Feb 212019
 

Jet F-21 Lockheed Martin. (lockheedmartin.com)


Lockheed Martin menawari India dengan jet tempur F-21 baru pada hari Rabu untuk dibuat secara lokal, dalam upaya untuk memenangkan pesanan militer senilai lebih dari $ 15 miliar.

Perusahaan pertahanan Amerika Serikat sebelumnya telah menawarkan pesawat tempur F-16 yang digunakan oleh negara-negara di seluruh dunia dalam kompetisi angkatan udara India yang berkelanjutan untuk membuat 114 pesawat yang akan dibuat di India.


Tetapi Lockheed, yang mengungkap rencana itu di sebuah pertunjukan udara di kota Bengaluru selatan, mengatakan pihaknya menawarkan kepada India sebuah pesawat baru yang dikonfigurasi untuk kebutuhannya.

“F-21 berbeda, luar dan dalam,” kata Wakil Presiden Strategi dan Pengembangan Bisnis Lockheed Martin Aeronautics, Vivek Lall, dalam sebuah pernyataan.

Lockheed akan membangun pesawat bekerja sama dengan Tata Advanced Systems.

Lockheed bersaing dengan Boeing F / A-18, Saab’s Gripen, Daleault Aviation’s Rafale, Eurofighter Typhoon dan pesawat Rusia untuk pesanan angkatan udara.

Sumber: Reuters

 Posted by on Februari 21, 2019

  7 Responses to “Lockheed Luncurkan Jet Tempur F-21 Dikonfigurasi untuk India”

  1.  

    kayak gedung theater film sj 21.

  2.  

    Tak ada yang spesial
    Sama kayak f 16 viper ataupun super viper yang pernah di tawarkan ke india dulu
    Beda nama saja ternyata

  3.  

    cuman ganti kulit, bentuknya masih sama dengan abangngya F16, india kog ngak habis hais ya duitnya, dri rusia, eropa, ameriki semuanya di embat, beda sm china dengan percaya diri dan yakin mengembangkan pesawatnya…

  4.  

    Klo Rusia bilang sih itu kemampuannya seperti F-16 dan F-5 (F 16+5 = F-21)

  5.  

    F-16 sudah dalam kondisi anti klimaks… sudah menjelang akir produksi, bahkan LM sendiri jelas lebih memilih berfokus kepada F-35… makanya mereka terus dengan gencar bersedia memindahkan lini produksi ke India, karena di USA jelas F-16 sudah bukan pilihan utama dan hanya mengandalkan pangsa eksport….
    Tetapi transfer beberapa teknologi inti yang sulit didapatkan India akan mempersulit niat USA, USA paling pelit dalam transfer teknologi sensitif sehingga yang ditawarkan hanya produksi di India tetapi tetap teknologinya masih dimiliki USA… sesuatu yang suatu saat nanti akan mempersulit India ketika mereka memiliki ketergantungan dengan USA untuk beberapa masalah krusial, ujung2nya mereka tetap saja hanya menjadi user daripada sebagai produsen…
    Pemindahan lini produksi sehingga memperingan beban USA dalam menjaga masa hidup F-21/F-16 jelas sangat ekonomis dan menarik bagi USA belum lagi India pasti akan mencari pangsa pasar sehingga semakin menguntungkan USA… tetapi perlu diingat kalau ijin untuk banyak hal tentang penjualan teknologi militer USA itu sangat rumit, seperti gagalnya penjualan F-16 Israel ke Kroasia