Mar 162015
 
image

(photo : Jane’s, Malaysian Defence)

Shah Alam – Angkatan Laut Malaysia (RMN) sedang mempertimbangkan pembangun kapal perang mereka bersama China, meskipun hal ini kontroversial, mengingat akan sulit mengintegrasikan sistem China dengan sistem Barat dalam armada RMN. Namun ada pembicaraan bahwa lambung kapal dan struktur akan dibangun di China dan instalasi peralatan Barat di galangan kapal Malaysia. Alternatif lain adalah segmen/ modul dibangun di China dan kemudian diintegrasikan sepenuhnya di galangan kapal Malaysia.

Pemerintah tertarik untuk mendapatkan setidaknya dua kapal perang China bagi Angkatan Laut Malaysia (RMN) meskipun Angkatan Laut tidak memintanya.

Sumber mengatakan Malaysia berencana membeli dua kapal perang setelah diusulkan oleh sekelompok pengusaha dari kedua negara yang mempromosikan hubungan antara Malaysia dan China. Senior pejabat Kementerian Pertahanan Malaysia mengakui rencana itu tetapi menolak berkomentar lebih lanjut.

image

(photo : Jane’s, Malaysian Defence)

Sumber mengatakan pengadaan dua kapal perang seharusnya ditandatangani saat kunjungan Perdana Menteri China tahun lalu -40 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara – tapi dibatalkan pada saat terakhir karena berbagai masalah, salah satunya soal kekhawatiran pendanaan.

Sumber tidak setuju dengan jenis kapal perang yang akan diperoleh. Namun ada kemungkinan kapal perang ini adalah varian korvet C28A yang dibangun untuk Angkatan Laut Aljazair. Sebuah model korvet C28A ditampilkan oleh China Shipbuilding Trading Co (CSTC) dalam pameran DSA 14 tahun lalu di Kuala Lumpur.

Menurut CSTC, korvet C28A memiliki panjang 120 m, lebar 14,4 m, draft 3.87m, bobot standar sekitar 2.880 ton, dan bobot beban penuh lebih dari 3.000 ton.

Harus dicatat Aljazair menyebut kapal ini sebagai korvet meskipun kapal memiliki bobot mirip dengan F-22p Pakistan yang dinyatakan sebagai frigat Zulfiquar class. RMN memiliki kapal yang dirancang Parncis yang memiliki bobot mirip dengan keduanya, kapal C28A dan F-22p dan dikategorikan sebagai frigat.

image

Menariknya, CTSC dan PNS Zulfiquar mengambil bagian dalam pameran LIMA 2015 yang digelar mulai 17 Maret 2015 di Langkawi Malaysia, meskipun tidak ada kapal China berpartisispasi dalam pameran ini.

Tiga kapal untuk Aljazair sedang dibangun oleh Hudong-Zhonghua Shipbuilding Company di Shanghai. Kontrak untuk kapal ditandatangani pada tahun 2012 dan kapal pertama diluncurkan pada 15 Agustus 2014 dan pengiriman diharapkan tahun ini.

IHS Jane melaporkan bahwa C28A itu merupakan evolusi dari frigat F-22p Pakistan setelah angkatan laut Aljazair mengunjungi Pakistan untuk melihat operasi frigat ini dari tangan pertama. Laporan itu juga mengatakan C28A menggunakan desain frigate tipe 054A Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China.

Sumber Malaysian Defence mengatakan kemungkinan hanya lambung dan mesin yang bersumber dari China, sementara sistem tempur utama kapal akan diperoleh dari perusahaan-perusahaan Barat.

Meskipun ada perbedaan pendapat tentang desain lambung, semua sumber sepakat apapun desain yang dipilih, kapal akan dilengkapi dengan MTU atau MTU-derived diesel engines.

image

Ada kemungkinan kapal akan memiliki sistem dan senjata yang sama seperti pada Kapal Litoral Combat Ship (LCS) yang sedang dibangun oleh Boustead Naval Shipyard. Fitting akhir dari frigat China diharapkan dilakukan di fasilitas BNS di Lumut – tempat yang sama di mana LCS akan dibangun dan dilengkapi, karena tidak mungkin elektronik dan sensor buatan Barat diekspor ke China.

Pengaturan yang sama sedang dibuat untuk korvet Aljazair dengan peralatan buatan Barat yang diinstal pada kapal setelah kapal dikirim ke negara Afrika Utara itu.

Jika pengadaan disetujui, diharapkan kapal akan didanai oleh 11th Malaysian Plan dan dikirim dalam waktu empat tahun setelah penandatanganan kontrak. (Pertahanan Malaysia).

Bagikan Artikel :

  108 Responses to “Malaysia Berencana Beli Kapal Perang China”

  1. Indonesia dengan pros maritimnya memerlukan kapal yang lebih banyak dari Malaysia. Pembuatan kapal dengan instalasi gado-gado Indonesia harus lebih baik dati kapal manapun

  2. genep

  3. Keren malaysia…kalo soal pemerintahan/kedaulatan mereka gesit…SDM nya sudah sevisi.

  4. Mau beli apa nyewa tu ???

    • nyewa dulu,,entar aja ada produk baru,,ojo kesusu,.nunggu f35 malayshit datang..
      indonesia nunggu sukhoi35
      malayshit beli kovet dari china
      indonesia jaoin dari belanda

  5. jikalau benar terjadi semua itu hanya menjalankan skenario agar indonesia terlibat dalam clash di lcs.

    kemungkinan malaysia beli dengan diisi peralatan dari grup nato. padahal ada sebagian yang mempunyai kemampuan ganda dengan meluncurkan rudal ex china. begitu pertempuran di lcs dimulai. dalam keadaan perang brubuh antar kapal, meluncurlah sebuah rudal ex china menghantam kri. padahal tidak jelas asal usul rudal tersebut. dan akhirnya indonesia akan masuk gelanggang di barisan pro barat dari yang sebelumnya netral.

    harapannya pemerintah china lebih berhati-hati.

  6. Kita bisa bikin sendiri kok cup cup cup

    • kayaknya ini permainan nato,dibeli dulu entar diteliti perkembangan china,.malayshit pura pura membelot kechina,.ato permainan cantik malayshit sendiri biar jalur sutra kemalayshit berdampak ekonomi,. kita lihat aja nanti pasti ketahuan,.

      • @Bung cetik, akan lebih baik bila dlm comment dlm hal menyebutkan nama negara tidak berisi “Flaming” spt itu, walau maksud tujuan coment anda sudah kami tangkap/mengerti. sekedar saran. IMHO

  7. tdk akan ada pengaruhnya dikawasan

  8. Biasa aja ya Korvet Malay Made in cinanya…bangun hull dan struktur rangkanya di china…senjatanya standar buat kapal KORVET seberat itu…saya lebih melihat kapal” buatan PAL semacam KCR 40 dan 60, walau kecil tp cabe rawit..kalau buat pesisir enak buat doktrin CI..LUK..BA…secara rudal yg digunakan sama dengan korvet Malay…tp lebih gesit..yg penting dibanyakin

  9. iya rawan embargo..makannya baik baik dulu ama belanda,,nanti klo udah mandiri kita yang embargo alat-alatnya,..

    • ya jgn bgtlah, kl bisa kt bisa banyak belajar lg, jgn cm belajar ngebangun kapal perang aja, belajar soal desain bangunan yg berguna utk negara kt kan bisa jg, jgn karena dendam pribadi mesti ngorbanin hubungan antar negara.

      • bukan masalah dendam,,tapi masalah embargo,. beli tank leopard kenak ham. nanti ditenggah perjalanan dibatalkan lagi kapal indonesia yang dibikin disana,. semua gitu klo ama nato,.PASTI gagal,.

  10. Beli atau tepatnya SEWA lon ?????????? ………….. wk wk wk !!!

  11. Indonesia lebih baik TOT dengan korsel, KDX III

  12. Gila, keknya RMN lg bangun kekuatan neh :mrgreen: Gowind skrg Korvet, katanya jg Type 26 frigate UK jg bakal diambil ama tetangga ya?

    RI kalau kapal keknya lbh cocok ke Belanda Italia atau Russia :mrgreen:
    Horizon ditandemin ama Sovremannyy (AAW) dan Udaloy (ASW) TOP ditambah Amur, pasang Brahmos :mrgreen: STRONGGG

  13. Sepertinya masih konsep rencana aja, blm ada penandatanganan kontrak sama detil pembiayaan, lagian malon mana pny duit hari gini mau rancang bangun kapal. Gowind gmn kabarnya tuh??? Mangkrak ya..??

  14. Klo sdh jadi rentalkan ke meley ya om? Kasian tuh tetangga.

  15. Malon Mau ngejar indonesia, belajar dulu di Tadika Puri wek….

  16. Sdm kita agak sulit gak kayak china alutsista negara lain dibeli,dipreteli,dipelajari, dibuat, dicoba hasilnya menakjubkan patut di tiru gak ribet birokrasi dng negara pembuatnya

    • SDM kita bisa buat apa yg pemerintah mau, ngak perlu mempereteli, copy paste, kita ada smua blueprintnya mulai kapal minimalis sampai maximum. klw soal modifikasi malah nomer satu klw saya amati contohnya bang usman harun, hehe. Asalkan dana risetnya jelas.. Ngak seupil.hehe.. 😀

      • Assalamualaikum wr.wb.
        sip bung sama seperti kondisi PT DI yang dulu, produknya langsung menjadi nomer 1 tapi sayang terjadi krismon 😀

        • Walaikumsalam wr.wb. iya bung.. Intinya itu ada yg tidak suka kebangkitan NKRI.. Intinya sekarang penjajahan bukan fisik tapi penjajahan putih..:D. Itu klw kita nyadar ngak pinsang..hehe

  17. malaysia+singapura itu pion amerika. Secanggih apapun alutsista malaysia cuma kelas 2, tentaranya tidak pernah perang, takut mati, gendut2, manja lg. Malaysia Tidak punya SDM untuk membangun negaranya smua dr Indonesia.

    • Disini anda bisa saya bilang 99.9% betul. Krna tenaga ahli kita banyak yg kerja di perusahanan milik malaisiya atw di singapura. Klw sama yg tenaga2 ahli yg jadi TKI disana polisi dan oknum2 sana sangat menghormati, beda jauh klw sama TKI2 biasanya. Disitu klw dipikir saya jadi merasa sedih..:(

  18. malay lagi rayu china , percuma….besok klo sdh waktunya pasti di hajarrr rudal china ..he..he

  19. Melei malon tambah gelar, sebagai negara rencana dan rencana doang !

  20. Lawan tanding PKR-105 TNI-AL….tpi kyak nya Malaysia kok galau banget sih mo pesen dri China, tpi ya begitulah mo pesen 1paket dri Blok barat tpi gak punya dana mo beli dri Cina tpi sistemnya gak connect Mending kita walopun rawan embargo dri Belanda tpi kita berani pesen 1 paket dri 1blok baik itu kapalnya dan beserta sistem perangnya
    Dan katanya negaranya lebih kaya dri pd negara2 tetangga kok mo buat Korvet saja masih butuh 11 tahun utk melunasinya harusnya langsung bayar lunas donk

  21. kapalnya canggih………..bikin ciut tentangga….

  22. Saya belum mengerti. Malaysia berseteru dengan RRC untuk kawasan LCS yang notabene adalah kawasan maritim. Kemudian Malaysia berencana beli kapal perang dari RRC. Lha?

    Indonesia tidak berperang dengan AS dan Inggris, tapi dua negara itu pernah melakukan embargo kpd Indonesia. Lha ini?

    Ada yang dapat menjelaskan?

    • Malay itu caranya suka berdiplomasi.lidah lagi tajam dari senjata.jika membeli lebih mengeratkan hubungan malay n china, kenapa tidak?ada ruang diplomasi, kenapa mahu berperang?

  23. Hanya hasad dengki.
    Kapan bangsa ini akan berubah.

  24. INGAT + CAMKAN….Bahwa INDONESIA bukan RUMPUNISTA MELAYU melainkan BANGSA NUSANTARA

  25. @Johor : kalau untuk malon tak perlu lah pake otak, cukup pake dengkul buat nyaduk congornya malon.

  26. trllu fokus ke utara jngn dilupain yg slatan khususnya pangkalan d sltn jawa/cgirsmas dan cocos

  27. Preettt, Kata siapa.??? kata nenek moyang loe yaaa,,,yang terkuat di ASEAN tu adl TNI AL….

    • Sabar.. Bung biar waktu dan mata internasional yg menilai secara nyata..:)

    • Malaisia penuhi dulu kewajiaban negara anda untuk mengembalikan penumpang MH370.. Baru ngomong alutsista..kasian keluarga mereka menunggu kabar berita

      • yang pandang laen tuh sapa pak cik??
        kayaknya pemikiran anda terlalu sensitif menanggapi komen2 di warjag disini, baru gabung ya??
        biasa aja kalees kami tau meley menghidupi 3 juta warga NKRI, tapi ingat, tanpa kami kuli2 dari Indonesia, Bangladesh, Myanmar, Nepal and etc, KAU INGAT MELEY BOLEH JADI MACAM SEKARANG??
        rakyat tempatan korang berapa biji??
        sok alim bngt lu lon!!
        ah udah lah bosan liat para malon pada komen dimari.

  28. Ha5.. Malaysia sudah sujud sembahnya ke china.. Takut di caplok sama china di sabah.. Tanda sujudnya yah beli kapal perang dr china.. Berharap tdk di ganggu sabah.. IMHO

    • Anda beli pkr sigma bermakna anda sembah sujud holland?takut dijajah holland lagi?sedih melihat cara anda berfikir.

      • Kami tidah sembah sujud melay dan kami tak takut dengan roti holland…ikan banyak dimalaisia.jangan suka nyuri lagi ya

        • Same goes to you.jangan cuba nyuri2 ikan lagi ya.. 🙂

        • tapi kamu siksa, perempuan diperlakukan tidak senonoh dan jadikan budak, gaji gak pernah dibayar. dimana moral dan kesopanan rakyat malaysia…!!!! jgn bisa cakap doank..
          itulah jd bangsa kami benci dgn anda…tidak tahu terima kasih…. kita sesama manusia harus bisa menghargai satu sama lain.. apakah di malaysia tidak diajarkan disekolah tentang pendidikan moral dan kesopanan.????
          tolong dijawab dgn jelas tidak bertele-tele.. thanks..Hidup NKRI…!!!

      • kami beli PKR tuk di buat di dalam negeri.. kami punya program tot untuk bisa bikin frigate dindalam negeri.. saya kira itu cara berpikir kami..
        kenape malaysia yg sudah punya program tot kepade frigate perancis berubeh pikiran beli ke china.. jd kami pikir itulah persangkaan kami pakcik

      • kami beli PKR tuk di buat di dalam negeri.. kami punya program tot untuk bisa bikin frigate dindalam negeri.. saya kira itu cara berpikir kami..
        kenape malaysia yg sudah punya program tot kepade frigate perancis berubeh pikiran beli ke china.. jd kami pikir itulah persangkaan kami pakcik

      • belanda mustahil akan menjajah NKRI kembali karena sdh trauma akan kekalahan telaknya..apa lagi indonesia militernya sdh kuat tdk bisa diremehkan lagi…maaf beda jauh dgn militer anda…

    • Kata siapa…Lcs lagi panas-panasnya…perdagangan tertinggi bukannya indonesia.? seandainya PD 3 terjadi antara Russia Vs Nato+AS, pasti Thiongkok serang ASEAN (Philipin, Vietnam, Malaysia, Singapura, Australia) sekutu AS & Nato, dan didukung Korut…kapal perang thiongkok sdh sering ke samudra hindia, kalo kita cuman lihat saja game nya…dan kita sdh mulai siap2 untuk pagarnya mulai dari pagar depan (Natuna)..krn imbasnya ke NKRI…makanya kita ada MEF I – MEF III… kita cuman tunggu waktu saja,.. ini analysis orang awam..

  29. Assalamualaikum wr.wb.
    memangnya malaysia berperan apa dikasus papua?

    • Wuahahahaha sejak kapan Indonesia mau aneksasi.
      memangnya tidak perlu biaya apa untuk aneksasi?
      yang perlu anda ketahui butuh biaya besar untuk aneksasi sebuah wilayah
      yang menjadi pokok persoalan kami adalah pembangunan bukan mau aneksasi, aneh-aneh saja :mrgreen:

    • dan yang jelas kami tidak akan menganggu selama kami tidak diganggu kedaulatannya
      itu merupakan poin terpenting

  30. Dan juga, jgn klaim pulau kami dan pindah-pindah patok kami… ; ) ambalat sdh dijaga hantu laut dan
    elang biru…

    • Saya akan dengan senang hati menunggu saatnya konfrontasi dgn malaysia, saya targetkan 1 peluru untuk 1 sasaran, saya akan dengan senang hati membawa dan memimpin anakbuah saya untuk menghancurkan setiap sector pertahanan TDM, tapi tdk lah untuk saat ini, saya dan prajurit lainnya msh sangat mghargai dan menghormati negara lain termasuk malaysia. Jika sdh sampai pd waktunya maka berhentilah untuk tidur nyenyak, krna saya dan prajurit saya adalah mimpi buruk bagi ANDA !!!!!

      • Maka kami belajar bagaimana konfrontasi bisa dibenarkan dan tdk melanggar hukum internasional. Masalah embargo, itu takkan jadi soal, saatnya bangsa kami mulainmenata diri untuk tdk bergantung kepada bangsa barat. Terutama bangsa nya jendral yg MATI diperistiwa 10 NovEMBER dan antek2nya. Semoga jika saat itu tiba bangsa anda jg akan gagah berani menghadapi kami di medanlaga. Untuk saat ini mari kita berlomba untuk mnjadi bangsa yg kuat dan bermartabat. Untuk menghadapi semuankemungkinan kemungkinan yang akan terjadi. Krna pada saatnya nanti anda akan memilih untuk berhadapan dgn kami atau berdiri di sampaing kami di peperangan di masa yg akan datang.

      • maksudnya berpecah itu apaaaaaa, ha..ha..ha. papua baik2 saja tetap wilayahnya segitu.

      • Monday, November 10, 2014

        GOWIND : GO WITH THE WIND..!
        Akhirnya pupus sudah ambisi Malaysia untuk coba unjuk gigi di pentas dunia dengan mengukir sebuah mahakarya Eropa dalam bentuk kapal perang jenis Littoral Combat Ship Gowind Class, yang dirancang oleh sebuah peusahaan industri strategis Perancis, DCNS..!
        Ditengah tekanan dari dalam negeri sendiri, akhirnya tim dari Perancis menyimpulkan penilaiannya terhadap kapasitas perusahaan lokal Malaysia, Boustead Naval System, bahwa perusahaan tersebut dinilai belum dan tidak akan mampu mengerjakan project sesuai standard yang telah ditetapkan..!
        Demi menjaga reputasi dan kualitas produk, akhirnya kemarin panglima Royal Malaysian Navy bertolak ke Perancis untuk menyaksikan penandatanganan kesepakatan baru. Dalam kesepakatan itu hanya dimungkinkah bahwa Malaysia akan mengerjakan tahap finishing, yang artinya, kapal akan dikerjakan seluruhnya di Perancis, untuk kemudian di thowing ke Malaysia untuk dilengkapi..!
        Sempat mencuat ide untuk menerapkan skema dan konsep sebagaimana diterapkan oleh Indonesia dengan Belanda dan Korea, namun lagi-lagi Malaysia tidak siap dengan SDM yang mampu memenuhi standard DCNS..! Sangat memprihatinkan..!
        (theovasili.blogspot.com)

    • Maaf bung malaysia, maksud nya papua berpecah apa ya? Saya kurang faham.

  31. bung malaysia dan melayu salam damai, meski disini banyak komen kurang enak tapi masih berusaha sopan dan sabar.

  32. emang diujung tanduk lon..jadi budak british,,inget lon kau belum merdeka secara berdaulat lon…merdeka loe itu atas pemberian british,sesungguhnya british belum mengakui secara de facto,belajar lon dari sejarah lon, urusin dulu tuh si scorpene loe kagak bisa nyelem…wkwkwkwkwkwkwkwk

    • @malaysia selalu nya pemahaman sejarah juak2 dari negara indon nih … setakat paras buku lali.. dan dia akan canang semacam jaguh di alam ilmu.. dan juga ada masalah superiority complex .. kamu nak jadi jaguh .. kamu nak jadi.. hero asia.. sila lah.. kami warga MY tak pernah kisah.. langsung.. kebanyakan org indon nih .. selalu ingat kita medeka dari british macam tuh jer FOC.. depa ingat depa jer berperang dgn penjajah nak merdeka.. dia tak baca sejarah negara kita.. dimana bagaimana tok janggut berjuang.. dia tak baca sejarah mat kilau.. datuk maharajalela kisah J.w.w birch.. dan bermacam macam lagi.. sedih aku kekadang dgn depa… takpalah .. aku bertandang ke forum nih pon pasal ADMIN sini rajin update artikel yang menarik untuk di baca.. walaupon mengenai pertahanan .. negara INDONESIA tatapi sesuatu yang menarik ..

      bongkak .. dan sombong.. itu lah yang aku buleh katakan pada @Manyul dan pada kebanyakan juak2 indon nih.. sorry lah ADMIN .. ada commenter yang bernas.. dan tebaik.. malah artikel pon ada yang baik dan bagus untuk di baca… tetapi .. sejak akhir2 nih agak kurang sikit.. any you still the No1 reading site yang selalu saya lawati..

  33. indonesia masih dijajah oleh belanda? indonesia harus belajar dari malaysia bagaimana untuk mengusir penjajah.

  34. Assalamualaikum wr.wb.
    barusan habis baca hehehe

    membeli dua kapal perang setelah “diusulkan oleh sekelompok pengusaha dari kedua negara” yang mempromosikan hubungan antara Malaysia dan China

    “hanya lambung dan mesin yang bersumber dari China, sementara sistem tempur utama kapal akan diperoleh dari perusahaan-perusahaan Barat”

    “kapal akan memiliki sistem dan senjata yang sama seperti pada Kapal Litoral Combat Ship (LCS) yang sedang dibangun oleh Boustead Naval Shipyard”

    kita tahu konsosurium eropa tidak mengajarkan hal ini ke malaysia karena gap,
    mungkin “diharapkan nanti china akan membongkar gowind dan memasangkannya ke C28A”
    dan pemerintah malaysia berharap dapat belajar penginstalannya dari china.
    sedangkan china dapat mengcopy sistem elektronik dan persenjataan Gowind dari perancis

    kelihatannya disini pengusaha malaysia dapat dana segar dari pemerintah china dan jumlah nominalnya tidak sedikit.

    • berarti kemungkinan ada unsur suap dalam pengadaannya.

    • terus malaysia bisanya buat apa?

      • Assalamualaikum wr.wb.

        nah itu masalahnya
        jika mereka masih belum kompatibel untuk ilmunya, ya malah nantinya di bohongi pihak china
        mau di ajari tapi sebatas pada kemampuannya.

        malah china enak dapat uang dari pembelian kapalnya dapet contoh produk dari perancis wuehehehe.

        walaupun mungkin china cuma dapet separuh dari pembayaran namun harga itu mungkin sudah pantas untuk mengganti biaya produksi.

        karena pasti separuh biayanya dikembalikan/dibayarkan ke perusahaan malaysia lagi. wueheheh

        ya istilah kerennya korupsi wuehehehe 😀

  35. Wajar bung malaysia didalam forum pasti ada pro dan kontra, ya kita sebagai manusia harus saling menghargai dan tidak saling menghina satu sama lain.salam warjager

  36. Malaysia itu propokator. Yg mengadu domba RI dg australi ya malaysia, itu lho cyberwar jaman SBY. Lalu kemarin masa pilpres juga, ngompori mleduk. Nah saat ini di fb terutama yg menjelek2an Presiden RI ya malaysa, propokator mau mengadu domba tapi ketahuan.xixixi. Ingat, setiap perbuatan pasti ada balasannya,. . . .

  37. UMNO?? anda tau kah sejarah UMNO.. sejarah penubuhannya?? kerana UMNO malaysia maju.. kerana UMNO malaysia merdeka.. banyak sejarah UMNO kamu tak tau.. kat malaysia keadaan politik nya tak sehangat politik indonesia..

    royal guard bertukar ganti adalah military tradition lah .. MY tak banyak issue.. dgn INDON selain masalah perbatasan.. tak ada faedahkami nak cemburukan kamu..

    di sana MEDIA kamu terlampau mensensasikan perkara remeh.. heh… pandai mengata MY menjilat inggeris.. tapi kamu menjilat US … tak nampak..

  38. GW gak banyak ngomong,…

    TNI siapin aja 100 biji TOPOL -M ama ISKANDER tujuan SABAH & SERAWAK

    cape gw dengerin malon , Udah aneksasi jaa… beres….

    TNI STROONG…. THE MOST POWERFULL MILITARY IN ASIA….

  39. Negara satu ini memang licik + singaporn, saat Indo lemah di embargo menusuk dari belakang, thailand saja masih bantu meloloskan beberapa pesawat dari israel ke indo. sipadan ligitan diambil dengan licik , patok 2 di kalimantan digeser. tetapi ketika kita kuat merengek – rengek minta diakui saudara serumpun. Aneh sodara serumpun tapi membentuk aliansi militer dengan negara lain. brunei adalah contoh sodara serumpun negara ini bertetangga baik dan militernya dilatih di indo sehingga dapat menjadi runner di lomba tembak baru2 ini. china pun tdk gegabah untuk mengusiknya karena tahu akan berhadapan dengan Indo. brunei sodara serumpun yg tahu diri dengan siapa harus mendekat.

  40. apa kamu tidak pernah buat sebegitu .. pada kami satu masa dahulu…

  41. sepertinya ini “salah” judul, malays tidak pernah berncana “akan”, tetapi pasti beli. malays banyak duit, kaya, saking kayanya pesawat termpur saja tidak mau beli, cukup sewa saja. ;))

  42. mantap betul ini malaysia,, sepertinya malaysia ingin mengejar kelengkapan alutsista nya supaya bisa seperti singapoere, dimana alutsista yg dimiliki singapoere adalah yang paling lengkap dan canggih di kawasan asia tenggara,,,,

  43. Kondisi malaysia saat ini seperti indonesia sebelum reformasi. Kemajuan dan keberhasilan pemerintah hanya untuk meninabobokan warganya demi status quo. Termasuk capaian di bidang teknologi militer. Apakah SDM malaysia sudah mampu? Apakah tidak terkesan dipaksakan demi mengangkat gengsi pemerintah/negara agar terlihat lebih jaguh dari tetangganya. Indonesia butuh waktu bertahun2 utk membangun industri militernya. Namun itu tidak sia-sia. Terbukti produk militer indonesia telah diekspor ke negara lain spt pesawat cn235, panser anoa, kapal SSV/LPD, senapan serbu dan amunisi, dll. Jika memang malaysia ternyata lebih maju dari yang telah dicapai oleh indonesia, maka kita patut mengucapkan selamat/tahniah! Namun jika kemajuan tersebut jauh panggang dari api, maka percayalah there’s something wrong with your country. Belajarlah lagi dari indonesia, jangan malu.

    • Itu mentalnya pemerintah dan penduduk indonesia…orientasinya cuma perang dan militer…ayuh..bangun terus militernya…malaysia justru lebih berminat dengan industri sawit,minyak dan gas,perbankan dan automotif…kerana sudah jelas itu menyediakan lapangan kerja yg lebih luas melebihi tuntutan rakyat malaysia sendiri…buktinya,ramai rakyat indonesia berkerja di sektor ini di malaysia…

      Permodenan militer tidak memberi apa2 pada rakyat yg susah di kampung2..
      Makanya,malaysia membuka perusahan sawit di indonesia supaya rakyat indonesia di kawasan luar bandar punya kerja..pemerintah indonesia lagian gila permodenan militer dan gila perang…rakyatnya butuh kerja dibiarkan susah sendiri…industri dalam negeri dikuasai asing…

      Apa indonesia sudah benar2 merdeka???

  44. kenapa indo ni asyik cemburu ngan malaysia…apa malaysia buat atau beli mesti mereka bising….kami rakyat malaysia dididik agar jangan cemburu ngan kejayaan orang lain tetapi jadikan kejayaan orang lain sebagai pembakar semangat untuk terus maju..

    • Hahaha kita cemburu. Mana mungkin kita cemburu sama malay yg notabennya masih di bwh indonesia..yg cemburu itu malay kali contohnya kita beli sukhoi malay pun ikut ikutan,kita beli fregat malay ikut ikutan, kita beli strartreak malay ikut ikutan,kita beli fast missile boat malay pun ikut ikutan..malay cuma bisa ikut ikutin indonesia kahkahkah 😛

 Leave a Reply