Jun 132016
 

Jakarta – China terus memperkuat klaimnya di Laut China Selatan berdasarkan peta kuno 9-Dashed Line (9 garis putus), yang mana hampr 90 persen Laut China Selatan masuk ke dalam 9-Dashed Line. Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan memberikan penolakan atas klaim China tersebut.

Indonesia menurut Luhut, tidak mengakui adanya 9-dashed line. Luhut juga menyampaikan ingin adanya kebebasan bernavigasi di kawasan Laut Cina Selatan.

Nine Dashed Line China

Nine Dashed Line China

“Kita tidak akui 9 border line, kita tidak mau ada power projection di wilayah itu. Kita harus tetap ada freedom of navigation,” ujar Menko Polhukam di kantor Perindo, Jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Nine dash line meruoakan garis yang dibuat Pemerintah Tiongkok di Laut Cina Selatan sebagai wilayah tradisional fishing ground mereka. Garis tersebut meliputi wilayah Philipina, Malaysia, Brunei dan Indonesia. Pemerintah Indonesia sadar dan menolak klaim Tiongkok tersebut, karena adanya multi intrepretasi, overlaping wilayah yang diklaim oleh Tiongkok.

Wilayah Indonesia yang masuk dalam 9 dash line adalah Kepulauan Natuna khususnya Natuna Timur. hal yang menjadi dasar penolakan pemerintah Indonesia adalah adanya potensi cadangan gas bumi sebesar 222 Tcf dan gas yang bisa diproduksi sebesar 45 Tcf dengan lapangan utamanya di Natuna D Alpha.

Klaim Peta China Kuno

Klaim Peta China Kuno

Sebelumnya, Tiongkok memasukkan sebagian wilayah perairan laut Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, ke dalam peta wilayah mereka atau yang dikenal dengan Nine Dash line.

Tiongkok mengklaim wilayah perairan Natuna merupakan wilayah laut mereka. Klaim sepihak ini terkait sengketa Kepulauan Spratly dan Paracel antara China dan Filipina. Sengketa ini dapat berdampak besar terhadap keamanan laut Natuna.

Sumber : Detik.com

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  98 Responses to “Luhut : Indonesia Tolak Klaim 9 Dashed Line China”

  1. 1st

    • sejak kamboja ,laos,myanmar masuk ASEAN…..jadi terpecah nih asean,..keluarkan mereka…
      anak buah china…dan bosnya yah si RUSU lah…

      ha ha ha

      • keluarkan juga singapore, TAI.land, federasi malaya dari asean, itu anak buahnya negara yang suka bikin rusuh hampir semua negara diseluruh dunia. gmn???

      • kluarkan juga Tailand, malaya dan singapure, itu anak buah negara yang suka bikin rusuh di seluruh dunia

  2. Pertamax

  3. Semoga pemerintah tdk takut

  4. Edan makin ngelunjak aja, gak teritorial gak juga etnis keturunan di medan dah mulai terang terangan dibeking pulak dengan brimob. http://www.metro24.co/gara-gara-parkir-etnis-tionghoa-tampar-anggota-tni/ semakin mengkhawatirkan..

    • engak ada urusan sama cimed tong……mau coba 2 SARA NIH YEEE….cupu tong..

    • ya memang gitu udah china…..trus medan..klob dah arogannya

    • BENAR @Anak Deli .. CUMA CINA MEDAN LAH YANG BISA BAHASA HOKKIEN, KHIEK (Hakka) dll, sama kayak cina SINGAPUR, atau cina di MALAYSIA (mayoritas KONG HU atau Cantonese).
      Di MEDAN beberapa tahun lalu PANGKOSTRAD EDY RACHMAYADI sewaktu jadi Pangdam I/BB pernah dimaki-maki seorang PEMUDA CINA MEDAN gara2 parkir juga (tapi ybs nggak dengar karena beliau didalam toko), dan si cina muda tadi diamankan ajudannya dengan memanggil petugas dari Polsekta Medan.
      Kemudian pernah juga anggota POLANTAS di Medan kena TAMPELENG sama cina .. memang disini POH AN TUI gaya baru itu sangat kentara sekali.
      Pendek kata .. kalau mau tau gimana cina medan itu ya .. liha saja si AHOK yang PONGAH itu … !!!

      • cimed itu sombongnya selangit, mengaku strata tertinggi di antara cina yg di propinsi lain..tuh cimed klo agmanya muslim tambah tengil lagi serasa udah jadi bagian mayoritas.

    • Kalo ada yg BERANI mulai perang pake nuklir, sy angkat topi dah. Tp pada akhir jaman akan kembali perang pake pedang. Sdh tercantum dlm alhadits. Ga lagi pake senjata api.

  5. Harus dn wajib hukumnya nolak klaim si sipit di natuna…

  6. yang memulai sara sapa ? itu perwira yang di gampar Fakta sudah mulai ngelunjak dan itu jelas.

    • mereka WNI…..tong…..cupu..

    • dek@ompol janda.mereka sama ama kita wni jadi mempunyai hak dan kewajiban sama besar dengan kita.jadi belajar hukum yang baik sebagai warga negara yang baik…bila mereka salah bisa dijerat dengan hukum indonesia tapi juga mereka dilindunggi hukum sebagai warga negara indonesia…

  7. Pada akhirnya,terseret juga ke arus konflik LCS.semoga pemerintah segera lebih cepat merampungkan kekuatan di wilayah Natuna.

  8. ujung2nya bisa gabung mamarika nih buat lawan si sipit.. lagian udah terang terangan tu sipit klaim wilayah ri,,npa dr dlu d diemin.. hahhhh.. baru sekarang ada reaksi,,dlu kemana pak…?

    • dulu 2 terlena janji 2 china
      1 china janji tidak ada demilitarysasi di lcd,, nyatanya bikin pangkalan coy…

      2 china mengakui pulau natuna milik indonesia…tetapi perairan sekitar natuna milik mereka yg banyak gas bumi..

      3 kereta cepat china…sepertinya mangkrak,..sejak di tangkapnya” karyawan” china di halim, nyatanya pasukan para militer yang sengaja di tempatkan di seluruh dunia, yang sewaktu waktu mereka bisa gerakkan bila di perlukan..

      rusu ,china, korut..pengacau dunia..

      ha ha ha

      • Ini anak smp pemuja lajjad Amrik, perbedaan istilah “militerisasi” dg “demiliterisasi” aja gak bisa nge bedain, koq koar2 mulu disini? Cuci tangan minum susu, tidur sana Tong! Jangan sok nge-Proxy disini, tapi salah pake istilah, hasilnya malu2in. Cabut loe!

  9. Wartawan culun;

    Wilayah Indonesia yang masuk dalam 9 dash line adalah Kepulauan Natuna khususnya Natuna Timur. hal yang menjadi DASAR PENOLAKAN pemerintah Indonesia adalah ADANYA potensi cadangan gas bumi sebesar 222 Tcf dan gas yang bisa diproduksi sebesar 45 Tcf dengan lapangan utamanya di Natuna D Alpha.

    Bukan soal gas, emang menurut hukum laut internasional, RI sebagai pemilik pulau Natuna memiliki kedaulatan atas ZEE selebar 200 mil dari garis pantai Natuna, sementara 9 dashed line adalah klaim sepihak RRT yang tidak ada dasarnya dalam hukum laut internasional.

    Dunia udah sempit gini gak mau ikut aturan bersama ya kacau, bahkan ujungnya bisa perang

  10. masih ada yg inget gak ya, di 2014 lalu ada yg bilang “kita gak punya konfik di LCS”

  11. cina tetap cina..meskipun udah jadi wni. mereka gak akan lupa sama leluhur mereka. jaman perjuangan pun banyak diantara mereka yang pro penjajah walopun ada juga yg pro nkri.

    • @ pusara hati

      tidak semuanya boss,..kamu jangan memecah belah di dalam indonesia donk….
      sekali lagi tidak semua tong….parah deh kamu…:))

      ha ha ha

      • @ pusara hati
        Dulu orang pribumi yg pro Belanda pun tidak sedikit. Orang dari suku Tionghoa itu sudah menjadi bagian integral dari NKRI. Banyak dari mereka yg lebih berjasa kepada NKRI ketimbang anda. Orang Tionghoa yang merugikan Indonesia tentu ada. Sama, orang pribumi yg merugikan negara kita juga tidak sedikit.

        Anda bilang “mereka gak akan lupa sama leluhur mereka” ya tentu saja! Masa’ leluhur dilupakan?
        Nih sebagai perbandingan:
        Orang keturunan Jawa yg jadi warga negara Suriname juga gak melupakan Jawa leluhurnya. Bahkan sampai hari ini mereka masih berbahasa Jawa, tapi mereka juga sangat mencintai negara Suriname.

        • Tapi wong jawa ngak pernah rampok di suriname bawa duit ke jawa, itu bedanye ama baba liong bawa kabur ke tiongkok

      • Di korea juga maling ikan, di vietnam , di jepang dan pilipin di uber uber karena maling ikan, di indonesia di kasi paspor ama orba…. dan sekarang bole jadi gubernur

    • @pusarahati klo ngomong jgn ngawur tong.itu vietnam philipine jg ada etnis china nya tpi mrk tentang tiongkok cina.jgn sebar sara tong…

  12. @ arjuna

    berarti yang cupu siapa donk…..??

    ha ha ha

  13. yg cupu kan gue..

    ha ha ha

  14. ya bener Bro. Kita gak ada urusan sama laut china selatan. kalo laut natuna sih iya. sana gih belajar geografi lagi.

  15. RRC VS NKRI head to head http://www.youtube.com/watch?v=ZY7txJQAS4M
    bukan sara tapi fakta,seorang om om diglodok diangku mobilnya karena parkir sembarangan,dengan mata melotot dia teriak ma petugas”ape loe,gue keluarganya ahok tau!!”.kami yang yang lihat cuma bengong.

  16. berani masuk ZEE gak permisi… sleepet matanya….. biar buta sekalian… jaya nkri

    • china di bantu rusu fullllll emangnya indonesia berani…??

      ha ha ha

      • mau di bantu bapak moyang nya jga…. sene suruh maju. rakyat indonesia bukan keturunan bangsa pengecut… asal kita benar sikaat…!!! justru kita sekarang lg butuh perusuh.. agar supaya pemerintah ga kebnykn mikir klo soal belanja alutsista…!!! jaya nkri

  17. masih mending kalim chinak sekarang ya dari pada kalo lihat klaim di PETA KUNO nya chinak dulu,india, tailand dan myanmar disikiat juga.

    • india sekarang sudah punya nuklir…..jadi sdh tidak mungkin lagi..
      thailan..masih 50% ke barat 50% ke china..
      myanmar …100% sudah milik china,,,,,juga laos dan camboja.

      ha ha ha

  18. Ya cino begitulah… mukany patkai gak bisa dipercaya… Tusuk sate saja…

  19. ga..ada urusan ..mau klaim..sampai kiamat..juga ga ada urusan..emang cino mentaati hukum internasional masuk..kita sikat..kirim lagi nelayn kita sikat ga ada urusanmau kapal beking.y segede gaban rawe2 rantas malang 2 putung maju..sini gua penggal satu2 seperti peristiwa sambas apa lg dgn negara lain jgn menyesal menjadi neraka..ancur2 sekalian….kita bukn malay yg duduk termenung aja..

  20. wow … gawat bingits …

  21. kok bikin pernyataanya dikantor perihndo,ada apa sih bos?waspada ya dengan ini http://www.youtube.com/watch?v=Tv8BTVZRch4

    • dilaranang melenceng dari topix atau kamu mau di sate mod @comando balabala !!!
      kalau mau melenceng bikin artikel sendiri > jangan yutab yutupan

      • loe kira ini ka*kuz/topix.biasa aja kale bray.keliatan bangetz lw pendatang baru dimari.pake acara simomod dibawa.skalian bawa penghulu biar dikawinin loe ma carin,ntar walinya mbah bowo.
        jakartagreater ini adalah forum demokrasi otak paling bebas di jagad formil.yang berilmu maupun yang putihan bertemu disini saling mengisi.jadi mo sok senior disini,mo sok jagoan disini.ga akan bikin takut yang ada orang neght liatnya

  22. Wah gaswat

  23. mari rebut serawak dan sabah
    xixixixixiiiiiiii

  24. woy carin b*go….pikiran lo biar ngarahin Indonesia ke AS kan ?…haha..gak akan…Rusia bantu Cina?…ngimpi…Rusia itu kelasnya Eropa blm ada kemampuan utk perang di timur jauh. apalagi di wilayah yg dominasi AS. dan Russia dekat dgn Cina krn faktor duit. kalau di suruh ngebela Cina mah ogah. Apa gak tau perang perbatasan USSR dan Cina? dan Russia hapal betul sifat Cina…jadi gak bakal bantu…Mengalahkan Cina itu hrs pakai strategi merusak dari dalam. Infiltrasi. manfaatkan orang Tibet. Mongol. Uighur. dana nya minta ke Taiwan….bikin kacau…rusak ekonominya…Memang gak hancur tapi Cina lemah…letoy…haha..liat tuh bandara Shanghai bisa di bom Uighur…lo pikir Indonesia cupu kyk lo apa?…dasar lo babu AS…haha…

  25. Inikan berita lama kok diangkat lg ada apa.?
    Dasar org Cina mata sipit Anjhing, kawannya Shetan penghuni neraka. China dmn2 wataknya tetap sama. Usir saja China wni dari Indonesia, bakal jadi antek2 China daratan. Disini hanya buat korupsi merajalela. Kalo urusan china, gpp gua dibilang sara. Yg penting negaraku terbebas dari China sipit perampok serakah biadhab.
    Ada yg warga keturunan china yg keberatan dng omongan gue, kagak gue pikirin. Dasar china bhabi biang kerok.

    • Jangan diusir Bung Ruskye. Amoy Cina yg putih2, cantik2, semok2 buat ane aja kayak peristiwa 98 kemarin deh.

  26. si carin ini di bayar berapa ya sama orang sono. gitu komen bikin sepet mata melulu nih si bangke

  27. carin = yonhap

  28. oke

  29. Ingin buat Cina gak neko-neko gampang, Negara-negara yg bersengketa LCS boikot barang cina masuk ke negara masing..yakin deh cina gak berani macam2.

  30. nine dashed line chinak berasar peta usang..

  31. Jijik Gw denger kata2 “cupu” yg biasa pake kata2 itu cuma anak ABG yg belom lulus smp.
    Umur loe ketahuan dari bahasa loe Tong!
    Ngetroll mulu gawe loe! Cabut loe!!!

  32. qta perkuat armada udara,laut dan darat di natuna khususnya dan daerah perbatasan pda umumnya.klau bisa beli pesawat yg bisa lepas landas dri pulau2kecil qtq yg banyak.jgn terpaku pda jenis merk pesawat.yang pnting yang kasih tot.

  33. Hoamm..

  34. china sampah, rakus ngaa terkecuali yg skrg jadi warga negara di luar daratan china

  35. Emmm..

  36. yakin nih berani melawan cina?????????? jangan jadi pecundang yang bisanya cuma koar koar doang di formil sok2an negara hebat, buktikan kalau memang berani sama cina,,,!!!!! coba rudal tuh kapal cina atau di terpedo kalau berani!!!! pada gede bacoottt doang!!!!!!

    • > jangan jadi pecundang yang bisanya cuma koar koar doang di formil
      lha emang yg koar2 ini mewakili negara ?…. bocah2 mulut kuda lumping di internet g usah dilayani …

  37. puasa woy hahaha komentarnya lbih seru drpd artikel

  38. gila cina ..rakus bener tuh…negara…
    kekurangan ikan sampek segitunya….klaim pakai peta kuno lagi…ini kan jaman modern..peradaban dan berkembang…bukan jaman ke kaisaran lagi…
    edan edan cino yo…..

    • ya wajar bung kalau china berusaha mengklaim lcs. karena daya dukung lingkungan sudah tidak bisa untuk mengatasi pertumbuhan penduduknya. otomatis butuh sumber bahan pangan yang baru. bisa2 afrika dibeli dan sebagian penduduknya dipindahkan kesana. selain itu perlu diwaspadai proxy2 china. kemungkinan besar gaya2 us dipakai juga oleh china.

  39. sealian samudra fasific ,hindia ,atlantik klam cino

  40. Itu peta jadul yang bikin sapa ya, mpu gandring kali. Lalu peta jadul itu siapa yang mensahkan dan apa masih berlaku. Karena jadul saksinya udah pada jadi mummy. Peta jadul siapa yang tau klo itu akal-akalan atau rekayasa. Gw geli sendiri masih ada negara pake peta jadul, bisa aja gak akuran kan jadul gak ada GPS nya

  41. Baru kali ini ada pejabat tinggi negara yang dengan tegas menolak klaim 9 garis putus-putus atas perairan Natuna, ini yang ditunggu tunggu. Jangan hanya selalu mengatakan pulau Natuna milik Indonesia dan tidak ada sengketa dengan China melulu karena yang diklaim bukan pulau nya tetapi perairan kaya migas. Dan saya amat berharap ketegasan sikap ini segera ditindaklanjuti dengan langkah nyata pembangunan pangkalan militer di Natuna termasuk dilengkapi dengan alutsista anti serangan udara jarak pendek dan menengah, kalau tidak pangkalan militer ini hanya akan jadi bulan-bulanan arteleri jarak jauh China dan pesawat2 tempur China yang berjumlah ribuan itu.

  42. baru kali ini ada pejabat tinggi negara yang dengan jelas dan tegas menentang klaim China atas perairan Natuna, segera bangun pangkalan militer besar di Natuna boss…

    • Hasil dari bisik bisik antara Pak Jkw dgn om putin di rusia kmrn dan dgn presiden amrik bbrp bln sblmnya..

  43. boikot produk-produk chino sipit.

  44. Hanya bilang ” menolak ” saja, tidak cukup pak ………… !!!
    Perkuat TNI di semua matra, dengan pengadaan alutsista2 gahar dalam jumlah yang tidak tanggung2, lalu operasionalkan disekitar kepulauan dan perairan Natuna, …… baru cina dan kroco2 kawasan pade jiper !!!

  45. rakyat mau beli daging sapi harganya muahaaaaaaaalll, pemerintah ga becus mengendalikan harga kebutuhan masarakat masih NGIMPI beli alutista gahar??? duit dari mana cuk????????? INGAT UTANG SAMA CHINA BELUM LUNAS, BELUM LAGI YANG LAIN, IMF, WORLD BANK, RUSSIA, JAPAN, GA USAH NGIMPI BELI ALUTISTA, DARI DULU KATANYA MAU BELI ALUTSISTA CANGGIH GAHAR NYATANYA MANA HAA??? BESAR MULUT DOANG….

    • lah bagus kalau harga daging sapi mahal, biar masyarakat segera mengkonsumsi ikan lebih banyak dibanding daging sapi dan ayam. jika konsumsi ikan meningkat, harapannya pemerintah punya bumn khusus penangkapan ikan yang profesional. jika terbentuk organisasi penangkapan ikan profesional harapannya harga ikan akan jauh lebih murah. jika harganya lebih murah harapannya rakyat jelata bisa itu merasakan ikan kualitas 1 dengan lebih murah. jadinya kita bisa rebut kembali perairan perikanan kita dari para tangan penjarah2. bayangkan berapa triliun potensi perikanan yang bisa kita tingkatkan. di samping penghematan dana dari keluarnya devisa gara2 beli sapi ke oz. xixixixixi

  46. hanya negara yang punya nuklir yang akan dihargai…
    negara non nuklir hanya akan di bully …
    suka atau tidak nyatanya seperti itu ..
    lebih baik telat daripada di bully…

  47. sama aja harga ikan juga mahal pak cckkc

  48. Ah berita ras sipit ini lagi….
    Bikin muak, dimana2 ada ras model ini, gak di kota besar kita maupun di pelosok, bikin penuh sesak dunia aja, dasar sampah serakah, penghianat bangsa, minggat loe dari NKRI !!!

  49. kagak bakal brani tuh china ganggu indonesia..
    udah santai aja..
    lagian bro,gak usah bawa2 etnis tionghoa yg udh jadi WNI..
    Mereka etnis nya aja tionghoa,tapi jiwanya NKRI !!!

  50. cina itu rakitan.,kita kalau punya tekad besar dan banyak fulus juga pasti bisa seperti mereka. 30 tahun itu waktu yg sangat lama untuk indnesia dalam hal ketinggalan jaman. Terkungkung dalam jeruji politik.

  51. Pendapat ane saharusnya natuna menjadi milik tiongkok kerna mereka bisa menjaga kawasan tersebut menjadi maju gan… dari indon yang ngak lakukan apa2

  52. wah ada malon yg udah pandai ngomong kata “ane” ada kemajuan deh beruk wkwk

  53. Kembalikan natuna kepada tiongkok

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)