Sep 222018
 

Jet tempur F-16D Angkatan Udara AS lepas landas dari Pangkalan Udara Bulgaria © USAF Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Perusahaan Amerika Serikat dan salah satu produsen peralatan militer terbesar di dunia, Lockheed Martin memberikan presentasi tanggal 18 September di Serdica Boutique Hotel di Sofia dan menawarkan jet tempur F-16 Block 72 yang juga dikenal sebagai Viper, seperti dilansir dari laman situs berita online, Bulgarian Military.

Acara diselenggarakan oleh Klub Atlantik Bulgaria, pimpinannya adalah Dr. Solomon Passy dengan bantuan Kalinka Kovacheva, yang merupakan perwakilan Lockheed Martin untuk Bulgaria dan Makedonia.

Manajer senior Lockheed Martin, James Robins mengumumkan bahwa perusahaannya siap menawarkan sistem, simulator dan layanan hingga akhir siklus hidup mereka ke Pemerintah Bulgaria.

“Kami ingatkan bahwa jet tempur F-16 Block 72 yang dimaksud adalah pesawat generasi keempat dengan sistem radar dan informasi yang telah dimodernisasi serta beroperasi secara real time, terintegrasi dengan sftware Auto-GCAS, juga dengan jangkauan operasi yang besar dan persenjataan presisi seperti teknologi yang digunakan pada jet tempur generasi kelima, F-22 dan F-35, menjadikan jet tempur F-16 Blok 72 menjadi pesawat tempur generasi 4+”, katanya.

Memang, pada saat ini, F-16 Blok 72 belum diproduksi, namun Pemerintah AS telah berhasil menandatangani banyak kontrak penjualan termasuk 16 unis pesanan Pemerintah Bahrain.

Sementara itu, ketika seorang wartawan bertanya kepada Randy Howard, Direktur Program Pengembangan F-16 dan F-22 di Lockheed Martin tentang spekulasi bahwa Bulgaria tidak memiliki anggaran untuk membeli 8 unit F-16 Blok 72, ia menjawab bahwa “Diskusi tentang anggaran akan berlangsung antar pemerintah”.

Berdasarkan perhitungan Matematika, kesepakatan pengadaan F-16 Blok 72 antara AS dan Bahrain menunjukkan bahwa Pemerintah Bahrain akan membayar US $ 145,5 juta per unit. Harga tersebut tentunya akan sangan memberatkan bagi Pemerintah Bulgaria.

“Secara realistis Bulgaria tidak akan dapat memproduksi komponen untuk jet tempur Bulgaria, namun kami mencari cara untuk bekerja bersama dan akan menawarkannya. Kami melakukan ini di seluruh dunia”, kata Randy Howard.

Perusahaan asal AS tersebut telah menginvestasikan sumber daya keuangan yang signifikan dalam membangun pabrik baru untuk produksi F-16 generasi baru yang dipermasalahkan di Carolina Selatan, AS.

Pemerintah Bulgaria sebelumnya telah mengajukan permintaan penawaran jet tempur baru kepada 7 negara, yaitu:

  • Dari Amerika Serikat adalah jet tempur F-16 Block 60 atau Block 70 dan F/A-18E/F Super Hornet, serta upgrade armada F-16 Bulgaria dengan versi yang sepadan
  • Dari Portugal adalah jet tempur F-16 MLU OFP ?6 (Transfer Pihak Ketiga)
  • Dari Israel adalah upgrade jet tempur F-16 C/D ke versi OFP ?6 (Transfer Pihak Ketiga)
  • Dari Italia adalah jet tempur Eurofighter Tranche 1 bekas
  • Dari Jerman adalah jet tempur Eurofighter Tranche 3 baru
  • Dari Prancis adalah jet tempur Dassault Rafale baru/bekas
  • Dari Swedia adalah jet tempur Gripen C/D sesuai standar NATO

Sesuai dengan keanggotaan Bulgaria di NATO, jet tempur Angkatan Udara Bulgaria haruslah kompatibel dan diadaptasi untuk beroperasi dengan angkatan udara dari aliansi, untuk itu Bulgaria telah menyiapkan Kerangka Acuan untuk pembelian pesawat tempur baru.

  6 Responses to “Lockheed Tawarkan F-16 Viper Kepada Bulgaria”

  1.  

    Dunia semakin dekat dengan PD3, produsen alutsista lagi sibuk mencari keuntungan. Sepengetahuan saya biaya obat2an, kesehatan, jaminan sosial, kehancuran harta benda itu lebih besar dibanding harga alutsista. Petunjuk pewayangan, selesaikan permasalahan dunia dengan perang tanding dengan persenjataan yang dibatasi besarnya / kekuatannya. Itu semua untuk mengurangi besarnya kehancuran apabila terjadi perang yang tak terkendali.

  2.  

    Baiknya bulagaria sebagai bekas anggota pakta warsawa melirik mig 35 russia saja
    😀 😆

  3.  

    F-16V – The Multi Role Jet Fighter

    https://www.youtube.com/watch?v=z3XY6nC-KP8

  4.  

    kita mencairkan uang Revolusi nya kapan nih

 Leave a Reply