Sep 182016
 

Lockheed Martin meluncurkan versi bersenjata dari helikopter Sikorsky UH-60 Black Hawk dalam ajang MSPO 2016 di Kielce. Konfigurasi ini dirancang untuk dukungan tempur pasukan darat (anti-armor, dukungan udara dekat, dukungan kekuatan, pengawalan), dengan varian lainnya juga tersedia untuk evakuasi medis dan transportasi. Perwakilan dari PZL-Mielec, anak perusahaan Sikorsky, mengatakan bahwa versi bersenjata sudah tersedia untuk pelanggan selama MSPO 2016 dan sekarang sedang diuji di Amerika Serikat.

lockheed-martin-tampilkan-helikopter-black-hawk-terbaru-di-mspo-2016-2
Pada saat yang sama Black Hawk “tempur” yang ditawarkan kepada Angkatan Darat Polandia sebagai tambahan untuk helikopter serbu (serangan) baru dan helikopter transportasi kelas menengah baru yang sekarang sedang dibeli oleh Warsaw. Perlu diingatkan sebelumnya bahwa Black Hawk bersenjata telah disampaikan kepada khalayak Polandia selama latihan multinasional ANAKONDA 2016 dan oleh PZL Mielec saat konferensi pers. Namun, ini adalah debut resmi di MSPO.

lockheed-martin-tampilkan-helikopter-black-hawk-terbaru-di-mspo-2016-3
Dengan konfigurasi standar, satu unit Black Hawk bersenjata bisa membawa hingga 13 pasukan di papan tanpa sistem senjata canggih. Sebuah konfigurasi dengan sistem senjata canggih, dengan sampai 8 tentara di papan (ditambah dua penembak), termasuk dua M-134 7,62 mm six-barrel rotary machine guns di jendela penembak (8.000 putaran total), enam belas AGM-114R rudal anti-tank Hellfire (peluncur dapat memiliki dua atau empat rel, hingga empat peluncur), dua M261s, dan sampai 76 Hydra 70 roket mm (pod standar dapat menampung 7 atau 19 roket Hydra, hingga empat pods) .

lockheed-martin-tampilkan-helikopter-black-hawk-terbaru-di-mspo-2016-4
Setiap rudal Hellfire dapat digantikan oleh salah satu peluncur rudal DAGR 70 mm (empat per satu peluncur, integrasi diperlukan). Berat dari peluncur DAGR terisi penuh adalah 86,2 kg. Jangkauan rudal DAGR adalah minimal 6 km jika diluncurkan dari langit-langit pesawat atau 12 km jika diluncurkan dari ketinggian 6.000 meter. Antarmuka MIL-STD-1760 menyediakan fleksibilitas untuk membawa beberapa roket dipandu laser.

lockheed-martin-tampilkan-helikopter-black-hawk-terbaru-di-mspo-2016-5
Senjata opsional lainnya termasuk GAU-19 / A miniguns dan senapan mesin FN M3M 12,7×99 mm (integrasi diperlukan) dengan 600 putaran dalam pod standar (300 putaran opsional). Jarak efektif adalah 2.000 meter, sedangkan laju tembakkan adalah 950-1100 putaran per menit (rate is regulated). Dua GAU-10 memiliki 2.800 putaran total. Laju tembakkan 1.300 putaran per menit. Menurut pembuatnya, helikopter Black Hawk dengan dua senjata M134, delapan rudal Hellfire dan 38 roket 70mm Hydra, mampu terbang di ketinggian sekitar 6.000 m dan kecepatan maksimum 315 km/jam.

lockheed-martin-tampilkan-helikopter-black-hawk-terbaru-di-mspo-2016-6
Sistem senjata Black Hawk ini terintegrasi dengan sistem pengendalian tembakan yang disediakan oleh Elbit. Hal ini dilengkapi dengan MX-10D optoelectronic payload untuk pengawasan taktis dan akuisisi target.

lockheed-martin-tampilkan-helikopter-black-hawk-terbaru-di-mspo-2016-7
Ini merupakan pertama kalinya produsen mampu menawarkan sistem senjata penuh dari helikopter Black Hawk. Pemilik sebelumnya dari Sikorsky, UTC, tidak mampu melakukannya karena peraturan internal pada penjualan senjata. Sementara Lockheed Martin, pemilik Sikorsky saat ini, bebas dari kendala tersebut. Ini adalah keyakinan bahwa jika satu unit Black Hawk bersenjata dipilih oleh Polandia, beberapa sistem – termasuk rudal – akan digantikan oleh produk Polandia. Selama presentasi di Kielce, produsen mempresentasikan senapan mesin UKM-2000 7.62×51 mm dari Polandia ZM Tarnów sebagai potensi senjata kru-pelayanan.

Sumber: www.miltechmag.com

  28 Responses to “Lockheed Martin Tampilkan Helikopter Black Hawk Terbaru di MSPO 2016”

  1.  

    Top

  2.  

    ketemu meley lagi.

  3.  

    Klo ga salah dulu nama nya battelhawk.. Utk versi backhawk yg bersenjata..

  4.  

    mf oot:
    dari gelaran latihan wirra jaya ausindo 2016 lg lagi TNI AD kita yg diwakili Prajurit Yonif Mekanis 203/AK yg bertugas sbg pengamanan ibukota berhasil menunjukkan kebolehannya,dimana tni dlm latihan ini mewakilkan 5 prajurit dan dari Australia 5 prajurit!
    ranking ke 1-5 TNI,ranking 6-10 ausie…
    tetap pke ss2 Pindad senjata-senjata nya…. bravo!

  5.  

    Semoga di beli oleh TNI minimal 1 skuad mini untuk mendampingi Apache TNI AD

  6.  

    Lihat fotonya WoW…
    Jadi ingat dengan Sukhoi SU35 dengan full amo, hanya saja ini New BlackHawk dengan versi batle yang amonya segudang…
    Semoga saja TNI membeli New BlackHawk ini min 1 skuad mini untuk tendem Apache TNI AD (Y)

  7.  

    Bikinan SBY nih…

  8.  

    Indonesia jadi ga beli heli ini???

  9.  

    Sikorsky Black Hawk buatan USA.

    Badan gede berat apalagi versi terbaru ini ditambah tentengan kanan kiri jadi tambah berat.

    Jadi ingat film black hawk down (berdasar kisah nyata dihajarnya prajurit USA di Somalia oleh rakyat).

    2 unit black hawk ditembak jatuh oleh rpg.

    Versi terbaru ini pasti juga nggak lincah dalam menghindar dari serangan rpg.

    Dengan adanya optik dari Elbit yg terhubung dengan helmnya mungkin bisa lihat musuh terlebih dulu.

    Namun sayang senapan mesin ditaruh di dalam tabung di sayap di samping apache. Jika ditaruh di tabung nggak bisa bebas digerakkan. Mestinya ditaruh di bawah dekat dengan bola optiknya. Sehingga senapan mesin bisa ikuti gerak mata pilotnya.

    Apakah blackhawk bekas (bukan versi yg terbaru ini) yang didapat RI dari pembelian Apache akan juga dilengkapi dengan optoelectronik dari Elbit ini mengingat jumlah helm Elbit yang dibeli RI sebanyak 300 unit ?

    xixixixi…

    •  

      yg penting 300 helm aja sudah syukur. mungkin itu beli langsung di pabrik jd murah harganya akhirnya di borong sekalian nanti buka show room.
      karena sudah punya pengalaman pahit..ketika Angkatan Darat hendak membeli 5.000 teropong Trijicon dari Amerika Serikat guna melengkapi senapan serbu SS1 buatan Pindad. Rekanan mengajukan harga Trijicon Rp 30 juta per unit. akhirnya mengutus perwiranya langsung terbang ke pabriknya di Amerika Serikat. yg ternyata harga dari pabrik itu hanya Rp 9 juta per unit.

  10.  

    sebenarnya saya ingin meragukan jumlah helm elbit yang katanya 300 buah, mungkin saja ada salah ketik, mungkin maksudnya adalah cuma 30 buah saja

    hanya saja hal ini resmi diumumkan dalam nota DSCA USA selain itu nilai kontraknya yang $13,2 juta itu cocok untuk jumlah helm 300 biji, mengingat harga helm penerbang umumnya berkisar antara $28 ribu – $35 ribu

    benar-benar bingung pala berbie dengan jumlah Apache yang cuma 8 buah saja … sisa helm nya buat apa ?

  11.  

    Indonesia beli …. wajib digelar di Kalimantan dan Papua

  12.  

    Pass buat marinir kita, ayo pak menhan di bungkus….

  13.  

    Black hawk jaguhh kayak yg punya..hahaha..locked martin…cabang jonggol..

  14.  

    Setelah heli Apache, TNI berminat dengan BlackHawk…
    Heli Apache belinya hanya 8 unit, heli BlackHawk baru niatan saja…
    Helm yang di borong 30 unit ataupun 300 unit ($13.2 juta) hwo knows…???
    hhmmm…
    Kita borong heli atau helm ya?
    Mungkin ada yang bisa bantu untuk memberikan jawaban…

  15.  

    Borong 1000 unit

  16.  

    Battlehawk baru

  17.  

    Sedikit2 tot tp noh liat pemerintah kita mau tdk???

  18.  

    mau dong buat TNI….

 Leave a Reply