      SILAHKAN saja mereka secara bilateral menyelesaikan sengketa wilayahnya dengan china sedangkan spirit kebersamaan asean kita yang akan tetap menjaganya.

      Kalau kita meninggalkan asean malah tidak etis karena sudah dianggap Big brother.
      Malah kita dijadikan musuh baru bagi asean,

      Yang patut diantisipasi itu adalah negara diluar asean yang MENGKOMPORI memulai perang asean dengan China,
      Jadi Ingat Soekarno dipancing oleh barat untuk mengivasi sabah dan serawak bila Soekarno terpancing maka Indonesia akan digangbang dengan kekuatan Internasional dan akan dibagi bagi daerahnya,,dan itu dipahami oleh pak Karno,dan beliau tidak terpancing,
      Setelah tidak terpancing maka dibuat skenario lain untuk meruntuhkan Soekarno.

      IMHO

    • agak beda bung @XyZ, ADIZ di LCT lebih ke hubungan regional antara China, Jepang dan Korea. Sementara ADIZ di LCS akan jadi kontrol penuh China terhadap salah satu jalur perdagangan internasional paling sibuk di dunia.

      • memang beda om Now, tapi kalau diperhatikan, ngga tau kal salah, China mencoba dulu di konflik Senkaku/Daiyo karena yang di hadapi lebih sedikit (Jepang, Korsel, US). setelah mendapatkan respon cukup baik/tidak terlalu diganggu, kalau ngga salah lagi2 cuman kita dari ASEAN yang bersuara masalah ADIZ China di konflik Senkaku/Daiyo, meskipun itu cuman ikut prihatin isinya.

        Karena sukses ADIZ di Japan, akhirnya China memberanikan diri menerapkan ADIZ ke konflik LCS yang lebih banyak pemainnya/turut campur (ASEAN, US, Jepang, Aus, kemungkinan besar peserta baru India, UK, Russia).

        Tapi itu cuma pendapat pribadi om, mohon maaf kl agak ngga diterima akal sehat.

  17. Mungkin bung now bisa share linknya utk upeti ini. Ekspedisi laksamana cheng ho hanya kunjungan persahabatan saja sama dgn ekspedisi pamalayu kertanegara pada jaman singosari ke semenanjung dan siam yg tujuannya utk membendung pengaruh cina mongol di asia tenggara. Lalu dilanjutkan dgn majapahit yg dikomandani oleh laksamana nala. Kebesaran majapahit ditunjang oleh armada maritimnya yg kuat ditambah oleh komandannya laksamana nala yg tersohor.

    • betul juga, gak pernah ngebaca raja majapahit/jawa kasih upeti ke raja china, entahlah kalo sriwijaya,

    • Dulu saya baca buku mengenai sejarah kerajaan2 di Nusantara bung @ihsan. bukunya mencantumkan referensi catatan sejarah dari berbagai pihak termasuk dari pihak China.

      Praktek mengirim upeti berupa barang berharga dan juga jiwa adalah praktek yang biasa dan normal dilakukan. Saya rasa bisa dicari dari berbagai sumber di internet. Jika kesulitan mungkin nanti saya bantu carikan.

      Upeti adalah tanda pengakuan kedaulatan negara lain, biasanya dari negara yang lebih kecil pada negara yang lebih besar. bisa sebagai tanda persahabatan, tanda takluk dan juga bisa jadi upaya menghindari perang. Cmiiw, bahkan kepada Singhosari raden Wijaya pernah bayar upeti. Setelah Majapahit menjadi penguasa Nusantara hubungan dengan China kembali berlanjut dan ada utusan yang datang ke China pasca perang dan terusirnya pasukan Mongol. Utusan tersebut tidak akan bertangan kosong tanpa membawa “tanda itikad baik”, menjaga muka sampai sekarang adalah kebijakan politik luar negeri banyak negara terhadap China.

      Sama sekali bukan hal yang aneh. Bahkan ada kerajaan kerajaan di Cina selatan dulu pernah bayar upeti pada kerajaan di Kamboja dan diantara sesama mereka. Freeport dan newmont itu bisa dipandang sebagai adalah upeti modern Indonesia bagi US, itu baru memalukan

      • iyah tidak pernah ada cerita Raja Jawa kirim upeti ke Kaisar tiongkok, yg gue baca dulu begitu, malah si penyampai pesan nya di buntungin Telinga nya.

        Memang ada tim Expedisi untuk menjawab tantangan Singosari tapi tidak sampai terjadi perang hancur2an..sebagian malah terdampar di Tangerang dan mendirikan Benteng Pertahanan , masuk via muara cisadane, jadilah China Benteng….

        cerita dari my Old Satpam
        😀

        • Pasukan Mongol itu justru datang karena penolakan bayar upeti, raja2 sebelumnya (dan yang lain) bayar, baik langsung ataupun via Srivijaya ketika masih berkuasa atas wilayah Jawa. setelah Hayam Wuruk wafat konflik antar keluarga Majapahit masih menyertakan pasukan China, imho-tidak mungkin terjadi bantuan militer tanpa ‘timbal ballik’

    • mana ada jugak raden wijaya gak ngusir langsung,wong setelah hancurin kediri akhirnya raden wijaya dan bala tentaranya membelot dan menghabisi tentara2 mongol itu di surabaya dan sngaja di sisakan sebagai bukti,di sejarah surabaya ada kok,maka karena itu surabaya di anugrahi kota pahlawan bukan di lihat dari perang 10 november aaja tapi sejak majapahit.
      bung now itu kgk tau sejarah kgk usah di dengerin ,sejak kapan jugak majapahit sriwijaya bayar upeti,kalau gk tau sejarah jgn sok ngerti bung no,kalau salah malah kenak buli orng se nusantara lho,mngkannya rajin membaca ya

      • Saya memang bukan ahli sejarah bung @R.Wijaya, tapi sejarah Majapahit yang membanggakan saya sediki-sedikit pernah baca. Hanya saja lepas sekolah sumber bacaan sejarah tidak melulu keluaran P&K. Di sekolah2 kita ada upacara bendera, ada pelajaran sejarah dan ada PMP. Semua itu adalah upaya sistem untuk membangun kebanggaan berbangsa dan bernegara. Sejarah Majapahit penting untuk bangsa ini bangkit setelah dijajah asing. Melihat beberapa reaksi beberapa rekan di sini keliatannya upaya itu berhasil 🙂

        Pada jaman dulu, upeti itu bukan tanda takluk saja, tapi juga pengakuan dan kadang juga diplomasi. ketika Suwarnabumi melepaskan diri dari Majapahit dia tetap jadi penguasa Palembang walau kirim upeti ke kaisar China. Btw, dia berhasil memisahkan diri dari Majapahit adalah berkat bantuan kaisar China. Sejak tahun 600M tercatat ada negara di Jawa Tengah yang sudah mengirim upeti ke China, bentuknya upetinya seperti burung, badak, penyu, wanita dll. Ketika jaman Yuan tentara Mongol datang juga urusan nagih upeti yang ditolak. Dan setelah Majapahit menjadi penguasa nusantara dan kekaisaran Yuan jatuh urusan saling mengirim upeti ini masih terus dilakukan walau Majapahit bukanlah negara bawahan kaisar China

        Saya sendiri tidak merasa urusan upeti itu memalukan, karena dilakukan semua negara dan kerajaan dalam berbagai sejarah kejayaan, kebangkitan dan keruntuhan justru bisa dijadikan pelajaran. Saat ini juga masih terus dilakukan walau bentuknya tidak lagi burung atau penyu.

        http://books.google.com.sg/books?id=gnh2AgAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

  18. Bakalan pake nuklir nggak ntar perangnya, klo china, mother of russia n amrik pada war ??? kalo china ngelawan mother of russia kan russia kekuatannya gede banget, kalo pake senjata konvensional mungkin kalah ntar china.

  19. “Itu adalah sebuah ‘panggilan untuk
    membangunkan‘ bahwa itu bisa
    terjadi pada kami dan itu terjadi…“
    kata Tang Siew Mun
    ————-
    Salut utk Mr Tang Siew Mun, ini sudah menjadi rahasia umum, yang pertama kali perlu dilakukan adalah kejujuran utk mengakui bahwa ada masalah.

  20. PESAN DARI USA UNTUK CHINA…!!!
    AMERIKA SELALU MENANG…!!

    • RUSIA DAN CHINA INGIN DI HANCURKAN OLEH U S A DENGAN APA..?
      HAARP Weapon,,Tesla Energy Weapons, ATAU OLEH Strategic Defense Initiative (SDI)
      TINGGAL PILIH MAU BERAPA MENIT ATAU DETIK..,??
      RUSIA DAN CHINA AKAN HANCUR OLEH U S A

      ( saya sebenernya saat ini lagi sebel sama U S A ,tapi apa boleh buat karena faktanya U S A adalah polisi dunia dan raja dunia)

    • Dalam Perang Korea 1950-1953

      Justru Pasukan AS + PBB hampir Hancur di Pusan, walaupun China menerapkan taktik banzai massive, pasukan PLA lah yg membuat Korea Utara tetap eksis sampe skrg dan Line Paralel 38th. tetap dipertahankan.

      Sangat menarik jika keduanya bertemu dalam perang modern, Jepang boleh bertekuk lutut dulu tapi china.??.. hehe…salah2 AS kedodoran.. 😀

      • itukan thn 50 an….yang ini thn 2003 an… mana rusia dan mana china..??
        dan ambil hikmahnya..!
        juga PLN tolong belajar dari ini..dalam keadaan hancur pun LISTRIK masih menyala…!
        bagai mana dengan jakarta..??….cape deh…xixixi

    • Video ini mungkin lebih berimbang.
      Amerika kadang juga mengalami masa-masa kelam.

      • ini lah nasib negara yang no 5 terkuat militernya di dunia pada saat itu
        mana china,mana rusia..?

        • ia ia.ia…yang penting U S A masih jadi raja dunia…
          @ bung sergio kalau bisa di kupas senjata harp,tesla,dan sdi…
          wooww keren tuh.untuk menambah wawasan..thx

        • oopsss ralat bung diego..maafff

        • 22 negara melawan 1 negara???. Hemm, pantasnya tentara AS pulang dari Baghdad pake G-String & bra. Memang menang. Tapi legalitas serangan tersebut sampai hari ini dipertanyakan. Negara sekuat China pun kalau dikeroyok NATO belum tentu bisa bertahan. Tapi kalau China, Rusia, bersatu apa mereka berani??. Belum lagi kalau Jerman bangkit dari tidur yang sangat ditakuti AS. Inilah mimpi buruk AS yang sesungguhnya.

        • Ada baiknya tetap waspada dgn kabar bangkrut dan lemahnya amerika spt Letjen Saito pada masa PD II yg justru menjadi waspada dgn kabar “kekalahan” armada laut amerika di laut filipina

  21. REPOST
    Basing Natuna
    – Sudah ada Lanud Ranai panjang 2563 m, tambah satu taxiway dengan panjang dan lebar sama.
    – Sudah ada Satuan Radar 212 Ranai.
    – Tambah 3 hangar tertutup terlindung panas dan hujan/ air laut, terpisah jauh satu sama lain, masing2 cukup utk 4 pswt seukuran Sukhoi.
    – Tambah satuan Paskhas anti serangan udara kanon Contraves 35 mm.
    – Tambah bunker senjata udara-laut.
    – Tambah tanki timbun avtur.
    – Dermaga: diperlebar, diperkuat dan difasilitasi utk berlabuhnya kapal sekelas LPD.
    – Jadikan lantamal dengan segala infrastrukturnya.
    – Tambah tanki timbun diesel.
    – Disiapkan pos Yon Marinir.
    – Pasang radar OTH.
    – Pasang alat komunikasi canggih ke/dari Mabes TNI.
    – Tambah pangkalan utk Bakamla.
    – PemPusat: kucurkan dana yg cukup ke Pemda utk mengembangkan perekonomian termasuk infrastruktur (asal jangan dikorupsi!).

  22. @bung nowy rasanya saya belum pernah baca soal upeti majapahit me mongol, namun Dari referensi sejarah yg pernah says baca dinasti mongol mengalami kemunduran sejak kubilai khan dibandingkan dgn jenghis khan,lebih lebih setelah ekspedisi ke nusantara, Dan semenjak kubili khan meninggal,praktis imperium mongol susut drastis sementara kerajaan2 ras han atau cina Sekarang mulai berani melepasakan diri Dan dimasa kebesaran imperium majapahit di jaman hayamwuruk ( cucu raden wijaya pendiri
    majapahit)dgn patih gajah madanya praktis
    Tidal menemukan rintangan berarti ketika memproyeksikan wilayahnya sd will kamboja Thailand Dan sebagian Vietnam skrg,kerajaan kerajaan cina dr dinasti han bukanlah ancaman berarti,praktek pemberian barang tdk otomatis merupakan upeti krn beda dgn upeti yg he’s teratur diserahkan berikut kunjungan wakil sbg tanda takluk. Nah spt mimpi says tempo hari,mulailah membangun pakta atau kerjasama DG R di utara dan baratnya serta I di barat lautnya Jin ini, krn sejatinya jin INI aangat takut nahaya utara

    • Jika kata upeti terlalu mengganggu, katakanlah saja ‘hadiah’. Kerajaan2 di nusantara tercatat mengirimkan hadiah dalam bentuk putri kerajaan dan barang berharga kepada negara2 kuat. Setelah kejatuhan kekaisaran Yuan (Mongol) pengiriman ini masih terus berlangsung. Pada tahun 1400-an Majapahit masih mengirim hadiah ini 3 tahun sekali. Praktek ini praktis baru benar2 terhenti dgn datangnya imperialisme barat di Nusantara dan di China sendiri, itu sebabnya pada tahun 1938 ada muncul map of shame yg menggambarkan kekuasaan China di masa lalu yg hilang akibat imperialisme.

      Indonesia tidak masuk ke dalam peta tersebut memang berkat kerajaan sekelas Sriwijaya dan Majapahit. Tapi bukan berarti saling perang dan diplomasi tidak terjadi. Termasuk dgn pernikahan dan pengiriman hadiah

      Pasca kemerdekaan Indonesia, Sejarah kesuksesan Rd.Wijaya, Gajah Mada dan sangat dikenal dalam pelajaran sejarah di sekolah, selain itu juga anak sekolah upacara bendera tiap hati senin menghormati sangsaka merah putih, warisan dari gula kelapa Majapahit 🙂

      • Ah masa sih, setau saya Majapahit dan China (masa kublai khan) itu ibarat Unisoviet dan USA di masa perang dingin. mana mungkin Majapahit memberikan hadiah/upeti sebagai gesture politik sementara kedua kubu ini saling berebutan pengaruh dikawasan. Kalau majapahit ngasih upeti juga kepada kekaisaran mongol, secara logika ngapain tributary kingdoms bayar upeti ke Majapahit, langsung aja ke ke Kublai khan kalau begitu.

  23. Kebetulan hari Sabtu ini sedang tidak disibukkan oleh rutinitas kerja. Seorang teman asal Korea mengajak saya untuk ikut serta dalam acara keluarganya, melakukan penyelaman di pulau Pangkor, perjalanan 4 jam dari Kuala Lumpur. Sebuah gugusan pulau kecil yang berada tudak jauh dari pangkalan utama TLDM di Lumut, negara bagian Kesultanan Perak. Sepanjang perjalanan, kami hanya membicarakan soal ekonomi, seni, budaya dan olah raga. Sampai akhirnya dari obrolan itu saya bisa mengetahui profesi masing-masing. Ada dua orang yang profesinya sangat jauh dari apa yang kami lakukan sehari-hari. Seorang yang sudah agak berumur namum masih tampak tegap adalah ternyata direktur atase pertahanan Korea untuk Malaysia. Berlatar belakang sebagai perwira tinggi angkatan darat Korea, yang pernah ditugaskan diperbatasan Korsel dan Korut. Sedangkan yang satunya, sejak awal bertemu, feeling saya udah menerkanya sebagai seorang prajurit. Ternyata benar, dia adalah adik ipar dari direktur atase pertahanan Korea itu. Latar belakangnya bisa dilihat dari bentuk tubuhnya yang nyaris sempurna, seorang perwira menengah di angkatan laut Korea. Pernah berdinas di satuan elite angkatan laut Korea, menjadi utusan yang dikirim untuk melakukan pelatihan bersama dengan berbagai negara Eropa dan Amerika.

    Hal menarik yang ingin saya bagikan, sebenarnya bukan tentang silsilah mereka, dan juga bukan soal militer Korea. Tapi lebih kepada pengetahuan dan wawasan mereka terhadap kondisi real perkembangan militer di Asia Tenggara. Seringkali mereka memotong pertanyaan saya dengan langsung menjawabnya dengan point yang saya maksudkan, bahkan dia juga memberikan perbandingan dengan apa yang terjadi antara Korsel dan Korut. Ketika pembicaraan sedang menuju pada konflik LCS yang melibatkan beberapa negara Asean dengan China, mereka mengomentarinya sangat ringan. Mereka berpikir bahwa konflik yang sedang berlangsung, tidak lebih berat dan panas jika dibandingkan dengan konflik yang mereka hadapi dengan Korut. Konflik yang terjadi baru pada sebatas konflik kepentingan yang berupa klaim teritori. Prospek penyelesaiannya masih sangat cerah, mengingat hingga saat ini belum ada satu pun alat penyelesaian yang dipakai. Indikator lainnya, kondisi hubungan bilteral antara negara-negara yang sedang berkonflik juga masih sangat bagus bahkan menunjukan saling ketergantungan. Jika kondisi business as ussual masih tercipta, maka ancaman perang sebenarnya boleh dibilang gak ada, atau setidaknya masih sangat jauh. Apalagi belum ada satupun pemimpin negara yang melakukan provokasi perang, ini menyiratkan bahwa kondisi yang sebenarnya masih relatif aman. Bukti nyata yang bisa kita lihat, adanya indikasi peningkatan nilai bilateral dalam sektor ekonomi diantara negara yang berkonflik. Bukan hanya itu, mereka juga masih giat untuk saling berinvestasi. Jadi apanya yang menandakan mau perang? Kondisi seperti yang sedang memanas ditengarai hanya ulah usil dari pihak ketiga yang mencoba mengambil keuntungan dari iklim ekonomi yang sedang robust di kawasan itu. Pertumbuhan ekonomi China yang tinggi, telah menyedot hampir separuh energi dunia. Dampaknya bagi dunia adalah menjadi langkanya energi dan berimbas pada kenaikan harga energi yang sangat bombastis. Sedangkan China sendiri menikmati benefit harga energi yang murah, karena mereka telah melakukan kontrak justru di saat harga energi itu belum melambung tinggi. Inilah yang menjadikan konflik ini terasa begitu special. Negara-negara besar yang sudah fasih dengan bahasa konflik akhirnya datang untuk mengaut keuntungan. Konflik mungkin akan dibuat tetap panas, memanas dan lebih panas. Tapi percayalah, perang ala militer yang sesungguhnya tidak akan pernah ada.

    Di akhir obrolan kami, dua orang ini justru iri melihat kiprah Indonesia. Mereka menyebutnya, bangsa kita sebagai bangsa yang cerdik dan otak dagang. Hehehe..! Sambil tertawa, mereka bilang dari semua konflik yang ada, akhirnya Indonesialah yang akan meraup keuntungan. Persis mirip Jepang era Perang Dunia. Ketika saya coba mengejar apa maksud mereka, jawaban singkat terlontar dari mulutnya; think it..! Pikir aja sendiri. Sambil lompat dari boat dan menenggelamkan diri ke laut.:-:)

    • Menarik sekali pembicaraannya, memang perlu jg bertukar pikiran dgn orang seberang yg mungkin punyai pendapat yg berbeda tapi bisa mjd pelajaran. Yg menarik adalah perumpamaan dgn jepang setelah era perang dunia.

    • Benar sekali Bung Yayan. Indonesia harus mengambil keuntungan dari kemelut LCS. pada WWII korea diuntungkan dengan kolapnya Jepang, minimal korea lepas dari penjajahan jepang walaupun harus terbagi menjadi 2 negara.

      tetapi sepertinya China belajar dari kesalah jepang. dan China juga tidak mau mengulangi kesalahan jepang. pembangunan AL China yang fokus ke armada blue water bisa jadi indikasi. setelah eksistensi China di LCS diakui sebagian negara kecil, begitu Amerika + NATO terlibat masalah ekonomi atau mungkin terlibat sengketa dengan Rusia di bumi eropa, China akan sangat fokus menyerbu langsung ke daratan Australia.

      Jika China menyerbu Philipina maka akan sangat mungkin USA, Australia, New Zealand, Malaysia, Inggris dll segera menahan serbuan itu. tetapi jika China menyerbu langsung daratan Australia mungkin cuma Amerika, Inggris dan new Zealand saja yang baku hantam. ASEAN AKAN DIAM.

    • Jepang pasca perang menyerap teknologi barat dan bangkit jadi kekuatan ekonomi baru, mdh2an itu prediksinya.

      Btw, IHS jane’s bikin prediksi kurang enak mengenai pembangunan kapal selam CBG oleh PT.PAL. menurut mereka kemungkinan produksi KS dalam negeri akan melewati target waktu 2018 dikarenakan keterlambatan persiapan infrastrukturnya. Baca2 berita memang antara pencairan dana dan target selesai pembangunan infrastruktur hanya beberapa bulan

    • Setuju ….
      Salah satunya UE ,Usa ,rusia dan china……dengan getol menyuarakan panas“ perang urat syaraf supaya laku keras senjata mereka, krn dg hasil penjualanya bisa menutup stopgap untuk anggaran masing2…

      Kalao pun tidak terjadi premanasan dalam perang maka senjata juga tak akan laku,misal phinoy yg lgsg mengakuisisi t50 korsel,vietnam dengan kilo,fregat nya dari ruskie,untuk indonesia sendiri hanya ingin menutup genteng yg yg masih bolong2 dalam rumah tangga..

      Indonesia diuntungkan…
      Jawaban yang pas.karena dengan begitu indonesia mendapatkan alutsista yg wahh daribyg sebelumnya ala kadarnya. Apalagi dengan kenetralanya membuat indonesia harus cermat dalam memilah beralutsista ,kalaopun china tdk ada mengklaim Lcs tak mungkin pula usa menyetujui apache,hibah f16, apalagi UE lg dilanda krisis yg menjadikanya untuk menjual apapun meskipun berharga asal bisa menutup dan kengembalikan perekonomian mereka…

      think it…. Itulah yang terjadi.
      Indonesia harus pandai menjadi pemuda tampan..supaya bisa meraup untung dari para janda kaya….

  24. Masalah LCS mungkin akan segera menjadi perhatian dan fokus beberapa negara besar. Indonesia seharusnya memanfaatkan isu LCS untuk memperkuat dan mempertegas kedaulatan NKRI.

    Indonesia harus NETRAL dan tidak boleh menjadi bagian aliansi China dan juga tidak boleh menjadi bagian aliansi USA.

    Indonesia tidak boleh melupakan sejarah invasi militer ke Timor leste. Indonesia dipojokan dan diharuskan mengambil tindakan militer ke Timor Leste karena dikhawatirkan Timor leste bisa menjadi pangkalan kekuatan komunis China dan Uni Soviet. pilihan yang sulit untuk indonesia. Amerika Serikat, Australia, Malaysia membantu dan menyediakan semua kebutuhan militer untuk invasi ke Timor leste. Akhirnya Indonesia menyerbu Timor Leste dan laju komunis pun tertahan hanya di vietnam saja.

    Tetapi setelah kondisi dunia berubah dan komunis bukan lagi menjadi ancaman, Australia, Inggris, New Zealand memprovokasi kemerdekaan Timor leste. Amerika mengembargo, Malaysia menikam, Provokasi separatis kedaerahan, Provokasi teroris menjadi-jadi, Provokasi kerusuhan karena SARA dll.

    Sudah jelas sekali bahwa Amerika dan Australia bukanlah sahabat yang baik untuk indonesia. Indonesia tidak boleh terprovokasi dengan hasutan FDSA bahwa China adalah musuh. China adalah ancaman bagi Australia, hegemoni Amerika dan negara yang terlibat langsung di LCS tetapi China belum tentu akan menjadi musuh indonesia. Indonesia TIDAK BOLEH terlibat di LCS tetapi indonesia wajib memperkuat pertahanan di Natuna, Perbatasan kalimantan, semua jalur ALKI, dan di Papua Utara/papua selatan.

    China segera akan membuat pangkalan di timor leste. Indonesia harus segera memperkuat kekuatan TNI di perbatasan NTT-TL dengan jarak yang wajar.

    Sekarang semua terfokus di kekuatan China di LCS dan pangkalan China di Timor leste, ini saat yang tepat untuk memperkuat kedaulatan indonesia di papua. Segera lakuan operasi militer terbatas untuk melenyapkan separatis bersenjata di papua, lakukan transmigrasi besar-besaran dari penduduk padat ke papua. lakukan pembangunan menyeluruh di papua. usahakan dalam waktu 10 tahun penduduk papua mayoritas berasal dari NTT/NTB, Maluku, Bugis, Bali, Sumatera dan Jawa. pembanguan Papua juga harus adil dan menyeluruh untuk semua orang yang tinggal di papua.

    Sekali lagi Indonesia harus NETRAL. Indonesia tidak boleh menjadi kacungnya amerika dan juga tidak boleh menjadi kacungnya China. INDONESIA HARUS TETAP NETRAL BAHKAN SEKALIPUN CHINA MELAKUKAN INVANSI KE SABAH, SERAWAK DAN BRUNEI, INDONESIA HARUS TETAP NETRAL. Indonesia bukan pagarnya Australia dan juga bukan ujung tombaknya China.

  25. Benar bung, strategi yg cukup jitu utk menunjukkan eksistensi indonesia di wilayah tsb. Belajar dari pengalaman, malaysia selau bermain disaat kita lengah, sekarang lah waktunya kita yg bermain lbh agresif. Layaknya perusahaan yg hrs agresif utk penetrasi pasar. Tanpa strategi, timing, dan agresif, kita akan lbh dahulu dikalahkan.

  26. membaca situasi kekinian, terlalu kecil jika pertaruhannya hanya sebatas sipadan-ligitan dan ambalat, Bagaimana jika semua Borneo dilebur masuk ke nkri, dgn catatan Indonesia juga sebaiknya tidak menggunakan kekuatan Militer, tapi mendorong referandum raja2 melayu di tanah Borneo ini.
    jadi tidak ada dendam kesumat dikemudian hari.

    secara geografis Malaysia timur terisolir oleh natuna dari atas oleh lcs.

    * membiarkan sabah -serawak jatuh kedalam kekuasaan china pun adalah suatu kesalahan.
    kita harus pandai2 dlm timming nya.

  27. ** Sekali lagi Indonesia harus NETRAL. Indonesia tidak boleh menjadi kacungnya amerika dan juga tidak boleh menjadi kacungnya China. INDONESIA HARUS TETAP NETRAL BAHKAN SEKALIPUN CHINA MELAKUKAN INVANSI KE SABAH, SERAWAK DAN BRUNEI, INDONESIA HARUS TETAP NETRAL. Indonesia bukan pagarnya Australia dan juga bukan ujung tombaknya China.**
    —————
    Jika sabah-serawak-brunei jatuh ke China, ini juga buruk bagi Indonesia, bertetangga darat dgn negara super power bukan Ide yg bagus.

  28. Bung… aku brani taruhan, kalopun dia nyapres ngaa bakalan jadi

  29. Kesalahan negara2 asean yg bersengketa di lcs adlh mereka terlalu lama menerapkan status quo di wilayah ini. Seharusnya sdh sejak dulu mereka membangun eksistensinya di wilayah sengketa ini smp saatnya kedatangan cina di wilayah ini. Indonesia hrs menarik pelajaran agar segera mendirikan eksistensinya di wilayah sengketa dan pulau2 terluar kita supaya tdk dicaplok negara lain.

    • Saya pikir bukan status quonya yang salah, Bung Ihsan. Status quo ini pada mulanya justru sangat diperlukan oleh Asean agar tercipta stabilitas. Kelemahannya mungkin terletak pada kemampuan kita dalam memprediksi kekuatan China. Di awal pembentukan Asean, kekuatan China memang belum diperhitungkan, karena masih berada di bawah bayang-bayang Uni Soviet. Namun di era pasca runtuhnya komunisme Uni Soviet, dan pengembalian distrik Hongkong dari Inggris pada awal dekade ’90an, berbagai tatanan hidup masyarakat China mengalami perubahan yang sangat radikal dan revolusioner. Dinamika inilah yang gagal kita tangkap. Sehingga kita tidak mampu menangkap makna yang tersirat dari jejak langkah mereka yang sebenarnya mungkin terangkai.

  30. Jika China melakukan invasi militer ke sabah-serawak-brunei, itu pasti akan diurus oleh malaysia, Amerika, Australia, New Zealand. Kita diam saja. jika tanda-tanda invasi akan segera terjadi, pasti Amerika akan menumpuk kekuatan di Philipina dan Australia + New Zealand akan menumpuk kekuatan di semenanjung malaysia.

    Jika Amerika kalah dan kita terpaksa bertetangga dengan darat. kita bisa bersikap seperti “trik” meksiko yang bertetangga dengan Amerika.

    • ambalat juga akan masuk ke China atau Malaysia jadinya, tekor dunx.!!
      kalo begitu tidak ada SURPLUS dari Hajatan ini. Skrg waktunya nyari margin.
      😀

    • Meniru cara bertetangga Mexico dengan US? Hal apanya yang patut ditiru Bung? Saya tidak melihat benefit yang lebih besar yang diperoleh masyarakat Tijuana yang berbatasan dengan California.

  31. Jual saja asean pada cina.nah pada saat cina lg maem asean kita bokong aussie dan png tiba tiba.timor leste yg merasa di hianatin aussie juga ikut bantu indo.sekutu mereka di selatan pasti gak bs bantu karena sibuk ngelayanin cina.nah setelah selesai kita,cina dan timles lsg bersiap menghadapi armada ASU yg sedang dlm perjalanan dan kebingungan mau nolongin sapa duluan.masih bingung di jalan kita labrak sekalian.akhirnya ASU minta damai karena sekutu eropa mereka diam megap2 ekonominya morat marit sementara jepang dan korea sadar mereka selama ini diperalat dan segera membantu task force asia yg sdg menghantam ASU di pasifik.di bagilah belahan bumi selatan dengan bagian sbb: singapork,malay,pinoy dan vietnam controled by chinnese; sabah-serawak,png & a half of aussie controled by indonesia; a half of aussie goes to tinmles.korea n jepang dapet jaminan gak akan di ganggu dengan syarat mengakui kepentingan cina di diayou

  32. Tahun depan adalah awal diberlakukannya perdagangan bebas Asean, dalam bingkai Masyarakat Ekonomi Asean(MEA)/Asean Economic Community(AEC). Dengan platform baru yang hampir menyerupai Masyarakat Ekonomi Eropa/EU, Asean diharapkan akan segera memiliki akses Ekonomi dan diplomasi yang lebih terbuka, solid, merata dan menguntungkan. Peran serta rakyat di masing-masing negara anggota akan terus didorong untuk menjadi perekat utama Asean sebagai wilayah ekonomi yang semakin borderless. Ada kekhawatiran yang logis menghinggapi para anggotanya. Meskipun ide ini dianggap sebagai jawaban atas tuntutan zaman, namun secara tidak langsung juga akan menggambarkan persaingan yang semakin terbuka. Tidak adanya harmoni dalam hal penerapan subsidi dan pengenaan subsidi terhadap sektor-sektor atau komoditas tertentu, tidak adanya keseragaman terhadap besaran pajak dan pengenaan pajak pada sektor-sektor atau komoditas tertentu, serta adanya disparitas tingkat suku bunga perbankan yang cukup jauh antara negara anggota, telah menjadi salah satu pemicu lahirnya kekhawatiran beberapa kalangan. Sebagai contoh, Malaysia menerapkan suku bunga perbankan sebesar 2%, sedangkan Indonesia pada kisaran 10-13%. Kondisi ini melahirkan kekhawatiran di pihak Indonesia yang merasa terancam sektor manufaktur dan sektor-sektor riil lainnya. Namun Malaysia juga merasa khawatir akan mengeluarkan subsidi yang lebih besar lagi, ketika produk-produk yang selama ini dikenakan subsidi mulai berdatangan dari negara Asean lainnya. Pasar tenaga kerja yang murah di Vietnam, Philipine dan Indonesia, adalah kegusaran negara-negara Asean yang minim penduduknya, seperti Malaysia dan S’pore. Selain itu, dengan tingkat suku bunga yang tinggi di Indonesia, sangat dikhawatirkan terjadinya outflow dana masyarakat dari negara-negara Asean yang menerapkan suku bunga rendah ke Indonesia yang bersuku bunga tinggi. Bagi Indonesia, hal ini sangat memungkinkan terjadinya fenomena kelebihan likuiditas, mengingat pelaku industri dalam negeri lebih memilih negara yang bersuku bunga rendah. Stabilitas Rupiah akan kembali terancam, sedangkan respon pemerintah dalam menggiatkan pembangunan infrastruktuf masih sangat minim, sehingga iklim usaha biaya tinggi akan menjadi momok bagi perekonomian Indonesia. Satu hal yang menjadi modal penting, kita masih memiliki potensi SDA yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan negara lainnya. Selain itu, pasar Domestik yang luas akan menjadi gambaran umum bagi wajah pasar Asean secara keseluruhan. Pada tahap awal memang diyakini akan mengalami instabilitas di semua negara anggota sebelum akhirnya wujud masyarakat ekonomi Asean ini sendiri menemukan wujud dan bentuk yang wajar dan semestinya. Hal yang perlu dicermati adalah kekuatan yang akan lahir manakala masyarakat Asean ini telah menjadi satu. Asean akan menjadi sebuah wilayah ekonomi yang dihuni oleh lebih dari setengah miliar penduduk bumi, yang akan menempatkannya sebagai wilayah ketiga terbesar di dunia setalah China dan India. Kekuatan Asean akan semakin diperhitungkan oleh masyarakat Internasional. Untuk itu Asean harus senantiasa tanggap terhadap segala tuntutan peradaban. Paradigma Asean versus China harus segera diubah, karena jika dua kekuatan besar dipertentangkan, maka yang akan terjadi adalah pertentangan besar yang akan berakhir pada kehancuran yang besar. Pemikiran Asean plus China yang sekarang baru sebatas pada bidang diplomasi, harus terus dikembangkan pada bidang-bidang lainnya. Harus segera dibentuk sebuah wadah khusus yang berfungsi untuk meredam setiap pergesekan yang ada, sehingga Asean bisa lebih mandiri, sehingga mampu mencegah masuknya pihak yang tidak berkepentingan.

    Peran kesekretariatan yang ada selama ini, harus mampu memiliki daya tawar di tingkat global.

  33. Apakah pasar bebas asean msh efektif ditengah perbedaan pendapat dan perselisihan perbatasan. Kondisi ekonomi negara asean jg kurang merata, dan adanya perbedaan sistim sosial dan ekonomi antara myanmar, vietnam, laos dan kamboja dgn singapura, malaysia, thailand dan philipina.

  34. posisi golkar mmg msh kuat tapi suara golkar aan terpecah banyak.. yang mw naik perkiraan saya hanya wiranto sm ko’ vs prabowo & ga tau syp, sm surya ploh

  35. PUTIN…………..mr obama mari sini saya bisikin…sekarang kita main di asia tenggara aja yah..
    …………………..saya manfaatkan china dan anda manfaatkan ausie
    OBAMA………..oke..,yang penting senjata kita laku

  36. PRESIDEN AMERICA DAN SEPATU

  37. PRESIDEN AMERICA DAN SEPATU
    (detik 52)

  38. seharusnya bush dan obama juga putin harus merasakan ini…!!!

    http://img12.imageshack.us/img12/6580/3130622p.jpg

  39. Russia Invaded Ukraine

  40. Russian military ATTACK HELICOPTERS INVADE UKRANE

  41. @pemerhati ajah : saya sependapat dengan anda bung, kita harus mengetahui track record dan kondisi capres2 sekarang..saya malah belum melihat jejak rekam yang bagus dari capres golkar ini terhadap kemajuan bangsa, belum kelihatan..yang terlihat hanyalah hutang dari perusahaan2nya.

  42. Mungkin Mbah Moel, Bung: Danu, Yayan, Now, Satrio, Donnie dan lain lain bisa membantu rekan kita di bawah ini:

    Gokhan says:
    March 2, 2014 at 12:37 pm

    Selamat Siang Bapak redaksi yang terhormat…
    Perkenalkan saya salah seorang jurnalis dari sebuah majalah kemaritiman di Indonesia…
    Ulasan di web ini sangat menarik dan tajam…

    Mohon izin bila berkenan, apa bisa saya wawancara salah seorang narasumber pengisi di web ini…
    Kebetulan majalah kami sedang mengangkat isu di Laut China Selatan,,,
    sekiranya mohon info untuk bisa saya kontak salah satu narsum yang bisa berbicara untuk masalah tersebut,,,
    Salam Hormat,,,
    Terima Kasih

    • ya tanya nya disini saja kan gak masalah
      nanti bareng bareng dijawab mana yang mau diambil silahkan bebas.
      kalau saya sih narasumber abal abal 😀

      Bung Diego
      Artikel kawan kawan warjag (asli artikel JKGR) yang pernah diposting disini bila sudah banyak bisa dibuatkan buku edisi JKGR seperti angkasa gitu lho.
      Nanti saya ikutan beli lah ..dan kawan kawan bisa ikut beli dan hasil bisa buat memperbaiki warungnya
      Bung Diego kalau kurang bahan untuk mempertajam nanti Japri saya dan teman teman mungkin bisa kasih ulasan yang belum pernah di posting disini,asal, japri teman teman tetep dirahasiakan

      Sekedar usul

    • Bagus itu om…

      Cuman hati2….
      Bila nanti Tawaran Harta, Janda, Tahta…….. 🙂

  43. amerika saja kalah melawan vetnam apalagi kalau lawan cina.ngk akan pulang tentaranya

  44. Ono opo iki xixixi

 Leave a Reply