Jun 022018
 

Sistem pertahanan udara S-400 Triumf dalam sebuah parade latihan militer di Moskow. © UMNICK via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Arab Saudi, sebagai salah satu negara yang memblokade Qatar, mengancam akan melaksanakan aksi militer terhadap tetangganya jika mengakuisisi sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia, seperti dilansir dari laman Le Monde, harian berbahasa Prancis pada hari Jumat.

Raja Arab Saudi Salman bin Saud © Robinson Niñal via Wikimedia Commons

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron, Raja Arab Saudi Salman menyatakan akan keprihatinan mendalamnya dengan pembicaraan yang sedang berlangsung antara Moskow dan Doha untuk penjualan sistem pertahanan anti-pesawat canggih.

Raja Arab Saudi meminta kepada Prancis meningkatkan tekanannya ke Qatar, mengatakan bahwa dia khawatir tentang konsekuensi dari akuisisi Doha terhadap sistem rudal pertahanan udara yang katanya akan mengancam kepentingan keamanan Saudi.

“Kerajaan Arab Saudi akan siap untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk dapat menghancurkan sistem pertahanan ini, termasuk tindakan militer”, kata Raja Salman seperti dikutip dalam surat itu, yang diperoleh Le Monde melalui sumber yang dekat dengan Istana Elysee.

Blokade selama setahun

Pada bulan Januari, duta besar Qatar untuk Rusia mengatakan bahwa Doha sedang melaksanakan pembicaraan “tingkat lanjut” dengan Moskow untuk mengakuisisi sistem pertahanan udara mutakhir.

Pembicaraan terjadi setelah penandatanganan perjanjian kerjasama militer dan teknis antara kedua negara pada bulan Oktober 2017 untuk kerjasama lebih lanjut di bidang pertahanan selama kunjungan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu ke negara Teluk.

Pada tanggal 5 Juni 2017, Arab Saudi bersama negara-negara sesama Dewan Kerjasama Teluk (GCC) yakni Bahrain, Uni Emirat Arab, serta Mesir memberlakukan blokade laut, udara dan darat di Qatar, mereka menuduh negara itu telah mendukung “terorisme” dan mendestabilisasi wilayah tersebut, yang menurut Doha bahwa tuduhan itu tidak benar.

Di antara daftar tuntutan untuk penyelesaian krisis itu, kuartet pemblokiran meminta agar jaringan media Al-Jazeera dan pangkalan militer Turki untuk ditutup.

Pada bulan Oktober, saat kunjungan Raja Salman ke Moskow, kerajaan Arab Saudi juga menandatangani perjanjian awal untuk membeli sistem S-400 Rusia.

Ketika ditanya apakah penentangan Arab Saudi terhadap kesepakatan dengan Qatar itu akan mempengaruhi perhitungan Moskow, Pavel Felgenhauer, analis pertahanan yang berbasis di Rusia, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa ini tidak mungkin terjadi.

“Rusia telah selama beberapa tahun mencoba membangun semacam hubungan perdagangan dengan Arab Saudi tetapi itu tidak benar-benar berhasil”, kata Felgenhauer.

Felgenhauer menambahkan bahwa Arab Saudi jelas telah mengikat tali politiknya untuk setiap kesepakatan yang mungkin dengan membeli persenjataan Rusia. Termasuk juga mendesak Rusia untuk mengurangi kerjasamanya terutama dengan Iran dan mungkin mengubah posisinya di Suriah.

“Qatar tidak mengikat tali semacam itu [dan] Rusia tidak akan secara militer mencoba terlibat dalam apa yang terjadi di Teluk… dalam hal apapun rudal anti-pesawat tersebut, jika mereka akan muncul di Qatar, ini tidak akan ada dalam waktu segera”, jelasnya.

  33 Responses to “Le Monde: Saudi Siapkan Opsi Militer Jika Qatar Beli S-400”

  1.  

    Aduh Arab Arab,kelakuan sdh sama
    dengan si SAM.

  2.  

    Kehawatiran Arab saudi dengan rencana pembelian S400 Triumps oleh Qatar sangatlah beralasan , karena kecanggihan sistem pertahanan S-400 akan mengancam armada udara Arab Saudi ( F15SAA & Thypoon ) , namun yang menjadi aneh adalah ketika Arab Saudi sendiri sedang mengharap persetujuan Rusia terkait rencana yang sama .
    Satu yang lebih memprihatinkan adalah perpecahan yang terjadi dengan bangsa arab ( Arab Saudi , Uni Emirat Arab , Qatar , Bahrain , Kuwait , Oman & Yaman ) yang dulu’a adalah satu Bangsa dan negara , namun sejak ditemukan’a sumber minyak yang berlimpah di Negara gurun ini , mereka saling memerdekakan diri dan saling pamer kekuatan dan kekayaan .

  3.  

    Qatarr mmbeli s400 sekalian juga katany mmboyong master satan

    Hahhaahaaaa

  4.  

    Suka suka arab saudi saja mau nyerang qatar..
    Sapa suruh qatar tidak memperkuat militernya dari dulu..
    Lagi pula polisi dan hakim dunia sahabat arab saudi..

    Saya yakin kl indo beli s400 dan nassam tidak akan di tempatkan di batam karena sudah di prediksi akan menghindari protes dr singapur dan malay…

    Indo kan beritanya jg prnh diancam ancam jg oleh australi kl macam macam jakarta akan di ratakan..
    Indo jg beritanya kl masih ngeyel ganyang malay pernah di ancam british surabaya mau diratakan..

    Coba tanya org penting dulu knp timor timur diadakan refrendum pdhl tau kmgknan akan kalah..

    Indo beritanya pernah jg mengancam singapur dan malay tp mereka tak bergeming…

    Ha ha ha

    Kl dulu karena bkn jasa baik usa, mkgkn andai indo perang dg belanda di irian indo blm tentu menang dan yg pasti indo bangkrut duluan karena membeli alat perang dari rusia..

    Ha ha ha

    •  

      nah,. x ini komennya jagoanku perluh di jawab,
      jk indo beli s400 walaupun tdk di taruh di batam tetap di protes
      ausi +inggris hanya ngancam doang tdk akan nyerang kita sebab alutsista indo power full +di beking kuasa nuklir sovyet,
      nggak bangkrut karena indo waktu itu boming minyak dan sda yg lain.

      •  

        Booming minyak itu tahun 70an zaman waktu dipegang Mbah Harto yg lagi Deket Ama Barat. Kalo jaman Bung Karno akhir tahun 65 sih Indonesia udah kena inflasi 650% gegara ngutang alutsista ke Uni Soviet. Punya utang ke Uni Soviet USD 2,3 Billions. Kalo harga emas tahun 65 aja USD 35 per Oz, dan kalo sekarang emas bisa USD 1292 per troy Oz, hitung aja berapa nilai real utang Indonesia gegara beli alutsista ke Uni Soviet kalo dikonversi saat dg nilai saat ini. Apa gak klenger Indonesia saat itu.

        •  

          apapun data yg ada yg pasti peristiwa sdh terjadi kita dpt faedah yg bisa di banggakan sampai turun temurun dan tuntas.

          •  

            Orang yg terlalu bangga akan masa lalu gak akan berkembang dan maju. (Agato,2018).

        •  

          agato data yg sy baca jelas boming minyak sdh masuk jaman bung karno, hasil minyak itu sama bung karno untuk membangun batam dan mengalahkan singapura tp ironis uang yg melimpah itu habis terkikis di jaman orba.

          •  

            Linknya Bung, no link=HOAHM.

          •  

            Ekplorasi besar besaran terjd di jaman orba..

            Sebenarnya belanda ditekan usa tak mau juga meski di ancam bantuan ekonomi jg..
            Dg dgr ada jendral usa ngomong keras ke belanda..

            Waktu indo mau di ratakan brithis jg batal karena usa..
            Dari data intelejen usa meyakinkan brithis kl dwikora tak akan sukses dan operasi intelejen tanda kutip tak bgtu lama akan sukses menjatuhkan sukarno..

            Di balik ini semua di usa sinyalir kuat ada peran lobi yahudi..

            Tak butuh wktu lama setelah sukarno jatuh mulailah pertemuan bagi bagi kekayaan indo..

            Jika saja indo masih dipimpin sukarno waktu itu maju 10 thn lagi mgkn indo sudah memiliki senjata nuklir sbb waktu itu dah ada pembicaraan ttg nuklir..

            Kl skrg jangankan senjata nuklir, tong sampah aja msh impor..

            Ha ha ha

        •  

          Bukan waktu itu kita jarang yg punyaotor n mobil ,produksi 1.5 JT barel paling kepake 700 RB barel jadi bisa surplus,sekrg 1.6 JT barel sedang produksi tinggal 800 RB barel,

        •  

          Inflasi di embargo barat Krn bung bsr ga mw exploitasi SDa yg rugikan rakyat Indonesia ingin bung Karno minyak,gas,emas dll dikelola sendiri jika msh ga mampu but Tenga asing yg mumpuni sedang biayanya pinjam ke luar negri,apa arti 2 m$ dgn Papua jth ke pangkuan NKRI? Itupun buat beli senjata modern bukan buat kkn

  5.  

    lama2 saudi terjebak dlm konflik peperangan suatu perkembangan yg mengkuatirkan dan sembrono sekali,

  6.  

    Gimana kalau S400 diadu S400 kan lumayan rame? Xixixi

  7.  

    Sudahlah tidak usah berantem kita gangbang china aja, setuju?

    😎

  8.  

    Selamatkan raja salman. start terjadinya perang dunia ke 3 (perang akhir jaman) adalah tewasnya 2 tokoh penting islam. kemungkinannya adalah Raja Salman, Presiden Erdogan atau Zakir Naik.
    Semoga berita ini tidak benar. Soalnya dalam PD 3 nanti semua negara tanpa kecuali akan terlibat perang. Sudah tertulis di kitabnya agama Islam, Kristen dan Yahudi.
    Apalagi padang gurun di arab saudi sudah mulai tumbuh tanaman setelah terus-terusaan hujan salju sebagai tanda-tanda akhir jaman.

  9.  

    Bagi Rusia yg butuh duit akan menjual mainan kpd sapa saja yg minat beli, urusan sesama pembeli adu otot itu masalah mereka sendiri!he3 lagian orang Arab mau aja diadu onta oleh spekulan2 yg ambil untung!

  10.  

    ERSAT@ Ya ampun ka… ga ada hubungannya sama Zakir Naik.

    •  

      Makanya g heran bnyk berita Hoax… apa2 disangkutin… dan kalimat “semoga tidak benar” itu ungkapan kamflase…

      •  

        Arab Saudi lagi cemen, mosok punya tetangga kuat, malah jadi paranoid gitu, main ancam pula. Qatar juga anggota OKI, mana mungkin dia akan bikin gaduh jazirah Arab, biasanya yg bikin gaduh, si preman palak berbaju jas berdasi yang ngantor di DC sono.

  11.  

    Depazito itu siapa ? Depazito itu Agato ?

  12.  

    Singapor sudah punya pertahan udara dari israel yaitu iron drome . Sklipun Su35 kita pasti rontok hnya beberapa menit . Jadi inti indonesia perlu perthan udara kapal perlu tiap provinsi di pasang tpi su400 mahal harganya dapat 3 pesawat f35 amerika ..

    •  

      iron dome hanya sistem misil, terbatas juga misilnya… lha misil iron dome gakbisa bedakan targetnya, apapun yg lewat akan disikat asal dlm jangkauan… bagaimana bila yg di lemparkan adalah mercon kembang api buat ngabisin misil iron dome??? akal tetep menanf lawan tekhnologi hahahhahahaaa

  13.  

    Singapor sudah punya pertahan udara dari israel yaitu iron drome . Sklipun Su35 kita pasti rontok hnya beberapa menit . Jadi inti indonesia perlu perthan udara kapal perlu tiap provinsi di pasang tpi su400 mahal harganya dapat 3 pesawat f35 amerika

  14.  

    @SR…. 😛 gimna kalo diumpan dulu pake roket dummy????sebanyak apa sich jumlah cadangan rudal iron dome/batere????…paling lama 1/2 jam habis.setelah itu disikat beneran pake arhanud asli.tamat…singapork.rata tanah.IMO

 Leave a Reply