Dec 172018
 

Jet pelatih tempur M-346 Angkatan Udara Polandi © Leonardo Company

JakartaGreater.com – Leonardo Company mengumumkan bahwa Inspektorat Persenjataan Departemen Pertahanan Nasional Polandia melaksanakan opsi untuk mengakuisisi empat Advanced Jet Trainers (AJT) M-346 sebagaimana digariskan oleh kontrak yang diteken pada bulan Maret 2018, tulis Leonardo Co., dalam rilis persnya.

Opsi bernilai sekitar € 130 jutatersebut termasuk paket dukungan dan upgrade dari seluruh armada M-346 Polandia ke standar STANAG 4193 Edition 3 IFF NATO yang dikembangkan oleh Leonardo. Dengan keputusan ini, Angkatan Udara Polandia dipastikan menyelesaikan modernisasi armada pelatihan tempurnya dan pengiriman dilakukan pada 2022.

Letnan Katarzyna Tomiak-Siemieniewic, pilot wanita pertama MiG-29 Angkatan Udara Polandia © Youtuba

Dengan mengakuisisi empat unit M-346 AJT lagi, armada Angkatan Udara Polandia meluas menjadi 16 pesawat, menjadi pelanggan ekspor M-346 terbesar kedua. Hingga sekarang ini total 76 unit M-346 telah dipesan oleh Italia, Polandia, Singapura dan Israel.

“Hari ini, Leonardo Co. dan Inspektorat Persenjataan Kementerian Pertahanan Polandia telah mengambil sebuah langkah penting bersama menuju modernisasi Angkatan Udara Polandia. Kami sangat bangga memiliki kepercayaan lengkap mereka, memperkuat kemitraan erat kami dengan Polandia”, kata Alessandro Profumo, CEO Leonardo Company.

Lucio Valerio Cioffi, Managing Director Divisi Pesawat Terbang Leonardo, berkata dengan sistem pelatihan yang komprehensif untuk 16 armada tempur, termasuk M-346, Angkatan Udara Polandia akan memiliki lingkungan pelatihan yang luar biasa, canggih bagi pilot generasi mendatang.

Dengan pengalaman selama lebih dari 50 tahun di sektor pelatihan, Leonardo menawarkan solusi pelatihan paling canggih serta pengurangan biaya yang signifikan hingga 50% untuk kadet Angkatan Udara dakam memenuhi syarat sebagai pilot tempur pada pesawat generasi terbaru.