Lockheed Turunkan Harga F-35 untuk Saingi F-15X

F-15X (foto:Breaking Defence)

Lockheed Martin memberikan penawaran harga terbaru pada pesawat tempur F-35 yang mengalami penurunan cukup signifikan untuk menyaingi perusahaan Boeing yang kembali meluncurkan pesawat tempur terbaru F-15X.

Lockheed Martin menawarkan varian dasar F-35 generasi kelima seharga US$ 80 juta dalam negosiasi dengan Pentagon, sebagaimana dilaporkan DefenseOne. Itu berarti F-35 mengalami penurunan harga 11% dari harga US$ 90 juta pada September tahun lalu ketika tahap terakhir saat F-35 dipesan.

F-35 telah mengalami berbagai kendala mulai dari penundaan pengembangan yang panjang dan pembengkakan biaya, tetapi pesawat F-35 sekarang mulai operasional dan terus menjadi bagian penting dari arsenal persenjataan AS.

Pentagon diperkirakan akan menyelesaikan pesanan berikutnya untuk F-35 pada musim panas ini. Analis mengharapkan setiap batch lebih murah daripada yang terakhir, tetapi jumlah pengurangan terbaru ini mungkin mengejutkan.

Lockheed Martin telah berada di bawah tekanan konstan untuk menurunkan biaya F-35, tetapi tekanan semakin meningkat sejak Pentagon berbalik arah dan memutuskan untuk membeli Boeing F-15 baru untuk pertama kalinya dalam dua dekade. F-15EX yang dimodernisasi secara signifikan ditingkatkan daripada varian F-15 yang asli, dengan serangkaian elektronik canggih, tetapi masih merupakan teknologi generasi terakhir yang hingga saat ini tidak begitu menarik bagi pejabat pengadaan militer.

Keputusan untuk membeli F-15, menurut ringkasan akuisisi Pentagon, “mencerminkan strategi Departemen untuk melapisi kemampuan untuk mengatasi berbagai situasi ancaman.” Pemerintah membeli F-35 “untuk mengatasi pesawat teknologi canggih yang dikerahkan oleh Rusia dan China,” kata laporan itu. Tetapi untuk mengalahkan platform pesawat tempur teknologi rendah, Pentagon ingin menggunakan desain lama “yang secara nominal memiliki biaya operasi lebih rendah bila dibandingkan dengan jet tempur generasi ke-5” seperti F-35.

Biaya adalah kuncinya. Keputusan F-15 jatuh ke tangan Pentagon yang ingin memeras sebanyak mungkin pendanaan mliter yang terbatas, dan pada saat militer memiliki daftar harapan yang panjang untuk peralatan baru..

Dengan harga US$ 80 juta per unit, F-35 memiliki harga yang sama dengan F-15. Pidato penjualan Lockheed kepada pemerintah adalah bahwa tidak ada alasan logis untuk membeli teknologi generasi terakhir ketika Anda bisa mendapatkan yang terdepan dengan harga yang sama.

Finance

Tinggalkan komentar