Jul 192019
 

ilustrasi: Mk 53 (Casing Only) – 9 Megaton Nuclear Weapon (@Clemens Vasters from Viersen, Germany)

Jakartagreater.com – Situs-situs Eropa di mana senjata nuklir Amerika disimpan telah secara tidak sengaja terungkap dalam dokumen yang diterbitkan badan terkait-NATO, menurut laporan media Belgia.

Dokumen yang ditulis oleh untuk Komite Pertahanan dan Keamanan Majelis Parlemen NATO membuat referensi tentang sekitar 150 senjata nuklir AS yang disimpan di Eropa, dirilis telegraph.co.uk, 16/7/2019.

“Bom-bom ini disimpan di enam pangkalan AS dan Eropa – Kleine Brogel di Belgia, Büchel di Jerman, Aviano dan Ghedi-Torre di Italia, Volkel di Belanda, dan Incirlik di Turki,” satu baris berbunyi, menurut surat kabar Belgia De Morgen.

Referensi tersebut dilaporkan terkandung dalam versi asli dokumen yang diterbitkan pada bulan April tetapi sejak itu telah dihapus dalam versi final yang keluar minggu lalu.

Dokumen yang berjudul “Era baru untuk pencegahan nuklir? Modernisasi, kontrol senjata dan pasukan nuklir sekutu, ”ditulis oleh seorang senator Kanada.

Seorang pejabat NATO mengatakan kepada The Washington Post bahwa dokumen itu bukan dari NATO sendiri – dokumen itu diterbitkan oleh majelis parlemen kelompok itu dan menambahkan: “Kami tidak mengomentari perincian postur nuklir NATO.”

Kehadiran senjata nuklir AS di Eropa bertindak sebagai pencegah bagi Uni Soviet selama Perang Dingin dan juga berarti negara-negara Eropa tidak perlu mengembangkan versi mereka sendiri.

Namun selama bertahun-tahun lokasi yang tepat dari senjata telah menjadi rahasia – meskipun para ahli mengatakan kehadiran mereka dikenal luas di masyarakat internasional.

Kecerobohan munculnya dokumen itu diambil oleh pers Eropa. Penyiar Belanda RTL News memuat artikel berjudul: “NATO mengungkapkan rahasia terburuk Belanda.”

Pelaporan dari De Morgen berbunyi, “Akhirnya hitam dan putih: Ada senjata nuklir Amerika di Belgia.”

  3 Responses to “Lokasi Senjata Nuklir AS di Eropa, Secara Tidak Sengaja Terungkap”

  1.  

    ISRAEL ko tidak disebutkan…Israel mempunyai Rudal Hulu Ledak NUKLIR 300 lebih….

  2.  

    ISRAEL Udah pindah ke Eropa ?

  3.  

    depot Nuklir nya akan di hajar Rudal Hizbullah …di mana entitasYahudi israeL akan musnah.