Aug 312017
 

Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) bakar kapal nelayan asing ilegal (MMEA)

Kuala Lumpur – Malaysia pada Rabu, 30/8/2017 untuk pertama kali membakar kapal asing yang menangkap ikan secara ilegal di perairan Malaysia. Tindakan ini dilakukan di tengah panasnya persoalan tentang kapal-kapal pukat yang melanggar hukum.

Batas maritim yang tidak jelas merupakan masalah konstan bagi Malaysia dan negara tetangganya di Asia Tenggara yang berjuang untuk menangkal kapal nelayan asing beroperasi secara ilegal di perairan mereka.

Pada awal 2016, lebih dari 100 kapal penangkap ikan China terdeteksi di negara bagian Sarawak, sementara pada April, Indonesia menenggelamkan 81 kapal, sebagian besar merupakan kapal nelayan asing yang beroperasi secara ilegal di perairannya.

Kapal ikan asing yang masuk ke Malaysia dibakar di lepas pantai di wilayah utara Kelantan, dan merupakan pertama kali pihak berwenang Malaysia melakukan tindakan tersebut, menurut Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA).

Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) bakar kapal nelayan asing ilegal (MMEA)

MMEA tidak menunjukkan secara spesifik negara asal kapal tersebut.

“Metode ini menunjukkan betapa seriusnya MMEA mengawasi serbuan kapal nelayan asing di perairan Malaysia,” ujar Wakil Direktur Jenderal MMEA, Mohd Taha Ibrahim dalam pernyataannya.

Mohd Taha mengatakan pihak berwenang Malaysia sejauh ini telah menenggelamkan 285 kapal nelayan asing di seluruh negeri untuk menciptakan terumbu karang buatan, namun mengatakan cara tersebut belum memberi “dampak yang mendalam” pada nelayan asing yang beroperasi secara ilegal di perairan Malaysia.

“MMEA akan terus meningkatkan pengawasan dan patroli kami untuk memberantas kejahatan yang dilakukan di laut,” ujar Mohd Taha. Reuters/Antara.

  32 Responses to “Malaysia Bakar Kapal Nelayan Asing Ilegal”

  1. Wah goyangan asapnya bikin polusi aja neh

  2. pak cik tak de misile kerosene pun tak pe lah…

  3. Malon telah menenggelamkan 285 kapal? Pak cik cuma ahli propaganda mulu, jgn2 yg ditenggelamkan kapal nya sendiri xixixi

  4. Seram juga ni tindakan si tukang maling, macam bakar pisang saja…… ekekk..kek….kek…ekekke..

  5. Yeaaaa….Mari kita negara ASEAN berpakat sama-sama membakar kapal nelayan kita yang penat berpeluh mencari nafkah memberi makan anak isteri.

    Indonesia bakar kapal nelayan Malaysia dan Vietnam.

    Malaysia bakar kapal nelayan Indonesia dan Thailand

    Vietnam bakar kapal nelayan Malaysia dan Thailand…

    Meriah begitu….

  6. Itu khan berita nyang kemaren, kalo yg kemaren2-nya gimana ??…..

    Kalo lagi nyungsep, malingsia pasti bilang “kita serumpon serumpon serumpon”…..tuing…… 😆

  7. bakar kapal nelayan cina, berani gak, ………. ???

  8. knp di bakar..?
    kok ga di ledakan..?

  9. salut lah… sudah berani… iya masak sudahpunya maharaja Lela masih juga takut dirumah sendiri

  10. Mau nya meniru Ibu Susi, tp malah bikin polusi, kerusakan lingkungan dan pencemaran air laut…jd menurut sy itu tindakan keliru…msh harus banyak belajar !!!

    • … itu mah emang di sengaja bang, biar se-olah2…..

      ah…. sudahlah….. maling memang paling pinter kalo bersandiwara…..

    • Setelah berkali2 salah, ternyata malaysia itu memang tidak sengaja lho memasang salah dan terbalik bendera indonesia spt itu, semua itu krn kebodohan malaysia yg sdh kronis dan permanen…jd ya kita maklumi sj… 🙂

  11. Beranikah kpd nelayan2 yg yg dikawal CoastGuard China?

  12. MMEA tidak menunjukkan secara spesifik negara asal kapal tersebut…. takut kah ato semacam pencitraan … jgn2 kapalnya sendiri makanya g mau disebut

  13. Kita mah diledakkan aja, sebab sudah bisa buat bomb.. Beda sama malon yang takde otak, kapal dibakar yang ada laut menjadi polusi bagi ikan + udara sekitar tercemar.. Iya namanya juga pingin eksis tapi dengan tindakan yang Bodoh ! Oh iya, selamat buat Malondog Hari pemberian percuma British ! Wkwk :v

  14. Takde wang buat beli bom,

  15. bussseeeettttt.. mentang mentang besok pada kurban…malay sungguh luar biasa ..mau nyate pake bakar kapal ..sungguh ide yg brilian. .hahahaha.

  16. Uhuk… Uhuk…. Plagiat.. Uhuk… :v sebelah plagiat… :v sampe heran gw sama Negara tu.. Slalu aja ngikut2,slalu aja ngaku2…. :v

  17. Awas nih di klaim acara tenggelamkan kapal

 Leave a Reply