Nov 052018
 

Jakarta, Jakartagreater.com  –  Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan RI (Kemhan) dalam hal ini Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar Litbang pembuatan prototipe Manpads (Rudal permukaan-keudara) tahap III dengan tema “Melalui Litbang Manpads Kita Wujudkan Penguasaan Teknologi Rudal Guna Kemandirian Industri Pertahanan dalam memenuhi Alutsista TNI”.

Seminar ini dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta, dirilis situs Kemhan RI, 2-11-2018.

Seminar dihadiri oleh Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani sekaligus membuka seminar mewakili Kabalitbang Kemhan, para pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, Dislitbangau, PT. Pindad, PT. Dahana, PT. LAPI ITB, LAPAN serta undangan.

Hadir sebagai narasumber adalah Bapak Hendra Perdana Putra, M.T. dari PT. Pindad, Bapak Dr. Heri Budi Wibowo dari LAPAN, Bapak Dr. Rianto Adhy Sasongko dari PT. LAPI ITB dan Peneliti Pertama Puslitbang Alpalhan PNS Heriana, S.T., M.T. serta moderator Peneliti Madya Puslitbang Alpalhan Kolonel Kal Putro Sasono Nugroho.

Kabalitbang Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan mengatakan, bahwa Litbang Manpads ini merupakan bagian dari kegiatan dan upaya peningkatan kemandirian Alutsista, untuk mengurangi ketergantungan dari luar negeri dan memberdayakan industri dalam negeri agar berpartisipasi untuk memproduksi Alutsista serta memenuhi kebutuhan Manpads untuk satuan TNI.

Didukung dengan tersedianya fasilitas prasarana dan kemampuan sumber daya manusia, Balitbang Kemhan bekerja sama dengan PT. Pindad melakukan penelitian dan pengembangan pembuatan prototipe Manpads. Lebih lanjut Kabalitbang menjelaskan, bahwa untuk menyikapi keterbatasan dengan tuntutan kemandirian Alutsista kita ditantang untuk melahirkan gagasan-gagasan kreatif.

Sejauhmana kemungkinan kemandirian Alutsista ini dapat dilaksanakan, adakah kemungkinan diterapkan. Selanjutnya saya harapkan sumbangsih gagasan dan pemikiran dari peserta sekalian terkait dengan pembuatan prototipe Manpads guna menyempurnakan konsep tersebut agar dapat diaplikasikan dengan baik.

Mengakhiri sambutannya, Kabalitbang Kemhan mengucapkan terima kasih kepada pembicara, moderator dan undangan yang telah meluangkan waktunya demi kepentingan bangsa dan negara.

Kepada seluruh pendukung kegiatan dan panitia pelaksana seminar ini, kami ucapkan terima kasih atas perhatian, bantuan dan kerjasamanya hingga sampai pada tingkat pelaksanaan seminar hari ini.

  14 Responses to “Litbang Pembuatan Prototipe Manpads Tahap III Indonesia”

  1.  

    rudal manpads ukurannya d perbesar & d perpanjang supaya jangkauannya lbh jauh

  2.  

    Mantap … lanjutkan

  3.  

    kalau bisa rudalnya rudal infra red-laser guide missile biar akurasinya makin hebat

  4.  

    kalau mau cepet jadi belajar sama iran

  5.  

    Maunya dari dulu litbang utk buat rudal mandiri..pemerintahlah dukung dana jgn uangnya utk byk bayar gaji pegawai dan proyek” yg gak jelas dan akhirnya mangkrak..

  6.  

    Klu sdh menguasai ilmu seeker dan kendalinya tgl lbh mudah mengembangkan menjadi berbagai macam jenis rudal.

  7.  

    Baru cuma seminar 😀

  8.  

    gak wow lagi, lbh baik gakusah seminar tapi tau2 sdh produksi… itu baru joss

 Leave a Reply