Jun 132016
 

Jakarta – China terus memperkuat klaimnya di Laut China Selatan berdasarkan peta kuno 9-Dashed Line (9 garis putus), yang mana hampr 90 persen Laut China Selatan masuk ke dalam 9-Dashed Line. Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan memberikan penolakan atas klaim China tersebut.

Indonesia menurut Luhut, tidak mengakui adanya 9-dashed line. Luhut juga menyampaikan ingin adanya kebebasan bernavigasi di kawasan Laut Cina Selatan.

Nine Dashed Line China

Nine Dashed Line China

“Kita tidak akui 9 border line, kita tidak mau ada power projection di wilayah itu. Kita harus tetap ada freedom of navigation,” ujar Menko Polhukam di kantor Perindo, Jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Nine dash line meruoakan garis yang dibuat Pemerintah Tiongkok di Laut Cina Selatan sebagai wilayah tradisional fishing ground mereka. Garis tersebut meliputi wilayah Philipina, Malaysia, Brunei dan Indonesia. Pemerintah Indonesia sadar dan menolak klaim Tiongkok tersebut, karena adanya multi intrepretasi, overlaping wilayah yang diklaim oleh Tiongkok.

Wilayah Indonesia yang masuk dalam 9 dash line adalah Kepulauan Natuna khususnya Natuna Timur. hal yang menjadi dasar penolakan pemerintah Indonesia adalah adanya potensi cadangan gas bumi sebesar 222 Tcf dan gas yang bisa diproduksi sebesar 45 Tcf dengan lapangan utamanya di Natuna D Alpha.

Klaim Peta China Kuno

Klaim Peta China Kuno

Sebelumnya, Tiongkok memasukkan sebagian wilayah perairan laut Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, ke dalam peta wilayah mereka atau yang dikenal dengan Nine Dash line.

Tiongkok mengklaim wilayah perairan Natuna merupakan wilayah laut mereka. Klaim sepihak ini terkait sengketa Kepulauan Spratly dan Paracel antara China dan Filipina. Sengketa ini dapat berdampak besar terhadap keamanan laut Natuna.

Sumber : Detik.com

  77 Responses to “Luhut : Indonesia Tolak Klaim 9 Dashed Line China”

  1. 1st

  2. Semoga pemerintah tdk takut

  3. Edan makin ngelunjak aja, gak teritorial gak juga etnis keturunan di medan dah mulai terang terangan dibeking pulak dengan brimob. http://www.metro24.co/gara-gara-parkir-etnis-tionghoa-tampar-anggota-tni/ semakin mengkhawatirkan..

    • Kalo ada yg BERANI mulai perang pake nuklir, sy angkat topi dah. Tp pada akhir jaman akan kembali perang pake pedang. Sdh tercantum dlm alhadits. Ga lagi pake senjata api.

  4. yang memulai sara sapa ? itu perwira yang di gampar Fakta sudah mulai ngelunjak dan itu jelas.

  5. Pada akhirnya,terseret juga ke arus konflik LCS.semoga pemerintah segera lebih cepat merampungkan kekuatan di wilayah Natuna.

  6. ohhh itu sangat waib…

    https://4.bp.blogspot.com/-HIXCeItIwgk/V1aNx8NCr-I/AAAAAAAAdg4/__OyPMmhAuIkOkz5fr5N8YumCnDNNO5hgCLcB/s1600/153115sees636d6u6os85e.jpg

    perhatikan garis alur nya seakan jari tangan….bila jari tangan itu di kepal..maka habislah indonesia dan australia..

    ha ha ha

  7. Wartawan culun;

    Wilayah Indonesia yang masuk dalam 9 dash line adalah Kepulauan Natuna khususnya Natuna Timur. hal yang menjadi DASAR PENOLAKAN pemerintah Indonesia adalah ADANYA potensi cadangan gas bumi sebesar 222 Tcf dan gas yang bisa diproduksi sebesar 45 Tcf dengan lapangan utamanya di Natuna D Alpha.

    Bukan soal gas, emang menurut hukum laut internasional, RI sebagai pemilik pulau Natuna memiliki kedaulatan atas ZEE selebar 200 mil dari garis pantai Natuna, sementara 9 dashed line adalah klaim sepihak RRT yang tidak ada dasarnya dalam hukum laut internasional.

    Dunia udah sempit gini gak mau ikut aturan bersama ya kacau, bahkan ujungnya bisa perang

  8. dulu 2 terlena janji 2 china
    1 china janji tidak ada demilitarysasi di lcd,, nyatanya bikin pangkalan coy…

    2 china mengakui pulau natuna milik indonesia…tetapi perairan sekitar natuna milik mereka yg banyak gas bumi..

    3 kereta cepat china…sepertinya mangkrak,..sejak di tangkapnya” karyawan” china di halim, nyatanya pasukan para militer yang sengaja di tempatkan di seluruh dunia, yang sewaktu waktu mereka bisa gerakkan bila di perlukan..

    rusu ,china, korut..pengacau dunia..

    ha ha ha

    • Ini anak smp pemuja lajjad Amrik, perbedaan istilah “militerisasi” dg “demiliterisasi” aja gak bisa nge bedain, koq koar2 mulu disini? Cuci tangan minum susu, tidur sana Tong! Jangan sok nge-Proxy disini, tapi salah pake istilah, hasilnya malu2in. Cabut loe!

  9. masih ada yg inget gak ya, di 2014 lalu ada yg bilang “kita gak punya konfik di LCS”

  10. cina tetap cina..meskipun udah jadi wni. mereka gak akan lupa sama leluhur mereka. jaman perjuangan pun banyak diantara mereka yang pro penjajah walopun ada juga yg pro nkri.

    • @ pusara hati

      tidak semuanya boss,..kamu jangan memecah belah di dalam indonesia donk….
      sekali lagi tidak semua tong….parah deh kamu…:))

      ha ha ha

      • Di korea juga maling ikan, di vietnam , di jepang dan pilipin di uber uber karena maling ikan, di indonesia di kasi paspor ama orba…. dan sekarang bole jadi gubernur

  11. @ arjuna

    berarti yang cupu siapa donk…..??

    ha ha ha

  12. yg cupu kan gue..

    ha ha ha

  13. ya bener Bro. Kita gak ada urusan sama laut china selatan. kalo laut natuna sih iya. sana gih belajar geografi lagi.

  14. dengan bantuan alut sista dari RUSU,..china siap menghajar indonesia dan australia

    https://www.youtube.com/watch?v=pKgf6_Mn7V4

    awasssss…

    ha ha ha

  15. cie cie….mau pecah belah dari dalam nih yeee….
    biarin saja itu mereka kan WNI…..,

    ha ha ha

  16. berani masuk ZEE gak permisi… sleepet matanya….. biar buta sekalian… jaya nkri

  17. masih mending kalim chinak sekarang ya dari pada kalo lihat klaim di PETA KUNO nya chinak dulu,india, tailand dan myanmar disikiat juga.

    • india sekarang sudah punya nuklir…..jadi sdh tidak mungkin lagi..
      thailan..masih 50% ke barat 50% ke china..
      myanmar …100% sudah milik china,,,,,juga laos dan camboja.

      ha ha ha

  18. wow … gawat bingits …

  19. kok bikin pernyataanya dikantor perihndo,ada apa sih bos?waspada ya dengan ini http://www.youtube.com/watch?v=Tv8BTVZRch4

    • dilaranang melenceng dari topix atau kamu mau di sate mod @comando balabala !!!
      kalau mau melenceng bikin artikel sendiri > jangan yutab yutupan

      • loe kira ini ka*kuz/topix.biasa aja kale bray.keliatan bangetz lw pendatang baru dimari.pake acara simomod dibawa.skalian bawa penghulu biar dikawinin loe ma carin,ntar walinya mbah bowo.
        jakartagreater ini adalah forum demokrasi otak paling bebas di jagad formil.yang berilmu maupun yang putihan bertemu disini saling mengisi.jadi mo sok senior disini,mo sok jagoan disini.ga akan bikin takut yang ada orang neght liatnya

  20. Wah gaswat

  21. mari rebut serawak dan sabah
    xixixixixiiiiiiii

  22. carin = yonhap

  23. oke

  24. Ingin buat Cina gak neko-neko gampang, Negara-negara yg bersengketa LCS boikot barang cina masuk ke negara masing..yakin deh cina gak berani macam2.

  25. nine dashed line chinak berasar peta usang..

  26. Jijik Gw denger kata2 “cupu” yg biasa pake kata2 itu cuma anak ABG yg belom lulus smp.
    Umur loe ketahuan dari bahasa loe Tong!
    Ngetroll mulu gawe loe! Cabut loe!!!

  27. Jangan diusir Bung Ruskye. Amoy Cina yg putih2, cantik2, semok2 buat ane aja kayak peristiwa 98 kemarin deh.

  28. qta perkuat armada udara,laut dan darat di natuna khususnya dan daerah perbatasan pda umumnya.klau bisa beli pesawat yg bisa lepas landas dri pulau2kecil qtq yg banyak.jgn terpaku pda jenis merk pesawat.yang pnting yang kasih tot.

  29. Hoamm..

  30. china sampah, rakus ngaa terkecuali yg skrg jadi warga negara di luar daratan china

  31. yakin nih berani melawan cina?????????? jangan jadi pecundang yang bisanya cuma koar koar doang di formil sok2an negara hebat, buktikan kalau memang berani sama cina,,,!!!!! coba rudal tuh kapal cina atau di terpedo kalau berani!!!! pada gede bacoottt doang!!!!!!

    • > jangan jadi pecundang yang bisanya cuma koar koar doang di formil
      lha emang yg koar2 ini mewakili negara ?…. bocah2 mulut kuda lumping di internet g usah dilayani …

  32. puasa woy hahaha komentarnya lbih seru drpd artikel

  33. ya wajar bung kalau china berusaha mengklaim lcs. karena daya dukung lingkungan sudah tidak bisa untuk mengatasi pertumbuhan penduduknya. otomatis butuh sumber bahan pangan yang baru. bisa2 afrika dibeli dan sebagian penduduknya dipindahkan kesana. selain itu perlu diwaspadai proxy2 china. kemungkinan besar gaya2 us dipakai juga oleh china.

  34. Itu peta jadul yang bikin sapa ya, mpu gandring kali. Lalu peta jadul itu siapa yang mensahkan dan apa masih berlaku. Karena jadul saksinya udah pada jadi mummy. Peta jadul siapa yang tau klo itu akal-akalan atau rekayasa. Gw geli sendiri masih ada negara pake peta jadul, bisa aja gak akuran kan jadul gak ada GPS nya

  35. Baru kali ini ada pejabat tinggi negara yang dengan tegas menolak klaim 9 garis putus-putus atas perairan Natuna, ini yang ditunggu tunggu. Jangan hanya selalu mengatakan pulau Natuna milik Indonesia dan tidak ada sengketa dengan China melulu karena yang diklaim bukan pulau nya tetapi perairan kaya migas. Dan saya amat berharap ketegasan sikap ini segera ditindaklanjuti dengan langkah nyata pembangunan pangkalan militer di Natuna termasuk dilengkapi dengan alutsista anti serangan udara jarak pendek dan menengah, kalau tidak pangkalan militer ini hanya akan jadi bulan-bulanan arteleri jarak jauh China dan pesawat2 tempur China yang berjumlah ribuan itu.

  36. baru kali ini ada pejabat tinggi negara yang dengan jelas dan tegas menentang klaim China atas perairan Natuna, segera bangun pangkalan militer besar di Natuna boss…

  37. Hanya bilang ” menolak ” saja, tidak cukup pak ………… !!!
    Perkuat TNI di semua matra, dengan pengadaan alutsista2 gahar dalam jumlah yang tidak tanggung2, lalu operasionalkan disekitar kepulauan dan perairan Natuna, …… baru cina dan kroco2 kawasan pade jiper !!!

  38. rakyat mau beli daging sapi harganya muahaaaaaaaalll, pemerintah ga becus mengendalikan harga kebutuhan masarakat masih NGIMPI beli alutista gahar??? duit dari mana cuk????????? INGAT UTANG SAMA CHINA BELUM LUNAS, BELUM LAGI YANG LAIN, IMF, WORLD BANK, RUSSIA, JAPAN, GA USAH NGIMPI BELI ALUTISTA, DARI DULU KATANYA MAU BELI ALUTSISTA CANGGIH GAHAR NYATANYA MANA HAA??? BESAR MULUT DOANG….

    • lah bagus kalau harga daging sapi mahal, biar masyarakat segera mengkonsumsi ikan lebih banyak dibanding daging sapi dan ayam. jika konsumsi ikan meningkat, harapannya pemerintah punya bumn khusus penangkapan ikan yang profesional. jika terbentuk organisasi penangkapan ikan profesional harapannya harga ikan akan jauh lebih murah. jika harganya lebih murah harapannya rakyat jelata bisa itu merasakan ikan kualitas 1 dengan lebih murah. jadinya kita bisa rebut kembali perairan perikanan kita dari para tangan penjarah2. bayangkan berapa triliun potensi perikanan yang bisa kita tingkatkan. di samping penghematan dana dari keluarnya devisa gara2 beli sapi ke oz. xixixixixi

  39. hanya negara yang punya nuklir yang akan dihargai…
    negara non nuklir hanya akan di bully …
    suka atau tidak nyatanya seperti itu ..
    lebih baik telat daripada di bully…

  40. sama aja harga ikan juga mahal pak cckkc

  41. kagak bakal brani tuh china ganggu indonesia..
    udah santai aja..
    lagian bro,gak usah bawa2 etnis tionghoa yg udh jadi WNI..
    Mereka etnis nya aja tionghoa,tapi jiwanya NKRI !!!

  42. cina itu rakitan.,kita kalau punya tekad besar dan banyak fulus juga pasti bisa seperti mereka. 30 tahun itu waktu yg sangat lama untuk indnesia dalam hal ketinggalan jaman. Terkungkung dalam jeruji politik.

 Leave a Reply