Malaysia Dorong Pembentukan Pasukan Penjaga Perdamaian ASEAN

164
133
Menyambut Masyarat Ekonomi Asean 2015 (photo: Fransiskus Simbolon/ Kontan)
(photo: Fransiskus Simbolon/ Kontan)

Awal pekan ini, Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein menegaskan keinginan negaranya untuk mendirikan pasukan penjaga perdamaian ASEAN sebagai ketua ASEAN tahun ini.

Menurut surat kabar Malaysia The Star, dalam pidato kementerian pertahanan sebelum memulai kunjungannya ke Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam, Hishammuddin mengatakan, dia dalam proses mengunjungi satu per satu dari sembilan negara ASEAN lainnya dan salah satu hal-hal yang akan dibahas adalah pembentukan pasukan perdamaian ASEAN.

Pengamat mengatakan, ide tentang pasukan penjaga perdamaian ASEAN bukanlah hal baru dan telah digulirkan selama bertahun-tahun. Juga bukan ide murni Malaysia – negara Asia Tenggara lainnya dan petinggi ASEAN juga telah mendukung itu di masa lalu. Malaysia hanya menghidupkan kembali inisiatif tua itu sekarang, ketika memiliki hak istimewa sebagai pemegang dua kursi, Ketua ASEAN serta kursi tidak tetap di Dewan Keamanan PBB.

Kasus untuk mendirikan pasukan penjaga perdamaian ASEAN saat ini adalah jelas. Asia Tenggara adalah rumah bagi beberapa konflik internal dan beberapa rekan anggota ASEAN terlibat mengamati inisiatif perdamaian di hotspot, seperti di Aceh dan Mindanao, atau berpartisipasi dalam operasi penjaga perdamaian seperti di Timor Timur. Saat ini, sebagian besar anggota ASEAN telah berpartisipasi dalam berbagai tingkatan dalam operasi penjaga perdamaian PBB dan telah mendirikan pusat pelatihan penjaga perdamaian nasional. ASEAN sudah mulai menyiapkan jaringan antara pusat -yang dikenal sebagai ASEAN Peacekeeping Centers Network (APCN)- dan telah mengadakan pertemuan APCN yang pertama diadakan tahun 2012 di Malaysia.

Rintangan akan tetap ada, namun untuk menyiapkan pasukan penjaga perdamaian ASEAN secara penuh, tidak lagi menemukan rintangan sekeras di masa lalu. Keterbatasan sumber daya, pengalaman dalam interoperabilitas, dan ketidaknyamanan umum dengan ASEAN menjadi alasan dari pihak yang menolak. Tapi masalah sebenarnya adalah keengganan dari beberapa anggota ASEAN untuk bergerak di luar prinsip-prinsip tentang noninterference dan menghormati kedaulatan negara, meskipun ini telah ditafsirkan secara fleksibel di masa lalu untuk membenarkan pergeseran kebijakan.

Hingga kini belum jelas bagaimana bentuk usulan Malaysia tersebut. Jika oposisi yang kuat terus berlanjut, maka gradualisme akan terus berlaku. Pendekatan bertahap akan diperlukan untuk perluasan APCN untuk memasukkan sepuluh anggota ASEAN dan perlahan-lahan memperluas kegiatannya dari berbagi informasi dan peningkatan kapasitas untuk lebih berani, seperti meningkatkan interoperabilitas dan akhirnya membangun kesepakatan siaga umum untuk mendukung operasi penjaga perdamaian. Yang jelas, bagaimanapun, gagasan tentang pasukan penjaga perdamaian ASEAN – seperti banyak inisiatif sebelumnya di kelompok regional – akan menjadi pertanyaan “kapan” dan bukan pertanyaan “jika”. (thediplomat.com).

164 KOMENTAR

    • Inilah pintarnya China ,berusaha seperti orang baik kasih bantuan sana sini,perbesar investasi di Malaysia tapi ,diam diam mengincar aset Malaysia di lcs . Dan terbukti waktu PLA latihan di James Shoal lalu ATM tidak beraksi.Mana bisa Malaysia menutup selat melaka ,itu laut dipunyai juga Indonesia ,kalau Indonesia izinkan kapal China lewat malaysia nggak bisa berbuat apa apa.

      • Ya sewaktu pla ke james shoal, hampir keseluruhan aset tldm membuat blokade di sulu sea berikutan sulu invasion. situ kelemahan malay disamping kekurangan aset.anda yakin kargo china selamat melalui sepanjang selat melaka?surface misile bawah 40km sudah cukup untuk selat melaka.genap 1bulan serangan,china masih teguh?

        • Itulah kelemahan ATM cuma mampu menghadapi satu hot spot,cuma melawan 100 an sipil bersenjata semua senjata di kerahkan kesana.Menciptakan lubang besar di tempat lain. US sudah support Indonesia untuk mempertahankan Natuna,makanya di tawarkan Apache untuk di tempatkan di sana ,karena melihat hanya Indonesia yang punya taring menghadapi China.Panglima TNI sudah load and clear menyampaikan akan menghadapi siapapun yang mengganggu Natuna.Nah mana sekarang pernyataan panglima ATM yang jelas wilayahnya di cerobohi PLA. Sampai sekarang masih bisu.

          • Ya atm sidah buat kenyataan yang saya sendiri tidak faham.dimana kelebihan indon singapore n taiwan jika hanya memiliki apache.kerana indo negara maritim, sepatut nya perbanyak lontong.jika lntong nklear china parking di setiap selat di indo,kesan amat buruk akan berlaku.

          • bung melayu mau lihat lontong Indonesia?
            coba bung pusing-pusing ke brunei…. lihat lontong merah putih nangkring di sana…. tapi jangan mutah ya…. kekekeke

          • tidak akan ada perang antara cina dan indo , hal ini hanya dibesar2kan pihak barat dan konconya. cina tdk pernah kalim laut natuna. titik.

    • Sy rasa kalau anda mengatakan malaysia rekan dagang china yg terbesar ke 3 adalah kurang tepat. Bagaimanapun indonesia dengan 255 juta penduduk adalah pangsa pasar terbesar bagi produk2 china. Ekonomi asean 60% nya adalah ekonomi indonesia. Itu fakta jadi asean dimata china adalah yg utama itu indonesia baik secara ekonomi maupun politik dan militer. Itulah kenapa china tidak berani mengklaim pulau natuna krn china sudah berhitung itu semua. Bahkan china sempat meminta indonesia untuk berbagi kekuasan di asia tenggara tp indonesia dengan halus menolak. (Ingat saat kapal perang china keliling2 sampai laut selatan jawa mendekati australia?) Itu seijin indonesia setelah sebelumnya ada pertemuan panglima TNI dng pimp Militer china dalam rangka penawaran di atas.

  1. Tdk usah disuport ide lama dari negara maling tersebut. Mereka hanya mencari dukungan dan bantuan secara tdk resmi pada negara tetangga2nya disaat mereka sdh mulai terdesak baik ekonomi maupun militernya. Mereka ini tdk pernah peduli akan kebersamaan sesama bangsa selama ini. Dan sekarang mereka baru sadar dan memahami akan suatu kebersamaan dalm bernegara di saat mereka sdh mulai rapuh. Mungkin dgn sedikit masalah invasi militer oleh tiongkok pada malingsial tersebut bisa memberi sadar akan arti persahabatan negara Asean………

  2. Mau tusuk dari belakang bingung, cari cara utk tipu-tipu lagi. Selesaikan garis perbatasan lebih dulu, kembalikan FIR kemudian baru dibahas pasukan perdamaian. kalau perbatasan saja masih ribut, FIR masih dikakangi, bgn mau kerjasama dalam pasukan perdamaian. Mimpi kali.xixixixi.

  3. Bererapa hari lalu ATM 4 unit black hawk dari kerajaan Brunai. Hely bekas pakai ,udah jadi barang buruk di Brunai di sumbang kat ATM . Gajah di depan mata kau tak tau ,semut diseberang laut kau coba bilang.Jangan sok kaya negara Malaysia ,kelas menegah Indonesia jauh lebih besar dari seluruh rakyat Malaysia.

  4. Kau tuh ada2 sj sok2 merasa kaya, baca2 lagi buku2 dan informasi yg bener ya. Ekonomi asean itu 60 % nya ekonomi indonesia. Yang 40% dibagi 9 negara asean yg lainnya. Itu fakta !! Jadi bisa dibayangkan ekonomi indonesia iru seperti apa dan malaysia seperti apa. Baca2 lg yg betul biar tidak seperti katak dalam tempurung.

  5. HA.HA.HA..PERKATAAN SI MALAY JOE BILANG KLO INDO SUKA BARANG BEKAS KOQ PAS BANGET YA…
    EJEKAN NYA NGENA,,EMANG RAKYAT KITA SUKA YG BEKAS2,
    PAKAIAN BEKAS,MOBIL BUTUT MASIH WARA WIRI DI JALANAN KOTA,F16 EX USA.
    Tapi saya yakin beberapa tahun ke depan RI jd SUPERIOR

  6. Upin sepertinya sdg terdesak oleh kekuatan cina n inggris oleh sebab itu kak ros mendorong pembentukan “p4asean” untuk membendung kekuatan cina bersama negara asean lainya.

    Apakah hal ini dilakukan atas inisiatif tua yg dihidupkan oleh malon yg didukung linggis ?

    Saya mengaitkannya dgn article yg lalu soal linggis meyinggung jalur perdagangan multi juta dollar d malaysia & singapura.

    Mungkin upin secara tak kasat mata sdg mencoba untuk memancing byk negara asean termasuk indonesia utk bergabung maklum saja mereka juga butuh dukungan kita.

    Dan Indonesia dlm hal ini mempunyai peranan penting utk menentukan konflik lcs(mengingat cina juga was was trhdp kita ,krna sby telah menentukan sikap jika kedaulatan wilayah nkri adlh harga mati) *terbukti garis lcs yg diklaim cina masih terputus – putus dan belum meyentuh natuna* disamping itu mereka juga tdk ingin merusak hubungan.

    Kedepannya kita harus berhati-hati terhadap arus yg dibawa linggis melalui sekutunya di asean, jgn sampai terjerembab oleh konflik buatan utk kepentingan mereka.

  7. Pertanyaan-nya adalah:
    Jika terjadi sesuatu, dengan siapakah prioritas Malay berkoordinasi? Pakta Asean, Ingris, FPDA atau US?

    Belajar dari negeri seberang….. Indonesia konsentrasi saja penguatan Hankam rumah sendiri. Dengan kondisi Hankam yang sudah mapan, ruang manuver dan improvisasi lebih leluasa.
    IMHO

  8. pada saat portugal keluar dati timtim, kita pernah dikerjain AUSIE, USA. mereka engga berani masuk karena ada kepentingan rusia dan china disana, Indonesia masuk dalam konfilik ini, menjadikan timtim menjadi wilayah NKRI, Setelah kondisi aman, ausie mengobok-obok lagi.akhirnya timtim lepas dari NKRI.

    Sekarang usulan sekarang usulan membentuk kerjasama pasukan perdamaian ASEAN, singapore israelnya amerika, malon sedang mendekati usa u/k dapat F18 superhornet, (klu engga salah menawarkan fasilitas militernya dipakai usa). Indonesia & Vietnam banyak memakai alutsita Rusia & China.

    melihat sejarah timor timur kayaknya ada peran usa disini, F18 superhonet amerika sudah dintregasikan dengan system radar terpadu amerika, Bisa aja Salah satu F18 atau drone amerika dikamulase menjadi atribut malaysia atau spore buat mencari info tentang negara Indonesia & Vietnam. kalau kerjasama ini Tidak jadi berarti alutsita kamulfase USA tidak bisa berkeliaran diwilayah NKRI.
    analisa ini mungkin salah, tapi timor timur adalah sejarah pahit NKRI.

  9. saya tinggal lebih dari 10 tahun di malay hingga saat ini. tahu betul karakter culas orang2 melayu di sini (pada umumnya, ngga semua tentu).

    khusus terhadap Indo mereka sebenarnya punya hambatan psikologis. bisa dilihat dari komunikasi sehari-hari. gejala seperti itu tidak terlihat dari orang2 kaum china dan india di malaysia. saya pun heran kenapa. tapi kalau berfikir jauh lagi mungkin masalah luka sejarah. intinya malaysia tidak suka kalau kita maju. lihat pernyataan jujur mereka beberapa tahun lalu

    http://www.thestar.com.my/story/?file=%2F2011%2F6%2F5%2Fnation%2F8837366

      • Pak cik melayu, terkadang kenyataan lebih pahit terasa. Semakin pak cik bercerita perkare yg bagos bagos hal negara pak cik, semakin terkuak hal buruk yg selama ini tersembunyikan.
        Berbeda sangat kaum melayu di sabah dan serawak dengan melayu di semenanjung. Melayu di sabah dan serawak sangat santun baik dari bahasa maupun tingkah laku pak cik.
        Dan yang harus pakcik tahukan bahwasanya melayu sabah dan serawak tak suke sangat dengan melayu semenanjung. Karena orang melayu semenanjung menganggap orang melayu sabah dan serawak lebih rendah dari mereka.
        Saya sering dengar omongan macam tuh pak cik, oleh sebab saye sering ke kucing.
        Jangan pak cik tanya dimane saye tinggal dikucing, nanti saya kasi alamatnya pak cik.

          • bukan masalah segelintirnya pak cik, tapi mengape ade pernyataan macam tuh.? dan bukan hanya segelintir pak cik. Ape masalahnya tuh pak cik.? kalo pak cik sudi cerite. kalo tak nak cerite, tak apelah. Berarti kutu diseberang nampak mate, Dinosaurus didepan biji mate tak nampak. wasalam pak cik melayu. Teh tarik melayu tak nyaman agik pak cik.

          • Soalan mudah untuk bapak, adakah segelintir rakyat acheh dan papua yang tidak puas hati adalah disebabkan tindakan seluruh rakyat indo?tidak kan?begitu juga di serwk.saya punya ramai rakan asal dan berkhwin org serwk,malah sepupu saya pun berkhwin orang sana.tiada tmbul kelas kasta di malay, malah indian pun sudah tidak hiraukan perkara ni lagi.so apa point bapak sebenarnya?ya teh tarik lagi nyaman jika pairing sama canai.:)

      • Sila dibahas Bro isi dari link yang di kasih saudara Wan,apa betul begitu pandangan rakyat Malaysia atas kemajuan Indonesia sampai menyebut Kemajuan Indonesia adalah kutukan terhadap malaysia,nampak sangat dengki sama kemajuan saudara serumpun Indonesia.

    • saya setuju @faizul

      kuncinya INGAT SEJARAH !!

      belasan tahun lalu ketika kita lemah kita tidak pernah meminta negara2 tetangga untuk mendirikan pakta pertahanan ASEAN.

      malah kita dikadali negeri jiran dengan membawa kasus sipadan-ligitan ke meja pengadilan internasional di Den Haag.

      sekarang malaysia dalam keadaan genting secara ekonomi. bujet mereka jauh berkurang akibat turunnya harga minyak. ekonomi lagi stagnan karena sebagai upper middle income country belum mampu menghasilkan inovasi/teknologi untuk lepas dari kondisi stagnan saat ini.

      di tengah turunnya bujet militer mereka (dan bujet2 lainnya) dan ancaman militer dari china, sekarang keculasan dan otak bisnis mereka jalankan.
      maka ASEAN dijadikan sandaran.

      saya tegaskan sikap ini akan lain jika kondisi ekonomi dan militer mereka kuat seperti belasan tahun lalu.

      jangan pernah kena tipu daya.

      NO ASEAN MILITARY TREATY !!

      Tolak pakta militer ASEAN !!!

  10. Ane salut pada malaysia, selalu beli alat perang yg selalu gres anti barang bekas, jempol top markotop. Namun ane agak merasa sayang, mengapa dengan alat perang serba baru namun dalam mengoperasikan sering tidak sesuai petunjuk? Contoh ketika kapal selam scorpene yg seharusnya menyelam namun dimodifikasi jadi tidak menyelam? Contoh yg lain adalah ketika pilot malaysia mengoperasikan kursi lontar pesawat tempurnya yg juga tdk sesuai prosedur. Biasanya kursi lontar dipakai ketika dalam kondisi darurat, misal pespur berada dalam penerbangan lalu mengalami kerusakan dan akan jatuh, maka pilot mengoperasikan kursi lontar untuk menyelamatkan diri, namun ditangan pilot malaysia kursi lontar dioperasikan ketika pesawat masih didalam hangar, artinya tidak dalam posisi terbang ….

  11. Gak usah diikuti keinginan malaysia yg mendirikan pasukan perdamaian Asean. Itu semua hanya sekdar tipuan licik Malaysia yg mencari bantuan pada negara tetangganya saat menghadapi kekuatan tiongkok. Malaysia hanya cari aman saja dalam menghadapi serangan musuh dari luar negerinya. Keinginan malaysia itu sebenarnya hanya mencari perlindungan pada Indonesia dan memanfaatkan kekuatan perang Indonesia utk melawan tiongkok dan Indonesia dipandang sbg pagar betis malaysia diwilayah Timur dan selatan negara itu. Indonesia tdk punya kepentingan dgn LCS, dan tahu sendiri sifat2 Malaysia sebelumnya yg menjadi duri dalam daging Indonesia. Dari masalah Timor-timur, Aceh bahkan patok2 batas wilayahpun diakuinya dan dimanipulasi demi kepentingannya. Biarkan Malaysia dgn urusannya,Indonesia dgn urusannya sendiri. Sehingga bisa membuka mata dan pemahaman Malaysia akan kerjasama dan hubungan bertetangga dengan Indonesia. INDONESIA JGN MAU DIMANFAATKAN MALAYSIA yg notabene sbg negara sombong dan angkuh serta menjadi duri dalam daging negara RI.