Nov 092018
 

Jet tempur multiperan Su-35S Angkatan Udara Rusia © Dmitriy Pichugin via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Program TNI AU untuk pengadaan jet tempur multi-peran Sukhoi Su-35 “Flanker-E” dari Rusia beresiko “diakhiri” karena kemungkinan konsekuensi dari undang-undang AS yang berusaha untuk menghukum para pembeli sistem militer Rusia, seperti dilansir dari laman IHS Jane pada hari Kamis.

Marsekal Pertama Novyan Samyoga, Kepala Dinas Penerangan AU atau Kadispenau mengatakan kepada IHS Jane dalam pameran Indo Defence 2018 di Jakarta tanggal 7 November bahwa jika AS menempatkan pembatasan yang berlebihan terhadap Indonesia melalui undang-undang CAATSA, maka TNI AU akan dipaksa untuk mendapatkan jet tempur “Barat”.

Dan jika hal itu terjadi, maka IHS Jane memahami bahwa jet tempur F-16 Viper produksi Lockheed Martin kemungkinan besar akan dipilih oleh TNI AU daripada pesawat tempur multi-peran Su-35.

Indonesia telah menandatangani kontrak untuk pengadaan 11 unit Su-35S pada bulan Februari tahun ini, hanya beberapa bulan setelah AS mengesahkan Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA), yang mengusulkan sanksi pada pelanggan alutsista Rusia sebagai tanggapan terhadap dugaan gangguan Rusia pada Pemilu presiden AS dan aneksasi Krimea.

“Meskipun kontrak ini telah ditandatangani Indonesia tidak akan memiliki pilihan lain selain mengakhiri kesepakatan tersebut jika pemerintah AS memberikan sanksi keras terhadap Indonesia”, kata Samyoga.

Pemerintah AS telah banyak memberlakukan sanksi terhadap Indonesia sejak 1990-an hingga 2005 sebagai akibat dari tuduhan pelanggaran hak asasi manusia yag dilakukan oleh militer Indonesia di Timor Timur.

Larangan itu memiliki efek yang sangat merugikan bagi TNI AU, karena mereka tak dapat membeli komponen untuk armada pesawat buatan AS seperti jet tempur F-16 dan juga pesawat angkut C-130 Hercules.

“Kami perlu mengoperasikan kombinasi jet tempur buatan timur dan barat”, kata Komodor Udara Samyoga. “Politik tidak pernah pasti, dan kami butuh keseimbangan karena jika kami memiliki masalah dengan barat kami dapat menggunakan pesawat yang dibuat oleh timur. Mereka telah menjatuhkan sanksi kepada kami sebelumnya, jadi kami tahu bahwa kami membutuhkan keseimbangan tersebut”.

Sebelumnya diberitakan  RIA Novosti, Kepala perusahaan Rostec, Rusia, Victor Kladov menyatakan bahwa kontrak untuk pengiriman 11 unit jet tempur Su-35 ke Indonesia tidak ditunda, dan Jakarta sedang menyelesaikan beberapa masalah teknis.

“Tidak, kontrak tidak ditunda. Tetapi agar dapat diberlakukan, Indonesia perlu menyelesaikan beberapa masalah teknis”, kata Kladov.

Kontrak untuk pasokan ke Indonesia dari 11 pesawat tempur Su-35 senilai 1,1 miliar dolar ditandatangani pada 2018.

Bagikan:

  51 Responses to “Lika-Liku Pengadaan 11 Unit Su-35S TNI AU”

  1.  

    Busyet, masih di awang-awang ternyata

  2.  

    Hmmm,ternyata

  3.  

    Ha.. Ha.. Ha… Tau2 pesawatnya dah dimari dah……..

  4.  

    Gak usah membuat yg sdh jelas menjadi tersamarkan mas DEDI dng kesimpulan anda yg prematur, jika kita blom paham aturan main yg diberlakukan utk pengadaan SU-35 ini.
    Kalo bicara mengenai sanksi AS, seolah olah hanya SU-35 yg berlaku, knp alat yg lain tdk, disitu parameter dimulai. Kaitan perdagangan alutsusta dng Rusia banyak lhoo…bukan sekedar terfokus pd beli SU-35 aja.

    •  

      Sudahlah, ikhlaskan aja Su-35 diganti F-16V bung 😀 hihihihih, toh bapak Kadispenau juga gak berani ngotot Su-35 harus jadi 😛

      “Meskipun kontrak ini telah ditandatangani Indonesia tidak akan memiliki pilihan lain selain mengakhiri kesepakatan tersebut jika pemerintah AS memberikan sanksi keras terhadap Indonesia”, kata Samyoga.

      Bisa saja anda beralasan Parlemen AS dan Menhan AS bilang Indonesia tidak kena sanksi, tapi mana bukti tertulisnya bahwa kita tidak akan terkena imbasnya 😀 klo cuma sebatas “lisan” dan tulisan media aja ya sama aja sontoloyo, apa seluruhrakyat RI rela kena sanksi?

      Klo semua sepakat tidak takut pada sanksi 😀 maka saya juga akan dukung rencana TNI AU, namun klo tidak maka kita juga gak boleh egois 😀

      •  

        India kan sudah teken kontrak dgn russia, hanya menunggu datangnya arhansismil/armada pertahanan sistem militer, klu mengnai sanksi amerika? Yaa selamat tinggal,
        bagai mana dgn indonesia apakh sperti india atau perlukah russia mmberikan sanksi balik ke amerika?

        😆 😆

  5.  

    kebanyakan polikus dan jndrl sontoloyo

  6.  

    kalo pesawatnya mungkin boleh dibeli tapi sistem persenjataan spt rudalnya yg akan kena sanksi…. takut jugalah mereka kalo kita punya rudal…. kan pesawat mereka suka lewat tanpa ijin… kalo rudalnya punya ASU kan bisa di lock (mungkin ga sih)…

  7.  

    yg aneh itu para elit politik kita.
    hasil bumi di papua di sedot habis.
    tapi tetap sj kita diem sj.
    apalgi thn lalu sdh di perpanjang freeport bs sedot bumi papua.
    kl bgtu sp yg salah.rakyat atau para elit politik.
    giliran kita mau beli alutsista kita mlempem di ancam sangsi si amer.

  8.  

    Duh…

  9.  

    kata siapa kna sanksi tp d tunda tahun 2025, sy pastikan thn itu nilai Yuan mengalahkan nilai mata uang dollar

    •  

      lha, meskipun Yuan menang, apakah anda kira Rupiah akan diatas Dollar? 😀 untuk menguat ke level 6000-7000 per Dollar seperti masa pemerintahan singkat Habibie aja susah 😀 ingat bahwa menurut rezim pemerintahan saat ini bila Rupiah melemah 1000 maka ekspor kita akan meningkat triliunan Rupiah 😀 so jangan harap Rupiah bisa diatas Dollar

  10.  

    seperti mau beli buah di pasar.. pedangang buah yg tidak kita beli mengancam ke pembeli yg membeli buah dari lapak tetangganya… karena urusan rebutan tanah dan pribadi..

  11.  

    betul2 memprihatinkan bangsa saya ini…tak berdaya, tak mampu untk memenuhi keinginan sendiri. dipaksa oleh kapitalis jahat hooh aja…….Saya Rindu SOEKARNO….. pemimpin yg punya prinsip, Tegas mempertahankan kehorman dan harga diri… tidak pengecut. sehingga RAKYATnya, juga jadi Pemberani punya prinsip dan banyak yg rela mati untk Kehormatan…mau beli Alusista dg Hasil keringat Sendiri aja di atur oleh Penjajah…gini aja pemimpin kita jadi GALAU. payah…parah…dan sedih jengkel punya petinggi2 negara yg Plinplan….Kalau sudah Punya TARGET ya dikejarlah jgn mudah dikadali…mana bisa maju…mau F16V.. australi aja punya F35..masih ada pemimpin yg mental Tempe..di embargo lagi klimpungan…KAPAN KAPOKMU LE…..

    •  

      alasan mereka, bukan cuma anda saja yang bakal merasakan dampaknya 😀 trus bisnis dan usaha para pejabat itu klo bangkrut cemana? anda mau ganti? 😀 hihihihhihi, anda enak cuma pekerja, nah mereka itu pengusaha 😀

  12.  

    SUKHOI Su-35S FLANKER Dinasti Flanker Yang Paling Mematikan

    https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/07/sukhoi-su-35s-flanker-dinasti-flanker.html

  13.  

    Hei Para Pejabat negara…..anda harus Punya Prinsip. kalau perlu beli tuh su35s 50 biji. S 400. 5 biji. kapal selam kilo 10 biji. tambah pesawat Pembom. 3 ekor. …pasti Indonesia Raya akan dihormati dan disegani. jaman sekarang nggak punya militer yang kuat… ya dibuat mainan bro….hanya jadi macan ompong………digonggongi negara unyil kayak vanuatu aja sdh panas dingin…xixixixi

  14.  

    Hei Para Pejabat negara…..anda harus Punya Prinsip. kalau perlu beli tuh su35s 50 biji. S 400. 5 biji. kapal selam kilo 10 biji. tambah pesawat Pembom. 3 ekor. …pasti Indonesia Raya akan dihormati dan disegani. jaman sekarang nggak punya militer yang kuat… ya dibuat mainan bro….hanya jadi macan ompong………digonggongi negara unyil kayak vanuatu aja sdh panas dingin…xixixixi uangnya dr mana ya…..Potong dr anggaran yg nggak manfaat. contoh..gaji dan tunjangan DPR, dprd. pasti 98 % rakyat setuju. yg nggak setuju ya Wakil rakyat aja.

  15.  

    sudah terendus,masih mau teriak NKRI,,,,! harga mati…!!!!,matih lah.

  16.  

    NKRI,,,!!!harga tawar….la busyeeeeeeetttt!!!!.

  17.  

    banyak bener editor2 RBTH nyambi sales disini

    xaxaxa

  18.  

    kalo sanksi pelanggaran hak asasi manusia sy maklum tapi klo sanksi karena Rusia ya blunder lah bagi politik luar negeri AS ke depan

    kenetralan soal As – Rusia itupun tak menghentikan mereka berdua ngompor2in politisi2 dlm negeri

    sya masih berharap gengnya Pakde Mattis ngelobi soal Caatsa bagi India,Indonesia dan vietnam

    •  

      itu sudah dilakukan, tapi hasilnya walau disebutkan RI, India dan Vietnam tidak kena sanksi, tapi para pejabat masih sangsi mengenai hal itu 😀 karena baru sebatas lisan dan berita dari media 😀 so tidak ada jaminan 😀 apalagi resikonya akan berpengaruh kepada seluruh masyarakat 😀

      bukankah menurut sejumlah media yg kena sanksi adalah perusahaan Rusia, dalam hal ini yg besar terkena imbas adalah Bank Rusia yg memberikan modal kepada produsen Su-35 untuk mencetak pesawat pesanan RI 😀 nah klo Bank Rusia kena sanksi, trus duitnya dari mana apa dari Kak Rusia? atau OM Rusia atau Tante Rusia? 😀

      tetap itu semua berdampak kepada Su-35 pesanan RI dimana AS sengaja menghambat Rusia untuk dapat memenuhi pesanan tersebut. Lantas ujung-ujungnya apa? 😀

  19.  

    @,bung lingkar,yg terendus ya jelas to..aroma konspiracy…inget ngak kasuh helikopter yg kemaren di policline di halim,,ini yg bilang sepertinya gagal pejabat tni lo,,gimana…bukan pejabat” jakartagrether.

  20.  

    kenapa rusia dan us tidak perang terbuka saja lahh sekalian dari pada gini imbasnya ke nagara lain

  21.  

    Kok kesel ya!!

  22.  

    Beli itu ndak boleh, beli ini ndak boleh…jadi atut mau beli

  23.  

    Udah, ikhlasin aja tuh Sukhoi. Ganti aja ama F-35. Lawan tanding buat J-20 China. Lagian pembatalan Sukhoi bisa mengamankan proses IFX yg sedang berjalan. Pilih mana, beli Sukhoi atau kena sanksi plus IFX batal???

  24.  

    Saya dah lama gregetan perkara ini&bila ini gagal! Saya sumpahin anak cucu saya jangan jadi TNI,jadi aseng am asing saja!.,,jiaaaaput podho ngajak dagelan.

  25.  

    Makin jengkel sama ASu, mreka kira main polisi2 nya masih lama XD

  26.  

    Hahaha gara” ada indikasi gagal kaum jakartagreter PD tonjolkan,ya harus diakui bagaimana gregettanya semua pemirsa,yg gak greget cuma orang di atas saya ni,cuma dia antara dongkol mangkel,,,,selamat hari pahlawan 10_11_2018.

 Leave a Reply