Nov 102018
 

Kendaraan udara tanpa awak dilengkapi mesin jet dan baling-baling © Army Recognition

JakartaGreater.com – Perusahaan asal Swedia, NorthSeaDrones anak perusahaan dari PT. Lundin Industry Invest bekerjasama dengan industri pertahanan dalam negeri Indonesia yakni PT Pindad kini meluncurkan solusi drone unik yang menggabungkan mesin jet dan baling-baling (propeler) sehingga memungkinkan drone terbang dengan sangat cepat dan dapat mendarat secara vertikal, sehingga dapat digunakan baik oleh angkatan darat atau angkatan laut, seperti dilansir dari laman Army Recognition.

Para perancang Swedia untuk drone berkemampuan lepas landas dilintasan pendek  dan mampu mendarat secara vertikal yang unik ini mampu membawa muatan seberat 1,5 kg untuk kamera pengintai. Itu dapat digunakan baik dari titik keberangkatan darat atau angkatan laut. Dengan panjang 2 meter dan rentang sayap 2 meter, bentuknya yang tipis membuatnya menjadi objek yang sangat sulit untuk dideteksi apalagi untuk ditembak jatuh.

Kapasitas bahan bakar untuk mesin jetnya adalah 12 liter (10 kg) memungkinkan drone dengan bobot lepas landas maksimum seberat 25 kg ini untuk terbang hingga sejauh 50 km dengan kecepatan diatas 350 km/jam.

Setelah drone menyelesaikan penerbangannya menggunakan mesin jet, ketika tiba di titik pemulihan, tiga palka yang menutupi baling-baling bertenaga listrik akan keluar, drone dapat melayang turun hingga 2 menit untuk mendarat.

Merancang sebuah drone bertenaga jet sangat sulit dalam hal manajemen keseimbangan bahan bakar permanen, baik dalam penerbangan horisontal, dan pada gilirannya bahan bakar akan berkurang dan bergerak di dalam sistem tangki yang dirancang khusus.

NorthSeaDrones juga mengembangkan target drone dengan ukuran (dimensi) dan kinerja yang sama, juga bertenaga jet. Kecepatan target drone tersebut diatas 450 km/jam.

  4 Responses to “Lundin-Pindad Ungkap Drone STOVL Bermesin Jet dan Propeler”

  1.  

    Mantap jg, apalagi klu daya jelajahnya diperpanjang dan dijadikan hunter killer jg.

  2.  

    Mirip Pesawat Quinjet

  3.  

    cocok utk misi pengintaian di medan tempur

  4.  

    Tiap indo defence selalu keluarkan model prototipe tp tidak pernah diproduksi beneran misal tank boat apa kabar… Kelanjutan pembuatan klewang yg terbakar blm ada kabarnya. Moga2 ada yg diproduksi beneran.

 Leave a Reply