Mar 282018
 

Surabaya, Jakartagreater.com – Pangarmatim Laksamana Muda TNI Didik Setiyono membuka perlombaan menembak antar unsur KRI yang berada di pangkalan dalam rangka menguji dan mengukur tingkat keberhasilan pembinaan latihan prajurit, pada Rabu 28 Maret 2018 bertempat di lapangan tembak Ambalat Mako Koarmatim, Ujung, Surabaya.

Perlombaan menembak yang berlangsung mulai tanggal 28 sampai 29 Maret 2018 kali ini menggunakan diantaranya, senjata laras panjang yaitu jenis AK kaliber 7,62 dan SS 1 kaliber 5,56 dengan jarak 100 Meter. Sedangkan senjata laras pendek menggunakan Pistol STI kaliber 9 mm, Sig Sauer Kaliber 9 mm dan Tanfoglio 9 mm dengan jarak 25 Meter.

Adapun peserta lomba menembak Koarmatim diikuti oleh Satuan Kapal Eskorta (Satkor), Satuan Kapal Selam (Satsel), Satuan Kapal Bantu (Satban), Satuan Kapal Cepat (Satkat), Satuan Kapal Ranjau (Satran) dan Satuan Kapal Amphibi (Satfib).

Pangarmatim dalam pembukaan tersebut menyampaikan bahwa, “Menembak merupakan salah satu kemampuan dasar tempur yang harus selalu dilatih oleh prajurit, karena salah satu ciri khas sebagai seorang militer adalah kemampuannya dalam menggunakan senjata, berkaitan dengan itu, guna mendukung terwujudnya prajurit TNI AL yang Profesional”, jelas Laksda TNI Didik Setiyono.

Maka Koarmatim melalui Detasemen Markas Komando Koarmatim sebagai unsur pelaksana yang salah satu tugas pokoknya adalah melaksanakan pembinaan latihan menembak laras panjang secara rutin kepada prajurit Koarmatim, menggelar lomba menembak laras panjang antar KRI di pangkalan Surabaya.

Menurut Pangarmatim lomba ini ditujukan untuk melatih prajurit Koarmatim agar memiliki disiplin dan naluri tempur yang tinggi, sekaligus sebagai ajang mencari bakat atlet-atlet petembak laras panjang Koarmatim, guna mempersiapkan kejuaraan menembak agar dapat mencapai prestasi maksimal baik pertandingan Intern ataupun Ekstren Koarmatim untuk menuju event Nasional maupun Internasional.

Kegiatan lomba menembak laras panjang yang dilaksanakan ini mengambil tema “Uji keterampilan menembak mampu tingkatkan disiplin, naluri dan semangat juang yang tinggi sebagai prajurit matra laut.”

Adapun sasaran dari perlombaan ini adalah selain sebagai ajang peningkatan profesionalisme juga agar senjata laras panjang yang dimiliki KRI dapat diuji fungsi dan penggunaanya untuk senantiasa siap dalam mendukung tugas pokok KRI.

Hadir dalam acara tersebut Kasarmatim Laksma TNI I.N.G Sudihartawan, S.Pi., M.M., Irarmatim Kolonel Laut (T) Amrein, para Asisten Pangarmatim, para Kasatker Koarmatim, para Komandan KRI yang berada di pangkalan dan para peserta lomba menembak. (Dispen Armatim).

 Leave a Reply