Feb 272014
 
Panglima_TNI_dan_China

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko bersama Panglima Angkatan Bersenjata China Jenderal Fang Fenghui di Markas Besar Angkatan Bersenjata China di Beijing (photo: Antara/ Rini Utami).

Beijing – TNI berencana menambah kekuatan di sekitar perairan Natuna yang merupakan salah satu wilayah terdepan Indonesia, sekaligus mengantisipasi instabilitas di Laut China Selatan.

“Penambahan dan pengerahan kekuatan di Natuna juga untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan ‘rembesan-rembesan’ akibat instabilitas di Laut China Selatan,” ungkap Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menjawab Antara di sela-sela kunjungan lima harinya di China.

Ia menuturkan penambahan kekuatan itu meliputi kekuatan di darat, laut dan udara. “Seperti misalnya peningkatan status pangkalan angkatan laut menjadi pangkalan utama angkatan laut dan seterusnya,” kata Jenderal Moeldoko.

Pulau Natuna dengan luas daratan 2.631 kilometer persegi, di utara berbatasan dengan peraiaran Vietnam, dan wilayah timurnya berbatasan dengan Malaysia Timur, Kalimantan Barat dan Brunei Darussalam.

Sementara itu, di barat Pulau Natuna dengan luas lautan 262.156 kilometer persegi berbatasan dengan Semenanjung Malaysia bagian barat. “Posisi geografi yang strategis ini, bisa dijadikan pangkalan oleh musuh, sebelum masuk ke wilayah RI,” kata Panglima TNI.

Karena itu penambahan dan penempatan kekuatan yang proposional di Natuna perlu dilakukan sebagai sistem peringatan dini bagi Indonesia dan TNI, sekaligus dalam mengantisipasi dampak instabilitas di Laut China Selatan.

“TNI senantiasa memantau setiap perkembangan di Laut China Selatan, dan siap mengantisipasi apapun akibat dari instabilitas di wilayah tersebut,” kata Panglima TNI menegaskan.

natuna-map

China Klaim 90 Persen LCS
Sementara itu Wakil Ketua Komisi Pusat Militer China Fan Changlong menegaskan China menentang upaya internasionalisasi persoalan di Laut China Selatan, termasuk campur tangan pihak luar, khususnya Amerika Serikat.

China, lanjut dia, akan berupaya memelihara dan menjaga stabilitas kawasan di Asia Pasifik termasuk di Laut China Selatan dengan menyelesaikan persoalan melalui mekanisme dialog bilateral dengan negara yang bersengkata dengan China di wilayah itu.

Natuna1.jpg

Pulau Natuna

China mengklaim sekitar 90 persen dari 3,5 juta kilometer persegi Laut China Selatan, yang bersinggungan dengan Brunei, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Taiwan.

Tidak itu saja, China juga berencana menetapkan Zona Indentifikasi Pertahahan Udara (ADIZ) di Laut China Selatan. Hal tu mendapat reaksi keras dari Amerika Serikat dan menyebut ide Beijing itu sebagai ide buruk.

Sebelumnya China juga menetapkan Zona Indentifikasi Pertahanan Udara di Laut China Timur yang mendapat kecaman dari Washington, Tokyo dan Seoul. (Antara).

  135 Responses to “LCS Memanas, TNI Perkuat Natuna”

  1. China mengklaim sekitar 90 persen dari 3,5 juta kilometer persegi Laut China Selatan, yang bersinggungan dengan Brunei, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Taiwan.

    Tidak itu saja, China juga berencana menetapkan Zona Indentifikasi Pertahahan Udara (ADIZ) di Laut China Selatan.

    Nah looh!!!…..
    Lautan natuna tidak di claim oleh pihak cina 😀

    Diplomasi cerdas.
    Pak Moel jangan lupa, besok kalau pulang bawa oleh-oleh ya 😀

    • tidak diklaim atau belum diklaim. jika cina konsisten dengan klaimnya maka pasti akan beririsan dengan ZEE kita.
      tidak ada jaminan besok ataupun di masa datang cina tidak akan mengusik teritori kita maka kita harus bersiap2 memperkuat pertahanan kita di Natuna.
      kalaupun kita mengesampingkan nasionalisme dan sekedar berpikir pragmatis, nilai ekonomis cadangan energi yang terkandung di sekitar Natuna sebanding dengan investasi alutsista yang harus dikeluarkan untuk memperkuat pertahanan di Natuna.

      • Benar bung, kepulauan natuna sgt kaya akan sumber daya alam. Byk perusahaan perminyakan spt conoco philips, star energy, exxon, dll bekerja dgn indonesia mengelola minyak dan gas di natuna. Investasi alusista sebanding dgn kekayaan alam yg ada di natuna.

    • 9 dash line itu seperti 50:50 bagi Indonesia. jika ditarik garis imajiner maka ZEE dari Natuna jelas kena caplok. Memang ZEE bukanlah wilayah kedaulatan, tapi hak kelola bisa hilang. Potensi ekonomi dari migas dan perikanan di sana sangat besar

    • bung @arjuna, sebenarnya jika melihat sejarah masa lalu Nusantara, Indonesia saat ini sangatlah fair terhadap klaim wilayah. Tetangga-tengga kita relatif lebih kemaruk terhadap wilayah dan gila-gilaan dalam klaim. Klaim Malaysia dan Vietnam sama maruknya dengan klaim China. Bahkan Malaysia pernah bikin dunia tertawa ketika ikut mengklaim wilayah artic yang diperebutkan 😀

      Klaim bisa dilihat sesuai warna antara negara dengan batas klaim mereka masing masing

      • Imho, tidak ada yang salah dengan klaim selama ia masuk akal, ilmiah dan tentunya didukung oleh kekuatan dan kehadiran fisik untuk mendukung klaim tersebut.
        Konsep negara kepulauan awalnya adalah klaim Indonesia bahwa laut-laut pedalaman adalah wilayan teritorial dengan dikeluarkannya Deklarasi Juanda. Seandainya pada tahun 1957 kita tidak mengeluarkan klaim tersebut dan memperjuangkannya sampai lahirnya UNCLOS 1982, maka Indonesia tidak akan pernah menjadi negara yang utuh.

        Demikianjuga Malaysia tidak salah ketika mengklaim Sipadan dan Ligitan karena di peta Inggris wilayah tersebut memang dimasukkan ke dalam wilayahnya. Beruntung mereka, klaim itu didukung oleh kehadiran secara fisik di kedua pulau tersebut sehingga mereka memenangkan sengketa kepemilikan di MI. Belajar dari pengalaman tersebut maka kita memperkuat klaim kita atas Blok Ambalat dengan membangun mercusuar di Karang Unarang.

        Kalau kita cermati peta Kepulauan Spratly maka kita akan mendapati kepemilikan atol yang saling berhimpit dan berdekatan. Negara-negara yang mengklaim kepulauan tersebut berlomba-lomba menghadirkan diri secara fisik di wilayah (tak bertuan) yang mereka klaim.

        • Maaf, spertinya dulu saya denger ada berita “katanya ini katanya”

          Malaysia mengklaim kepulaun sipadan dan ligitan itu sudah merencanakan jauh-jauh hari, bahkan mereka sengaja mengirim(tansmigrasi) warganya agar bermukin dan tinggal menetap di pulau tersebut, setelah dirasa sudah cukup lama barulah pihak malaysia mulai mengakui. Kepulauna itu ( bukti ada warganya yg bermukim di pulau tersebut plus dapat dulungan sekutunya)

          Sejak saat itu pihak istana mulai geram dg sikap malaysia yg mengaku serumpun tetapi mencaplok pulau-pulau terluar kita yg belum sempat terurus (musuh dlm selimut)

          • paling mudah memang menyalahkan pihak lain. padahal di situ juga ada kesalahan dan kelemahan kita. menurut saya kuncinya hanya satu “uruslah pulau2 yang menjadi teritorimu. jika tidak mampu, banyak orang lain yang bisa mengurusnya.”

            perkuat pertahanan dan kehadiran kita di Natuna, Miangas, Morotai dll maka tidak akan ada yang berani mengusiknya.

          • Malaysia tidak mengirim transmigran Bung. Justru para pengusaha Malaysia yang datang. Anda tahu gak, Sipadan dan Ligitan adalah pusat penyelaman bawah laut terbaik di dunia. Jadi jangan heran kalau banyak orang kaya Malaysia yang datang baik untuk bisnis maupun bangun villa tepi pantai. Orang Indonesia yang ada di sana hanya setingkat Nelayan Kecil yang mungkin sejak lahir sudah lebih sering bertemu orang Malaysia daripada bertemu orang Indonesia. Makanya gak heran kalau mereka merasa lebih dekat dengan Malaysia. Malaysia sudah menjadikan Sipadan sebagai tujuan wisata sejak tahun 1981, dan menjadikannya sebagai tempat eksotis yang digunakan untuk mengungkapkan keeksotisan mobil Proton yang waktu itu baru lahir dan sedang gencar diiklan. Coba bandingkan dengan usaha kita. Tahun 1991, kita mengadakan tahun kunjungan wisata untuk pertama kalinya, atau yang kita kenal dengan Visit Indonesia Year 1991. Tahukah anda, pada saat itu, jangankan untuk masuk dalam agenda pariwisata nasional, bahkan sebagian besar diantara kita pun mungkin belum pernah mendengar nama Sipadan dan Ligitan. Yang jelas kita sedih ketika kehilangan Sipadan dan Ligitan melalui sidang di Mahkamah Internasional, jauh lebih sedih daripada waktu kita kehilangan Timor Timur yang lepas karena jajak pendapat. Tapi saya punya pengalaman yang sampai saat ini kalau teringat akan hal itu merasa malu hati. Suatu waktu saya menemani keluarga saya untuk berlibur di Sipadan. Saya bertemu dengan orang sana. Reaksi dan respon yang saya dapatkan ketika ditanya tentang kesan mereka terhadap kehidupan mereka sesudah menjadi warga Malaysia. Jawabannya, mereka sangat bahagia, kehidupan mereka lebih terjamin, dan satu hal lagi, sekarang mereka bisa punya KTP, yang konon dulu hanya orang ber KTP lah yang bisa menjadi kepala dusun di sana. Sangat ironis dan memilukan. Kita sangat tertinggal dalam penanganan pulau terpencil dan perbatasan. Semoga dikemudian hari, nasib mereka lebih terpantau, dan segala potensi yang dimilikinya bisa tergali. Amien….!

        • Jelas ada kesalahan juga di pihak kita yang mengabaikan pulau2 terluar, tapi walau bagaimana tindakan Malaysia yang menyerobot 2 pulau terluar tidak akan hilang dari ingatan rakyat Indonesia. Tidak ada simpati bagi masalah kedaulatan Malaysia yang diklaim China, dan wajar jika kita melakukan tindakan yang sama pada mereka di masa depan.

          Lagipula negara hilang berganti, meluas dan mengecil. Russia berusaha menanamkan pengaruhnya di negara2 eks Uni Soviet, dan bukan tidak mungkin kejayaan Nusantara juga akan kembali.

          10,20,30 atau 50 tahun dari sekarang bisa jadi akan ada perubahan peta2 negara. China juga sangat ambisius dan terjadi bersamaan dengan melemahnya US.

          Peta lama dibawah ini perlu diwaspadai. Jika perlu Indonesia ikut mengambil keuntungan dan mengincar Borneo utara. Lagipula perjanjian FPDA tidak menyertakan Malaysia Timur (Sabah-Serawak).

          • bisa kita lihat klaim LCS pada tahun 1938 tidak seluas klaim saat ini, hanya mencakup Spartly islands. Dengan berkembangnya kekuatan ekonomi dan militer China, berkembang juga klaim kedaulatan mereka. Sampai dimana kira2 incaran China ini 20-50 tahun dari sekarang?

            Itu sebabnya Natuna juga dalam kondisi “Bahaya”. China akses selat Malaka selain seumber sda yang kaya di sana

          • wah…Luas banget ya…

            kita memiliki kesempatan ke timur dan ke selatan,
            😀

          • Ke utara juga masih ada kepulauan moro 😉 , dulunya kan masuk daratan borneo juga, sempat lama berada dibawah kesultanan Brunei

          • Waduh peta nya ini ga nanggung2 menantang dua negara nuklir India dan Pakistan.

            Kalau Indonesia punya kekuatan tawar yang mumpuni nantinya, sebaik nya Selatan Thailand dan Malaya juga di perjuangkan. Kasihan mereka, nanti nasib nya sama kaya Uyghur, bung NYD ^_^

          • 3 negara nuklir bung @Anak Deli. Ke utara peta tersebut memasukan sebagian wilayah Russia Timur juga 🙂

            JIKA, suatu saat China tanpa lawan, kira2 itulah target mereka. Untuk mereka bukan “merebut” tapi mengambil kembali “wilayah mereka”. soalnya klaim mereka berdasarkan sejarah ribuan tahun ke belakang seperti juga klaim LCS saat ini.

            Hanya jika Indonesia kuat dan ada kemauan dari pemerintah untuk lebih aktif, soalnya salah satu sikap politik luar negerikita adalah tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain

      • Klo lihat map , betapa BESAR dan KAYA nya Indonesia RAYA .. Jadi Pantas lah Alutsista harusnya terterkuat di kawasan

      • Kl yg MALINGSIA klaim wilayah artic malah baru dengar wkwkwkwkwkwk ampek sakit perutwkwkwwkw LUCU..LUCU…

    • Disepanjang perbatasan seluruh provinsi kalimantan dengan serawak sabah, harus kita siapkan kekuatan tempur dan fasilitas yang diperlukan untuk menginfiltrasi, dan mengakuisisi daerah itu sesaat sebelum diduduki tentara CHina (Jika genderang perang LCS telah ditabuh). Intelijen militer harus bekerja siang malam memantau LCS, saat tensi meninggi dan jika kekuatan serbu china sudah berjarak 1000 mil dari garis pantai, serawak dan sabah harus lebih dahulu kita duduki, sebelum diduduki tentara china.

      Pertanyaannya, kemana militer malaysia.??? Mereka akan lebih dipusatkan dan dikonsentrasikan untuk fokus di semenanjung.
      Diperkirakan, “dalam masa perang”, mereka akan pasrah untuk melepaskan serawak dan sabah dengan berat hati dan hanya akan menuntut kembali daerahnya itu pada masa damai…

      Tidak pernah dan tidak akan pernah kita lihat perjuangan manusia2 malaysia untuk bertempur membela negerinya sebagaimana yang kita lihat pada pertempuran heroik surabaya nov 45 yang lalu ataupun seperti pertempuran2 di daerah lain di indonesia.

      Sesaat sesudah kekuatan militer malaysia hancur binasa, rakyat2 sipilnya akan langsung menyerah, takluk tertunduk, mengaku kalah tanpa syarat kepada agresor…

  2. US sudah menegaskan jika China mereapkan ADIZ di LCS maka US akan merubah postur militer mereka di Pasifik. Alias bakal rame. Minimal Cold War II

    Maaf pak Chatib Bisri, tolong ya Kemenhan dibantu. Ini situasinya bisa berubah panas dengan cepat

    • @bung Nowyou
      menurut gue belum tentu ..sampe kita menyaksikan perkuatan pinoy se kuat militer oz,kita tunggu z perkembangannya.Urgensi AS di LCS kira2 apa..? menolong pinoy, malaysia, vietnam bahkan jepang,gue masih ragu jika AS akan jor2an, tp jika menyangkut oz, kelompok siberat akan all out.

      Baik bagi YU dan JIN, kalo ada pergerakan dari selatan lebih baik menahannya di samudera Hindia atau bahkan naek ke darwin,

      sayangnya sejauh ini png-msg belum ada dlm influens nusantara, sementara cocos dan natal land..makin menguat.

    • Ada data menarik;

      maret 2009 pasukan AS yang ditempatkan di asia timur dan pasifik = 15% dari total pasukan AS di luar negeri, desember 2013 naik menjadi 40%.
      dari segi jumlah personil hanya naik kl. 25%, tapi pada kurun waktu sama jumlah total pasukan AS diluar negeri menurun 50%…

      jadi dalam persepsi AS asia timur + pasifik merupakan kawasan siaga…

    • Pivot Asia ini memang awalnya. China ancaman yang lebih besar daripada kepentingan di timur tengah. Menurut pengamat, China tidak perlu kekuatan seimbang dengan US untuk bisa menandingi US di Asia Pasific, atau dengan kata lain perimbangan kekuatan akan tercapai lebih cepat dari perkiraan awal

      Pilipina sendiri kekuatan militernya bukan ancaman bagi siapa2, apalagi bagi China. Tapi lokasi dan potensi mereka besar. Bisa digunakan untuk menahan China oleh US. Bisa dilihat dari gambar claim LCS ‘Laut Pilipina Barat’ habis diklaim China

      Jika US merubah postur militernya di LCS artinya bisa jadi menggunakan Pinoy dab bahkkan Taiwan sebagai proxy. Dipersenjatai tanpa memikirkan protes China.

      Jika LCS dikuasai China lewat laut dan ADIZ, Malaka dilema bagi China akan jadi Malaka dilema bagi US dan banyak negara lain

  3. Itu kedua jenderal senyumnya terlihat tulus dan bahagia sekali, seperti ada sesuatu yang telah dipecahkan menyangkut hubungan militer kedua negara yang terus menghangat. Teruslah memainkan skenario yang cantik wahai pemuda. Ohya jangan lupa segera juga berkunjung ke janda tua yang cerewet biar dia nggak makin cemburu. Dan tetaplah bersikap NONBLOK !!!

  4. Selamat Malam
    YUP seperti yang sudah saya prediksikan natuna akan ditingkatkan statusnya sebentar lagi akan menjadi pangkalan militer lengkap untuk semua matra .
    HAL ini dikarenakan Natuna adalah garda terdepan/pangkalan aju bagi Indonesia mempertahankan kedaulatan dalam menghadapi Konflik LCS
    Selain itu natuna sangat starategis untuk memotong jalur distribusi bagi armada yang mau menyerang kalimantan dan Jawa
    Kedepan KOGABWILHAN Tengah akan bermarkas di Natuna,

    Yang MENARIK Informasi penguatan Natuna disampaikan oleh Panglima disela kunjungannya ke china,
    ini memberikan tanda ke otoritas china bahwa jangan nguprek nguprek ZEE natuna,

    DEMIKIAN juga dengan penjelasan Panglima bahwa China dan USA adalah MITRA STRATEGIS bagi Indonesia disampaikan disela kunjungan dichina,hal ini dimaksutkan memberi pesan kepada pihak luar negeri dan dalam negeri bahwa jangan MENGKAWATIRKAN kedekatan Indonesia dengan China dalam konteks kunjungan panglima ke china saat ini ,Indonesia tetap Netral

    Pesan CERDAS yang disampaikan oleh Panglima
    – Kepada USA kami Indonesia bisa membeli Alutsista canggih ke china tetapi bukan berarti Indonesia memihak china dalam konflik LCS dan memusuhi USA
    – Kepada China pesan yang ingin disampaikan ,Indonesia punya nilai untuk NETRAL dan china harus tau posisi tawar itu dan harap china tidak ikut meng klaim ZEE Natuna karena kami Indonesia akan memperkuat Natuna
    IMHO

    • Malam jga om 😀

      Ditunggu ulasanya biar disni kita makin cerda (harus berimbang)

      Ngemeng-ngemeng ntu kabar cethar membahananya mana?…..

      Yang masih bersifat rahasia biarlah tetap rahasia, jangan dibuka dulu (pamali) kecuali rangkain berita sebagian sudah kebuka ya ga papa 😀 dilanjutkan aja prediksinya hehehehe 😀

    • * Perkuatan Natuna dan Posisi masa depan Malaysia *

      Ketika natuna diperkuat dan dlm wwaktu yg relatif bersamaan adiz lcs diberlakukan, apa yg akan dilakukan pemerintah malaysia..??? tiba-tiba z dua wilayah negaranya terpotong.
      ini menarik juga ditengah kartu Malaysia lebih lemah dibandng Indonesia.. apa yg akan terjadi dgn mereka.

      note :
      dgn asumsi Jin dan Yu salaman sobatan.

      • Tidak ada istilah ‘tiba2 2 wilayahnya terpotong’ bung. Natuna jelas2 wilayah kita dan yang melakukan apa yang seharusnya kita lakukan sebagai negara yang berdaulat. Rasanya itu normal saja kok 🙂

    • PADAHAL YANG NYURUH AUSIE NYADAP ITU KAN BIANGNYA ADALAH U S A
      tetapi kenapa yah indondesia ngak berani marah sama U S A ..?
      ATUTTTTTTT aahhhh

    • “DEMIKIAN juga dengan penjelasan Panglima bahwa China dan USA adalah MITRA STRATEGIS bagi Indonesia ” itu kata panglima kan..?
      lalu bagaimana sebaliknya apakah CHINA dan USA menganggap INDONESIA sebagai mitra strategis..?
      kalau mereka menganggap INDONESIA mitra strategis,mereka akan MEMBERIKAN BANTUAN MILITER HIBAH SE BANYAK 2 NYA KEPADA INDONESIA (tampa bayar) DAN MEMBERIKAN T.O.T UNTUK TEKNOLOGI DAN BANTUAN EKONOMI..,.nah itu baru kawan..! dan sohib indonesia..

    • @satrio : beruntung sekali Indonesia memiliki Panglima yang cerdas dalam berdiplomasi seperti ini…sudah ada info kah bung mengenai peningkatan status pangkalan di natuna, akan ada penguatan alutsista semacam apa??salam

    • izin nyantri ama sesepuh

  5. Wow, 90% dari 3,5 juta km persegi, itu berarti 3.150.000 km persegi. Jika dibandingkan dengan luas daratan kita yang kurang dari 2 juta km persegi, maka apa yang diklaim oleh China sudah melebihi luas sebuah negara terluas di Asia Tenggara yang bernama Indonesia. Di tengah kolonialisme sudah tidak lagi menjadi trend suatu negara untuk memperluas wilayahnya, maka usaha China dalam mengklaim wilayah LCS bisa menjadi sebuah solusi yang sangat menantang untuk bisa terwujud. Pantas mereka menghabiskan biaya hingga ratusan miliar dollar hanya untuk memperkuat militernya, bahkan US secara terang-terangan menarik bala tentaranya dari kawasan Timur Tengah ke Pasific, semata-mata hanya untuk memberikan dukungan rasa aman bagi kroninya yang berada di kawasan tersebut. Meski harus perang sekalipun, jika klaim China seluas itu, maka adalah sesuatu yang bisa kita mengerti. Coba bandingkan dengan usaha negara-negara lainnya yang turut sama berkonflik tetapi hanya untuk menguasai Spratly, maka perang bisa menjadi sesuatu yang terlalu mahal untuk mereka tempuh. Berbeda dengan China, perang bisa menjadi satu-satunya cara untuk mewujudkan ambisinya.

  6. “Penambahan dan pengerahan kekuatan di Natuna juga untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan ‘rembesan-rembesan’ akibat instabilitas di Laut China Selatan,” ungkap Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menjawab Antara di sela-sela kunjungan lima harinya di China.

    “TNI senantiasa memantau setiap perkembangan di Laut China Selatan, dan siap mengantisipasi apapun akibat dari instabilitas di wilayah tersebut,” kata Panglima TNI menegaskan.

    Ini baru Josssss ! Ngasih statement bgini di Beijing ….mantab Panglima ! Sippp !

    • tatakramanya, apapun yang disampaikan panglima kepada wartawan, tidak boleh merupakan surprise bagi counterpartnya dari China.

      artinya hal itu telah disampaikan terlebih dahulu kepada tuan rumah…

      • Bener bung …..pasti sdh “dikondisikan” dlu dgn China ….tp tetap isi statement Panglima itu sangat2 jelas pesannya.

        • kenapa ketika melihat wajah panglima kita ini sy langsung teringat sosok patung Gajah Mada.. hehe

          • Wahhh ….heheee ….itu persepsi bung pandan aja.
            Tp memang tanggapan Panglima lumayan kuat walau statement itu kadang multi persepsi ….yg sy tangkap terutama dr statemen:

            “TNI senantiasa memantau setiap perkembangan di Laut China Selatan, dan siap mengantisipasi apapun akibat dari instabilitas di wilayah tersebut,” kata Panglima TNI menegaskan.

            Bahwa TNI mengawasi iklim di LCS, dan siap menghadapai berbagai tantangan trutama menyangkut Pertahanan Kedaulatan baik dr pihak manapun.

            Pernyataan ini sangat cukup tegas, selain menegaskan posisi kita yg netral tp jg siap menghadapi ancaman dr pihak manapun.

            Mengeluarkan statemen sperti ini di Beijing dgn Nine dash line nya sperti ngobrol dgn macan dikandang macan …ataw sperti lg nangkring di tempat preman sambil bilang gini lah ….”Gw netral alias santey ….tp brani senggol wilayah gw,gw bacok siapa pun itu” heheheee.

          • he..he..iya juga ya bung @Pandan, garis muka, rahang, mata tajam dan keras mirip banget, cuman kurang gemukan dan berotot dikit kalo gak ntar disangka reinkarnasi atau bahkan keturunannya yang ke 11 wkwkwkwk

          • macan ketemu macan, reunian gitu Bung S&Y.. hehe

            Bung Maling Jemuran_ dalam dunia psikologi kan dikenal gini, kalo orang punya kemiripan wajah pasti ada kemiripan karakter.. gak tau lah titisannya ato reingkarnasinya tapi ketegasan dan rasa percaya dirinya cukup mewakili..semoga aja

          • Wah,saya juga baru nyadar tuh bung pandan . Posisi Pak Moel saat ini seperti posisi Gajahmada saat menjadi orang kepercayaan Patih Arya Tadah yang pada akhirnya mampu membawa Majapahit melewati segala kemelut negeri bahkan sanggup menghantarkan Majapahit pada masa kegemilangan .Kita harapkan Pak Moel juga mampu melakukan hal yang sama . Prediksi saya Pak Moel nanti setidaknya menjadi Menteri Pertahanan . Maaf, komennya sedikit berharap-harap Pak Moel inkarnasi Gajahmada,he he…..

          • Mantab tuh Bung Awan.. Menhan.

  7. Hari gini og ya masih kudet(kurang update), masih gampang di hasut gosip cap kampreeeet!…..

    Apa malah jangan2an TKI dilarang menonton/mendengar atau membaca berita di sana, apa jangan2 TKI dilarang memiliki gadget di malaysia?…

  8. Isu darimana ya Bung? Kok kami sendiri yang tinggal di Malaysia tetap adem ayem dan gak pernah dengar gosip perang itu. Soal sentimen kedua negara sih, itu sudah bukan lagi barang baru. Bahkan kedua pemerintahan pun sudah sangat mafhum. Hati-hati, boleh membakar sumbu kompor, tapi jangan sampai membakar kompornya. Isu kacangan sebaiknya jangan dibesar-besarkan Bung. Secara pribadi saya bertanggung jawab memberikan infirmasi yang benar dan syah kepada semua saudara kita yang ada di Malaysia. Karena itu hampir setiap bulan, kami berusaha untuk bertemu dengan para tokoh dan wakil negara kita di Malaysia, tujuannya tiada lain untuk menyerap informasi tentang perkembangan terkini. Setiap kali akan ada demo di depan Kedubes Malaysia di Jakarta saja, kami akan mendapatkan kontak langsung dari Jakarta. Tujuannya agar warga Indonesia di Malaysia senantiasa berhati-hati di suasana yang sedang memanas.
    Jangan khawatir, kami disini bisa membedakan mana provokasi dan mana informasi. Kami semua tetap cinta tanah air. Ada sebuah kebanggaan yang amat besar saat ini, ketika dimana-mana terdapat kata dan gambar tentang Indonesia. Naik kereta api, semua badan kereta api dibungkus stiker iklan kota Jakarta. Naik Bus, ada iklan Garuda Indonesia Airways. Nonton sepak bola, di sekitar stadion terpampang iklan pariwisata Bali dan Lombok. Pergi ke Malaysia bagian utara, ketemu iklan pariwisata Yogyakarta. Nonton Formula One, bertemu iklan Pertamina. Sekarang kami bangga, karena dimana-mana ada hal yang berbau Indonesia. Mau makan bakso dan ayam penyet, semua ada di daerah Chow Kit. Mau makan sate kambing, gulai kambing, tongseng, banyak tersebar di sekitar Ampang dan Damansara. Kami juga masih minum Teh botol Sosro, Ekstra Joss, Jamu Tolak Angin. Kalau sakit ringan masih minum Paramex, Inza, Mixagrip, Nafasin, Minyak angin Cap Lang. Atau mungkin ada yang kena panu, kudis, kurap dan kapalan, di sini semua biasa pakai Kalpanax. Kalau jalan-jalan, cobalah merunduk dan perhatikan puntung rokok yang ada. 7 dari 10 puntung rokok yang akan anda temui adalah rokok merek Indonesia. Cari Mie Instant? Indomie, Sarimi, Supermi, Mie Sedap, semuanya ada. Minum kopi? Ada kopi Kapal Api dan Indocafe. Satu yang gak jumpa, air minum Aqua dan Pocari Sweat. Hehehe..! Kalau Pepsodent dan Ciptadent sih masih bisa dicari..! Kami masih Indonesia Bung..!

    • Biasa, berita gosip pesanan, kan nnti tgl.9 april ada hajatan disini 😀

      Jangan lupa yak, gunakan hak pilih (jangan golput) orang cerdas pasti tau dong memilih pilihanya pasti cari tau info latar belakang sang calon pemimpin yg akan dilihnya.

      Titip salam bwat teman2 disana, tetap berhati-hati dan waspada 😀

      • Terima kasih Bung. Salam hangat juga dari kami di Kuala Lumpur. Sama halnya seperti pesan Anda, saya juga mengharapkan Anda, keluarga dan teman-teman untuk tidak golput. Jika kita menginginkan bangsa ini berubah lebih baik, maka inilah moment yang tepat dan juga baik, untuk memilih wakil kita yang terbaik. Hehehe..!

      • golput juga suatu pilihan politik..
        dimana pemerintahan sa’at ini dari kelas kroco sampe kelas vip terlibat korupsi… 🙂

    • sdr yayan dan lapaknya di malaysia

      mudah 2 han sukses….xixixi

      • Hehehe..! Terima kasih untuk gambarnya, bung..! Tapi ngomong-ngomong, itu foto saya atau foto anda ya Bung Angel eyes? Teringat suasana dulu waktu saya masih kecil di Bandung. Kalau kita jalan dari terminal Kebon Kalapa(Abdul Muis) ke Alun-alun, sepanjang jalan ramai dengan pedagang kaki lima. Indonesia banget, Bung..! Sayangnya di Malaysia gak ada PKL, walaupun ada sangat jarang terjadi.

    • MANTAPH. TERUSKAN BRO YAYAN “DIPLOMASI” DI NEGARA TETANGGA. APAPUN INFORMASIKAN. ADEMMM……DENGERNYA.

  9. rusia yg sangat dekat dengan china , tp saat konflik laut china timur antara china dgn jepang, malah tidak mau di jadikan sebagai penengah,,

    http://www.koran-jakarta.com/?5195-as%20minta%20china%20melunak%20terkait%20konflik%20di%20lct%20dan%20lcs

    kayaknya kalau terjadi konflik LCS juga, rusia tidak akan mau memihak china..
    karena rusia juga punya hubungan baik dgn vietnam,

  10. monsterverbond

  11. Hoakkkkkkzzzzzz kaleee …bilang perang….
    Tak akan mungkin pula kalao indonesia perang vs malaysia …..
    Berapa % penduduk indonesia disana……?????

  12. Sebenarnya TNI jangan terfocus di LCS saja dan akan membuat pangkalan disana,Bagian timur seperti Papua juga masih ada lobang yg besar bila diliat dari amrik membuat pangkalan* yg mengelilingi NKRI>>

  13. Penempatan dan rencana amrik menggeser 60 % kekuatan militernya ke kawasan Asia Pasifik hingga tahun 2020 mendatang, membawa implikasi besar bagi kawasan ini, termasuk Indonesia.

    Tahun 2020 itu tidak lama. Dalam 8 tahun ke depan, Indonesia sudah terkurung oleh pangkalan-pangkalan militer amrik. Apakah kita sudah sepakat sebagai bangsa untuk menyadari dan memahami persepsi ancaman yang sebenarnya sedang dihadapi..?

    Bisa jadi, pada 8 tahun ke depan, “perang meletus” perebutan sumber daya alam dan jalur perdagangan akan beralih ke kawasan ini(LCS dan Papua).

    Salah satu cara memahaminya, dengan memahami jumlah dan ukuran dari aspirasi “kekaisaran militer” amrik tersebut. Lebih dari setengah juta tentara formal plus mata-mata yang terselimuti melalui jejaring lembaga donor, teknisi, guru, serta badan usaha sudah tersebar membentuk koloni di negara-negara lain.

    Selain itu, begitu banyak pangkalan rahasia dibangun dan difungsikan hanya sekedar untuk memonitor apa yang dikerjakan masyarakat dunia.
    Mereka mampu memonitor apa yang isi percakapan, surat menyurat baik lewat fax atau pun email antara satu sama lainnya.

    Tak terbayangkan apa yang akan terjadi di masa datang jika Indonesia tidak segera memperkuat TNI untuk menghadapi “perang” perebutan sumber daya alam dan jalur perdagangan.
    Ingat, Indonesia adalah jantung maritim Asia dan bisa menghindar dari dampak langsung dan tidak langsung serta harus dihadapi..>> http://indocropcircles.files.wordpress.com/2013/06/penempatan-pangkalan-militer-dan-pasukan-as-serta-sekutunya.jpg?w=640&h=456

    • Dimulainya saat Washington mengandalkan pemerintah Gillard di Canberra untuk memperpanjang peran NATO dan pengaruh militer Amerika di Samudra Pasifik dan Hindia. membentuk Indian Ocean Treaty Organization (IOTO).

      Setelah menghadiri KTT NATO di Chicago pada Mei 2012, Gillard SEPAKAT untuk kehadiran utama angkatan laut AS dan pangkalan udara di Darwin dan Perth, serta pembentukan armada drone di (Keeling) Kepulauan Cocos di samudra India yang dikelola Australia

      Gambar bung wedus sepertinya sebagian tidak relevan lagi karena Timor leste sudah menyatakan siap menjadi pangkalan militer china
      Sedangka malaysia semenjak PM mahatir muhamad sdh menyatakan agak anti amerika dengan programnya “Lihat di Timur” sekarang pemerintah Najib masih BINGUNG mau berkiblat ke china atau India.dan sepertinya menunggu sign dari Jakarta.
      Malaysia dengan mulai terpuruk ekonominya tidak mempunyai nilai tawar pengaruh di konflik LCS dan amerika merasa sdh cukup punya pangkalan militer di singapore
      Demikian juga Brunai..akan berpikir keras bila menyediakan wilayahnya untuk dijadikan pangkalan militer amerika,karena sama saja dengan menjadikan target yg akan diserang oleh china.

      Malaysia ,Brunai akan mengekor Indonesia menjadi penengah LCS
      Mereka paham Big Brothernya punya sumber daya dan nilai tawar Tinggi yang diperhitungkan oleh china dan amerika.,
      Membuat Indonesia marah adalah blunder australia dan singapore karena melemahkan posisi tawar amerika terhadap Indonesia .kalaupun mereka mencari masalah kemarin adalah mereka MEMANCING ingin tahu kesiapan militer Indonesia

  14. berita kacangan ini bung….. sy sdh 2thn lebih disabah…. g ada berita yg seperti ini, berita yg sempat heboh waktu ada kerusuhan di lahad datu tp dr perusahaan kami sdh siap & menginfokan selalu siap 24 jam bila memang kondisi memanans sampai ke daerah lainnya. Jadi jgn asal comot berita yg masih belum terbukti keabsahannya….. tp memang disini siap menyambut pemilu april 2014 nanti, semoga sedikit suara kami di rantau bisa memeriahkan pesta pemilu NKRI.

  15. Barakuda penebar racun hasutan… kalo sampe perang wduh.. berat diongkos bagi malay

  16. komplotan penjahat..! di jkgr

  17. Malaysia dan Singapura itu tdk akan pernah berani menyerang Indonesia….lagipula negara penjamin mereka spt Inggris dan Amrik lagi menghindari membuat konflik2 diregional baru….akibat ekonomi mereka yg masih morat-marit…Nyerang Afghan aja bisa bikin bangkrut…yg sedalem ini…Nyerang Indonesia bisa tenggelam mereka krn kehancuran total…krn perang yang sulit dihentikan…he5x..lagipula Amrozi dkk…sdh membuktikan ke Amrik/Aussie betapa beraninya orang Indonesia dgn bom bunuh diri…Ini salah satu poin penting shg mereka takut dgn sdm bangsa Indonesia…Belum lagi faktor Red China yg skr sdh terang2an menyatakan Indonesia sebagai salah satu regional mereka….dgn cara yg sangat apik…lagipula kegagalan trader valas Asing di Singapura utk mengobok2 rupiah diakhir Des 2013…menjadi tanda betapa pasokan dollar Amrik Indonesia yg diluncurkan via Bank China yg Indonesia sgt massif shg bisa menguras modal para spekulan…shg harus menelan kerugian kurs yg sangat besar….Rupaih stabil diposisi yg semestinya …padahal isu yg dihembuskan trader rp 15 ribu perdollar….Ini bukti nyata yg jadi modal Indonesia shg sangat pede dgn UU Minerba maupun KRI Usman Harun….

    • WOOO…..INFO MENARIK…..LANJUTKAN……(KAMPANYE KALEE)

    • Sangat dramatis sekali jika kejadiannya seperti itu. Tapi saya sama sekali tidak melihat indikasi yang menunjukan adanya supply dollar dari China. Meskipun isu pelemahan Rupiah akan mampu menyentuh batas psikologis di angka Rp15,000 per USD sempat mencuat di kalangan spekulan, tapi di kalangan pelaku perbankan sendiri, isu itu dianggap masih jauh mengingat kondisi fundamental ekonomi Indonesia saat ini sudah sangat jauh berbeda dengan ketika kita mengalami kehancuran Rupiah pada masa Krismon dulu. Tahun 1998, ekonomi kita melambat hingga ke angka -23%, terburuk dalam sejarah ekonomi Orde Baru. Cadangan devisa kita bahkan sampai habis tak bersisa. Pertumbuhan kredit macet lebih tinggi dari pertumbuhan modal dan kredit yang dimiliki perbankan. Bursa saham kita terjun bebas, dan yang lebih mengenaskan, rakyat Indonesia sendiri pada waktu itu tidak memiliki kepercayaan yang kuat terhadap perbankan dan mata uang Rupiahnya. Tapi sekarang semua itu tinggal kenangan. Walaupun diakui adanya indikasi hengkangnya modal asing dari Indonesia, tetapi hal itu lebih disebabkan oleh faktor penghentian stimulus The Fed dan rencana mereka untuk menarik kembali modal yang telah mereka tanamkan di beberapa negara berkembang dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi seperti Indonesia. Selain itu, pertumbuhan investasi di Indonesia, tidak hanya didominasi oleh investasi asing, melainkan justru telah didominasi oleh investasi dalam negeri. Current account deficit kita sangat terjaga dengan baik, inflasi cukup terkendali meskipun masih tinggi, dan satu hal yang cukup menggembirakan adalah adanya sinyalemen perbaikan pertumbuhan ekonomi di negara-negara Eropa dan Amerika, yang memicu pertumbuhan ekspor kita, baik yang langsung ataupun tidak langsung. Adanya aliran USD dari Cina, bukan sebagai pinjaman, melainkan murni sebagai hasil ekspor kita. Ekspor China ke Eropa dan Amerika juga meningkat, sehingga Indonesia sebagai pemasok bahan baku juga mengalami peningkatan permintaan, yang berimbas pada peningkatan aliran dollar ke dalam negeri. Selain itu, pada waktu yang sama, jumlah investasi langsung asing mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan tercatat sebagai nilai investasi dengan jumlah tertinggi sepanjang sejarah. Secara fundamental dalam negeri, sangat jelas tidak ada sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun pertumbuhan ekonomi US dan Eropa yang masih labil pasca krisis, sangat berpengaruh pada stabilitas pertumbuhan nilai ekspor kita. Kita patut bersyukur, karena ekonomi kita tergolong sangat imun berkat nilai konsumsi domestik yang sangat tinggi, bahkan menjadi satu-satunya negara didunia yang mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang tetap tinggi dan stabil meski tanpa ada ekspor sekalipun. Semestinya inilah yang harus membuat kita pede. Karena nyatanya kekuatan terbesar kita justru ada pada diri kita, bukan pada China..! Salam hangat Bung..!

  18. * Tidak adanya Perang Terbuka di LCS, adalah kemenangan Bersama *

    Seperti yg kita pahami, Indonesia sendiri selama Natuna tidak diganggu gugat, tidak ada urusan mendasar di LCS, hanya selebihnya adalah urusan menjaga pertumbuhan ekonomi domestik juga kawasan, begitupun semua negara yg mempunyai kaitan wilayahnya dgn LCS sejatinya tidak menginginkan perang.

    Perang terbuka hanya menguntungkan Produsen senjata, dimana AS + UE lebih cenderung diuntungkan disini karena untuk menghadapi senjata timur, senjata produsen dari barat lah yg diperlukan, mundur perlahannya armada usmc hanya bermaksud temporer untuk memberikan peluang kepada tiongkok supaya lebih agresif seolah2 negara seperti Pinoy adalah sitting duck.
    Hanya yg patut kita waspadai seiring usmc menarik sebagian kekuatannya justru Darwin, coco’s dan christmas island semakin diperkuat.
    —————————-
    Hal yg diperlukan adalah MENANGGUHKAN tumpang tindih kepentingan di LCS jika tidak ada kesepakatan permanen yg memuaskan semua pihak, maka lebih baik sepakati untuk penangguhan selama mungkin, menurunkan tensi ketegangan adalah keuntungan bagi semua pihak.
    —————————

    Hal2 yg mungkin saja tidak terpikirkan sebelumnya :

    Jika Indonesia mampu mendorong China menyepakati pembagian wilayah LCS yg proporsional secara permanen dgn implikasi mendorong modernisasi militer negara yg bersangkutan (vietnam, pinoy, malaysia.) dgn berbelanja alutsista china. Imho, hal ini akan menjadi pertimbangan China sendiri, selain tidak harus membuka Front, China sendiri sudah mendapatkan pengaruhnya di Asean dgn tangan terbuka.

    Jika hal diatas mampu dicapai, itulah kemenangan bagi kawasan, tidak perlu lagi Asia Pasific menjadi alat adu domba untuk kepentingan Hegemoni yg juga produsen senjata, Asia for asia, Europe for Europe, Asu for us their self,
    dan Indonesia tetap jadi Buffer kedua belah pihak, duduk bersamanya para negara yg wilayahnya berkaitan di LCS, akan semakin menyadarkan posisi oz, bagaimanapun posisinya adalah di Asia.

    # Hanya pemikiran awam saja.

  19. tidak lama lagi adek-adek sekalian
    tidak lama lagi
    genderang perang akan ditabuh.

    Skenarionya adalah pada tahun 2020 Filiphina menantang china dan di hajar habis kekuatan militernya, di blokade total oleh angkatan laut china. Malaysia dan vietnam yang mencoba menjadi penengah tapi lebih memilih memihak filiphina dengan alasan teman karib se asean juga juga tidak luput dari kemurkaan China, armada meraka di hajar china, angkatan laut malaysia dan vietnam tidak bisa berbuat banyak dan kalah total.
    Australia mencoba menjadi penengah pun tidak luput dari serangan China, tapi di awal-awal fase pertempuran hasilnya agak berimbang karena armada ke 7 amerika serikat turun tangan membantu, tapi hasil akhirnya bisa ditebak….. Australia kalah total di Laut china selatan, Armadanya kabur ke selatan melewati natuna, laut jawa dan juga selat lombk menuju darwin.

    China yang sudah terlanjur murka ingin segera menuntaskan sampai ke selatan, bergeraklah armada mereka ke selatan melewati natuna, NAH INILAH YANG MENYEBABKAN PERTAMA KALI GESEKAN PLAN DAN ARMADA BARAT INDONESIA TERJADI, china menyikat habis kapal perang negara kita yang mendekati mereka radius 200 KM.

    Awal mulanya China ingin langsung menuju darwin, tapi di tengah perjalanan karena sudah menyerang armada Barat kita maka Indonesia membalas seadanya saja tanpa bisa berbuat banyak, karena perlawanan indonesia yang sengit maka China dengan amarah yang membuncah mengarahkan langsung carrier, LPD, LHD dan destroyer, fregate dan kapal tanker mereka langsung ke teluk jakarta.

    Yah bisa ditebak hasilnya, puluhan LPD mereka memuntahkan 1500 MBT, 4000 Medium tank, Ratusan ribu marinir di teluk jakarta, di langit PLA di kawalan ratusan Flanker mereka yang terus menerus membom sasaran strategis yang bermarkas dari 4 kapal induk mereka yang berada di sekitar perairan kepulauan seribu.

    USA dan Australia akhirnya turun tangan dan menjadikan jawa sebagai medan pertempuran, USA dengan 1/2 kekuatan mereka turun mendarat di pantai selatan, bergerak dari selatan jawa ke utara jawa, kira-kira mbah memperkirakan di sekitar jawa barat akan terjadi pertempuran yang dahsyat.

    Prediksi mbah ini meski tidak akurat 100% tapi mendekati kebenaran,
    Renungkan adek-adek,
    Mohon maaf kalau ada salah ucapan dari Mbah.

    • Kok rasanya costnya terlalu mahal buat menggelar opera itu mbah. Kecuali negara2 besar itu sudah bermain mata sengaja berkelahi di rumah kita terus ujung2nya mereka menjarah kita rame2. Itulah yang harus dipikirkan kita semua.

      • Mahal ? tidak mahal dek bagi negara kaya seperti china, kalau pesawat tempur mereka jatuh satu maka mereka bisa membuat lagi dalam waktu seminggu, kapal fregate mereka tenggelam satu maka mereka bisa buat lagi dalam 3 bulan. Lha negara kita satu pesawat tempur jatuh di tembak musuh ngak akan bisa lagi mengganti karena pesawatnya beli ke luar negeri dengan harga yang mahalnya selangit.

        tidak ada gunanya kapal perang fregate, korvet dalam peperangan Laut modern.

        Kalau tidak mau berpihak dengan USA & australia maka Saran mbah adalah : biarkan saja mereka USA, Australia VS China bertarung, jangan pernah mengusik salah satu armada mereka saat pertarungan itu terjadi.

        • china siap menghadapi USA

        • ‘Mahal’ dari sisi kemanusiaan maksud saya mbah. Bisa dibayangkan kalau 2 negara adidaya yang sama2 punya nuklir bertarung akan mengakibatkan tragedi kemanusiaan yang luar biasa. Concern-nya sih bukan buat ikut dalam pertempuran mbah, kalau itu jelas kemampuan kita belum sampai di sana. Tapi kalau orang berantem dalam rumah kita, cara melerainya gimana?. Kalau kita harus nunggu sekuat mereka ya rasanya nggak mungkin. Harus ada solusi damai kalau begitu.

        • maksud mbah kita biarkan mereka menjadikan nusantara sebagai palagn perang…hadeh,

          • Ya harusnya jangan sampai seperti itu..tapi kalau terpaksa ya pakai skenario kemaren saja yang kasih lewat mereka main2 ke pulau X-Mas. Kita tinggal siaga kalau2 ada cipratan mereka.

    • siap perang CHINA vs USA

    • Kgkgkgkgkg 😀 skenario mbah bowo sungguh menggelikan hati….lucu dan cocok jadi sutradara di film animasi

      Saya lanjutkan ceritanya mbah…..

      Selanjutnya china mampir ke indonesia sebelum ke selatan ,mereka tanya gimana Qw16 ane?? oke gak dan tak lama kemudian para pimpinan Plan mampir di warteg skalian beli es cendol karena saking panasnyA mbah bowo denger keakraban ina n China…

      Plan mengirimkan tupolev untuk menggenmpur ausie selanjutnya mereka sebelum brangkat minta restu dulu sama adiknya indonesaia. Ingin meratakan singosu ,ausisu, ketika armada ke 7 usa membantu ausi tak lama kemudian korut meluncurkan taepodong nya menuju Usa, dan china mengirimkan dongfeng nya ke ausi dari pangkalan yg di timles.

      Tak lama kemudian dajjal kluar dengan bentuk seperti mbah bowokk 🙂 😀
      Sang penghasut yg berotak udang ,,

      mbah mbah g*Bl*k kog gak habis2..
      Kalao indonesia di serang sama saja itu china cari mati.
      Sedangkan china saja ingin merangkul indonesia supaya dduk manis dan tidak ikut lcs dg berbagai macam bantuan,kog sekarang mau diserang,,,,,

      Lucu kalee kao mbah
      Coba berfikir positif thinking
      Rendam pale lo kat bak mandi isi byclean supaya bersih hihihi

    • bangun mbah ….bangun, jangan berhayal terus …klo mau berhayal yang enak2 aja yo mbah.. Misalkan Indonesia 2020 sudah jaya secara Ekonomi dan Militer karena hasil kerja kerasnya putra-putri bangsa Indonesia ini termasuk para warjager semua disini,… Sekarang mendingan imaginasi perang sepeti mbah bowo itu disimpan dulu…buat mbah bowo aja, ngga usah ajak2 teman2 disini…. Persiapan perang TNI lebih tau … percayalah TNI sudah mempelajari dengan sangat teliti dan mempersiapkan semuannya dari A – Z mbah bowo ngga usah kuatir yo

    • Memang terdengar omong kosong, tunggu sampai 2020, Tunggu sampai PLA berbaris di depan rumah anda, tunggu sampai di langit terdengar suara pesawat yang meraung-raung, tunggu sampai ada kekacauan dimana-mana.

  20. meneruskan ceritah mbah bowo>>> Alhasil china menguasai tanah jawa akan tetapi setelah itu,
    Munculah Satria Pininggit untuk menghancurkan china,aus,png,singa,malay,brunei dll setelah kejadian perang dapat diatasi oleh satria itu tadi,semua gunung* di Indonesia pada meletus terkuburlah prajurit* si satria pininggit dan babat tanah jawa telah selesai…(Pompei II).

  21. Mbah ini bukan berkhayal, buktikan saja 2020 (A1)

    Mbah ini pembicara di berbagai forum dan komunitas, usia mbah sudah tua, kalau Upacara kemerdekaan 17 agustus mbah selalu di Undang di balai Kota, duduk di kelas VVIP.

    Mbah bukan intelejen atau antek asing yang dibayar murahan, mbah cuma menyampaikan sedikit informasi yang berguna, harusnya informasi mbah ini sangat berguna bagi yang berkepentingan.

    Mbah selama ini tidak pernah membalas hujatan pada diri mbah, mbah yakin siapa musuh dan teman akan di jawab dengan waktu.

    Kritik dari Mbah sebagai sesepuh dan orang yang di tuakan di berbagai forum:

    1. Pertempuran semakin dekat, masih saja mengurusi medium tank, roket yang tidak jelas kapan selesainya, proyek IFX tidak jelas juntrungannya, membangun fregat yang kelamaan, hibah f 16 bekas yang tidak mempunyai efek penggentar.
    2. Harusnya langsung di borong 200 biji campuran SU 27, 30 dan 35 BM.
    3. Harusnya minimal 800 MBT di borong dari berbagai negara eropa yang kekurangan uang.
    4. Harusnya segera membeli puluhan baterai s-300
    5. Harusnya segera dibeli dan dibangun puluhan kapal destroyer bekerjasama dengan Russia.
    6. Ngak ada uang ? cari solusi pinjam dulu ke russia.
    7. WNI Warga china harus dilibatkan juga bela negara jadi anggota TNI, jadi kalau ada perang tidak kabur ke singapura, giliran aman balik lagi kesini berdagang lagi.

    • Enak aja lo gak pernah hujat bowo.gw lo bilang gak berani sembunyi kalo lawan cina.lo tuh yg sembunyi di septick tank aussie kalau cina ngamuk

      • Mbah ingin pemuda sepertimu menyerahkan nyawa secara iklas demi Ibu pertiwi bila negara diserang China, jangan malah kabur ke singapura.

        • Tapi sebelum meregang nyawa sy sobek sobek dulu mulut anda dan saya paksakan sebutir granat ke kerongkongan anda bowo.anda itu racun imperialis dan selalu menyudutkan komu is.emang spa yg sdh mencerai beraikan bangsa ini dgn pemberontakan2 dan kudeta?barat dan yg di pertuannya ASU! Mulai dari PRRI/Permesta,percobaan pembunuhan bung karno di cikini,G30S,freeport,GAM,OPM,reformasi,timor timur sampe krismon itu ulah ASU dan kroninya.pergi anda dari Indonesia! Jgn cekoki anak bangsa dgn dogma dogma dajjal berselimut muka manis barat itu!

    • hehehe… mbah bowo
      kalau yg generasi jaman dulu nulis bahasa Indonesianya nggak gitu mbah bowo..
      cuma anak jaman sekarang yg kebingungan ngebedain penggunaan “di”.
      di kelas vvip = betul, mbah
      di tuakan, di jawab = salah, mbah

      apalagi yg nulis ‘china’ hehehe semakin mudah dibaca mbah profilnya 🙂

    • ah mbah ini, bangkrut kita, berdoa saza ya

    • Kritik dari Mbah sebagai sesepuh dan orang yang di tuakan di berbagai forum:

      1. Pertempuran semakin dekat, masih saja mengurusi medium tank, roket yang tidak jelas kapan selesainya, proyek IFX tidak jelas juntrungannya, membangun fregat yang kelamaan, hibah f 16 bekas yang tidak mempunyai efek penggentar.

      ***ANDA BETUL SEKALI…..LEBIH BAIK YANG INI THN 2016 SUDAH DAPAT DI PRODUKSI BERSAMA DI INDONESIA.
      SEKALI LAGI DENGAN PRODUKSI BERSAMA..!

      http://www.asian-defence.net/2012/02/jf-17-thunder-fighter-jet-project.html

      DENGAN BONUS TAMBAHAN ,,,T O T RUDAL BALISTIK…!!!

      2. Harusnya langsung di borong 200 biji campuran SU 27, 30 dan 35 BM

      *** ANDA SALAH…! 32 BUAH SAJA YANG SU 35 S……..BUANG DUIT SAJA ANDA INI

      3. Harusnya minimal 800 MBT di borong dari berbagai negara eropa yang kekurangan uang.
      ANDA SALAH …!! CUKUP 300 BUAH SAJA SISANYA BUAT BELI RUDAL ANTI TANK

      4. Harusnya segera membeli puluhan baterai s-300
      ***ANDA BETUL…! KALAU BISA DI CAMPUR S 400 DAN S 500,

      5. Harusnya segera dibeli dan dibangun puluhan kapal destroyer bekerjasama dengan Russia.

      ANDA SALAH..! BEBERAPA BUAH SAJA…SISANYA GANTI DENGAN KAPAL SELAM
      6. Ngak ada uang ? cari solusi pinjam dulu ke russia.

      *** ANDA SALAH…! BILA INDONESIA MERASA DI PENTINGKAN OLEH MEREKA ,..MINTA HIBAH/GRATIS.

      7. WNI Warga china harus dilibatkan juga bela negara jadi anggota TNI, jadi kalau ada perang tidak kabur ke singapura, giliran aman balik lagi kesini berdagang lagi.

      *** ANDA SALAH…!! JANGAN SEMUANYA…
      BISA2 MALAH MEREKA YANG AKAN JADI PISAU BERMATA DUA

      KALAU SOAL DAGANG CHINA BISA DI GANTIKAN OLEH PADANG.
      —————————————————————————————————————————
      SEKIAN TERIMA KASIH

      • di tambahin lagi yah mbah bowo…yang no 1
        bonusnya rudal balistik dengan T O T contohnya seperti ini

      • 5. Harusnya segera dibeli dan dibangun puluhan kapal destroyer bekerjasama dengan Russia.

        si bowo agen oz, makanya dia usul kapal konvensional yang mudah dimonitor Jindalee dari ribuan km.
        Cukup Klewang, ini kapal kemungkan besar tidak tertangkap Jindalee, makanya disabot….

        • betul…!! tetapi destroyer perlu juga tetapi cuma sedikit saja..
          lebih efektif fregard/corvet atw kapal patroli tetapi di lengkapi dengan rudal jarak jauh,seperti yakhont,atw club S…dll

      • anak bangsa @ 32 SU 35 akan hancur dalam 2 jam pertempuran pertama. Butuh 200 keluarga flanker, 200 keluarga F 16 campuran untuk membendung china.

        • walahhhh su 35 s nya dan f 16 jangan dipakai…!

          cukup tlp polisi dunia…! sekali lagi tlp polisi dunia..!! NO 911

          jangankan membendung china, menghancurkannya juga sangatttt mudah.,cukup pakai teknologi thn 80 an..
          apalagi pakai teknologi 2000 an

    • saya pribadi juga gak senang liat mbah bowo dihujat apalagi pakai kata2 kasar seperti orang gak berpendidikan tapi analisis mbah bowo terlalu utopis dan gak masuk akal.
      beli 200 sukhoi mau duwit darimana wong f 16 bekas aja gagal bayar
      saya pecaya sekali negara kita kaya raya karena saya sudah keliling dari sabang sampai merauke dan membuktikan kekayaaan negara kita tapi sayang salah kelola atau miss management sehingga kita sengsara kayak gini

    • 1 lagi mbah..

      mbh jangan ngomong terus….apa lagi udah tua. istirahat yah mbah…..smbil berdoa.

  22. Kan kampanyenya pada minta diciblos,, so joblos aja semua,, gitu aja kok repot

  23. pasukan perdamaian dunia untuk mengcaunter kaum pria yang pada gila perang

  24. SKENARIO PEREBUTAN KAWASAN LAUT CHINA SELATAN.

    Claim garis putus-putus pertama di LCS akan mudah didapat oleh China, bahkan mungkin tanpa perlawanan dari pihak manapun. dan secara de fakto China akan segera menegaskan kehadirannya di LCS,
    Lebih mudah dari sengketa laut china timur, yg berhadapan langsung dgn negara kuat, Jepang dan Korsel
    Dan mungkin pendudukan atas LCS akan mendahului, dari pada unifikasi Taiwan.

    Bahkan pendudukan LCS hampir tanpa resiko dan kerugian berarti. Paling hanya menuai permusuhan dengan negara sahabat. Seperti, Vietnam, Malaysia. Philifina dan Brunai.

    Sebenarnya bisa saja Asean menghambat dan bereaksi keras terhadap China, hanya saja percuma karena apa daya tangan tak sampai.
    Kekalahan menyakitkan ini adalah buah dari kelalain kita negara Asean yg tidak melihat china yg dengan pesat membangun militernya. begitu juga dengan Amerika dan sekutu.

    Ada satu jalan menghentikan China,yaitu bertindak sekarang dan segera. Asean dan Amerika dan Sekutu, menyerang sekarang dan segera. Hancurkan kekuatan laut dan udaranya.

    Tapi, apa kita mau, apa Amerika dan sekutu siap, apa Rusia mengerti dan paham betapa runyam dan urgennya persoalan LCS ini.

    Satu hal yg sangat strategis dan sangat vital dan tak terbantahkan yg dimiliki china yaitu senjata Nuklir.
    bisa saja Asean dan Sekutu menghancurkan CHINA, namun senjata nuklir ini akan mengakibatkan kerugian yg tak terduga.
    Disinilah kita sebenarnya harus curiga, mengapa china membangun militernya sedemikian Rupa. Membuat senjata nuklir ICBM ratusan, dan menempatkannya di semua matra bahkan bisa digunakan di kapal selam. Lalu untuk pertahan udara, mereka membuat puluhan bahkan ratusan terowongan digunng-gunung yang bisa menyimpan ribuan pesawat, bahkan sebentar lagi tiap tahun akan memproduksi 50.000 (lima puluh ribu) roket dan rudal pertahun. terbesar didunia.

    Berusaha menjalin persahabatan dengan erat dengan Indonesia hanyalah cara untuk mempecepat klaimnya atas LCS.
    Dan terbukti salah satu pulau yg di klaim oleh china yg juga di klaim Malaysia, Waktu disinggahi Kapal China, Malaysia tdk dapat berbuat banyak.

    Kalau kita hanya diam saja tanpa antisipasi apapun yg berarti dan signifikan, adalah sangat mungkin china menerapkan ADIZ nya di claim garis putus-putus dua (second chain line).

    Dan yang paling parah dan kita wajib takutkan, ramalan tokoh futuris (sejenis nostradamus, atau eyang Jaya Baya) bahwa Malaysia dan Indonesia akan sempat di jajah oleh bangsa ras Kuning sekurang-kurangnya selama 15 tahun.

    Untuk menghindari Itu maka kita harus segera mulai dari sekarang,:

    1. Membangun militer yg sangat kuat dengan proyeksi bisa menangkis seluruh serangan china dan siap
    membalas dan menghancukan seluruh daratan china hanya dalam hitungan jam. yg berarti fokus
    pada senjatan pemusnah massal, rudal jarak jauh. bomber jarak jauh. penangkis serangan udara.
    2. Kalau China membangun pangkalan militer di Timur Leste, maka Indonesia Harus membangun
    pangkalan militer di wilayah paling utara Philipina.
    3. Indonesia harus menjalin persahabatan dan menjalin kerja sama lebih erat lagi, dengan Rusia, bila
    perlu mulai dari sekarang Indonesia Harus bekerja sama dengan Rusia untuk membangun senjata
    pemusnah massal yang sangat mematikan, dengan cara yg sangat rahasia. lalu senjata ini di
    tempatkan di wilayah Rusia, dititipkan, sebagai mana telah dilakukan oleh Malaysia dengan Bomber
    PAK – DA dan rudal berdaya jangkau 2500 meter.
    4. Indonesia Harus bisa merayu barat, untuk segera TOT atau kerjasama militer seperti point nomor 3.

    Tentu pertanyaan adalah kok kita yg sewot padahal China ngg mengklaim wilayah kita.???. jawabnya adalah mereka hanya menunggu saat yg tepat. Karena sesungguhnya yg mereka butuhkan adalah SDA, jalur laut yg strategis.
    Mereka hanya menggunakan strategi, mengulur waktu, dan mengurangi musuh secara bersamaan. Ingat china adalah sejarah panjang dari seni strategi dunia, bahkan karya stategi termashur sepanjang sejarah yg digunakan militer seluruh dunia bahkan USA dan barat sekalipun. Berasal dari China.

    Lalu kemana Amerika dan Sekutu.?????,!!!. Maaf, sebagai mana komen saya terdahulu, bahwa Amerika dan sekutu itu, adalah sekumpulan negara matahari tenggelam. yang cepat atau lambat akan tenggelam digelapnya malam.

    Harapannya satu-satunya adalah Indonesia, menjadi pelindung kawasan ini di masa depan. semoga negara tetangga dan sahabat mengerti akan hal ini. Amiiin.

    • maaf bung @inul, saya masih belum paham tentang” Malaysia dengan Bomber
      PAK – DA dan rudal berdaya jangkau 2500 meter”.
      Maksudnya gimana, soalnya saya belum pernah dengar. mohon untuk sesepuh Warjag Bung @satrio, @diego dan yg lainnya untuk bisa menjelaskan. maaf newbie.

      • Bung @SDadi, Kalau anda sudah aktif disekitar bulan Oktober dan November 2013, bung akan menemui dialog panas warga JKGR dengan warga Malaysia. ttg Rudal terbaru berdaya Jangkau 2500 meter yg di uji coba di Rusia, mereka mengaku bahwa rudal itu adalah produk kerja sama antara Malaysia dan Rusia.

        Lalu saya serching dan seya kejar info tersebut, “Dan ternyata, memang ada kerja sama Malaysia dan Rusia Dalam pengembangan Senjata Canggih Rusia, senilai 16.5 bn. RM.
        dan lebih terkejutnya nya lagi bahwa kerja sama itu tak sekedar rudal tetapi juga Bomber PAK-DA kerja sama ini sudah dimulai dari th 2009. dan berita ini tak hanya saya temui dari satu sumber, tapi banyak sumber dan terutama dari pidato PM Malaysia.
        Selang satu bulan kemudian berita ini saya cari lagi, karena banyak rekan warjag yg minta. Tapi semua sumber tersebut sudah hilang dan seperti di telan bumi.
        Maka saya simpulkan proyek ini sangat rahasia.
        Saya makin yakin. Karena reaksi pemerintah kita sebagai berikut.
        1. Pejabat kemenhan, yang baru pulang dari Amrik dlm rangka hibah F – 16. langsung ngambek, dan bilang “kedepan tidak ada lagi pembelian Pespur dari Rusia.” Namun tak lama kemudian si pejabat langsung di mabes kan, dalam rangka persiapan pensiun.
        2. Awalnya setelah MEF (tidak ada I & II & III) thn 2014, maka belanja alut sista dianggap cukup dan tak ada lagi dana Taktis untuk Alutsista, (kata Menhan). Namun setelah peristiwa itu atau pulangnya pejabat itu muncullah MEF II dan MEF III.
        3. Selanjutnya Presiden SBY juga bereaksi keras berkaitan dgn kejadian ini.

        Rusia dikala th itu memang banyak menawarkan pengembangan teknologi tinggi dibidang militer dgn negara sahabat, termasuk dengan Indonesia dalam hal kapal selam dan bomber black jack. bahkan tawaran thd Malaysia itu, sebelumnya ditawarkan pada pemerintah Indonesia, Namun Indonesia menolak dgn alasan tidak ada dana. Tapi Malaysia waktu itu lagi banyak dananya. ya maka terjadilah.

        • ada benarnya juga bung,, kita harus menyiapkan segala skenario yang mungkin atau tdk munkin terjadi,, mkin banyak skenario membuat qt semkin mtang dalam menhadapi skenario tersebut… saya juga pernah dengar crta di atas tapi saya tdk engubrisnya,, krna saya tau watak negara2 tetangga yang suka lebay..

    • Bener kata Inul, amerika Baik dan tidak pernah menjajah seperti bangsa-bangsa eropa pada umumnya.

      Kalau china track recordnya udah jelas, 1979 vietnam diserangnya juga padahal sama-sama komunis. Ingat ya china itu komunis.

    • Tidak pernah menjajah & menduduki negara lain???. Terus bagaimana dengan Irak? Afghanistan? deelel. Apa itu bukan mejajah & menduduki. Semua negara besar sama saja, adalah rahasia umum bahwa mereka membutuhkan sumber daya yang besar untuk menjaga kelangsungan hidup bangsanya. Indonesia adalah negara yang mempunyai sumber daya yang melimpah ruah. Itu yang membuat Indonesia rawan dibully negara lain.

  25. Sengketa perbatasan di Laut China Selatan juga tidak terlepas dari upaya penguasaan atas kandungan minyak dan gas di wilayah tersebut. China memberikan perhatian khusus pada wilayah perairan Natuna utamanya di Blok D-Alpha yang memiliki kandungan gas terbesar di dunia yakni sekitar 40 triliun cubic feet (TCF).

    Meski tidak terang-terangan menyatakan sebagai negara peng-klaim, Indonesia mengukuhkan keabsahannya atas wilayahnya di blok tersebut dengan melakukan KESEPAKATAN eksplorasi antara Pertamina bersama ExxonMobil, Total, dan Petronas pada Desember 2010. Produksi pertama di perkirakan pada 2021.

    Sebelumnya, pada 2002 Indonesia juga bersepakat dengan Petro Vietnam dan Petronas untuk melakukan eksplorasi di Blok 10 dan 11.1 di wilayah Nam Con Son, yang merupakan bagian dari wilayah yang di klaim China di Laut China Selatan.Hal itu tentu “mengusik” kepentingan China dimana perusahaan minyaknya CNOOC baru saja akan memulai eksplorasi berdasar atas klaimnya di wilayah itu. Ini yang patut disesalkan NGAPAIN Pertamina ikut eksplorasi di blok yg masih di persengketakan sedangkan PR di negeri sendiri masih banyak

    Kepentingan Indonesia atas wilayahnya di perbatasan Laut China Selatan juga terkait jaminan keamanan “Sea Lines Of Communication” (SLOC) atau Garis-garis Perhubungan Laut (GPL) yang menjadi jalur utama bagi negara-negara Asia Timur Laut seperti yakni Jepang, Korea Selatan, China dan Taiwan yang merupakan mitra dagang utama Indonesia.

    Dan yang terpenting lagi sumber daya ikan yang melimpah di Natuna memberikan sumbangan yang besar bagi perekonomian masyarakat setempat.Atas berbagai kepentingan tersebut dan realitas geopolitik yang terjadi terkait Laut China Selatan, maka Indonesia diharapkan dapat memainkan perannya sebagai mediator secara nyata tanpa mengabaikan kepentingannya atas Laut China Selatan.

    Selain hadir nyata secara ekonomi, Indonesia juga tetap HARUS hadir secara penuh berdaulat dengan memodernisasi kapal-kapal perangnya agar bisa lebih menjaga secara utuh wilayah perairannya, khususnya yang berbatasan dengan Laut China Selatan.Itu tak terlepas dari perkembangan geopolitik terkait Laut China Selatan.

  26. Dan analysis mu mbah..ke baru minum tuak oplosan…mending kamu zikir aja biar banyak pahalamu

  27. Basing Natuna
    – Sudah ada Lanud Ranai panjang 2563 m, tambah satu taxiway dengan panjang dan lebar sama.
    – Sudah ada Satuan Radar 212 Ranai.
    – Tambah 3 hangar tertutup terlindung panas dan hujan/ air laut, terpisah jauh satu sama lain, masing2 cukup utk 4 pswt seukuran Sukhoi.
    – Tambah satuan Paskhas anti serangan udara kanon Contraves 35 mm.
    – Tambah bunker senjata udara-laut.
    – Tambah tanki timbun avtur.
    – Dermaga: diperlebar, diperkuat dan difasilitasi utk berlabuhnya kapal sekelas LPD.
    – Jadikan lantamal dengan segala infrastrukturnya.
    – Tambah tanki timbun diesel.
    – Disiapkan pos Yon Marinir.
    – Pasang radar OTH.
    – Pasang alat komunikasi canggih ke/dari Mabes TNI.
    – Tambah pangkalan utk Bakamla.
    – PemPusat: kucurkan dana yg cukup ke Pemda utk mengembangkan perekonomian termasuk infrastruktur (asal jangan dikorupsi!).

  28. PDI sudah menyiapkan kabinet bayangan ya? 😀 PD sekali, pemilu legislatif juga belum ketauan hasilnya. Btw, posisi Menhan itu sipil bung @ichal, bukan militer. Kl maksudnya berkecimpung dalam bidang keamanan sekarang saja kan TB memang ada di komisi 1, dan sebagai pensiunan Jendral plus anggota komisi 1 memang kandidat Menhan yg wajar versi PDIP

  29. Kira2 klo TB jadi menhan kira2 gimana ya?????

  30. maaf bung @makrovzonov, bukan niat membawa ke politik, tapi kira2 bagaimana kebijakannya terhadap TNI (Alutsista/skenario) apakah melanjutkan apa2 yang pak Poer kerjakan selama ini atau malah sebaliknya? saya rasa yang ditanyakan bung @gatotkoco pasti sama arah pertanyaanya. namun jika memang salah tempat ya monggo di hapus saja.

  31. FREEDOM FOR TIBET……..FREEDOM FOR TIBET

    INDONESIA JANGAN MELUPAKAN TIBET..!

  32. LARGE HADRON COLLIDER ( LHC )

    ILMU DARI SEGALA ILMU YANG ADA SEKARANG INI.

  33. NKRI harga mati

    #indonesia tetap dari sabang sampai merauke

  34. benar2 susah ya jadi presiden.. sebenarmnya sih cita2 nomor 1.. semenjak saya sering berkunjung ke warjag :/ cita2 saya pupus sudah,, ternyata menjadi presiden itu benar benar sulit… bru memikirkan pertahanan negara dan politik luar negri saja pemikiran saya buntu,,
    kecual mmg tuhan kehendaki jadi presiden 🙁

  35. Bapak2 Intelijen yang terhormat, saya sebagai warga negara Indonesia yang menghormati hak mengeluarkan pendapat didalam ruang demokrasi memohon agar orang2 seperti “mbah bowo” dan “angel Eyes” dilacak keberadaan nya dan dipantau kegiataan nya, demi NKRI yang lebih aman dan kondusif. Dengan menilik dan mengambil pembelajaran dari Libya, Suriah dan yang paling terbaru Ukraina, sudah sepatut nya Indonesia melalui perangkat2 intelijen yang ada mendeteksi secara dini keberadaan dan menetralisir agen2 asing yang berpotensi menghancurkan negara ini dari dalam dengan metode klasik pecah belah yang berujung pada perang saudara di negeri tercinta ini,.

    Demikian permohonan saya sampaikan, semoga Indonesia semakin kuat, aman dan sejahtera! Terima Kasih.

    Salam Hormat
    Anak Deli

  36. Dia kan pernah belajardi us, jadk mungkin? ????? Kasihan indo….

  37. smoga tiup lilin d ultah om putu kmaren & salam komando kepala suku semakin mmbakar semangat anak2 piket d pos blkang sembari disiplin fitness kayak ade rai….BRAVO

  38. Dalam budget 2014-2018 yang diajukan Chief of Naval Operations (KSAL) AS, pembentukan ARG kelima untuk kawasan pasifik (Amphibious Ready Group dengan kemampuan amphibious lift) yang akan berpangkalan di Oz, dijadwalkan 2018.
    ARG oz memang disebut akan menciptakan ‘crisis response’ yang lebih baik terhadap ‘maritime crossroads of South East Asia’, istilah terakhir ini maksudnya pasti RI (boleh ditambah mal + sin)

    Jumlah terakhir masih diseputar 2,500 prajurit;
    By 2016, the U.S. expects to deploy a full Marine air-ground task force numbering 2,500 personnel, officials have said (defensenews.com, Oct. 14, 2013), yang beda hanya tahunnya, diundur ke 2018 sesuai ajuan anggaran CNO.

  39. Natuna hrs segera dibangun baik ekonomi dan pertahannya. Eksplorasi minyak dan gas di wilayah ZEE adlh tindakan tepat yg hrs dilakukan utk menetapkan bahwa ZEE natuna scr de facto adlh wilayah yuridis indonesia. Pembangunan pangkalan militer disana dari berbagai segi spt yg sdh byk diulas rekan2 warjag sgt byk manfaatnya.

    Cina dari historisnya memang negara ekspansi seluruh wilayah asean kecuali nusantara pernah mjd daerah kuasaan cina mongol makanya cina menggunakan claim historisnya utk lcs ini tapi bisa jg cina menggunakan claim historisnya utk semua daratan asean

    Cina butuh sda utk menyokong industri dan penduduknya. Utk saat ini, uluran tangan cina sbg mitra strategis hrs dimanfaatkan scr positif. Krn utk saat ini kita msh butuh cina baik dari teknologi militernya maupun ekonominya. Begitu jg amerika, sbg mitra strategis hrs dimanfaatkan segera teknologinya. Di masa damai ini tdk ada jaminan utk tdk adanya perang. Mereka cuma mengulur perang tsb dgn melakukan persiapan yg sgt cepat dan terencana. Utk saat ini cina belum siap utk berperang, olehkarena itu kita hrs cepat2 bersiap jg utk mengejar kemandirian di segala bidang.

  40. Mbah ingin tahun 2020 minimal kita bisa menahan gerak laju china di Utara Natuna, bersama Australia kita akan bahu membahu membendung invasi dari negara yang sangat bengis.

    gerilya tidak akan mempan, perang darat pun akan kalah bila Kekuatan Udara dan Laut kita sudah di blokade PLAN. Menurut bisik2 yang mbah dengar, pada tahun 2020 strategi mereka di Laut china selatan adalah Blokade laut dalam jangka waktu lama sehingga suatu negara terkucil dan Lemah.

    Mbah yakin sasaran tembak china yang paling Utama kalau di Ranking adalah

    1. Filiphina
    2. Malaysia
    3. Vietnam

    Indonesia dan australia sebenarnya tidak masuk hitungan China, tapi dengan sangat terpaksa China pada akhirnya nanti juga akan menyerang Indonesia dan Australia.

    China tidak punya itikat baik menyelesaikan masalah LCS di Mahkamah Internasional, mereka lebih memilih memaksa kehendak, Kasian Pak Filiphina ter aniaya. Dimana keperdulian kita ? Katanya tentara kita hebat dan Kuat ?

    Sudah saatnya kita membuktikan diri siapa Bangsa Petarung terhebat di Bumi Selatan, China boleh mengklaim diri mereka adalah bangsa petarung terhebat di Asia pasific, tapi jangan coba-coba dengan Indonesia. KITA BUKTIKAN NANTI 2022 SIAPA YANG AKAN JATUH KE TANAH LEBIH DULU SAAT DUA PEDANG SALING BERADU.

    YA PASTI TNI YANG AKAN MEMPEROLEH KEMENANGAN. HIDUP TNI…………………………

  41. Apa pun komen nya, saya senang bgt,.hal ini mencerminkan warga indonesia kritis2

 Leave a Reply