JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 202018
 

Joint Strike Missile (JSM) Kongsberg dengan F-35. © Konsgberg Defence Systems

JakartaGreater.com – Perusahaan dirgantara dan pertahanan Amerika, Lockheed Martin, telah mengusulkan untuk memproduksi jet tempur F-35 custom di India, yang menurut pejabatnya akan memberi kesempatan unik kepada industri India untuk menjadi bagian dari ekosistem pesawat tempur terbesar di dunia, seperti dilansir dari India Times.

“Kami berencana untuk memperkenalkan dua kata baru ke dalam leksikon manufaktur pesawat tempur internasional, yaitu India dan eksklusif“, kata Wakil Presiden Pengembangan Bisnis Strategis Lockheed Martin, Vivek Lall kepada PTI dalam sebuah wawancara.

Produksi pesawat tempur F-35 custom tercanggih di India akan eksklusif, sesuatu yang belum pernah dipresentasikan oleh produsen pesawat tempur lainnya, baik dulu atau sekarang. Juga akan ada pasar ekspor yang signifikan yang tersedia untuk pejuang buatan, katanya.

Lall, seorang India-Amerika yang pada tahun lalu berperan penting dalam keputusan administrasi Trump untuk menjual pesawat terbang tanpa awak (PTTA) buatan General Atomics, dalam kapasitas sebelumnya.

Memperhatikan bahwa jet tempur custom India yang ditawarkan dan ukuran, cakupan dan kesuksesan programnya akan memungkinkan industri India untuk memanfaatkan peluang produksi, modernisasi dan juga penyempurnaan yang belum pernah terjadi sebelumnya, platform tersebut akan memberi industri India kesempatan unik untuk menjadi bagian dari ekosistem pesawat tempur terbesar di dunia.

“Kami bermaksud menciptakan lebih dari satu jalur perakitan di India”, kata Lall.

Lall mengklaim tidak ada platform jet tempur generasi keempat yang canggih bahkan mendekati pencocokan pengalaman tempur di dunia nyata dan efektivitas operasional yang terbukti.

“Pejuang yang ditawarkan secara custom ke India secara unik adalah pejuang terbaik. F-35 adalah varian pesawat bermesin tunggal”, Lall melanjutkan.

Banyak sistem yang digunakan pada platform F-35 custom India berasal dari pelajaran penting dan teknologi yang dipelajari dari F-22, dan F-35 adalah satu-satunya pesawat tempur kelima yang beroperasi di dunia secara luas, katanya.

Radar AESA APG-83 buatan Northrop Grumman pada F-16 Block 70 akan memberikan kemampuan radar tempur generasi kelima dengan memanfaatkan kesamaan perangkat keras dan perangkat lunak dengan radar AESA pada F-22 dan F-35, tambahnya.

Radar APG-83 memiliki lebih dari 95 persen kesamaan perangkat lunak dengan radar F-35 dan memiliki lebih dari 70 persen kesamaan perangkat keras.

Lall mengatakan F-16 akan menyediakan jalur untuk hubungan bisnis dengan Lockheed Martin, satu-satunya perusahaan di dunia yang telah merancang, mengembangkan dan memproduksi pesawat tempur generasi kelima yang operasional.

“Radar AESA adalah hasil dari lebih dua dekade investasi, penggunaan serta pengalaman dengan teknologi AESA, dan ini sepenuhnya beroperasi sampai sekarang”, kata Lall menutupnya.

Berbagi

  36 Responses to “Lockheed Martin Usulkan F-35 Custom Dibangun di India”

  1.  

    Wah, mahluk apalagi ini???

  2.  

    F-35 Custom Jd Maksudx Rudal IWB boleh Pake Produk Lokal atau Rusia

  3.  

    Costum maksudnya apa ya?
    Downgrade kah?

  4.  

    ngk salah tuh mau di custom India..?? merka saja masih keteteran mengembangkan Tejas.. takutnya nih pesawat generasi 5 setelah di custom jadi generasi 3,5.. :v

  5.  

    Terkesan pesawat pasaran bukan pesawat ekslusif dan luxirius seperti F22. Biasanya klu bahasa sales pemasaran klu didengar terbuai dibuatkan! yg merasa berkecimpung didunia marketing lbh faham!he3

  6.  

    F-35 custom? mungkin f-35 nya dimodif biar bisa gotong rudal brahmos nya indihe kalii yahh xixixixi…

  7.  

    Setelah F-16V gagal menarik minat, sekarang berusaha menggunakan jurus F-35…Custom itu jelas karena ada teknologi inti yang tidak bersedia diberikan LM dalam kasus yang sama yaitu F-16V… jadi maksudnya custom mungkin India suruh nyari sendiri…

  8.  

    Elah LM pelit ilmu, mending fokus ke Su-57 dan FGFA aja

  9.  

    Setelah turki didapat Rusia. AS mencoba merayu India sepertinya ini sebagai pertukaran yg bagus untuk pasar alutsista

  10.  

    Setelah turki didapat Rusia. AS mencoba merayu India sepertinya ini sebagai pertukaran yg bagus untuk pasar alutsista dan politik

  11.  

    Pespur takut ama hujan dan petir kok diminati? Kalau mau beli yg dibeli rodanya aja ya

    Huehuehue

    😎

  12.  

    Xixixi… Ayo Dukung Loket menang di Indihe biar loket ngerasain kena jebakan tuan takur wkkkkkk….

 Leave a Reply