Dec 192018
 

SPH PzH2000 upgrade eks militer Jerman telah dikirimkan ke Lithuania © V. Zalatoriute

JakartaGreater.com – Pada tanggal 14 Desember 2018 silam, Jenderal Romualdas Giedraitis memimpin upacara penerimaan dua howitzer swagerak (SPH) PzH2000 (Panzerhaubitze 2000) pertama yang diperoleh dari tentara Jerman, seperti dilansir dari Army Recognition.

“Dalam konflik militer modern, seperti yang bisa kita lihat dari tindakan militer di Ukraina dan tempat-tempat panas lainnya, artileri yang efektif adalah sebagai salah satu sarana pertahanan yang paling penting, pada saat yang sama, itu pilar pencegahan”, kata Gediminas Jeglinskas, Wakil Menteri Pertahanan Lithuania.

SPH berat lapis baja PzH2000 yang sepenuhnya ditingkatkan ini akan tidak diragukan lagi memperkuat kemampuan pertahanan dari Angkatan Bersenjata Lituania sebagaimana hari ini menetapkan standar tertinggi dibidang artileri tak langsung, lanjutnya.

SPH PzH2000 yang ditransfer ke Batalyon Artileri Lithuania diperoleh dari Angkatan Darat Jerman di bawah perjanjian yang ditandatangani pada September 2015. Sebanyak 18 unit SPH upgrade akan ditugaskan untuk misi tempur.

“Ini adalah hadiah Natal terbaik untuk Batalion Artileri. Karunia ini akan lebih memotivasi para prajurit Batalyon untuk mencari kesiapan senjata tertinggi di Angkatan Bersenjata Lituania. Para prajurit harus mencapai tujuan mereka, menunjukkan hasil terbaik, serta menurus senjata baru, “Letnan Kolonel Marijus Jonelis, komandan Batalion Artileri R. Giedraitis.

Tentara Lithuania akan memulai latihan dengan SPH ini segera, dan penembakan pertama dijadwalkan berlangsung pada musim semi 2019 dalam latihan Ugninis griausmas. Sampai hari ini, artileri terkuat batalyon adalah meriam 105 mm. PzH2000 dapat menghancurkan target yang berjarak 11 kilometer. Dengan amunisi swagerak jangkauannya bisa ditingkatkan hingga 40 kilometer.

Delegasi Jerman telah melatih tentara Lithuania yang akan melakukan tugas pemeliharaan dan servis peralatan tersebut, serta pasukan yang menggunakannya, plus operator. Tentara Lituania berpartisipasi dalam berbagai kursus dan pertemuan dengan para spesialis Jerman yang mempresentasikan pengalaman mereka di Lithuania dan di Sekolah Artileri Jerman.