Lockheed Martin Rancang Pesawat Hipersonik SR-72

17
122
ilustrasi: Lockheed SR-71 Blackbird (USAF / Judson Brohmer)

CEO Lockheed Martin Corp, Marillyn Hewson mengatakan bahwa perusahaannya berada di ambang terobosan teknologi yang akan memungkinkan terciptanya pesawat hipersonik SR-72. Secara konseptual, pesawat itu dapat mencapai enam kali kecepatan suara, atau Mach 6. Pesawat yang berukuran seperti pesawat tempur siluman F-22 itu membutuhkan dana sekitar 1 miliar dolar Amerika Serikat.

Lockheed Martin menjadi satu perusahaan “konfigurasi aerodinamis” yang mampu menciptakan pesawat mata-mata Blackbird SR-71 untuk terbang dengan kecepatan Mach 6. Pesawat tersebut memberikan keuntungan besar bagi militer Amerika Serikat karena memungkinkan untuk mencapai target sebelum musuh bisa bereaksi.

Orlando Carvalho, kepala divisi aeronautika Lockheed, mengatakan bahwa saat ini pemerintah Amerika Serikat berencana untuk memproduksi dan menyebarkan senjata hipersonik sebelum mengembangkan pesawat hipersonik. Ia menambahkan bahwa Amerika Serikat akan bisa membuat senjata hipersonik pada tahun 2020, tetapi pesawat hipersonik seperti SR-72 akan diproduksi pada tahun 2030.

Carvalho juga mengatakan bahwa Lockheed telah bekerja sama dengan produsen roket Aerojet Rocketdyne untuk membangun mesin pesawat hipersonik.

Lockheed mengumumkan rencana membangun pesawat hipersonik SR-72 pada tahun 2013. Pesawat itu akan terbang dua kali lebih cepat SR-71 Blackbird.

ibtimes

17 KOMENTAR

  1. Indonesia seharusnya melakukan riset secara sungguh utk membuat senjata LASER, kemudian dijadikan senjata serang dan pertahanan. Biarkan ASU meriset pesawat berkecepatan 6 mach atau bhkn mungkin 10 mach, klu bisa.

    Itu semua, nantinya akan sia-sia, sbb bs disergap dgn mudah oleh psu laser gun. Jgnkan menyergap menguberpun bs dilakukannya dgn mudah. Benda apa sih yg mampu meladeni kecepatan sinar, yaitu 300000 km / detik?

  2. nyontek pola nya rusia yg ngembangin pespur terdahulu biar lebih murah risetnya, btw pespur dgn kecepatan segitu mau buat track2an apa buat ngelawan alien, kayaknya yg bisa jatuhin ni pesawat cuma Jamming EMP, sayang ni tehnology kayaknya blm ada