Litbang India Transfer Sistem Senjata Pinaka ke Kementerian Pertahanan

Jakartagreater – Tonggak penting dicapai India pada 25 September 2020 ketika tanggung jawab Authority Holding Sealed Particulars (AHSP) atas sistem senjata Pinaka diserahkan oleh DRDO (Defence Research and Development Organisation) kepada DGQA (The Directorate General of Quality Assurance, unit di bawah Kementerian Pertahanan India), dirilis DRDO India, 25-9-2020.

Pengalihan AHSP menandai keberhasilan pembentukan produksi roket Pinaka, Peluncur, Pos Komando Baterai, Kendaraan Pengisian dan Pengisian Air Loader serta keberhasilan pembentukan proses Jaminan Kualitas. Penyerahan AHSP berlangsung di ARDE, Pune dimana dokumentasi yang diperlukan oleh berbagai agensi Produksi, agensi Quality Assurance, agensi Pemeliharaan dan Pengguna secara resmi diserahkan oleh ARDE, HEMRL dan VRDE ke CQA (A).

Pinaka adalah sistem roket artileri penerbangan bebas yang memiliki jangkauan 37,5 km. Roket Pinaka diluncurkan dari peluncur roket multi barel yang memiliki kemampuan untuk meluncurkan salvo sebanyak 12 roket dalam 44 detik.

Sistem senjata ini dirancang dan dikembangkan oleh laboratorium DRDO yang berbasis di Pune, Armament Research & Development Establishment (ARDE) bekerja sama dengan HEMRL, VRDE, dan CAIR.  Roket Pinaka dan sistem daratnya saat ini sedang diproduksi massal di Ordnance Factories, BEML, BEL, Tata Power, dan L&T Defense.

Bergabung dalam acara melalui konferensi video, Dr G Satheesh Reddy, Sekretaris Litbang DD dan Ketua DRDO menggambarkan pengalihan AHSP sebagai peristiwa penting dalam pengembangan Sistem Roket Pinaka dan menyatakan bahwa Sistem Roket Pinaka akan sangat membantu dalam memenuhi persyaratan layanan.

Satu pemikiran pada “Litbang India Transfer Sistem Senjata Pinaka ke Kementerian Pertahanan”

Tinggalkan komentar