Oct 262016
 

p1634982

Malaysia akan membeli kapal perang buatan Cina. Menteri Pertahanan Datuk Seri Hishammuddin Hussein menyatakan kontrak akuisisi dengan perusahaan SASTIND (The State Administration for Science, Technology and Industry for National Defense of) China akan ditandatangani pada 5 November nanti.

Pengadaan peralatan pertahanan kapal perang Littoral Mission Ship (LMS) di bawah rencana 15 ke 5 ini akan disertai dengan transfer of technology, yang akan melibatkan perusahaan Boustead Naval Shipyard Malaysia. Dua kapal dibangun di galangan kapal China dan dua lainnya di galangan lokal Malaysia.

Royal Malaysian Navy (RMN) berencana mengakuisisi 18 kapal perang littoral untuk menggantikan armada kapal perangnya yang sudah tua, seperti korvet Laksamana class.

Littoral Mission Ship (LMS) adalah kapal perang kecil namun dengan kemampuan peperangan empat dimensi sekaligus, anti kapal permukaan, anti serangan udara, anti kapal selam dan anti serangan biologi dan kimia. Selain itu dimasa damai kapal perang LMS dapat berperan sebagai kapal SAR dan operasi kemanusiaan. Kapal perang LMS juga akan dilengkapi dengan pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle – UAV) dan kapal selam mini tanpa awak (Autonomous Underwater Vehicle – AUV).

Terkait persenjataan strategis yang akan diinstall ke kapal perang LMS, Menteri Pertahanan Malaysia tidak bersedia mengungkapkan spesifikasinya, termasuk apakah akan menggunakan rudal serang Naval Strike Missile (NSM) dan rudal pertahanan udara MICA ?

Bagikan Artikel :

  128 Responses to “Malaysia Beli Kapal Perang Littoral Canggih dari China”

    • dibayar pakai pisang ker?

      • Jangan suka mengejek orang/negara lain bung
        Buktinya TKI (Kuli dan Pembantu) kita pada berebut ke sana
        Berarti jauh lebih miskin kita darpada Malaysia
        FAKTA !!!

        • Beruk malingsial sewot !!..

          kwaaakk…kwaaaakk…kwaaakk…..

          • Jangan suka mengejek orang/negara lain bung
            Buktinya TKI (Kuli dan Pembantu) kita pada berebut ke sana
            Berarti jauh lebih miskin kita darpada Malaysia
            FAKTA !!!

          • Lu aja yg miskin lon…

            kwaaakk…kwaaakk..kwaaakk…

          • Kata siapa kita miskin kalo emang malaysia lebih kaya kenapa dia gak masuk g20 tolong liat lagi gdp sama cadangan devisa kita sama malaysia banyak mana?

        • Bung tolong ganti nick name anda jangan pakai indonesia…
          Sebab anda menserukan agar tidak menghina bangsa lain tetapi anda justru menghina bangsa sendiri ,

          ingat bung TKI berjuang demi kehidupan yang lebih baik ,, jangan anda bandingkan ALUTSISTA dengan TKI

        • Analogi salah bung, justru cuma TKI pendidikan formal terbatas yang berangkat ke Malaysia yang sulit bersaing untuk kerja di kota-kota besar di Indonesia. Kalo pendidikan terarah seperti Kejuruan dan Keperawatan ke Taiwan, Korea dan Jepang.

          Yang pendidikan tertinggi ke Eropa dan Amerika, diterima, digaji tinggi sampe diiming-imingi kewarganegaraan ganda..

          Jadi kesimpulan:
          TKI pendidikan tinggi gak ada yang mau ke Malaysia, so, rendah sekali nilai malaysia di mata warga negara kita…..

          • @nuncaku : Saya pernah bekerja di bandara dan sedikit banyak mengetahui dokumen para pekerja yang akan bekerja di luar negri ataupun dari luar negri ke Indonesia.

            Tahukah anda artian dari TKI / TKW ataupun tenaga kerja asing?

            Semua warga negara Indonesia yang bekerja di luar negri adalah TKI dan wanita di sebut TKW.
            Baik itu dia bekerja di office ataupun tenaga ahli bahkan pembantu.

            Begitupula hal yang sama “mungkin” berlaku jika tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia.
            Hanya mungkin sebutannya berbeda.

            Pendapat saya, TKI ataupun TKW tidak bisa di identikan dengan buruh kasar, pembantu dan sebagainya.
            Kita menyebutkan TKI dan TKW mengidentikan seperti itu di karenakan mayoritas para WNI kita bekerja di luar negri adalah buruh kasar, pembantu ataupun yang lainnya.

            Semoga bermanfaat

      • Dibayar pake ikan, tapi nangkep sendiri di Beting…. xixi…

        • Jangan suka mengejek orang/negara lain bung
          Buktinya TKI (Kuli dan Pembantu) kita pada berebut ke sana
          Berarti jauh lebih miskin kita darpada Malaysia
          FAKTA !!!

          • FAKTA APAAN ? LU TAUNYA CUMA TKI YG DIKIRIM KESONO…DAH ITU DOANG, YG LAINNYA ELU GA MAU TAU… DASAR BERUK!

          • Menghina malingsial tu urusan gue, kenapa elu yg sewot ??…

            Malingsial yah ??..

            kwaaakk…kwaaakk…kwaaakk..

          • TKI dikirim kesono karena orang sono ndak mau kerja

            itu faktanya …

          • Kata siapa kita miskin kalo emang malaysia lebih kaya kenapa dia gak masuk g20 tolong liat lagi gdp sama cadangan devisa kita sama malaysia banyak mana?

          • Anda salah bung TKI malaysia bukan cuma buruh dan pembantu..saya adalah seorang TKI yg bkrja di malaysia dan saya adlh pkrja kontruksi di bidang piping dan kebanyakan tenaga ahlinya adh dari indonesia.jd jgn anggap para TKI yg bkrja di malaysia semua prpndidikan rendah dan cm buruh dan pembantu.banggalah sbgai indonesia karena tenaga” skill kita banyak bertebaran di
            luar negri

          • @I-RAYA, sombong:

            “”Jangan suka mengejek orang/negara lain bung””

            “”Buktinya TKI (Kuli dan Pembantu) kita pada berebut ke sana””

            ente ude underestimate sama kemampuan SDM negaranya sendiri, generalisir profesi TKI.

            oi bajul ganti ID lo…. dr kemarin nih orang sombongnya gk ketulungan

      • Malaysia hebattt!!! bisa dapat TEOTE euy dari China….dasyatttt…

      • @Indonesia_Raya: Para TKW / TKI mengadu nasib di negara luar, bukan berarti Indonesia miskin…!
        Jika ada tenaga kerja asing di Indonesia berarti negara pekerja asing tersebut miskin…?

        Sebenarnya andalah yang miskin…!

        Anda miskin ilmu pengetahuan…!!!

        Btw ganti nick name anda dengan yang lain…!!!!!

        SAYA KEBERATAN DENGAN NICK NAME YANG ANDA GUNAKAN…!!!!!

      • Kapal perang kw dipamerin…. o’on… 😆

      • malay…gowind…go with the wind ya?
        kakakak…alias pergi bersama angin.
        Malaysia…pesan gowind pertama tapi yg dapat kapalnya malah pemesan kedua yaitu mesir….bahkan diragukan 3-5 tahun kedepan malysia dapat gowind klass karena malayisa miskin…..kakakaka
        apalagi 6 kapal sekaligus…bah. belum tentu 15 tahun lagi…kelarnya.

        Bagaimana dg SGPV programnya….katanya mau bikin 25 kapal…tapi kok baru 5 sudah berhenti dan itu tak ada missile nya (alias dicopoto semua)…

        sekarang mau beli gowind kleas….apalagi mau beli littoral combat ship segala…
        malyasia memang gede bacot…alias banyak mimpi tak terwujud.

  1. yang bener…………………….ada duitnya nggak…………………………

    • Malaysia bisa beli Su-30MKM sebanyak 18 unit + KNIRTI POD
      kita hanya bisa beli Su-27/30 yang kemampuanya dibawah mereka
      NYICIL LAGI 4 + 6 + 6 = 16 unit = KEBACUT
      JANGAN SUKA MENGEJEK ORANG / NEGARA LAIN
      BER CERMIN LAH !!!

      • Nyam….nyamm…..nyamm…nyam..

        • Sipidan Ligitan dicaplok malingsial ??…..

          Cuma beruk dungu yg bilang seperti itu !!..

          kwaaaakk…kwaaakk…kwaaakk…

        • malaysia bukan mencaplok..tetapi dengan sengaja memindahkan hak teritori kedaulatan indonesia dengan cara licik dan didukung oleh negara sekutu…eluh gelut lah jeung AINGGGGGGG…doggggggg!!!!!!!
          kzl gua….

        • @Indonesia_Raya: Para TKW / TKI mengadu nasib di negara luar, bukan berarti Indonesia miskin…!
          Jika ada tenaga kerja asing di Indonesia berarti negara pekerja asing tersebut miskin…?

          Sebenarnya andalah yang miskin…!

          Anda miskin ilmu pengetahuan…!!!

          Btw ganti nick name anda dengan yang lain…!!!!!

          SAYA KEBERATAN DENGAN NICK NAME YANG ANDA GUNAKAN…!!!!!

        • itu khan akal2an negara2 FPDA
          udah liat kan siapa dibalik lepasnya Timtim

          saya usulkan agar yg pake nama Indonesia tp menjelek2an Indonesia di BANNED aja !!!

        • bung, mengenai sipadan ligitan. ibu megawati sudah menjelaskan mengapa. dan sesuai hukum memang malaysia yang berhak. bukan kegagalan diplomasi kita tetapi sesungguhnya adalah bagaimana perlakuan inggris maupun belanda terhadap pulau tersebut.
          soal timor timur, pada dasarnya memang bukan bagian dari jajahan belanda tetapi portugal sehingga tidak dicover dalam perundingan kemerdekaan, berbeda dengan papua, jadi memang posisi kita lemah disana.
          mohon pahami permasalahan sebelum anda menyatakan suatu fakta

      • Setuju bung @Indonesia_Raya.

        • @Rini : Apa yang anda ketahui dari Sipadan – Ligitan dan TimorTimur?

          Semua sudah ada keputusannya di Mahkamah Internasiaonal.

          Timor Timur adalah negara yang bergabung dengan Republik Indonesia dan memilih meisahkan diri dengan jejak pendapat warganya di bawah pengawasan PBB…!
          Pulau Sipadan dan Ligitan tergantikan dengan Pulau Naruna…!

        • @rini, mohon baca penjelasan saya diatas mengenai kasus sipadan ligitan dan timor timur melengkapi penjelasan bung wangsa kencana

      • Emg lu tau jumlah sukhoi tni au yg sebenernya brp???

    • Malingsial kalo punya duit ga bakalan beli kaprang kw made in China bung….

      Malingsial itu gengsinya tinggi, padahal gembel !!…

      kwaaakk…kwaaaakk…kwaaakk…

  2. He…siapa yang kemarin bilang malay anti china… akhirnya malay berpikir realistis sesuai budget tapi bayarnya dengan hasil laut malay. tapi ngomong2 bikin kapal dimalay yang ngelas tetep orang indonesia, pakistan, banglades tar dibikin stempel tempatan. weleh2 lon…lon…

  3. Akhirnya ke China juga. Ya, itu lebih baik.

    • @senopati pamungkas : Saya sepakat dengan anda bung…!
      Jika melihat kebutuhan negara tetangga, mereka lebih memilih KUANTITAS tanpa memperdulikan KUALITAS…

      Sehaeusnya Indonesia lebih mawas diri karena beberapa tahun kedepan negara tetangga akan memperbanyak armadanya.

      Semoga PT PAL dan PT yang lainnya di Indonesia dapat mempertahankanKUALITAS DAN KUANTITASNYA.

  4. Pertamini

  5. Si Sultan di dudukin ditancepkan dilas karbit di pucuk tower LMS biar tambah jaguh LMS nya

  6. Test

  7. (((TIRU TIRU AJA)))) Dua kapal dibangun di galangan kapal China dan dua lainnya di galangan lokal Malaysia.

  8. what?????
    are you sure the meley nak blanje merek chino?
    kaga saleh ntuh bang…..the meley milih ploduk ploduk chino…wkwkwkwkwkwkwk…
    ijin numpang ngakak…hahahahahahahahahaha

  9. waw saingan nih

  10. entar bling2 nya ilang,,,

  11. Lah, terus nasib kapal “GOWIND” biji mane…………………….

  12. horeee kesampaian juga akuisisi dan menerima TOT… selamat untuk tetangga kita.. semoga diberikan yang KW1 ya

  13. Ya pergi digondol angin….. xixi…

  14. Lumayan byk,… hrsnya poros maritim lbh sangar aplgi indonesia sdh mampu membuat,…

  15. Kapal ini dibeli Malaysia karena alasan politis. Kemampuannya tdk sesuai dengan apa yang digembar gemborkan…hehehe…

  16. Pasti kapalni kecanggihannya menyetarai kapal selam,, sehingga menyulitkan lawan pada saat pertempuran.. Karna bisa tiba tiba menyelam..

  17. melon takde otak, otaknya diganti otak pisang

  18. Tes

  19. Jangan tertipu dengan namanya saja, yang ngotot bela negara beruk itu ya malesian

  20. Emangnya lu orang mana?

  21. tes.pisang

  22. wkwkwkwkkkk…

    ane ketawa aja ya….

    wkwkwkwkwkkk…

  23. Wah ini…ada 2 alasan menurut ane dia beli ke China..1.misi diplomatis biar tidak digebuk China….2.disuruh NATO dg uang NATO…utk tahu rahasia kecanggihan kapal China….

  24. Selamat untuk Malaysia..semoga kapal perangnya bisa berjumlah ratusan bahkan ribuan..biar RI tambah semangat produksi kaprang yg sebanyak banyaknya…

    Malaysia hebatt…..

  25. IIIIBBBUUUUUU ….
    Mama British tak mao kasih uang jajan …..

  26. Tahniah malesia hahahaha…

  27. komentar hilang gara2 para warjager sibuk ribut sendiri….wkwkkwk

  28. Kok sepertinya beritanya agak meragukan ya. Gimana mau bicara 18 kapal perang littoral, lha wong beli helikopter serang aja malaysia cuman sanggup beli Hughes MD-500 kok, itu juga cuman 8 biji. Padahal saat kawasan ASEAN diperkuat oleh helikopter2 serang bagus, kaya AH-54 Apache (Singapura dan Indonesia), Mi-35 Hind (Indonesia, Myanmar dan Vietnam) dan AH-1 Cobra (Thailand).

  29. Luar biasa nih kapal Malay efek getarnya sampe ke perut ane…kah kah kah.

  30. aanjirrrrr..ngapain eluh ngatur skor ahlak gua dan menyamaratakan orang indonesia tentang ahlak?situ udah jadi the Mighty God?????

  31. Beli yang banyak lon

    kah kah kah

  32. test

  33. patut diapresiasi mestinya desain yg sangat bagus kapal perang kecil bisa melakukan peperangan 4 dimensi, ibarat kelas Parchim sepertiga bagian sendiri sudah buat landasan heli, masih ada drone terbang dan drone selam, seperti apa ya….kasihan sekali

  34. Beli kapal2 canggih utk patroli dimana ? Lha wilayah zee nya diceroboh kapal2 China aja gak berani apa2, karena takut. Percuma …. Buat nampang doang.

  35. WAHAI NEGARA TETANGGA KU…!

    BELILAH YANG BANYAK SESUKA HATI KAMU…!

    INDONESIA TIDAK AKAN IRI AKAN JUMLAH…!

    KARENA MENGEDEPANKAN KUALITAS BUKAN HANYA KUANTITAS…!

  36. 😆 😆 😆

  37. @jokowit / pece / santoso / dll : Apakah anda tamu yang di undamg di sini?
    Silahkan anda ingin menuliskan apapun tentang negara Indonesia diforum negara anda sendiri!
    Jika anda hanya sekedar bertamu, maka pakailah etika yang telah orang tua anda ajarkan serta agama yang anda yakini!

    Anda sehat lahir batin?
    Anda diajarkan adab sopan santun?
    Anda diajarkan etika oleh orang tua anda?
    Anda mempunyai agama?

  38. Ditunggu LON perangnya. mari dimari. Gatel x bah mau makan kau LON.

  39. iya yg perlu di garis bawahi lsm di lengkapi uav dan auv serta persenjataanya nsm, dan mica..

    kapal dari china sewaco gk jauh beda dari gowind m’sia..

  40. Malingsial sedang mimpi…

    kwaaakk…kwaaaakk….kwaaakk…

  41. Iri ya lon ??…. malingsial sudah bisa bikin apa ??…. CHECKMATE !!….. xixi…

  42. Ngomong opo ruk ??….

  43. lho dah..abis ya ….q nyimak wae…..lucu…hiiii

  44. China emang Mantaaaap….

    Pelan” tp pasti…
    Melalui pendekatan ekonomi + teknologi, negara” seputaran Asteng mulai di’jd’kan tekanan/sekutu tnp kekerasan & msg” negara’pun tnp hrs merasa kehilangan muka…

    Beda dgn pendekatan dr negara” Barat , khusus’x amrik yg slalu meng’andal’kan azas superioritas & kekerasan….
    Baik tekanan secara halus ( intimidasi pd kebobrokan individu” aparat di’suatu negara ) & kekerasan secara terbuka melalui issue” ( kemanusian, HAM ) utk bisa secara lsg lakukan invasi….

  45. China emang Mantaaaap….

    Pelan” tp pasti…
    Melalui pendekatan ekonomi + teknologi, negara” seputaran Asteng mulai di’jd’kan rekanan/sekutu tnp kekerasan & msg” negara’pun tnp hrs merasa kehilangan muka…

    Beda dgn pendekatan dr negara” Barat , khusus’x amrik yg slalu meng’andal’kan azas superioritas & kekerasan….
    Baik tekanan secara halus ( intimidasi pd kebobrokan individu” aparat di’suatu negara ) & kekerasan secara terbuka melalui issue” ( kemanusian, HAM ) utk bisa secara lsg lakukan invasi….

  46. bernuansa politis beli kprang china mungkin tetangga tertekn d natuna yg full alutsista tni

  47. aboed dan ubed orang2 yang pintar, rasional dan adil… sukar mencari forumer begini dalam situs jakartagreater…

  48. israhell juga orang yang pintar… sekilas ikan di air sudah tahu jantan/betinanya…

  49. 😮
    minta di bully

 Leave a Reply