Mar 172015
 

image

KRI Rigel berlayar dari dermaga OCEA Les Sables d’Olonne, Prancis, menuju Indonesia pada 26 Maret mendatang. Kapal Bantu Hidro Oseanografi-2 (BHO-2) menyusul akhir tahun 2015.

Dengan panjang 60,1 dan lebar 11,3 meter, kapal dilengkapi peralatan survei hidro-oseanografi terbaru untuk pengumpulan data sampai laut dalam (deep water).

image

image

image

image

image

Kapal MPRV (Multi Purpose Research Vessel) ini memiliki tugas pokok memetakan negara maritim Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau.

KRI Rigel memiliki peralatan AUV (Autonomous Underwater Vehicle) untuk pencitraan bawah laut sampai dengan kedalaman 1000 meter. Selain itu juga dilengkapi dengan ROV (Remotely Operated Vehicle), robot bawah air yang dilengkapi kamera bawah air, sehingga dapat memberikan informasi visual kondisi di dalam laut, serta mampu mengambil contoh material dasar laut sebagai bahan penelitian, hingga kedalaman 1000 meter.

image

image

image

image

image

image

Rigel adalah bintang paling terang di rasi Orion dan bintang paling terang keenam di langit malam, dengan magnitudo visual 0.18. Meskipun memiliki penamaan Bayer “beta”, Rigel hampir selalu lebih terang daripada Alpha Orionis (Betelgeuse).(meretmarine.com).

Bagikan :

  78 Responses to “Lebih Dekat dengan KRI Rigel”

  1.  

    Pertamax kah

    •  

      Akhirnya Pertamax juga.

      Dengan Hadirnya KRI Rigel, semoga para pemangku Kebijakan dapat lebih akrab dengan keadaan laut Indonesia, terutama untuk Awak HIU Kencana.

      Merdeka

      •  

        Bkannya nggak prcya, tpi klo sekelas kapal camggih sprti ini, Ahli Lokal kita masih butuh waktu lama bung.

      •  

        Nama kok rigel, opo Indonesia ini kekurangan/tdk ada nama yg baik, mbok yg nasionalis gitu loh, kalo tdk tahu nama yg baik tanya ama saya ?

        •  

          nah,, saya juga pengen tau alasannya bung mamik, mengapa namanya rigel?

          •  

            Rigel itu nama bintang bung, bintang yang sinarnya paling terang. TNI pasti punya alasan kenapa dinamain RIGEL

          •  

            Maksud saya nama itu jangan berbau asing, jangan asal berinama mentang-mentang jadi pejabat terus seenaknya berinama, nama harus yg Indonesia banget ,berarti bagi bangsa ini dan beri kebanggaan bagi rakyat Indonesia, sehingga rakyat merasa dihargai. Wong tidak bagi-bagi duit saja pelit sama rakyat, ini tanda Kalau pimpinan negeri ini sok kebarat baratan, jangan-jangan ini hasil pendidikan barat.

          •  

            Kayaknya gini, mas Mamik (Slamet?), TNI-AL menerapkan semacam koridor untuk penamaan kapal-kapal RI.

            Misal, untuk kapal tempur ya pakai nama pahlawan nasional. Kapal pendaratan amfibi pakai nama teluk dan sejenisnya. Kapal patroli dan kapal cepat pakai nama binatang buas atau senjata.

            Nah sepertinya untuk kapal yang menimba ilmu serta pengetahuan (khususnya hidro-oseanografi) pakai yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

            Misalnya KRI 932 Dewa Kembar. Saya belum dapat dari mana dan bagaimana cerita nama “Dewa Kembar” ini.

            Rigel ini kan nama bintang, suatu pengetahuan yang universal.

            Australia dan negara2 lain saja pakai nama2 tempat di Indonesia, seperti HMAS Balikpapan. Itu bukan berarti negatif, tetapi mengingatkan bangsa mereka sendiri tentang perjuangan mereka di Balikpapan.

            Kalau nanti ada KRI New Yorik, apakah diprotes juga? 🙂

      •  

        Kapal Serbu Amfibi Mistral milik Rusia yang dibuat diprancis kenak embargo kelihatan samping kapal rigel indonesia…

    •  

      wah kapalnya mantap…..

      yang samping itu Mistral ya??? ko ada 2. kukira yang satu udah dikirim ke rusia… wah gara2 krisis crimea batal dibeli rusia.. mending indonesia sekalian tuh akuisisi mistralnya sapa tau lagi diobral…. hahaha ngimpi….

      •  

        Bukan batal dibeli bung!
        Tpi sengaja di tunda oleh pihak Prancis.!
        Krna prancis mendpat tekanan dri AsU dan NATO, shingga Kapal yang seharusnya udah dikirim ditahan sampe jangka waktu yg belum ditentukan dan Prancis wajib hukumnya membayarkan denda kpada pihak Russia, krna Penunda’an itu.

        Baru2 ini juga Pihak Asu menekan Pemerintahan Vietnam, untuk tidak memberi fasilitas kepada Pesawat Bomber Russia yang akan patroli/latihan terbang jauh ke daerah Pacific.

        Itulah hbatnya AsU, menekan Negara yang tidak seirama dngannya.

    •  

      Wah ini kapal klau sdh d mari cocok buat ngambil bangkainya burung emprit sonotan yg kemarin kn ketepel.

    •  

      Kenapa pake nama Rigel yah? karena ini berkaitan dengan pengetahuan, kenapa gak pake nama peneliti atau ahli Indonesia yang diakui misal KRI Habibie, atau KRI Kartini dll

      •  

        Kapal Serbu Amfibi Mistral milik Rusia yang dibuat diprancis kenak embargo kelihatan samping kapal rigel indonesia…

      •  

        Bung MJ,
        Kapal survei hidro-oseanografi milik TNI-AL yang sebelumnya, malah diberi nama Dewa Kembar Dengan nomor lambung 932 (kalau RIgel bernomor lambung 933).

        Nah, kenapa TNI-AL menamakan kapal-kapal surveinya demikian? 🙂

        •  

          klo mnurut saya sih, itu karna ilmu astronomi/perbintangan paling digunakan dalam pelayaran, sebagai petunjuk navigasi dll…makanya itu kapal dikasih nama yg berkaitan dengan bintang…..maaf klo koment saya salah, ilmu saya g sbrapa….

    •  

      Itu Kapal yang sebelah tolong di kirim ke tanjung perak segera…bilang ke pak menhan y

  2.  

    duo

  3.  

    3

  4.  

    TRI

  5.  

    klimax.

  6.  

    Kereeeennn…

  7.  

    Ternyata ukurannya cuma segitu. Kayak kapal penangkap ikan milik asing yang masuk Indonesia minus kargo dan crane jala. Jika gak ada kargonya, apa gak kurang besar kalo misalnya mau ambil sampel batuan bawah air?

  8.  

    Itu maah msh hsl karya bang BY,,,kita menanti program kerja & rencana pembelian alutsista pemerinatahn p Jokowi..hemm..hemm,,msh sepi, cuma ngunduhh

  9.  

    Semoga PT PAL bisa meniru teknologi di KRI Rigel, dan bisa mengembangkan dengan rasa produk lokal

  10.  

    Photo pertama sebelah kiri :mrgreen: kapan jadi milik Indonesia hehe . . .
    Dah nunggu tuh

  11.  

    Pemandangannya indah mistral

  12.  

    Ternyata…sulit membuat kapal jenis Seperti ini….mungkin Karena peralatan nya yang mahal…

  13.  

    Seksi banget

  14.  

    foto pertama ada yang bikin ngiler…2 mistral nya Rusky yang belum dikirim France kalau bisa dapet limpahannya bakal bikin geger kawasan…(mimpi mode : ON)

  15.  

    itu disebelah KRI Rigel (Star) ada KRI Andromeda (Galaksi) dari kelas Mistral, kekekekekekek…..

  16.  

    CHINA SEGERA MENDEKAT, TAHUN 2025 PASTI DIJAMIN PERANG.

    MBAH MENGAKUI KEHEBATAN RAS CHINA, DAN MBAH INGIN MASYARAKAT CHINA YANG ADA DISINI DILATIH BERPERANG DAN DIBUATKAN SEMACAM MILISI,

    MBAH INGIN MEREKA DIBERI NAMA MILIS PO AN TUI, MILISI YANG BERBAKTI PADA NEGARA NUSA DAN BANGSA DAN SETIA PADA NKRI.

    ANAK ANAK ORANG CHINA DISINI HARUS DILATIH BERJUANG DAN DIMASUKKAN WAJIB MILITER, MEREKA HARUS DIDIDIK KERAS DAN KEJAM SEPERTI PENDIDIKAN TENTARA PADA UMUMNYA. MBAH YAKIN KEHEBATAN DAN KEKEJAMAN DAN JUGA KEAHLIAN SENI DAN PERANG MEREKA AKAN MUNCUL DARI PEMUDA PEMUDA CHINA YANG ADA DI INDONESIA.

  17.  

    itu yg sebelah kiri KRI Rigel sekalian diseret ke Indonesia..kan bagus tuh buat tambahan TNI AL…

  18.  

    MBAH YAKIN MILISI MILISI YANG TERDIRI DARI PEMUDA PEMUDA CHINA YANG ADA DI INDONESIA AKAN MENJADI RAS UNGGULAN YANG KEMAMPUANNYA JAUH DIATAS KEMAMPUAN MILITER PADA UMUMNYA.

  19.  

    MBAH YAKIN DAN MEYAKINI DAN MEMANG BEGITULAH KENYATAANNYA BAHWA RAS CHINA DIMANAPUN BERADA ADALAH RAS UNGGULAN, BANGSA YANG DICIPTAKAN UNTUK MENJAJAH DAN MEMIMPIN SEGALKA BIDANG.

    DI INDONESIA SANGAT BANYAK ORANG CHINA, ALNGKAH SAYANGNYA JIKA PEMUDA ANAK ANAK CHINA ITU DIBIARKAN BEGITU SAJA POTENSINYA DAN CENDERUNG MENYENDIRI DAN EKSKLUSIF. MEREKA HARUS DIWAJAIBKAN MILITER, DIDIDIK SECARA KERAS DAN KEJAM.

    ” MBAH YAKIN PASUKAN ELIT AKAN TERBENTUK DARI RAS INI ”

    SANG CHINA NEGERI YANG AGUNG AKAN GAMANG JIKA PASUKAN YANG DITEMPATKAN UNTUK MENGHADAPI MEREKA DI NATUNA ADALAH PASUKAN YANG BERBAHASA DENGAN BAHASA MEREKA, DAN BERPERANG DAN MEMPUNYAI KEBERANIAN SAMA SEPERTI KEBERANIAN MEREKA.

  20.  

    Rigel joss apalagi mistral ikut d boyong joss gandos..kotos2…smpai bledos..

  21.  

    Untuk mempercepat terwujudnya poros maritim, Mistral pesanan Rusia atas persetujuan yang pesan dioper kreditkan kepada Indonesia dng leasing Adira. xixixixixi.

  22.  

    Dengan panjang 60,1 dan lebar 11,3 meter, kapal dilengkapi peralatan survei hidro-oseanografi terbaru untuk pengumpulan data sampai laut dalam (deep water).

    Ukuran panjang yang mirip KCR 60 (Kelas KRI Sampar, panjang 60 meter, lebar 8,1 meteri) dengan perlengkapan bawah air yang mumpuni.

    Anjungan dengan pandangan 360° /degree/derajat, seperti kapal patroli Australia (Armidale class), untuk pengawasan visual yang lebih baik. Serta cerobong asap yang diletakkan di pinggir sehingga tidak menghalangi monitoring kegiatan di buritan.

    Desain kapal yang baik.

  23.  

    kayanya benar artikel bung yayan 2 set kapal hydrooceanografi (2 KRI Rigel Class + 2 Mistral Class) wow
    ngarepbingiiit.com

  24.  

    Diseberang kanannya rigel ada KRI Soekarno 101 dan KRI Hatta 102 belum di cat no lambungnya hehehe. Untuk menghadapi china agungnya mbah bowo

  25.  

    seandainya dua kapal yang diseberang KRI Rigel di gambar 1 itu bisa ikut diakuisisi Indonesia…. *berkhayal.com

  26.  

    …..Pakdhe Putin diajak ngopi dulu yuuuukkk….ditembung mbokbileh saget dibetho dateng nusantara 2 LHD Mistrall puniko dipungantos kaliyan komoditi ingkang wonten nusantara.

  27.  

    Kalo dari gbr-1 & judul artikel ‘lebih dekat dengan KRI Rigel’ mungkin lebih pas judulnya ‘RI lebih dekat dengan MISTRAL’ semoga….

  28.  

    Gmn kalo mistralnya di kirim juga. Sesuai fotonya ya harus dikirim keduanya.

  29.  

  30.  

    RIGEL…?,menurut opini saya sih lebih baik d namai dgn yg berbau indonesia 🙂

  31.  

    Pengiriman KRI Rigel moga aja sekalian kamuflase pengiriman Mistral ke Indonesia..

    saya pernah baca artikel rencana pembelian LHD Mistral oleh Indonesia,

    silahkan yang laen pada nebak sendiri- sendiri…..

  32.  

    Ayo dibeli sekalian Mistral nya, mantab …

  33.  

    itu ada dua mistral lg dbuat….blm slsaii..jd blm bisa dibawa pulang..sisanya ntar slesaiin di rumah sndriii

 Leave a Reply