Jul 152018
 

Pesawat terbang tanpa awak (PTTA) MQ-9 Reaper © US Air Force via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Leonardo dan General Atomics Aeronautical Systems, Inc (GA-ASI) telah menandatangani suatu perjanjian untuk bersama-sama berinvestasi dalam mengintegrasikan sistem pengawasan peperangan elektronik SAGE buatan Leonardo pada MQ-9B Predator buatan GA-ASI, seperti dilansir dari laman Leonardo Co.

Setelah penyelesaian yang sukses, SAGE akan diintegrasikan ke dalam badan pesawat terbang tanpa awak MQ-9B tanpa memerlukan pod eksternal. SAGE akan ditawarkan terintegrasi ke dalam airframe sebagai konfigurasi dasar yang tersedia bagi pelanggan MQ-9B baik untuk konfigurasi Sky Guardian dan Sea Guardian.

Pekerjaan integrasi telah dimulai dan MQ-9B yang menampilkan SAGE akan tersedia untuk dipesan secepatnya tahun 2019.

SAGE adalah sensor ELINT (Electronic Intelligence) digital dengan kemampuan RWR (radar-warning-receiver) built-in 360 derajat. SAGE digunakan untuk dapat mendeteksi, mengidentifikasi dan memberi geo-lokasi sinyal Radio Frekuensi (RF), seperti sistem radar kendali tembak dan dapat memperingatkan operator terhadap potensi ancaman terhadap pesawat.

Perangkat pendeteksi emisi radar SAGE buatan Leonardo Co. © Leonardo Company

SAGE dapat mengidentifikasi lokasi dan data parametrik dari pemancar RF tertentu dari sebuah platform tunggal, meningkatkan gambaran intelijen elektronik taktis dan kesadaran situasional. SAGE sudah beroperasi dengan Angkatan Laut Korea Selatan, Angkatan Laut Brazil dan Angkatan Udara Indonesia.

SAGE akan diintegrasikan langsung ke dalam airframe MQ-9B, daripada dipasang melalui pod eksternal. Kesesuaian ini akan memberi kinerja yang optimal (dengan sedikit ketidaksesuaian bila dibandingkan dengan solusi pod) sambil memaksimalkan ruang untuk senjata/sensor lain karena sistem ini tak akan menempati titik-titik yang sulit di bawah. Tanpa ada pod yang ditambahkan untuk kemampuan ESM juga dapat mengurangi massa dari platform MQ-9B dan memaksimalkan daya tahan.

Bersama SAGE, portofolio sensor canggih buatan Leonardo akan dengan sempurna melengkapi platform MQ-9B dalam konfigurasi Sky Guardian dan Sea Guardian-nya.

Dengan SAGE sebagai bagian tahap pertama dari kemitraan yang sedang berlangsung ini, Leonardo dan GA-ASI akan bekerjasama untuk mengevaluasi opsi “roll-fit-kit” lainnya, yang cocok untuk peran misi tertentu, yang dapat diajukan kepada pelanggan termasuk Inggris.

Pesawat terbang tanpa awak MQ-9 Reaper di Afghanistan © US Air Force via Wikimedia Commons

MQ-9B telah dirancang sedemikian rupa untuk bisa mematuhi persyaratan sertifikasi kelaikan udara yang ketat dari berbagai otoritas baik militer dan sipil, termasuk MAA Inggris dan CAA dan FAA AS, yang berarti bahwa pelanggan masa depan akan dapat mencakup organisasi sipil.

Untuk semua pelanggan, data di dalam peralatan perang elektronik sama pentingnya dengan peralatan itu sendiri. Ketika ancaman berubah, pengguna harus dapat terus memperbarui perangkat tersebut.

Keahlian Leonardo dalam domain peperangan elektronika memungkinkannya untuk dapat menawarkan fasilitas Electronic Warfare Operational Support (EWOS) yang berdedikasi, meningkatkan keefektifan semua produk EW-nya dan memungkinkan pelanggan domestik dan ekspor untuk menjaga peralatan EW diperbarui dan siap untuk misi.

Produk EW buatan Leonardo bersifat terbuka dan dapat diprogram, memungkinkan penggunaan data EW asli yang ada serta mengembangkan basis data tersebut dengan parameter ancaman baru. Leonardo dapat memberikan EWOS sebagai layanan yang dikelola atau terlibat dalam transfer pengetahuan ke negara-negara pengekspor yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan kemampuan dan keahlian EW yang berdaulat.

jakartagreater.com

  2 Responses to “Leonardo Akan Pasang SAGE RWR Pada MQ-9”

  1.  

    Mantap!