Nov 092018
 

Armada jet tempur F-15K Angkatan Udara Korea Selatan © Kemhan Korsel via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Leonardo kini telah bekerja sama dengan LIG Nex1 yang berbasis di Korea Selatan (SK) untuk melakukan penawaran bersama dalam melaksanakan upgrade IFF (Identification Friend or Foe) menjadu standar “Mode 5” terbaru pada pesawat yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Korea Selatan (RoKAF).

Seperti dilansir dari laman Defense World, IFF itu adalah sebagai pusat operasi militer karena memungkinkan angkatan bersenjata untuk mengenali teman-teman dan sekaligus mengidentifikasi musuh potensial. Peralatan ini berfungsi sebagai versi digital canggih dari sistem kata sandi “tantangan dan respons”, itu mengirimkan sinyal tantangan dan memeriksanya melalui kata sandi yang benar.

Peralatan IFF standar Mode 5 baru telah menggunakan teknik kriptografi tingkat lanjut untuk mengamankan sistem IFF dari upaya musuh untuk menipu atau mengacaknya.

Jet tempur F-15K Angkatan Udara Korea Selatan (RoKAF) © Kemhan Korsel via Wikimedia Commons

Leonardo juga telah bekerja pada program upgrade IFF tingkat tinggi di Inggris sebagai kontraktor utama untuk meningkatkan teknologi IFF pada lebih dari 350 unit pesawat yang dioperasikan militer Inggris, kapal angkatan laut serta sistem pertahanan udara berbasis darat menjadi IFF standar Mode 5.

Di Republik Korea Selatan, Leonardo akan memanfaatkan pengalaman tersebut untuk mengurangi risiko pada program peningkatan dan juga merencanakan untuk melokalisasi produksi bagian-bagian penting peralatan yang ada di Korea Selatan.

Membentuk tim adalah trik baru dalam pendekatan Leonardo yang sedang berlangsung untuk produksi lokal di Korea Selatan. Pada tahun 2017, Leonardo pun menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan kontraktor pertahanan terkemuka Korea Selatan untuk bersama-sama menyediakan avionik beserta sistem misi, awalnya dalam kaitan dengan sistem penargetan, untuk Republik Korea dan juga internasional.

Sebelum ini, Leonardo melaksanakan program transfer teknologi pada Electronic Warfare Operational Support (EWOS) untuk Angkatan Laut, Angkatan Udara Korea Selatan dan Badan Pengembangan Pertahanan (ADD), memastikan bahwa angkatan bersenjata Korea Selatan siap untuk era pertempuran yang dikendalikan secara elektronika.

Helikopter AW159 buatan Leonardo juga dalam layanan operasional dengan RoK Navy. Helikopter AW159 RoKN dilengkapi dengan radar AESA buatan Leonardo dan termasuk Helicopter Integrated Defensive Aids Suite (HIDAS) yang terintegrasi dengan helikopter Wildcat AW159 Royal Navy Inggris.

  10 Responses to “Leonardo Incar Proyek Upgrade IFF Jet Tempur Korea Selatan”

  1.  

    Wuih mantap jg klu dpt totnya.

  2.  

    Maaf OOT. Bung diego..
    Bisw bahas.. Kapal damen-unveils-6000-tons-omega-frigate yg di tawarkan k Indonesia?

  3.  

    Kepala Penerangan Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Udara (TNI-AU) Marsekal Pertama Novyan Samyoga mengatakan kepada IHS Jane dalam pameran Indo Defence 2018 di Jakarta bahwa UU AS tersebut berpotensi memaksa Indonesia membeli pesawat tempur Barat. Menurut analisa IHS Jane yang dikutip Jumat (9/11/2018), jika pemaksaan itu terjadi, maka pesawat tempur F-16 Viper Lockheed Martin kemungkinan akan dipilih oleh TNI-AU daripada Su-35 Rusia.

    •  

      F-16V buat hadapi F-35 Australia dan Su-35 China? Kenapa gak AS aja yang buktikan kemampuannya melawan pespur China? Gak perlu Su-35 deh, coba aja lawan J-10B itu 😀 hayooo… gak perlu rudal BVR, uji ada tuh dogfight 😀 kan kelasnya sama 😀

      •  

        yah begitulah, kalaupun keputusan TNI AU milih F-16 V adlh yg terbaik hrs terima dg ikhlas & ridho, kita sbg rakyat hrs mendukung keputusan TNI AU

        •  

          Nerima ngak nerima dek…nama nya juga kita sebagai pengamat dan kimentator…cuma bisa beri sedikit saran dan pandangan saja…itu juga kalo diterima…selebih nya mereka punya kewenangan dan keputusan…!!!
          Walau di zaman now faktor politik dan publik lebih dominan penentu kebijakan tapi hasil akhir masih dipegang yang berkuasa…jadi pilihan anda penentu kebijakan lima tahun kedepan…jangan salah pilih…terutama visi misi mereka…!!!

      •  

        kirim aja pesawat tanker, kan siluman western biasa nabrakin diri ke tanker minta nyusu ??

  4.  

    Yakin su35 bakal dtg d indo

 Leave a Reply