Mar 302019
 

Mahasiswa juga diajari teknik menaikan korban dari laut ke perahu karet dengan satu maupun dua orang penolong, teknik bertahan hidup di laut dengan cara mengapung dan menunggu.

Surabaya, Jakartagreater.com  –  Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Komando Armada II kembali memberikan pelatihan Search And Rescue (SAR) dan Penanganan Korban di laut , yang kali ini diikuti 123 Mahasiswa dari Stikes Hang Tuah Surabaya, pada Rabu 27-3-2019  bertempat di Kombasin Dislambair Koarmada II.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Koarmada II Kolonel Laut (K) dr. I Ketut Tirka Nandaka, Sp. KJ(K),M. M. yang di dampingi Kepala Dinas Penyelaman Bawah Air (Kadislambair) Koarmada II Letkol Laut (T) Eduard Simbolon, S.E. berkesempatan memberikan pengarahan kepada seluruh peserta sebelum melaksanakan latihan.

Sementara itu kepada para peserta diberikan bekal pengenalan, diantaranya pengenalan alat-alat pertolongan korban di laut dan penanganan korban tenggelam secara perorangan maupun kelompok menggunakan tandu air.

Mereka juga diajarkan melakukan resusitasi jantung paru atau tindakan untuk menghidupkan kembali atau memulihkan kembali kesadaran seseorang yang tampaknya mati sebagai akibat berhentinya fungsi jantung dan paru yang berorientasi pada otak.

Mahasiswa juga diajari teknik menaikan korban dari laut ke perahu karet dengan satu maupun dua orang penolong, teknik bertahan hidup di laut dengan cara mengapung dan menunggu. (Dispen Koarmada II).