Jul 202017
 

Atraksi udara jet tempur generasi kelima Sukhoi T-50 PAK FA dalam pameran internasional MAKS 2017. © Sergei Bobilev

ZHUKOVSKY – Riset dan Pengembangan (R&D) pesawat tempur generasi kelima PAK FA atau (Perspective Airborne Complex of Frontline Aviation) milik Rusia akan selesai pada tahun 2019, kata CEO United Aircraft Corporation (UAC) Yuri Slyusar di pameran udara internasional MAKS-2017 pada hari Rabu, seperti dilansir dari laman TASS Defense.

“Pada tahun 2019, kita akan mulai mengirimkan batch pra-produksi dari pesawat [T-50]. Tahun ini adalah tahun ketika kita harus menyelesaikan pekerjaan Litbang dari PAK FA”, katanya.

T-50 (PAK FA) adalah pesawat tempur generasi kelima Rusia, yang terbang perdana tahun 2010. Sebelumnya di laporkan bahwa produksi massal jet tempur T-50 akan di mulai pada akhir 2017 dan akan memasuki layanan Angkatan Udara Rusia.

Video atraksi udara Sukhoi T-50 PAK FA pada pameran MAKS 2017

Menurut data terbaru, tahap pertama pengujian pesawat tempur generasi kelima tersebut diperkirakan akan selesai pada akhir 2017. Penerbangan perdana Sukhoi T-50 yang telah dilengkapi dengan mesin canggih terbaru akan dilaksanakan pada kuartal keempat tahun 2017 (antara Oktober-Desember).

Dilaporkan sebelumnya bahwa jet tempur T-50 yang dilengkapi dengan mesin canggih baru akan melakukan penerbangan debutnya pada kuartal keempat tahun 2017. Hingga saat ini, T-50 masih menggunakan mesin tahap pertama yang disebut 117S, sementara mesin baru belum diberikan nama dan secara konvensional disebut sebagai mesin tahap kedua.

  6 Responses to “Litbang Sukhoi T-50 PAK FA Rusia Selesai Tahun 2019”

  1. Menggelegar

  2. Wow pespur sukhoi sering banget muncul di sini, tp klu pswt tempur buatan amrik nongolnya kok cuman netes-netes doang neh…

  3. baru liat sampai abis tuh video, emang keren banget… gak seperti burung hantu F-35 si paman sam

  4. Sayangnya banyak analis yang berpendapat bahwa pesawat ini bukanlah pesawat siluman seperti f22 & f35, melainkan jenis pesawat semi siluman yang memiliki supermanufer yang mengaggumkan. Yang jika kita bandingkan dgn jet amrik mungkin masih sekelas dgn F15 SE varian terakhir. Mungkin masih harus menunggu waktu sampai russia mampu membuat jet siluman seperti F22.

 Leave a Reply