Feb 022018
 

Rudal mini yang dikenal sebagai Miniature Hit-to-Kill (MHTK). © Lockheed Martin

JakartaGreater.com – Rudal berukuran mini yang disebut Miniature Hit-to-Kill (MHTK) buatan Lockheed Martin, AS telah berhasil melakukan uji peluncuran terkendali untuk menunjukkan peningkatan ketangkasan interceptor serta memvalidasi kinerja airframe dan perangkat elektronikanya, seperti dilansir dari laman PR Newswire.

Pengujian yang dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Januari berlangsung di White Sands Missile Range, New Mexico adalah yang pertama setelah airframe dan juga komponen elektronika MHTK tersebut diperbarui.

Rudal mini MHTK ini memiliki dua konfigurasi berbeda, yang pertama memakai seeker aktif dan yang kedua dengan seeker semi aktif. Rudal mini MHTK memiliki kapabilitas untuk menghancurkan sasaran berupa roket, artileri dan mortir (RAM) dengan tingkat akurasi, keandalan dan jangkauan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem yang ada saat ini.

Uji coba rudal Miniature Hit-to-Kill (MHTK) di White Sands Missile Range, New Mexico, 26 januari 2018. © Lockheed Martin

Pengujian yang didanai oleh Lockheed Martin tersebut memajukan tingkat kematangan teknis dari program dan membangun kepercayaan pada kemampuan interceptor untuk mengalahkan ancaman saat ini dan yang terus berkembang.

“Angkatan Bersenjata AS dan pelanggan internasional telah memperjelas bahwa lingkungan keamanan global saat ini menuntut solusi jarak dekat yang melindungi para pejuang perang dan warga dari roket, artileri dan mortir musuh. Desain pencegat MHTK memungkinkan solusi yang sangat efektif dalam paket yang sangat kompak”, kata Tim Cahill, wakil presiden Integrated Air and Missile Defense di Lockheed Martin Missiles and Fire Control.

Cahill menambahkan bahwa tes ini sangat menggairahkan karena merupakan tonggak sukses lain yang menunjukkan kemampuan revolusioner pencegat roket, artileri serta mortir.

Spesifikasi umum rudal Miniature Hit-to-Kill (MHTK). © Lockheed Martin

Lebih pendek dari tolok ukur, MHTK mempertahankan jangkauan dan mematikan yang dibutuhkan dari solusi counter-RAM. MHTK memanfaatkan teknologi hit-to-kill, untuk menghancurkan ancaman melalui aplikasi energi kinetik yang sangat akurat. Teknologi Hit-to-Kill menghilangkan ancaman yang masuk sambil mengurangi risiko kerusakan yang terlihat pada pencegat fragmentasi ledakan tradisional.