Oct 312018
 

ilustrasi: KRI Karel Satsuit Tubin (KST 356). (U.S. Navy – Senior Chief Mass Communication Specialist Melinda Larson)

Ambon, Jakartagreater.com – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menerima kunjungan Tim Badan Penelitian dan Pangembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan RI di Markas Komando Lantamal IX Ambon, Selasa, 30-10-2018.

Disambut oleh Asisten Logistik (Aslog) Danlantamal IX Kolonel Laut (T) Aliyanto, S.T., M.M., di Ruang Rapat Mako Lantamal IX Ambon, Ketua Tim Balitbang Kemenhan RI Kolonel Inf Budi Kusworo menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan tim ke Lantamal IX Ambon yaitu dalam rangka pengumpulan data dan informasi untuk mendukung pelaksanaan Litbang penggunaan Thorium sebagai bahan bakar kapal tahun anggaran 2018.

Pada kesempatan itu mewakili Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang, Aslog Danlantamal IX mengucapkan selamat datang dan menyambut gembira atas kedatangan Tim Balitbang Kemenhan RI di Lantamal IX Ambon. Selain itu akan memberikan data dan informasi dalam rangka mendukung pelaksanaan Litbang oleh tim.

Selanjutnya pada pertemuan itu, Tim Balitbang Kemenhan RI memaparkan tentang Litbang penggunaan Thorium sebagai bahan bakar Alutsista kapal. Kemudian dilanjutkan dengan tanya-jawab dan diakhiri dengan penyerahan cinderamata.

Tiba di Lantamal IX Ambon, Ketua Tim Balitbang Kemenhan RI bersama dengan 5 anggota tim lainnya, diantaranya Pembina IV/a Eddy M. T. Sianturi, S. Si., M. Si., Mayor Cba (K) Meilia Diana, S.E., Penata III/c Siti Nurhayati M., S.H., Penda Tk.I III/b Dimaz Satrya Rezamudra, S.H., dan Penda Tk.I III/b Bekti Priasih.

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Kadisbek Lantamal IX Letkol Laut (T) Bayu Udoyoko, Pjs. Kadisyahal Lantamal IX Mayor Laut (P) Sunarya, Paban Ops Mayor Laut (P) Kusumo Atmojo dan Paban Slog Mayor Laut (T) Suryadi. (dispen lantamal IX).

  25 Responses to “Litbang Thorium Sebagai Bahan Bakar Kapal TNI AL”

  1.  

    Wih, ini buat Kapal selam nuklir nie?

  2.  

    thorium. bingung. mau jadi bahan bakar? tp dibikin dulu baru dijadikan plotanium bahan bakar tidak pernah berkurang (tahan lama tanpa mminta banyak jumlah bahan bakar karena ada bahan bakar sisanya lama penggunaannya) di kapal perang?

  3.  

    Mantap, biar telat dr negara lain yg penting harus memakai teknologi terkini. Bahan baku melimbah di Indonesia.

  4.  

    dosen saya bilang thorium merupakan nuklir aman karena limbahnya bukanlah bahan yang dapat digunakan sebagai senjata nuklir, tidak seperti uranium yang limbahnya merupakan plutonium dimana keduanya dapat digunakan sebagai senjata nuklir.
    isunya banyak terdapat di papua dan china sudah mengincarnya.

    •  

      Tehnis nya gimana tuh bung? Perlu Bikin mesin khusus atau langsung bisa jadi minyak yg dipakai ke mesin biasa?

    •  

      Katanya indonesia memiliki cadangan 70.000 ton uranium, dan Indonesia juga memiliki 210.000-280.000 ton thorium.
      Tapi Thorium membutuhkan uranium agar dapat menjadi sumber energi juga bung Jadi mau tidak mau pengembangan thorium harus lebih dulu dimulai dengan pengembangan uranium juga… Entah situ liat kabar darimana tapi kalau soal Thorium Cina di katakan termasuk memiliki cadangan banyak yg melimpah bung walaupun tidak sebanyak india yg dibilang terbanyak… Lebih murah, lebih efisien, dan lebih aman dari uranium dan menghasilkan lebih sedikit limbah nuklir daripada teknologi berbasis uranium itulah sebabnya sekarang ini jadi banyak negara Yg ingin memanfaatkan Throrium sebagai sumber energi Termasuk Cina dan indihe pun juga… Bahkan sebenarnya asu dari dulu sudah mencoba mengembangkan thorium sebagai sumber energi dan sudah menghabiskan miliaran dollar tapi sampai sekarang masih kesulitan dng upaya tersebut karena pengembangan thorium lebih sulit dari uranium… Lah, Kalau asu yg di bilang jagonya teknologi masih belum bisa jng terlalu banyak berharap Thorium bisa dipake buat bahan bakar Kapal TNI dulu deh xixixi… Dan satu lagi soal Thorium itu katanya juga bisa dipakai kok bung buat bikin senjata Nuklir tapi membutuhkan proses yg lebih susah dari uranium jadi Sm aja bohong tuh Thorium mending sekalian aja pake Uranium wkkkkk…

      •  

        @FNC Fox two jangan terlalu membesar besarkan kemampuan bangsa yang tidak punya berkah dan mengecil ngecilkan kemampuan bangsa sendiri yang sejatinya mempunyai potensi keberkahan illahi.

        Coba lihat bagaimana kemampuan pengayaan uranium oleh bangsa indonesia … hanya dengan menggunakan teknologi tingkat rendah dan lebih sederhana kita mampu memperkaya uranium sampai tingak cukup tinggi…..sedangkan USA hanya bisa melakukannya dengan menggunakan teknologi pengayaan uranium tingkat tinggi yang boros energi dan berbiaya tinggi serta sangat berbahaya. Mereka tidak mampu melakukan penemuan canggih tersebut. padahal mereka lebih dulu menemukan dan menguasai teknologi pengayaan uranium.

        Dengan berbekal pengetahuan yang sama atau oleh penemu yang sama siapa tahu indonesia mampu melakukan terobosan terobosan penemuan dibidang thorium jauh melampui apa yang dilakukan oleh USA dan negara 2 barat yang tak mempunyai berkah.

        •  

          malah efek dunning kruger

          (hanya dengan menggunakan teknologi tingkat rendah dan lebih sederhana kita mampu memperkaya uranium sampai tingak cukup tinggi…..sedangkan USA hanya bisa melakukannya dengan menggunakan teknologi pengayaan uranium tingkat tinggi yang boros energi dan berbiaya tinggi serta sangat berbahaya. Mereka tidak mampu melakukan penemuan canggih tersebut. padahal mereka lebih dulu menemukan dan menguasai teknologi pengayaan uranium)

          ada penjelasan yg lebih lanjut g nih?

        •  

          Orang yang cacat mental nya yang mengagung agung kan bangsa lain ketimbang bangsa nya sendiri dan lebih mencintai bangsa lain ketimbang bangsa nya sendiri…
          Tapi orang buta tuli dan bodo yang tidak bisa melihat kebenaran dan kenyataan pada negri nya sendiri baik itu kekurangan maupun kelebihan nya….
          Orang bijak lah yang pada akhir nya yang mampu melihat kekurangan dengan lapang dada dan melihat kelebihan dengan redah hati…!!!

        •  

          Hahaha… Oke2…. Jadi… Bagian mana bung yg membuat anda berpikir dan membuat ceramah kalau sy terlalu memuja bangsa lain dan mengecil ngecilkan kan kemampuan bangsa sendiri?? Apa karena sy bilang Jng terlalu berharap wkkkk… Anda ini lucu yah apa blom lernah ngerasain di php yah xixixi… Reply anda yg di quote sm bung anu juga bikin ane penasaran bung tolong di jelaskan dong… Ente ini Ngemeng apa Sih Fantasy?? Kalau berfantasy yah jng nanggung2 lah mustinya sekalian ente bilang begini….

          hanya dengan menggunakan teknologi tingkat rendah jangankan nuklir kita suatu saat nanti akan mampu membuat mobile suit berbasis tenaga uranium yg mampu terbang dan mendarat di bulan Contohlah keinginan tinggi Gundam Fansboy di atas ane wkkkk… Realitanya jng kan thorium lah Uranium aja indonesia blom jadi pakarnya bung… Dan jng bw2 tuhan bung kalau untuk fantasy anda apalagi kalau tidak ada di al quran dan hadist karena jika nanti fantasy itu tidak terwujud nanti malah ada orang yg menyalahkan tuhan gara2 anda jadinya ente sendiri yg dosa… Kalau tuhan berkehendak tinggal kun fayakun jadi deh… tapi kalau manusia butuh waktu, komitmen, doa dan upaya keras untuk menggapai keinginan… Balik lagi ke topik tentu sj sy pun mengharapkan indonesia suatu saat bisa memanfaatkan energy berbasis thorium tapi bahkan negara yg lebih maju dari indonesia Butuh waktu untuk pengembangan thorium. Jadi yah prioritaskan uranium, baru setelah itu thorium… Kalau ada jln Lebih mudah kenapa harus mengambil jalan berputar yg rumit begitu intinya bung.

          Dan buat bung aming apakah kamsudnya sy gitu yg cacat mental mengagungkan bangsa lain… Bangsa lain kamsudnya Asu?? Selama ini keknya Ane ga pernah ngerasa ikut kelompok pemuja asu seperti agato and the gank deh, tapi yah terserah penafsiran ente lah… Diskusi itu bukan untuk merendahkan orang lain bukan begitu bung aming :p Btw ga bosen bung di troll mu sm huha xixixi…

          •  

            Laa emang gue nyebut name loe…apa loe ngerasa kali yaa…wkwkwk…
            Wah loe pake bawa firman hadist segala…tapi apa nyampe kesana akal loe untuk mengerti harus mengkaji nya dan itu perlu ilmu dan akan yang cukup…loh ….jadi nanti engak loe bilang mikir nya kejauhan lagi…karna engak masuk diakal loe…xaxaxa….
            Jadi loe fiqir semua akal dan ilmu standar punyak loe…jadi dak ada yang lebih…dah ah…gue tu ngak doyan debat kayak si aming tau…xaxaxa

          •  

            Akal kamsud nya…xaxax…
            Loe masih kepikiran sama si aming dengan gundam nya…yaa…xaxaxa…jadi bisa ditebak loe tipe cowok yang payah move on…xaxaxa orang dah sape bulan laa loe masih terjebak dengan masa lalu…xazaxaxa…entah si aming masih inget engak..dengan gundam nya…?!?!?!

          •  

            Wkkkkk… ini sapa lagi Ketauan klonengannya banyak nih orang, keknya cocok emang ente di jodohin sm huha bung sm klonengannya banyak xixixi… Lah baru sebut gundam dah nepsong?? Kok tuh si huha yg tiap saat sebut pria rahasia situ anteng2 aja?? cie..cie..cie jng2 pria rahasianya si huha lagi wkkkkk… Ga doyan debat model si aming yah?? Sm bung apalagi sy emang tuh orang cocoknya sm si huha aja deh xixixi…

          •  

            Tapi mmng betul, aming lee msh merahasiakan pria trsebut, mungkin msh dirahasiakannya atut istri sipria & keluarganya kallee, tapi mungkin juga lg menunggu keluarga & istri istri sipria tdk ada lg kalleee
            πŸ˜† πŸ˜†

          •  

            Bung @Huha, apakah sudah dikonfirmasi dengan @LambeTurah mengenai informasi tersebut? Hehehe

          •  

            Haha… Hebat koment maut loh sampe sekarang masih efektif Buat membungkam tuh orang lucu juga xixixi…kaboer ahh ngeri di injek sm gundam ane wkkkk…

          •  

            Memanf betul aming lee msh merahasiakn pria tersebut, mungkin msh dirahasiaknnya atut istri sipria & keluarganya, atau mungkin juga lg menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg kallee, krna bisa jd tdk diakui mrk
            πŸ˜† πŸ˜†

          •  

            Dia kira gue buah buahan,main keroyokan lagi…dasar Campreeeet…xaxaxa…!!!

            Kalo manusia lebih condong berfikir sempit,melihat ssesuatu dari nafsu nya…dan lebih mengecil kan logika…diangap semua apa yang dia fikir benar dan orang lain salah…seolah dunia hanya ada dua pilihan semata…kiri atau kanan…benar atau salah…timur atau barat…tapi yang lucu nya mereka tidak punya imajinasi lain kecuali shahwat…!!!
            ❗

  5.  

    Ada yg sedikit aneh, tahun anggaran 2018 koq baru dilaksanakan sekarang untuk pengumpulan datanya πŸ˜€

 Leave a Reply