Sep 192018
 

Tampilan inovasi robot kecoa intelijen senyap pada acara ITB CEO NET Technopreneurship Festival  di Kampus ITB, Bandung, Jawa Barat, 18/9/ 2018. (ANTARA/Novrian Arbi).

Bandung, Jakartagreater,com  –  Muhammad Hablul Bary, mahasiswa Fakultas Teknologi Industri ITB, mengembangkan robot pengintai berbentuk kecoa untuk dimanfaatkan dalam keperluan militer, dirilis Antara pada Selasa 18-9-2018

“Kita kembangkan robot berbentuk kecoa untuk mata-mata yang bisa merekam dan menyadap,” ujar Bary pada Selasa 19-9-2018 di Kampus ITB Bandung. Ia mengatakan pengembangan robot kecoa ditujukan bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Intelejen Negara (BIN), maupun militer untuk tugas penyadapan.

Sebelum menentukan bentuk, terdapat beberapa opsi pengembangan robot apakah yang bisa terbang atau yang mengendap di tanah. Namun karena dianggap banyak mengalami kendala, maka bentuk kecoalah yang dipilih.

Saat ini, robot kecoa masih dalam pengembangan tahap awal. Ia bersama timnya tengah melakukan percobaan di sisi perekaman serta kesempurnaan gerak.”Kemarin kita tes kamera dan jalan bisa 2 jam, jangkauannya masih lokal atau jangkauan wifi,” kata dia.

Untuk satu pengembangan robot ia memerlukan biaya hingga Rp 250 juta. Dana yang digunakan pun berasal dari Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB.Menurut dia, penciptaan robot kecoa kompleks, terutama di sisi kompomen yang digunakan. Saat ini, ia masih mengandalkan komponen luar negeri.

Pengembangan akan terus dilakukan bahkan akan bekerja sama dengan BIN untuk menciptakan robot pengintai yang sempurna. Di sisi lain, katanya, perbaikan ukuran pun akan dilakukan karena saat ini bentuknya mencapai tiga kali dari kecoa sesungguhnya “Baru kita coba akses kamera dan jalanin robot, bisa kita remote.

Tujuan kita ditampilkan dalam beberapa platform, komputer, tab, android, dan sebagainya. Tapi yang kita hasilkan baru web di komputer,” katanya.

  29 Responses to “Mahasiswa ITB Kembangkan Robot Pengintai Berbentuk Kecoa”

  1.  

    siap siap para koruptor di teror robot ini.. mantap

  2.  

    sepertinya kurang wajar, jika harga per robot sampai ratusan juta…..
    tpi klo alat2 utk memprogram microcontroller, chip dan ic, supaya bisa di reball/reflow.
    klo beli alat itu harga ratusan juta memang hal yg wajar.

    tpi klo harga robot dan rangkaiannya seperti difoto, rasanya mustahil bisa sampai ratusan juta.

    •  

      bagi mereka yang pakai kaca mata kuda tentu produk russian atau american adalah is the best…tapi bagi saya langkah awal untuk mencapai satu penguasaan tehnologi dan kebandirian bangsa adalah suatu yang patut diafresiasi dan didukung….walau tak sebaik yang diharapkan….!!!
      karna dengan dukungan dan afresiasi maka akan motivasi memperlancar dan memacu mereka agar lebih baik kedepanya,,,dan bukan sebaliknya…!!!

      •  

        ga usah nge gas, dek…
        udah minum dulu sana….
        klo lapar makan dulu sana….
        klo mau minta duit jgn kesini….
        klo mau mabok bareng baru kesini….tpi birnya beli sendiri….xixi

        •  

          laa eloe pikir gue kendaraan umum apa…???
          pakek ngegas segala…!!!
          itu sipat dasar manusia bila kita pencuri maka kita cendrung mengangap orang lain sama seperti kita pencuri…begitu juga pemadat(pemabuk)…jadi mengangap semua orang sama seperti dirinya…
          jadi berbaik sangka dalam pengertian pendosa adalah penghuni neraka semua…!!!

  3.  

    Bah ha ya kalau ini robot masuk kamar mandi cewe…..wkwkwkwkwkwk

  4.  

    coa nya besar

  5.  

    Klo saya liat agak lebay dengan harga 250jt yah.. karena saya liat masih pake roda, klo niatnya kecoa (obesitas) ya disesuaikan ritme geraknya.. apalagi msh wifi.. dgn uang segitu besar maaf banget ney.. beli cctv pin hole dipasang ke remot mobil yg seukuran koin ajah ada yg bisa control dr smartphone .. selesai..
    Maaf bkan mendeskreditkan produk anak negeri, tp ini bener2 biasa saja.. kan diatas disebut bahab2 masih impor.. jd yah mungkin better beli micro rc car+cctv pin hole+cover plastik hitam/putih buat berkamuflasenya..

    •  

      Setuju paling2 itu cuma tiruan ato purwarupa yg terinspirasi dr teknologi cina atopun usa

      •  

        wkwkwk…yaa biasa saja lah…dak ada yang luar biasa…lagian kalo luar biasa juga emangnya kenapa..
        .???
        laa kalo emang niru emang kenapa…???
        cina tukang kopi aja biasa aja dunia malah laku prodak tiruanya…yang penting bisa bersaing masalah harga dan kualitasnya…!!!
        yang penting berkarya dek…jaman now banyak omong tanpa solusi itu parasit…dek…!!!
        jadi kalo mau komen kasih ide atau setidaknya kritik yang membangun dan mampu dipertangung jawabkan…biar ngak keliatan nyiyir…!!!….tau…anak kecil aja tau dek…mosok orang pinter engak tau…!!!!

  6.  

    Paling2 niru2 cina ato salah satu perushaan lokal di yu3se

  7.  

    Aminlee .. situ koq ga tahu kenapa mobil bisa di produksi di berbagai negara… itu bukan krn meniru dgn menjiplak , akn ttpi krn mrk mmbuat izin n lisensi khusus semisal misubishi dn wuling di cingkareng. trus mo nyamain robot kecoa dgn mobil ??wkwkwkkww , sedangkan robotnya sj belum msk jalur produksi. Ntar juga kalo jual di singapore mesti ada nama perusahaan

  8.  

    Mendingan jgn diekspos dulu, kan fungsinya buat intelijen. Biar si ”kecoa abdroid” bsa mnyamar dg sempurna. Hehe

  9.  

    Busyet tuh kecoak gede amat… Bisa panik orang liat kecoa segede gitu wkkkk… Mending ganti aja bentuknya jadi kotak kardus sabun kek lebih cocok buat kamuflase dibanding kecoak segede gaban gitu xixixi….

    •  

      wkwkwk…nii satu lagi orang kurang imajinasi…!!!
      laa eloe pikir dia mau seliweran didepan orang yang diintip…wkwkwk…!!!
      walou seukuran kacoa sebenarnya kalo dia keliatan yang orang jelas ketauan pinter…dengaknya jelas dipukul dan dimatiin orang tu kacoa karna jijik dan geli…!!!

 Leave a Reply