Leader-Class 23560, Kapal Perusak Canggih Bertenaga Nuklir dari Rusia

14
5058

??Lider-Class Destroyer bertenaga nuklir Rusia

Sejak 2010, Biro Desain Severnoye Rusia telah mulai mengerjakan Proyek 23560 Perusak Lider-Class yang akan menggabungkan fitur dari kapal perusak, kapal perang melawan kapal selam besar dan rudal jelajah berpemandu.

Kapal kemungkinan besar akan menggunakan tenaga nuklir. Kapal ini akan mampu menghabiskan hingga 90 hari tanpa pengisian bahan bakar tambahan atau dukungan.

“Saat ini desain awal proyek 23560 Lider-Class sedang dipertimbangkan oleh Kementrian Pertahanan Rusia”, ujar Igor Ponomarev, wakil presiden United Shipbuilding Corporation (USC), RIA Novosti mewartakan akhir pekan ini.

Setelah proyek ini diberi lampu hijau, “kami akan mengembangkan desain teknis kapal dan mempersiapkan dokumen untuk membangun kapal dalam rentang waktu yang ditetapkan oleh kementrian”.

Kapal Perusak Lider-Class memiliki panjang 200 meter dan lebar 20 meter, menggantikan 17.500 ton serta mampu melakukan perjalanan dengan kecepatan maksimum 32 knot.

Kapal perang serbaguna ini akan memiliki anti-pesawat, anti rudal balistik, anti permukaan serta kemampuan anti kapal selam. Hal ini dimaksudkan untuk menggantikan kapal Sovremennyy-Class, kapal perang utama anti permukaan

Angkatan Laut Rusia, serta kapal jelajah Slava-Class dan Udaloy I Class sebagai perusak anti kapal selam.

Lider-Class ini diharapkan akan dilengkapi rudal jelajah Kalibr-NK. Rudal jelajah supersonik P-800 Oniks dengan jangkauan lebih dari 300 kilometer juga akan disematkan. Sebagai kombinasi juga bisa ditambahkan rudal hipersonik Zirkon.

kapal perang rusia

Generasi kapal perang ini pastinya juga bakal menerima sistem pertahanan udara paling canggih Rusia yang dikenal dengan S-500 Prometey atau 55R6M Triumfator-M. Dilengkapi dengan dua buah helipad, kapal perang ini bisa mengangkut dua helikopter Kamov Ka-27 atau Kamov Ka-32.

Sistem peluncuran vertikal (VLS – Vertical Launch Systems) dari sistem Poliment-Redut akan menangani ancaman udara jarak pendek, dimana VLS akan dikendalikan secara aktif oleh sistem radar elektronik Poliment (AESA). Lider-Class mampu membawa dua modul dari versi naval sistem senjata Pantsir-M SAM.

Akhirnya Perusak Leader-Class juga akan mendapatkan senjata serbaguna A-192 kaliber 130-mm. Secara keseluruhan, arsenal senjata perusak Leader-Class akan mampu membawa total 200 rudal”, Izvestia melaporkan.

Pemotongan metal untuk kapal perang baru tersebut direncanakan akan dilakukan awal 2018, menurut United Shipbuilding Corporation (USC). Satu dari delapan kapal yang direncanakan akan dibangun.

Menurut Igor Kasatonov, pengembangan sebuah kapal perusak mengisyaratkan kepentingan geopolitik tertentu para pemimpin Rusia, Izvestia melaporkan.

Sputniknews.com

Oleh : Vegassus

14 COMMENTS

LEAVE A REPLY