Lubang Hitam Kekuatan Militer Inggris

Ahli militer mengungkapkan ‘lubang hitam’ pada kekuatan militer Inggris akan membuatnya kesulitan menghadapi kebangkitan kekuatan Rusia saat ini.

Jenderal Sir Richard Barrons, mantan komandan Komando Pasukan Gabungan menyatakan, lubang hitam tersebut diantaranya pada kekuatan kapal perang permukaan termodern Inggris, destroyer Type 45 dengan mesin yang sangat bising, yang bisa didengar oleh kapal selam Rusia dari jarak 185 km. Selain itu, kapal perusak Type 45 juga didera masalah mesin yang tidak bisa beroperasi dilautan yang hangat.

Laksamana Chris Parry, mantan direktur Kementerian Pertahanan Inggris menyatakan semenjak berakhirnya perang Dingin, Angkatan Laut Inggris mengabaikan kebisingan mesin kapal perangnya karena sudah berkurangnya ancaman dari Rusia, tetapi Rusia kini sudah memiliki kapal selam ‘pembunuh’ baru improverd Kilo yang sangat tenang. Kementerian Pertahanan pernah menegaskan, kemampuan siluman kapal prang bukan “kebutuhan utama” saat ini, yang menurut Chris Parry sangat mengkhawatirkan.

Foto : Crown copyright

Lubang hitam lainnya adalah pada kekuatan tank tempur ringan Ajax yang tidak bisa muat ke dalam pesawat angkut, menyebabkannya sulit dimobilisasi secara cepat ke daerah konflik.

Proyek tank ringan Ajax yang menghabiskan anggaran US$ 3.5 milyar terancam sia-sia, karena Ajax yang dirancang untuk menembus wilayah musuh dengan cepat akan kesulitan diangkut dengan pesawat transport karena terlalu besar.

Lubang hitam lainnya pada kegagalan dan kecerobohan pembelian drone senilai US$ 1.25 milyar yang hingga saat ini belum memasuki layanan militer Inggris meskipun sudah dipesan sejak 12 tahun lalu.

Tinggalkan komentar