Ledakan Bom Sambut Kunjungan Presiden Filipina

Sebanyak 12 orang tewas dan 60 orang lainnya terluka dalam serangan bom di kota Davao, Filipina. Para korban luka langsung dirawat intensif di sejumlah Rumah Sakit.

Ledakan mengguncang sebuah pasar malam di kota kediaman Presiden Filipina Rodrigo Duterte itu, pada Jumat malam (02/09/2016). Saat serangan terjadi, Duterte tengah berkunjung ke Davao tetapi selamat dan berada di kantor polisi setelah ledakan tersebut.

Keluarga Duterte juga dipastikan dalam kondisi aman bersama putranya, Paolo Duterte, yang merupakan wakil wali kota Davao City.

Seorang pejabat polisi dikutip dari Reuters menyatakan bahwa sedikitnya 30 orang terluka parah dan dirawat di rumah sakit akibat insiden ini.

“Insiden tersebut terjadi di pasar jalanan di luar hotel kelas atas Marco Polo di Davao, Filipina selatan,” kata Abella, juru bicara militer kepada sejumlah wartawan melalui telepon.

Seorang juru bicara presiden mengatakan penyidik telah menemukan pecahan peluru dari mortir yang berasal dari alat peledak improvisasi (IED) atau bom rakitan di lokasi kejadian.

Setelah ledakan polisi langsung menempatkan pos pemeriksaan di sekitar titik keluar kota.

“Sebuah penyelidikan menyeluruh sedang dilakukan untuk menentukan penyebab ledakan. Kami menyerukan kepada semua orang untuk waspada setiap saat,” kata Kepala polisi daerah Davao, Manuel Guerlan.

Davao City terletak di Mindanao, Filipina selatan yang telah berada di bawah status keamanan tingkat tinggi dalam beberapa pekan terakhir karena serangan militer terhadap Abu Sayyaf.

Duterte telah menjabat sebagai wali kota Davao City selama 22 tahun sebelum menjabat presiden Filipina pada akhir Juni lalu. Saat menjabat sebagai wali kota, Duterte dikenal keras terhadap pelaku tindak kejahatan serta pengedar narkoba.

Duterte dituduh melakukan praktik pembunuhan di luar hukum untuk memberantas para pengendar dan pecandu narkoba di Davao. Praktik pembunuhan di luar hukum kemudian diadopsi secara nasional ketika Duterte menjabat sebagai presiden.

Sharing

Tinggalkan Balasan