Mar 222017
 

Jet tempur siluman F-35 diatas kapal induk. (© Lockheed Martin)

WASHINGTON – Lockheed Martin tidak akan menuntut atas cara-cara yang dilakukan oleh Pentagon dalam menangani kontrak pembelian lot ke-9 Joint Strike Fighter F-35, menurut seorang pimpinan eksekutif saat dikonfirmasi oleh Defense News.

Orlando Carvalho, wakil presiden eksekutif divisi aeronautika perusahaan, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Lockheed Martin telah “move on” dari perselisihan atas produksi awal tingkat rendah (LRIP – Low-Rate Initial Production) pada Lot 9, di mana pemerintah telah memutuskan perjanjian kontrak secara sepihak.

Dilansir dari Sputnik News, Orlando Carvalho menyatakan bahwa “Kami telah menyelesaikan perbedaan-perbedaan dengan pemerintah atas LRIP 9 dan kami telah menerima LRIP 9, dan itu sudah berlalu. Kesepakatan ini sudah selesai”.

Pejabat perusahaan juga telah mengindikasikan bahwa mereka sedang melihat kemungkinan menempuh jalur hukum atas kontrak yang diberikan pada bulan November 2016 lalu, tapi tampaknya hal itu tidak lagi ada di meja.

Sementara itu Marillyn Hewson, CEO Lockheed Martin menanggapi kritik pedas yang disampaikan oleh Presiden Donald Trump tentang label harga dari F-35, ia menyebutnya sebagai “hal yang wajar”, namun ia tidak mengkonfirmasikan apakah penghentian tuntutan tersebut adalah karena adanya pemotongan harga yang dipengaruhi penurunan harga.

Carvalho juga menekankan bahwa perusahaan meyakini inisiatif Cetak-biru untuk Keterjangkauan, yang mencari cara untuk menurunkan biaya pembuatan pesawat, dan mengurangi harga, hingga pada tingkat produksi yang stabil di tahun-tahun mendatang, mungkin bisa melampaui target harga USD 85 juta untuk varian F-35A.

Bagikan Artikel:

  15 Responses to “Lockheed Martin Tidak Akan Menuntut Pentagon Atas Kontrak Pembelian F-35 Lot Ke-9”

  1. Ahhh

  2. pertamanu

  3. Biar kisruh mang gua pikirin

  4. Salah satu kelebihan F35 juga ada pada Radarnya yg memiliki LPI yg lebih kuat dari LPI Raptor.

    • material komposit airframenya juga mampu tolak bala deteksi manpads laser dan infrared homing
      benarkah demikian bung?

    • Maaf bung Jeff, kok jadi rancu dg komennya…

      Kalo radar LPI itu yang lebih hebat jika pancaran radarnya sangat kecil/lemah jd sukar dipantau/diintersep oleh RWR…nah kalo “radar yang lebih kuat” itu artinya powernya lebih gede jd lebih mudah diintersep oleh RWR…jadi bung jeff mau bilang yang mana?

      #xixixixi…mumpung bisa iseng

      • Loh kok kerasa deja vu ya?

        Singkatan dari LPI itu kan adalah Low Probability of intercept (LPI)

        Jd maksud saya F35 itu memiliki Low Probability of intercept Radar yg sangat kuat

        • Noh ternyata masuk.

          @markoni. Jd maksud saya bukannya F35 memiliki pancaran atau power radarnya yg gede. Tapi maksud saya F35 memiliki Low probability of intercept (LPI) radar yg sangat kuat, atau istilah lainnya adalah “Very Low probability of intercept radar”

  5. Mau nuntut gmna,wong pembeli terbesar produk LM adalah USA..

    • Dan pastinya semua aliran dana dan bahkan isi rekening semua pejabat LM ada ditangan Pentagon bung, jadi mereka ya gak bisa berkutik lagi 😆 hahaha

      tinggal pencet “tombol” langsung kena “kasus” deh mereka 😛

  6. Tes… kampret. Kok komen gk masuk sih? Sebel

  7. @Markoni.
    Singkatan dari LPI itu adalah Low probability of intercept
    Jd makaud saya F35 memiliki Low probability of intercept yg sangat kuat

 Leave a Reply