Jun 032016
 

Pemerintah Malaysia akan meningkatkan perhatiannya terhadap perairan Laut Cina Selatan. Pemerintah Malaysia bahkan telah berencana untuk membangun pangkalan Angkatan Udara di Bintulu, wilayah selatan Miri, Negara Bagian Sarawak.

Rencana pembangunan pangkalan itu muncul setelah beberapa pekan lalu terlihat kapal-kapal nelayan Tiongkok sedang mencari ikan di dekat gosong Luconia selatan, satu wilayah perairan yang kaya akan ikan di Kepulauan Spratly.

Sebelumnya, seorang petugas dari Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) mengatakan bahwa kapal penjaga pantai Tiongkok juga beberapa kali terlihat di sekitar South Luconia Shoals, sebuah wilayah kaya minyak di Miri.

Sumber di Kementerian Pertahanan Malaysia yang tidak mau dipublikasikan identitasnya mengatakan bahwa pemerintah Malaysia seharusnya melakukan lebih banyak tindakan di bidang maritim atau Malaysia akan disepelekan.

“Ketika nelayan Tiongkok memasuki perairan Indonesia, mereka langsung dikejar. Ketika kapal Tiongkok memasuki perairan kita, tidak ada yang dilakukan,” kata sumber tersebut.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Malaysia menyampaikan bahwa pembangunan pangkalan militer tersebut dilakukan untuk mencegah adanya ancaman serangan dari simpatisan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang berada di wilayah selatan Filipina. Pangkalan itu akan menjadi basis bagi helikopter, drone, dan satuan tugas khusus guna melindungi aset negara yang kaya minyak dan gas.

Sumber: Kabar24

Bagikan :

  33 Responses to “Malaysia Berencana Bangun Pangkalan Militer di Laut Cina Selatan”

  1.  

    Ketika nelayan Tiongkok memasuki perairan Indonesia, mereka langsung dikejar. Ketika kapal Tiongkok memasuki perairan kita, kita kejar juga, kita jual pisang2 ini ke mereka.. 🙂
    Negara paling jaguh sekawasan mau buka pangkalan militer di natuna..yakin ?? Atau buka kedai kopi ajalah pakcik, biar ada tempat ngupi2 TNI yg standby jaga natuna 🙂

  2.  

    Eh pd kmana warjag yg lain ?? Sedang bobo cantik kayaknya

  3.  

    Ikut begadang….

  4.  

    Harusnya malaysia membuat join task force aja sama singapore indonesia guna menangkal agresi nelayan cina

  5.  

    Harusnya malon Bikin task force aja sama singapore kalo gak bisa ngatasi cina

  6.  

    Apa tidak terlambat tuh? Wong china sdh memasang rudal HQ-9 di lcs Malaysia baru bersiap memasang batu pertama pembangunan basis militer dikawasan lcs, tepatnya Binturu yg msh bagian dari Serawak. Seharusnya sdh dari dulu Malaysia membuat pagar betis langsung di gugusan pulau Spratley yg diklaim, agar tdk keduluan china yg membangun.

    Namun patut diapresiasi rencana Malaysia mempertahankan klaimnya dg bukti nyata, walau untuk hal itu musti menunggu Indonesia bersikap tegas dg mengusir dan menangkap kapal nelayan china yg memasuki perairan Natuna. Ternyata secara diam-diam Malaysia menunggu gerak Indonesia dlm mensikapi klaim china yg berlebihan atas perairan dan gugusan pulau di lcs, termasuk perairan sekitar Natuna milik Indonesia. Sikap Malaysia dan beberapa negara ASEAN yg terlibat sengketa dg china di lcs merupakan fenomena penting bagi politik Indonesia dlm kasus lcs, jgn sampai sikap tegas Indonesia nantinya dimanfaatkan untuk kepentingan negara kawasan yg bersengketa dg china, dan terutama negara dari luar ASEAN yg hobi perang (USA). Dalam kasus lcs, Indonesia wajib bermain cantik tanpa mengorbankan diri secara berlebihan.

  7.  

    Sebelum bangun pangkalan lebih baik bangun nyali dulu lah..

  8.  

    Nyimak………wkkwkwkwkkkkK

  9.  

    “Ketika nelayan Tiongkok memasuki perairan Indonesia, mereka langsung dikejar. Ketika kapal Tiongkok memasuki perairan kita, MALAH KITA YANG DIKEJAR-KEJAR” kata sumber tersebut.
    Hahahahahahaha……. !!!!!

  10.  

    katanya negara malon paling jaguh se asean , eh nunggu komen teksi teksi aja deh padahal nangkep kapal cina aja gak sanggup hehehe

  11.  

    Yaaa saya dukung malon buat pangkalan… butuh berapa ribu bibit pisang lon?? Kwwkkw..

    yaaa paling tidak dengan rencana malon itu nantinya pangkalan itu bisa sedikit meredam ke onaran china dI LCS.. burung dibangun lon…. ngimpi teruss kapan bangunnya lon?? Haha

  12.  

    Mungkin warga malay and their army, sudah masuk dalam “Comfort Zone” jadi yaa… ngapain nyari2 perang ma Jin Ping… Toh yg diambil ‘cuma’ gugusan karang, daripada nyawa terancam, yaah biarin aja, kkta buat base di laut buat mengawasi saja. Untuk tindakan sampai menembak anjungan kapal nelayan Cina…… saya kira malay perlu menguatkan mental selama bulan Ramadhan ini….

    Tahniah malay, saya sokong sikat sang naga dan keluarlah dari zona nyaman kalian…..

  13.  

    malon sekarang terdiam membisu tak bisa sok jaguh lagi hehehe

  14.  

    Haa…?? Yakin bikin Pangkalan…?? Pangkalan Ojek Atau Bikin Kebun Pisang disana…??

  15.  

    Bikin pangkalan untuk MANTAU mancing mania nelayan cina ya pak cik… Oke lah klau begitu..

  16.  

    Mari kita dukung Dulu merdeka. terlepas dari malaysia dan philipina.

  17.  

    Mari kita dukung Sulu merdeka. terlepas dari malaysia dan philipina.

  18.  

    loh katanya malyshit sudah punya pangkalan militer namanya GENTING Highland ya ??

  19.  

    Songlap kao malon !!… kwaaakk….kwaaaaakk…kwaaaakk….

  20.  

    Ini bukti bahwa solidaritas ASEAN tumpul. Hanya sekedar slogan tapi urusan kekompakan masih jauh jika dibandingkan Uni Eropa. Solidaritas & kekompakkan Uni Eropa sangat tinggi, terutama dalam menghadapi teroris.

    Seandainya kerjasama ASEAN solid dng tegas membentuk patroli bersama antara kekuatan angkatan bersenjata Vietnam, Malaysia dan Indonesia yg punya kepentingan aset di seputar LCS, dan bertindak tegas serta berani atas kepentingan bersama, mengerahkan aset tempur yg dpt diperhitungkan lawan secara bersama, maka jangankan CG china bahkan sekelas kaprang utama china akan mengkerut nyalinya.

    Adakah secuil nyali CG china atau kaprang china memasuki teritorial yg disengketakan jika yg berpatroli bersama sekelas frigate Lekiu Class Malaysia, Bung Tomo class, Gepard class dan disupport oleh sekelas KCR 60 dari masing2 ketiga negara.?
    Denyan komando yg jelas dan tindakan yg sangat tegas dalam setiap pelannggaran yg terjadi di LCS oleh armada china, maka jangankan mengeksploitasi pulau2 bahkan utk berkeras mengklaim Nine Dash Line nya pun di LCS, China perlu nyali yg sangat2 besar banget.

    Takutkah Vietnam, Malaysia dan Indonesia dng Rudal DF-21 china, takutkah akan rudal2 nuklir china yg gede2 dan segambreng banyaknya.? China mungkin akan berpikir sejuta kali utk menggunakannya, bahkan terpikirpun tidak oleh pemimpin mereka. Mengapa.? Akan menjadi halal hukumnya bagi negara di dunia utk menghukum china dny alasan kemanusiaan. Inginkah china bernasib spt Nazi Jerman atau Jepang yg menghadapi amuk keroyokan negara di eropa dan Amerika.
    Akan menjadi halal hukumnya bagi Nato, Rusia, Amerika dan India mengkapling- kapling negara China spt jerman pada PD II akibat tindakan china yg gegabah.

    China berani spt sekarang karena ASEAN yg lemah, tdk kompak dan mementingkan urusan masing2. Padahal sebenarnya China is chiken.

    Padahal malaysia memiliki lapangan terbang di pulau utara Serawak. Mengapa tidak mengoptimalkan kondisi bandara tersebut utk lebih ditingkatkan disamping sebagai lapangan udara sipil utk pariwisata jg bisa menjadi pangkalan udara squadron tempur mereka. Dan bahkan tinggal melengkapu dng pangkalan Angkatan laut di pulau itu. Dibandingkan dng Natuna, pulau di utara Malaysia ini lebih siap jd pangkalan militer dlm waktu singkat. Ketimbang hanya dijadikan pulau wisata.
    Semoga ASEAN segera bangun dari tidur dan siap bergeliat secara kompak dan solid, demi terciptanya kawasan ASEAN yg damai dan bersinergi urk bisa menyaingi kebesaran Uni Eropa dalam berbagai aspek.
    Salam damai.

  21.  

    Aku sih nggak yakin

  22.  

    kita dukung pembentukan pangkalanya, setidakny itu akan berguna untuk menghalau nelayan cina yg rakus sebelum msk natuna

  23.  

    Kali ini kita bela malaysia utk membangun pangkalan militer di lcs, malaysia dan semua negara terdampak konflik lcs harus bersatu lawan kerakusan china,indonesia jg akan gabung dgn mrk, jika natuna di usik, dongfeng tdk akan menang jika kita bergabung lawan tiongkok, kita hancurkan china yg trkenal rakus dan sok jago…basmi china, basmi china, basmi china…….

  24.  

    Semoga negara2 tetangga tdk terlambat mbangun… Cepat dong bpikirx dan bertindaknx.

  25.  

    Malay tdk perlu dibela…..negara kacang lupa sama kulitnya….lupakah kalian ketika nkri di keroyok soal Timor Leste…Malay dengan FDA….

  26.  

    Eiiillleeehh…pura2 mao ngelawan cina. Biar dibilang hebat tuh..padahal utk antisipasi sulu doang.

  27.  

    NAH GITU DONG MALAYSIA…..JANGAN CENGENG DAN KOLOKAN….USAHA…USAHA….ENTAR LAMA LAMA PERBATASAN LAUTNYA DICAPLOK CHINA…..ENTAR MEWEK……INILAH SAKITNYA WILAYAHNYA DIACAK ACAK ATAU DIKLAIM NEGARA LAIN……MAKANYA MULAI SRKARANG MALAYSIA HARUS JUJUR…..KALAU MERASA BUKAN WILAYAHNYA JANGAN DIKLAIM….MAKANYA HUKUM KARMA…..SEKARANG DIKLAIM CHINA…BELUM LSGI SABAH…AKAN DIREBUT FILIPINA…

  28.  

    Kita juga masih banyak kelemahannya Bung ! tak perlu me3mandang negara lain marilah koreksi diri dan perbaiki

 Leave a Reply