Jul 122017
 

Pesawat tempur ringan (LCA) Tejas buatan India menembakkan rudal. © IDRW.org

Rafael telah menjadwalkan uji tembak perdana dari rudal udara-ke-udara (AAM) jarak jauh I-Derby ER yang terintegrasi pada pesawat tempur ringan (LCA) Tejas India akhir tahun ini, seperti di lansir dari laman Defese World.

Rudal I-Derby ini nantinya akan menjadi persenjataan utama jet tempur LCA Tejas setelah menyelesaikan seluruh pengujian.

India juga dapat melengkapi pesawat tempur bermesin tunggal dari Badan Pengembangan Dirgantara (ADA – Aeronautical Development Agency) dengan versi rudal terbaru buatan Rafael, tutur Yossi Horowitz, direktur pemasaran dan pengembangan bisnis di divisi sistem superioritas perusahaan asal Israel.

Rudal I-Derby ER memiliki jangkauan hingga 100 km, rudal ini juga telah dilengkapi radar pencari terbaru. Rudal I-Derby ER tersebut dapat disebarkan dari rel peluncur pada jet tempur atau dengan menggunakan “pendorong” bioteknik yang meluncurkannya dari badan pesawat sebelum motor roketnya menyala.

Sementara itu, Rafael juga telah siap untuk menawarkan rudal udara-ke-permukaan Spike ER yang telah memenuhi persyaratan India untuk dapat diluncurkan dari helikopter.

Tender sebelumnya telah gagal dimajukan setelah calon penawar tak dapat mencocokkan spesifikasi teknis seperti uang diminta oleh India. Perusahaan Rafael Advanced Defense Systems Ltd. akan menawarkan rudal Spike ER dengan jangkauan 8 km dalam kombinasi dengan sebuah peluncur baru.

  5 Responses to “LCA Tejas India Akan Uji Rudal BVR I-Derby ER Tahun Ini”

  1. Wow India setara ama Cina neh klu balapan hi tek

    • keunggulan China adalah sudah mulai menuai hasil investasi Hi-tech sementara India masih baru mulai, dan pastinya hal ini dapat menyebabkan kebangkrutan bila tidak ditangani dengan baik, terlebih India yang gemar KKN

  2. Kenapa lebih mengunggulkan senjata daripada kemampuan pembawanya ya? 😀 mungkin emang dirancang cuma menghadapi JF-17 Pakistan ya? hehehehe…

 Leave a Reply