Nov 102014
 

Dalam kurun sebulan, sudah tiga kali kapal Malaysia melanggar batas.

VIVAnews – Kapal perang Malaysia kembali melanggar batas wilayah di Perairan Ambalat. Dalam kurun waktu satu bulan terakhir, Malaysia sudah melanggar tiga kali. Β TNI tidak tinggal diam. Pesawat tempur jenis F16 dan Sukhoi segera disiagakan di Lanud Tarakan, Kalimantan Utara.

“Karena seringnya pelanggaran di Ambalat, Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosehanudnas) II Pangkalan Udara Hasanuddin Makassar akan menggelar Sukhoi dan F16 di Lanud Tarakan dalam waktu dekat,” ujar Asisten Intelijen Kosekhanudnas II, Letkol Bambang (PNB) Juniar, saat dikonfirmasi Senin 10 November 2014.

Mantan Komandan Lanud Tarakan ini juga menambahkan, pengiriman Sukhoi dan F16 ke Tarakan akan dilakukan paling lambat 1-2 minggu ini. “Nanti dua pesawat ini akan di force down ke Tarakan. Kita mendapati sekarang ini, kalau kita patroli ke sana (Ambalat), mereka keluar. Tetapi begitu kita kembali dari patroli, mereka kembali masuk lagi,” ungkap dia.

Berdasarkan pantauan Kosekhanudnas II, Malaysia benar-benar menganalisa kondisi di Indonesia. “Contoh, kalau kita ada konsentrasi di pengamanan pemilihan presiden, mereka masuk. Lalu semua pesawat kita lagi konsentrasi fly pass di Surabaya, mereka nongol lagi,” kata dia.

Provokatif
Sementara, dikonfirmasi terpisah, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tarakan, Letkol Laut (P) Aries Cahyono juga membenarkan adanya pelanggaran batas wilayah dari Malaysia beberapa bulan ini. Terakhir, kata dia, Kapa Diraja Pari milik Malaysia masuk ke Ambalat, Seninn 3 November 2014 lalu.

“KD Pari milik Malaysia ini memang kapal perang, jadi mereka seperti memprovokasi. Tetapi pada prinsipnya, misalnya ada pelanggaran atau ada kontak voice operator di lapangan, langsung melaporkan. Kita melaksanakannya sesuai prosedur, yakni melaporkan, menghalau dan jika sudah sangat berat pelanggarannya kita langsung laporkan ke Mendagri untuk sampaikan nota diplomatik,” tegasnya.

Danlanal mengatakan, semua pengamatan di Ambalat merupakan tugas lapangan. Malaysia, kata dia, memang jarang menghadirkan kapal besar. Namun, apabila sewaktu-waktu Malaysia mengirimkan kapal besar, maka Angkatan Laut siap mengirimkan kapal berukuran besar yang memiliki kemampuan lebih.

Laporan dari dua KRI yang ada di Ambalat, yakni Diponegoro dan Tedung Selar, KD Pari dipergoki saat sudah masuk hampir 4 mill ke daerah perbatasan Malaysia. Bahkan sudah mendekati Karang Unarang. “Kalau ada upaya mencuri masuk seperti itu, jika ketahuan ya kita menghalau,” ucapnya.

Meski demikian Danlanal menegaskan, RI tidak akan terpancing dengan aksi provokatif Malaysia dan akan tetap bersikap sesuai prosedur. (nasional.news.viva.co.id).

  141 Responses to “Malaysia Doyan Terobos Ambalat, TNI Siapkan F16 dan Sukhoi”

  1.  

    Malaysia oh Malaysia

    •  

      Numpang Pertamax bung EE
      wah terbukti radar pertahanan udara kita memang Hebat.
      seperti info dari bung Yayan :Hadirnya
      pesawat-pesawat gelap sipil asing yang bisa dengan
      mudah terendus oleh radar Indonesia, adalah jawaban
      nyata yang jauh lebih bermakna dari jutaan kata-kata.
      Sebagaimana diungkapkan oleh seorang wartawan
      Reuters, kesiagaan Air Guard Indonesia sudah
      melebihi kemampuan beberapa negara kuat lainnya,
      dan yang paling mengejutkan adalah saat dia
      mengungkapkan hasil wawancaranya dengan
      seorang perwira pengajar di Indonesia Defence
      University, bahwa siapa pun boleh mencoba
      ketahanan udara kami saat ini. Kami telah
      menyiapkan jet pemburu di beberapa titik, bahkan jika
      perlu, sebuah rudal maut akan meluncur dari belahan
      dunia lain..! πŸ™‚

      •  

        wahhh…jangan2 itu MAS kena rudal kita ya????…
        hilang tanpa jejak….

      •  

        semoga benar apa kata @bung mm3…saya sebagai rakyat semut Indonesia tentunya sangat bangga..semoga banyak buk minah yg siap ngegebug siapapun yg slonong boy dan songong masuk wilayah NKRI.

      •  

        apa bnr itu kata prwira kita bung?

        yg dari belahan dunia lain

      •  

        off side bung…..
        ini sikret lho

      •  

        Udah…. gampang itu untuk menggertak Malaysia…
        Bikin aja skenario AL kita lagi sibuk di tempat laen untuk memancing nelayan2 bersenjata maling itu masuk ke ambalat.., tapi tentu saja, kita siapin tim penyergap di situ.

        Setelah mereka terpancing masuk, langsung sergap!
        Naek ke kapalnya dan kuasai kapalnya.. Jangan hanya berani sama berandalan2 SOmalia yang nguasai kapal tanker itu lho..

        Coba tes Negeri Para Maling itu, begitu kapalnya sudah dikuasai, duruh mereka pulang berenang, kapalnya tenggelamin aja ke laut…
        kasus selesai.

        Atau skenario kedua…
        begitu mereka menyusup, kaih torpedo aja, kayak kapal selam korsel yang ditenggelamkan oleh KORUT.

        SEKALI-KALI TUNJUKKAN NYALI KENAPA??!!!
        JANGAN HANYA PANDAI BERSILAT LIDAH SAJA!!

        NANTI KALAU SUDAH PENSIUN BARU KOAR2,
        BIKIN SITUS STRATEGI, SERING MASUK DITEVE, KAYAK ORANG PINTAR AJA.

        PADAHAL WAKTU MASIH AKTIF BERDINAS, HASILNYA NOL BESAR!!!!

        INILAH SAAT YANG TEPAT, SEBELUM PENSIUN…!

      •  

        @ane numpang koment ,

        saya masih benar-benar penasaran dengan penjelasana bung Nar di artikel reply terdahulu
        ” apa tidak kapok sudah kehilangan sekian fighter, UAV,UCAv dan KS ”
        kalau mungkin bangkai UAV yg ditemukan nelayan di laut sulawesi , mungkin ini ada benarnya di tahun 2010-2011 di koran J**A **S ,dan ada lambang Navy bendera sama persis punya negeri sebelah ,
        dan pernah dikonfirmasi si negara besar tersebut mengakuinya kl miliknya

        kl KS pernah ada yg tersangkut di jaring nelayan lalu kepergok KS Indonesia dan mungkin ditenggalamkan ( saya pernah baca .. maaf kl salah )

        kedua
        di artikel tanjung datuk , bung nar Jg menyebutkan , selain kekuatan bawh air , ada kekuatan atas air , dengan suara fighter ,
        si penanya diberi clue , itu bukan SU27-30
        tebak sendiri

        lalu ada lagi ,
        belum lagi lihat kapal RI uji penembakan rudal sekitar 320km menghantam sasaran , kapalnya di identifikasi besar , jelas tidak kelihatan lha wong test the waternya malam jam 2:00 ( masuk pagi )

        wes pokok nya simak aja baik-baik bila sespuh kasih gambaran / clue

      •  

        Goib goib goib.

    •  

      pak jokowi yang terhormat….katanya kalau untuk kedaulatan negara, anda bisa ” lebih kuat ” dari rival anda pada saat pilpres yang seorang jenderal….
      Mohon Ketegasan dan tindakan anda,agar tidak ada lagi yang mencoba mengusik kedaulatan indonesia…terutama si Malon Sial……

    •  

      Lho,,,kilo ghoibnya kemana om? Udah di kiloin ya?

    •  

      Sekali waktu coba donk KRI kita menerobos ke perairan sabah. Setuju nggak Bos!!

  2.  

    pertamax…

  3.  

    hmmm… mulai lg deh… bakar menyan aja ngg pencerahan dari bung PS

  4.  

    tembak saja pake rudal yakhont gak pake lama. biar tau diri malingsial

    •  

      Wah sadis….

      Ini gan kenapa TNI kita gak main tembak di tempat karena menghormati Hukum Laut

      Menurut Pasal 27 Konvensi hukum laut tahun 1982
      Bahwa setiap pelanggaran batas laut harus dengan peringatan dulu

      Biar lebih jelas gan bisa di lihat di sini ( PDF version )

      https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&ei=QZdgVMafE8KdugSgp4GwBw&url=http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/4044/SKRIPSI%2520(PRINT).pdf%3Fsequence%3D1&ved=0CB8QFjAB&usg=AFQjCNHYzpS_7V5M8PqL6O42JAaRuDE3oQ

      •  

        San remo manual ya bung eril :mrgreen:

        •  

          Ahhh mang kita aja yg cemen. Gmn klo ga usah nembak, minimal ditabrak aja. Klo masih ga berani nabrak, serempet dong kapalnya. Klo masih jg kita ga berani nyerempet, semprot pake water cannon ke arah mereka. Perlu sekali2 tindakan extrime utk memperingatkan Malingsialan. Lihat yg pernah dilakukan oleh China. Itu baru bernyali, bernyali sebagai negara berdaulat…!!! Stlh itu, baru urusan diplomasi. Nah di sini pula akan kita lihat selihai dan secerdas apa Menhan dan Menlu kita???
          Setidaknya ketegasan kita memberi efek jera kpd Malingsialan. Klo cuma dihalau, dihalau, dihalau lg, Malingsialan bakal menjadi2, semakin bertambah kurang ajarnya. Wong mrk melakukan itu bagian dari strategi menguji nyali kita hendak menguasai tanah dan perairan kita, bhkn tdk hanya Ambalat tp jg wilayah yg berbtasan dgn kita. Itu sudah jelas. memang Malingsialan sudah ditakdirkan sbgai golongan, maaf, kaum BEBAL. Tdk ada cara lain, jika ingin merubah kaum BEBAL menjadi santun, maka perlu sekali2 di TAMPAR, klo perlu di TABOK, klo perlu lg di JOTOS sampe nyonyor cocote!!!

          #MalingsialanSelaluBikinEmosi

          •  

            MANTABS,,,,,,,
            Sayangnya ndak ada yang berani kek githu Om

          •  

            siipppp lah

          •  

            Bener sekali bung, tetapi sayangnya mereka hanya berani terobos perbatasan kalau lagi nggak ada patroli dari TNI. Kadi susah juga kalo mau nyerempet.

          •  

            Diserempet sama KRI. Tedong Naga sudah pernah, diusir sama Kopaska yang naik ke kapal pernah. Ditembak pas lagi naik ke karang unarang juga pernah, pas lg “latihan” infiltrasi diperbatasan dan pasang jebakan akhirnya jadi senjata makan tuan juga pernah. kurangnya memang ditenggelemin kapalnya dan orangnya ditangkap bung. Cuma ya konsekuensinya harus dihitung ulang. Bukan cuma masalah harga diri, ego, dan merasa lebih hebat sehingga main kasar diluar rule. Semua tergantung pembuat keputusan politik, klo operator dilapangan sih mereka yang paling tau dan ngerti mengenai harga diri, bagaimana mereka harus menahan diri ketika perintah tembak tak kunjung tiba.

  5.  

    Kalo cuma ngadepin si pari Kemahalan….cukup panggilin pakde tukino dibekelin piranha cukuplah

  6.  

    Pertamax kah?

  7.  

    Pertamax

  8.  

    malaysia itu negara apa bukan si?

  9.  

    Ini kejadian riel, malasyia tau kekuatan riel tni au, misal semua kekuatan 2/3 pespur dikerahkan untuk acara HUT tni atau pengamanan pelantikan presiden , malasyia menerobos masuk ambalat krn pada saat itu wilayah ambalat lemah .
    untuk rentra 2014-2019 tni au hrs secepatnya melakukan pengadaan 1 skuadron pespur pengganti f-5 dan 1 skuadron pespur baru. Tdk lupa arhanud jarak sedang hrs masuk

  10.  

    Sodara serumpun satu ini memang usil, sekali2 perlu kita undang utk melanggar, dan kita siapkan penyambutan dgn acara yang meriah di tengah laut,, dan jgn biarkan para tamu undangan ini bisa kembali lg ke rumahnya…

  11.  

    Kasihan… Tentera Diraja Malaysia kurang kerjaan tu….

  12.  

    rudal kesuwen….

  13.  

    Wah minta di bikin rumpon neh

  14.  

    Lontong nya kemana ya?

  15.  

    Tanda seorang pengecut gt tuch..

    Andai pas si malon masuk trz jalan keluarnya udah di tutup sama ks kita,enak tuh tinggal di pepes sama destroyer kita…hihihi

  16.  

    lontong mana lontong???? halo????!!!
    #kecewa

  17.  

    Lontong siluman kita kmana nih..kan dari teluk palu dekat. Mohon pencerahannya para senior. Bung ps masih smedi d alam kubur kayaknya ya

  18.  

    ..Ada Hal ingin Sy sampaikan kpd Bpk2 Admin sehubungan 2 WADUK CIAWI dan pelanggaran wilayah sbb : Mohon pemerintah evaluasi mengenai dibangunnya 2 buah Waduk Ciawi itu (waduk Megamendung, dengan luas 15-an juta M3,tinggi DAM 125-an mtr Dan Waduk Cimaharti (9-10 juta-an M3,tinggi DAM 75 meter-an. TEPAT di kepala nya Kota Bogor (yg tingginya 100-300mtr). Sungai2nya langsung menusuk kota/kabupaten. kalaui JEBOL…1 juta orang BOGOR kota/kabupaten Dan JADETABEK tewas pada 10 hari pertama JEBOL. waduk TEPAT dimuka/diatas Kota itu berbahaya :
    1.jadi incaran musuh kalau mau menundukkan Jakarta,dengan bomb baik lewat pesawat maupun missile
    2.kebetulan struktur tanah di wilayah itu labil,gembur,jenuh air yg mengakibatkan rawan bergeser dan rawan longsor dan amblas,
    3. curah hujan di bogor ter tinggi di Indonesia
    4.dan disitu pula rawan gempa vulkanik , karena masih aktifnya gunung gede pangrango.
    contoh waduk jebol karena hujan lebat terus2,juga karena bombardemen pada masa peperangan, banyak terjadi . misalnya,Setu Gintung hanya 0,5 juta M3,tinggi dfam 10 mtr, 2009 jebol karena 3 hari hujan lebat terus. 100 orang tewas,wilayah 5 km hilir mudik nya hancur… Juga Waduk Banqiu China,yang katanya KUAT 1.000 tahun, JEBOL pada agustus 1975..karena 1 minggu hujan deras terus menerus. tewas 250.000 orang..wilayah 75km x 15 km hancur…12 juta HA terendam banjir. Maaf,Sy agak menympang dari pokok utama, kita sering kecolongan dalam hal pelanggaran batas wilayah baik dari laut maupun udara, (meskipun akhir2 ini pesawat tempur TNI banyak mengintercept pesawat sipil) lain halnya bila mana pesawat bomber atau pembom taktis,akan jadi sasaran bidik musuh yg empuk .mudah2an sudah dipikirkan mask2 oleh para petinggi negara kita dan dan agar jangan sampai hal2 yg tidak kia inginkan terjadi, serta dicarikan solusi terbaik , terimakasih

    •  

      Bung raden….sy cb menanggapi keluhan anda:
      1.pengeboman bendungan berarti musuh mengincar target sipil dan ini terlarang dlm hukum perang…jika masih nekad berarti mereka siap di hadapkan ke pengadilan internasional sbg penjahat perang..
      2.semua negara memiliki waduk yg berdekatan dgn konsentrasi penduduk…meniadakan waduk adalah tidak mungkin maka solusinya adalah kita perkuat pwrtahanan udara kita…mari kita berpartisipasi di bidangnya masing masing…yg peneliti meriset rudal pertahanan udara dan radar yg mumpuni,yg pengusaha dan pekerja membayar pajaknya,yg pamong praja berlatih mengatur antisipasi sipil dlm bahaya serangan udara…semua berpwran serta membantu pemerintah menciptakan ring of steel pertahanan udara kita…

      Demikian bung raden semoga membantu…

    •  

      Bung raden, kalau pun yg perlu dikhwatirkan adalah instalasi ovit kita seperti depo kilang plumpang, kilang tanjung brandan dan kilang balongan… kalau itu yg dihajar tanpa kita protek maka selesai sudah alat perang kita tdk bisa berfungsi. Imho

    •  

      sekedar catatan;

      jika sebuah bendungan bobol apalagi di ketinggian, efeknya akan seperti banjir bandang / flash flood atau tsunami, dampaknya besar tapi berlangsung dalam waktu singkat, sebagian besar korban akan jatuh pada menit2 pertama, dan banjir akan surut seiring dengan waktu.
      (jatuhnya korban tidak akan berlangsung selama 10 hari)

      http://www.wmo.int/pages/publications/meteoworld07/_archive/en/june2007/images/flash_flood.gif

    •  

      apapun ceritanya, rencana pembangunan waduk yang tinggi mukanya lebih tinggi dari posisi kota yang pada penduduk, sangat beresiko mengakibatkan adanya bencana. kl saran saya. tempatkan waduk itu dibawah kota bogor, dengan perkiraan korban yang lebih minim jika sewaktu waktu terjadi jebol. atau paling tidak, lebih mudah dan lebih murah apabila memerlukan penduduknya untuk direalokasi ketempat lain. memaksakan untuk membangun DAM dengan resiko yang sangat besar adalah pemikiran yang sangat sangat konyol.. just IMHO

  19.  

    Sonora mau menganaLisa kekuatan dan tanggap responsif kita ya……hmmmm , ada apa gerangan???

    •  

      Ass.Maaf bg PCM.Ini adalah hasil dari latihan perang asu dg tdm.Pesannya “coba tes apa yg terlihat nnti.Kalau gawat,lu tenang aja.gue yg hadapi.cuma f16 gue koq,kan dah disetel dri jauh.amanlah pokoknya”.Sori.ngarang.com.lam kenal bg.

  20.  

    siapa pun boleh mencoba ketahanan udara kami saat ini. Kami telah menyiapkan jet pemburu dibeberapa titik, bahkan jika perlu, sebuah rudal maut akan meluncur dari belahan dunia lain..! (?) πŸ˜€

  21.  

    Cukup direkam pake drone..
    Siapa tau bisa sekalian ngrekam siti nurhaliza..

  22.  

    byuhhhh negri demam panggung usil lagi
    byuhhhh suasana hari pahlawan

    FOX one fire!!! fire πŸ˜†

  23.  

    gimana kalo kita tembak pake rudal berhulu ledak hampa..

  24.  

    Ini menjadi bukti bahwa indonesia belum cukup bikin sonora takut,, ini pelajaran untuk pemerintah baru untuk segera merubah sistem hukum yg lebih tegas, misalnya jika ada negara yg sudah melakukan pelanggaran minimal 3x diperbolehkan TNI untuk menembak, jika kejadian seperti ini terus terjadi sepertinya tidak ada sesuatu yg bikin mereka jera,,,,

  25.  

    gpp lah sering2 aja seperti itu biar anngaran utk alutsista naik hehe

  26.  

    Soal enih yang tau bung PW….silakan dielaborasi πŸ™‚

  27.  

    Sudah bisa kita nilai sifat asli militer Malaysia, provokatif, gak mendewasai mirip anak kecil yang merengek, itu artinya mereka iri kepada Indonesia, secara pribadi saya tidak menyukai arogansi militernya, gak jantan blass sampean Pak Cik, mending jadi banci saja

  28.  

    Yang mencuri ikan aja mau tembak langsung, gimana dengan yg nyelonong masuk… katanya

  29.  

    hehe.. jadi gatel dengernya, TNI memangnya samasekali belum pernah melanggar batas ya? terlalu sopan kah?

  30.  

    Perlu di april mop nih tetangga yg satu ini…

  31.  

    Hajar aja pake torpedo, jadiin rumpon…

  32.  

    dasar maling sial !!!! selalu provokativ , kasih ranjau laut aja biar tenggalam tuh kapal malingsial

  33.  

    Bangsa yg besar harus memiliki perilaku yang menunjukan kebesaran bangsanya.

  34.  

    anak kecil klo susah dibilangin ya harus di jewer, klo blm kapok di empos [ cubit kecil ], masih bandel juga gaplokin aje mukenye…hehehehe…!!!! . …NKRI HARGA MATI…

  35.  

    MEndingan kapal perang malingsia yg masuk itu dikejar aja pake pesawat ,,terus jatuhin aja bom ato rudal (BOHONG2an/slongsong aja)atau apalah,,,,pas di kapalnya itu ,,sambil DIREKAM coba balik kanan gak ?lumayankan dapat film gratis,,,

  36.  

    Sukhoi & falcon jaga bareng sepertinya ada “sesuatu” ama si jiran

  37.  

    Sukhoi & falcon jaga bareng sepertinya ada “sesuatu” ama si jiran.
    Nunggu pencerahan para sesepuh…..

  38.  

    hedeeeh…. negara ga beradab. sekali2 kirim kopassus, tongolin di depan PMnya atau menhannya, kasih peluru di meja rias istrinya sambil bilang ” pak ii cuman tiruan, lain kali tak kasih yang asli. bukan dimeja tpi tak ksih di bokongmu. oke pak?”

  39.  

    KD Pari milik malasia itu trmasuk jenis kapal perang jenis apa kok kayak nya berani bnget utk dibuat memprovokasi kita padahal udah korvet KRI Diponegoro yg sudah cukup mumpunin kalo diajak tempur kok kyak nya mereka gak takut sama sekali…malah terkesan meremehkan apa memang kapal mereka lebih hebat

  40.  

    sekali2 kita maenin mereka seperti cerita sukhoi rusia yg mndar mandir melakukan manuver diatas kapal amerika setelah melumpuhkan alat elektronika mereka.kayaknya lebih makjleb.SAKITNYA TUH DISINI..

  41.  

    Ini harusnya menjadi tugas Indonesia Coast Guard. Kalo sudah masuk wilayah NKRI tabrak saja kapal mereka. TNI AL akan bertindak apabila terjadi pelanggaran yang lebih berat lagi yang berpotensi mengancam keselamatan negara dan segala isinya. Kalau pelanggaran batas wilayah cukup buat mereka menyesal telah masuk wilayah NKRI. Tunjukkan harga diri kita, keluarkan “dhemit-dhemit” kita biar kapal-kapal usil yang melanggar batas wilayah pada “njomplang” semua.

  42.  

    Saya rasa malon perlu di beri pellajarn bagus biar ngerti kalo mereka sudah salah memasuki walayah negara lain, dan semi marwah bangsa kita

  43.  

    klw nyelonong lagi tongolin aja lontong berkilo2 kalau perlu senggol pake sotong biar bolong..ehhhh

  44.  

    Contoh vietnam dgn rudal bastion p nya..kita lock kapal perang malay psti ngacir..letakkan s-300 di kalimantan..pasti pada tkut..malay hrus sekali2 di ksi jera..

  45.  

    Drpd beli drone gombal hawk mending beli KS terus perbanyak KCR dengan rudal yg lebih gahar, di support SU 34 sebagai kawal & serang maritim

  46.  

    Mungkin mata mata mereka juga sering mantengin obrolan di mari jadi gatel pengen ngetes yg katanya ghoib bener atau nggak

  47.  

    Kalau KD Pari nyelonong lg..di jaring aja trus kasih haji Sukri buat di kiloiin..heduuuh dia lagi..dia lagi..@tepok jidat..:(

  48.  

    mungkin malaysia nyoba mancing indonesia utk terprovokasi.. bila benar kejadian terprovokasi, mama elly bakal turun tangan.. typhoonnya ga bakal dikasih.. mungkin mau mengagalkan typhoon diakusisi indonesia.. IMHO

  49.  

    Sepertinya TNI harus mempertimbangkan pengadaan kapal selam, untuk memberikan efek kejutan buat negeri tetangga yang tak tau sopan santun masuk rumah orang. mungkin 1 kapal selam disiagakan di dekat per airan ambalat. Kalau bisa kasih torpedo VA-111 Shkval. jadi itu kapal langsung trim buritan.

  50.  

    Salut TNI tidak terpancing. Seandainya ditembak Malon akan ngadu ke PBB kalau mereka nggak sengaja masuk wilayah NKRI.
    PM malon : ” AL ostrali aja yang pinter pinter bisa salah baca GPS apalagi Tentara kami yang blo’on blo’on ” πŸ™‚

    •  

      Ijin like Bung. Saya sangat salut pd prajurit yg ada di tempat kejadian, beliau masih bisa mengendalikan emosi dan patuh pada perintah atasannya. Coba klo yg dipegangi sejata kita2, pasti dah meletus tuh senjata……….selamat bertugas dan semoga sehat2 semua.

  51.  

    Mungkin malaysia sedang mencari kapal perangnya yang hilang kapan hari secara misterius didaerah kalimantan hehehe…

  52.  

    tenggelamin aja tu kapal biar sekalian ilang, melanggar dah beberapa kali masa cuman diusir doang

  53.  

    Pakr F16 setara block 52 gan. Sekali2 dicoba tuh buat menghajar malingsial

  54.  

    Tangkap, sita kapalnya, denda yg sebesar-besarnya. Karena biaya patroli tentu tdk murah

  55.  

    gitu aja repot.kaprang kitakan banyak,gantian dong masuk 100 mile keperairan sabah.kita lihat reaksinya seperti apa?

  56.  

    Smga dgn kjadian ini, d sumatera d tambah 1 skuadron SU35 (Di Pekanbaru), 1 skuadron Su34 ( Di kep. NATUNA ), dtambah kapal perang kita di tambah dan d percanggih + rudal jarak menengah di Kalimantan .

  57.  

    Ini kambing siapa? malam2 kok ga dimasukin kandang

  58.  

    ASU punya NAVY SEAL..
    Indonesia punya KOPASKA….
    Malingsial punya……….

  59.  

    Aduhhhh u ngomong epe cokkkkkk….belajar dulu yang jelas ya baru koment kayak anak sd aja koment…otak klw gak ke pakai di jual aja coy..

  60.  

    Pasukan ikan teri bung

  61.  

    Setuju dgn komen bung boldun πŸ™‚

    Tepat sekali !

    Salam hangat dari bandung πŸ˜€

  62.  

    admin tolong didelet koment si malon,
    JGKR bukan blognya caci maki kaya blog2nya simalingsial, bikin provokasi tuh orang otak didengkul..

  63.  

    Preman kok di samperin kabur (kasus tj.datu)? preman bergincu mungkin bung

  64.  

    repot moso negoro maling iku, malingsia malingsia

  65.  

    buktikan jika memang berani invasi jangan cuma bicara disini..NKRI tak akan gentar sedikitpun.

  66.  

    @dicky Tidak ada sebudah negara yg benar2 Merdeka tanpa adanya sebuah pengorbanan sedangkan malaysia hanya meminta belas kasih kepada inggris dan dijadikan negara boneka .

    Lalu muncul sebuah pertanyaan Merdeka kok ngemis?? Jangan-jangan belum merdeka.

  67.  

    hai dick,
    emang jokowi itu menteri yah bang?
    lol

  68.  

    Ketawa jenis apa ini muhehehe, ini tante @dicky lagi ketawa atau muntah?

  69.  

    Pancing pke asimetris,lalu sundul pake lontong/tabrak langsung disisinya klo perlu tankep,keluarin atm lalu tenggelamin jg hiasan laut.ini saranku.

  70.  

    lontong gaib mana?????

  71.  

    Coba Sekali kali Tembak Saja……………………………..!!!!!

  72.  

    Kali Kali tuh kapal malingsit tembak peringatan donk.

  73.  

    nyari2 info di google ternyata kapal ini (KD Pari) pernah tenggelam karena salah kemudi… bener gak ya?

    https://southseaconversations.files.wordpress.com/2011/09/kd-pari-half-sunk.jpg

  74.  

    Biarkan dulu masuk wilayah NKRI, lalu jangan ragu2 langsung dibikin jadi rumpon aja, dengan bukti rumpon kapal malon tsb ada di wilyayah NKRI, habis perkara, silahkan publish !!!

  75.  

    culik KD PARI, biar mereka kehilangan Kapal patroli seperti sebelunya

  76.  

    @sakera ,

    Hahaahaa.. kali ini saya kehilangan ide koment gara-gara pari dadi beras

  77.  

    Malon, mau bikin tragedi MH-370 dan MH-17 versi maritim ………ha ha ha ha……!!!

  78.  

    Saya setuju pendapat bung PS..
    Para petinggi TNI memang cuma besar omong tapi kerja NOL..mereka terlalu santun dan terlalu takut kehilangan jabatan . Seolah olah ingin menjadi perwira patuh hukum tapi jiwa tempe tahu…jiwa patriot dah hilang sehingga tidak berani mengambil tindakan tegas kepada penerobos kedaulatan…
    Saya tabik dg china yg berani mengukuhkan kehadiran nya diLCS..dan saya salut dg gebrakan kapal china yg menabrak kapal vietnam LCS dan menghalangi militer philipina hadir LCS dari bagian pendudukan militer philipina .

  79.  

    Coba tanya Ndan Ngurah Rai … pasti dijawab “Cukup untuk membuat rumpon-rumpon baru berapun besar dan banyaknya”

  80.  

    jelas lah dihapus komennya gak bermutu sama sekali,,malay ketawa ente jelek banget ”muehehee” kaya kambing bandot pengen kawin

  81.  

    ta dengan cara merayu-rayu dan ingin meminta perlindungan dari kita. Mereka telah sadar diri bahwa posisinya di FPDA sudah mulai di anak tirikan karena ulah kesombongannya sendiri. Lihat kita kini sudah beraliansi dengan tiongkok sebagai penyeimbang jika suatu saat FPDA macam2 apalagi sampai mengganggu bisnis indonesia-tiongkok (jangan pernah sedikitpun terlintas pikiran seperti itu wahai malaysia). Ingat jika perang tidak terelakan meski FPDA dibantu ASU sekalipun indonesia-tiongkok masih terlalu kuat, belum lagi papa bear tidak akan menolak jika sewaktu2 dimintai peralatan canggih untuk menghadapi musuh seterunya di PD II.

    Mmmmmmm…..

  82.  

    Padahal yg stay disana salah satunya Diponegoro Class, brrti lebih besar dari Diponegoro Class donk, ga mungkin klo LPD. Hehe..

  83.  

    Ada apalagi dengan Si MALINGSIA ? kan dulu ini wilayah kekuasaan MAJAPAHIT bro…, Apa sebaiknya kita kembalikan Kejayaan Kerajaan Majapahit dulu ? Sebagaimana RRT juga sudah berniat mengembalikan Kejayaan Kerajaan Tiongkok yang wilayahnya sampai ke NATUNA.

  84.  

    apakah scorpene bisa nembak? bukankah menyelam pun tak mampu kerana rosak?