Des 092018
 

Kendaraan laut tanpa awak (USV) Seagull akan dipersenjatai dengan torpedo ringan © Leonardo

JakartaGreater.com – Elbit Systems dan Leonardo telah bekerja sama mengembangkan kemampuan torpedo ringan untuk integrasi pada kapal permukaan tanpa awak (USV) Seagull, seperti diberitakan oleh IHS Jane pada hari Jumat.

Torpedo ringan dan berukuran mini buatan Leonardo akan diperlihatkan di atas USV, yang memanfaatkan arsitektur yang digunakan untuk sistem peluncuran torpedo dari pesawat udara.

Kedua perusahaan mengatakan bahwa Leonardo memiliki posisi strategis dalam desain, produksi dan integrasi senjata jenis ini yang telah dipilih oleh 30 negara, sementara itu USV Seagull dioperasikan oleh Angkatan Laut Israel yang telah terbukti melakukan melakukan operasi anti-ranjau laut (MCM) dan operasi anti-kapal selam (ASW) dalam uji coba di Laut Utara oleh Kementerian Pertahanan Belgia tahun 2017.

USV Seagull sepanjang 12 m memiliki daya tahan selama 4 hari dan dapat dioperasikan dari kapal kendali atau dari pantai. Selama uji coba di Belgia pada bulan Juni 2017 di dekat pangkalan angkatan laut Zeebrugge, sistem ini menunjukkan kemampuannya untuk beroperasi pada kondisi Sea State 5 dan Sea State 6.

Satu unit Seagull melakukan misi MCM, memindai seluruh kolom air dalam satu jalur, beroperasi dengan sonar K5900 di kedua sisi (kanan dan kiri) dan sonar R2Sonic pada bagian depan untuk melakukan pencarian, deteksi dan klasifikasi.

Sistem ini pertama kali mengeksplorasi potensi mengintegrasikan kemampuan ASW ofensif terintegrasi pada tahun 2016, ketika menguji kemampuan torpedo ringan dari atas USV selama uji coba di pelabuhan Haifa, Israel.

Bagikan:

  2 Responses to “Leonardo – Elbit Systems Lengkapi Seagull dengan Torpedo”

  1.  

    nah… ini yang layak dikembangkan TNI AL, ratusan speedboat dipasang torpedo dan atau rudal anti-kapal, tentunya akan bikin kapal perang musuh keringat dingin seperti ikan dikejar kucing 😆 wkwkwkwk

 Leave a Reply