Oct 152015
 

MH17

Hasil investigasi dari Badan Keselamatan Penerbangan Belanda menemukan beberapa kunci yang terkait insiden jatuhnya pesawat Malaysia Airlines dengan jenis penerbangan MH17. Pada 13 Oktober 2015, Badan Keselamatan Penerbangan Belanda mengumumkan hasil penyelidikan mereka.

Pesawat MH17 menewas 298 orang itu jatuh pada Juli 2014. Kebanyakan korban dari tewas di pesawat ini adalah warga Belanda, sebanyak 196 orang. Dan di bawah ini akan dijabarkan apa saja yang ditemukan dari penyelidikan Badan Keselamatan Penerbangan Belanda, dilansir dari BBC, Kamis (15/10/2015) ;

1. Pesawat MH17 ditembak jatuh oleh hulu ledak misil. Pesawat tersebut ditembak jatuh hulu ledak yang meledak tepat diluar dan atas dari posisi kiri kokpit, menyebabkan kerusakan bagian depan pesawat.

2. Indikasi penggunaan misil dengan sistem BUK. Hulu ledak yang menghantam pesawat MH17, memiliki jenis misil yang dibuat oleh Rusia dengan sistem BUK (Pelontar misil dari darat menuju udara). Kesimpulan ini diambil dari pola kerusakan yang ditemukan dalam puing-puing MH17, selain itu misil yang meledak tersebut memiliki model 9N314M sesuai dengan misil yang dimiliki sistem BUK.

3. Penumpang tidak menyadari serangan tersebut. Ledakan tersebut hanya terasa di kokpit, dari hasil penyelidikan ditemukan indikasi bahwa penumpang tidak menyadari ledakan dari misil, sehingga mereka tidak siap ketika insiden tersebut sudah terjadi.

4. Belum ditemukannya area yang spesifik dari pelontar misil. Dari hasil penyidakan masih belum ditemukan spesifik lokasi dari pelontar misil yang menembakan hulu ledak tersebut. Kalkulasi sementara sumber tembakan misil tersebut,berasal dari area seluas 320 kilometer persegi di timur Ukraina.

5. Kurangnya penilaian terhadap risiko. Maksudnya adalah tidak adanya persiapan dari Ukraina atau Malaysia, terhadap risiko kecelakaan di wilayah udara tersebut. Karena secara umum sudah diketahui bahwa wilayah tersebut sedang dalam konflik. Ukraina seharusnya menutup wilayah udara tersebut terhadap penerbangan jenis komersial. Sedangkan Malaysia dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, tidak memikirkan resiko untuk terbang di wilayah udara yang sedang mengalami konflik.

  36 Responses to “Lima Fakta Menarik soal MH17”

  1. trus yg MH satu lg gimana nasibnya?

  2. 1

  3. Masih teka-teki

  4. MH yang 1nya lagi masih blom mnemukan tikus hitam….heheheh

  5. nunggu komenya om putin aja dech

  6. Malon jangan menuding pihak2 asing, sebab salah sendiri, Pilot malon tidak bisa konsen, ………. , karena kelaparan, belum makan pisang, ………. kah kah kah !!!

  7. Sedangkan malasia dan opsi tidak memikirkan resiko untuk terbang di wilayah udara yang sedang mengalami konflik..emang malasia bisa mikir???

  8. Ane ga bela Malaysia tapi lu kalo ngomong logis dikit kenapa bos? Lu pikir radar pesawat komersil sama kek pesawat tempur? Lu pikir kalopun ke detect bisa ngeles pake manuver? Lu ikut kejar paket A dulu baru komen disini

  9. sudah tahu wilayah udara konflik kog masih ambil jalur tsb

  10. baru pada kasus ini orang Maley berani, malah super nekat, hingga jatuh banyak korban

  11. Hehehhehehehe… Mohon Ijin mengucapkan Turut berduka utk para penumpang yg menjadi korban MH17.. Kasian mereka berada di tempat dan waktu yg salah.. Suatu pelajran yg berharga juga bisa kita ambil dari MH370… Pesawat jet berbadan besar bisa hilang begitu saja tanpa jejak…?pencarian awal yg hingar bingar dan tanpa arah menunjukan kualitas manajemen negara dalam menangani bencana sgt rendah..kegagapan dan kepanikan sgt terlihat dari statement pejabat dan petinggi negeri tsb yg saling bertentangan dan tumpang tindih..dan yg plg lucu adalah titik kordinat pencarian yg berubah ditengah2 pencarian..? Why..?apakah ini konspirasi..? Mari membahasnya….xixiixixixixiixi…

  12. Bahasa malaysia aneh” banget cuman ada b.indonesia yg harus diganti seperti bahasa malay yg pejabat negara jd kaki tangan negara, soalnya pejabat negara di indonesia sudah seperti majikan

  13. nekan rusky koq pake cara begituan su asuuu, diserang balik baru nyahoo, british baru dilontarin statemen tentang “smurf” aja lngsung hyper aktif disuriah, n baru2 ini ada pernyataan utk hancurkan pesawat rusky klo pas ketemu di suriah

  14. Biasa kan malon suka nylonog2, kena deh di geBUK ama rudal..

  15. Setuju…. memang kalau sudah masalah malaysia banyak yg buta mata dan buta hati nurani. Padahal ada orang indonesianya juga di dalam pesawat itu.

  16. Hehehehhehehehhehe…salam sehat bung Keripik Dan Penjelajah.. Ya karo sedulur warjag gak usah sampe mencela lah bung.. Saya kira bung SpE juga sdh mengerti..Cukup informasikan saja bahwa pesawat komersial tdk spt pespur yg memang diperuntukkan utk bertempur..kecuali pesawat kepresidenan biasanya sedikit lebih lengkap termasuk peluru pengecoh rudal.. Mungkin bisa ditambahkan..?So kita ga perlu memaki dan mencaci bukan..? Salam sehat selalu warjag…

  17. Berikan empati untuk korban meski pemerintah mereka (malaysia) sering berantem dg kita..

  18. Bener bung kenapa harus mentertawakan tragedi kemanusiaan apalagi ada saudara2 kt yg jadi korban…malaysia sedang sial dgn tragedi ini dan saya pikir mereka juga gak mau mengalaminya…

  19. Masih saat ini pemerintah belanda masih menganalisa tragedi MH70 itu ya bung, hingga sedikit demi sedikit terkuak penyebabnya.

  20. wkwkwkwkwkwk wkwkwkwkwkwk wkwkwkwkwkwk

  21. wkwkwkwkwkwk wkwkwkwkwkwk wkwkwkwkwkwk

  22. Dipingpong kesana sini malon plonga plongo kayak kebo… what can I do ceunah !!… wkwkwkwkwkwk…

  23. asem tenanan…..ngakak full bro…wkwkwkwk…. kata malingsial – kah kah kah kah kah…

  24. Wkwkwk..

  25. ANNNCCRRRIIIITTTT…

    ngakak2 baca nya… muless nih perut tengah malem baca ini… wkakakakakak… kakakakaka

  26. @bung SPE

    tetep semangat !!…… heeeeee…

    sama malon ga perlu logis…. toh malon ga bakalan paham !!… wkwkwkwkwk…

  27. Putra Wapres AS Joe Biden, Hunter Bidan, ditunjuk sebagai anggota Dewan Direktur perusahaan migas terbesar Ukraina, Burisma Holdings.

    http://theglobal-review.com/content_detail.php?lang=id&id=15435&type=6#.ViByBPntmko

 Leave a Reply