Jun 282016
 

Pemerintah Malaysia mengeluarkan pernyataan yang berbeda dengan pernyataan sebelumnya terkait pencegatan Pesawat militernya oleh jet tempur Indonesia. Malaysia kini membantah pesawat C-130 miliknya, dicegat oleh dua pesawat jet tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara.

Dikutip dari The Diplomat, Selasa (28/6/2016), Menteri Pertahanan Malaysia, Dato Seri Hishamuddin Hussein, menyatakan bahwa Pemerintah Malaysia membantah pencegatan pesawatnya oleh jet tempur Indonesia di atas perairan Natuna pada hari Minggu (26/062016).

”Harus dicatat bahwa MEGA 207 (panggilan dari pesawat C-130 Malaysia) tidak dicegat oleh TNI-AU Indonesia. ini hanyalah identifikasi visual dari pesawat kami. Sebuah pencegatan memerlukan aksi penurunan paksa dari pesawat RMAF, dan itu tak terjadi.” bunyi pernyataan Hishamuddin.

Bunyi pernyataan bantahan pencegatan tersebut mengacu pada laporan Jenderal Roslan Saad, Kepala Angkatan Udara Malaysia ((RMAF-Royal Malaysian Air Force). Jenderal Roslan hanya menyatakan akan menyelidiki lebih dulu dan enggan menyebut adanya pencegatan pesawat militer.

Hishammudin menceritakan kronologis kejadian yang bermula saat pesawat militer Malaysia terbang dari pangkalan udara Subang Air Force pukul 10.00 waktu setempat untuk misi pelatihan. Menurutnya penerbangan itu telah dijadwalkan oleh pihak Labuan Air Force Base. Kemudian pada pukul 12.03, pesawat dicegat oleh dua jet F-16 TNI Angkatan Udara.

Pencegatan dilakukan tepat pada titik 24 mil dari Kepulauan Natuna. Tepatnya pada ketinggian 23 ribu kaki sesuai dengan catatan Lalu Lintas Collision Avoidance System (TCAS). Pesawat militer Malaysia mencoba menghubungi kedua jet tempur milik Indonesia tersebut, tapi gagal.

Pihak Malaysia mengklaim terbang di wilayah perbatasan Indonesia adalah haknya. Karena itu, Hishammudin mengaku akan mengambil tindakan apapun untuk merespon kejadian ini

Padahal sebelumnya, Pejabat tinggi Malaysia mengakui peristiwa pencegatan Pesawat Militernya oleh dua jet tempur TNI Angkatan Udara di atas Kepulauan Natuna.

Bagikan:

  61 Responses to “Malaysia Enggan Disebut Pesawatnya Dicegat Jet Tempur TNI AU”

  1.  

    Berubah rubah kyk cina omongannya

  2.  

    Ngomong plitat plitut.. kaga pnya pendirian paraahhh….

  3.  

    banyak ngeles negeri yang satu ini…..

  4.  

    Beruuk mana mau ngakuin…

  5.  

    ye seolah2 menhan malaysia ingin mencari pembelaan dengan memberi pernyataan bahwa pesawatnya terbang di perbatasan merupakan haknya..
    dan tindakan dari TNI AU bukan pencegatan,di cegat kan belum tentu harus di turunkan paksa.

    lihat pesawat2 rusia yang terbang dekat wilayah nato,itu pun di cegat oleh pespur nato tpi tidak di turunkan paksa

  6.  

    asyik…ada yang test… mau ikut jejak china… melewati jika tdk ada yg cegat ya jalan terus…. boleh..boleh..sekali lagi lewat jangan salah kalo ada yang nimpuk ya….

  7.  

    Malaysia lagi bingung, pusing, bimbang dan galau… Kalau indung nya lagi dlanda brexit… Dan mikir2 mo gabung jd negara kesatuan RI dgn tipe otonomi khusus… He3

  8.  

    ada pertanyaan dalam benak nih…secara sekarang UK sudah BREXIT… trus apakah negara persemakmurannya juga ngekor…

  9.  

    malon …malon kenapa korang cakap selalu tidak ada yang benar??

    tebusan pakai wang atau tidak??

    pesawat kena intercep atau tidak??

  10.  

    Banyak Negara luar yang cemburu sama NKRI,
    NKRI negara besar, kaya, luas.
    Jangan takut, bung

  11.  

    Itu mencerminkan pemimpin yg plin plan….bgaimana memimpin rakyat jika pemimpinnya aja plintat plintut kayak e***t
    Wk….wk….wk….

  12.  

    makan tuh gengsi..negara kaya dan pintar….pintar ngakalin negara lain… itu mah namanya culas…

  13.  

    Mngkin mksudnya diintersep .. biasanya kl skelas militer tdk d trunkn secara pksa tpi dilock n fire bila ttep ngeyel kl pringatan tdk digubris.. excp. Pswt f16 turki locked su24 tp ya gmn politik pmerinth yg bermain..

    Mulai skrg kwsan kami (indonesia) sdh tdk bs nyelonong tnpa permisi msih mnding cmn sebtas intercept nah kl dilock bs rame dun8a persiltan…xixixi

  14.  

    maaf ya malon, kami lebih percaya versi KADISPENAU, yaitu “diusir keluar ZEE Indonesia” kenapa ?

    karena status Ranai sekarang sudah menjadi Lanud Tipe B, tidak boleh lagi ada LASA X sembarangan terbang di atas P Natuna dalam garis lurus Kuala Lumpur – Labuan

    P Natuna bakal menjadi Pearl Harbour dengan tahap awal :

    2 Frigate
    3 Corvette
    4 Kapal Peronda

    dan … ada 14 Lantamal yang harus diisi dengan susunan alutsista seperti di atas …

    •  

      2 fregat x 14 = 28 fregat
      3 corvette (light fregat) × 14 = 42 light fregat
      4 patrol vessel x 14 = 56 patrol vessel

      Sayangnya lantamal ada kemungkinan ditambah 2 lagi.

      Jadi 14 + 2 = 16

      Dan corvette atau light fregat mulanya akan ditaruh 3 unit dan akan ditambah lagi 1 unit sebagai cadangan jadi total 4 unit. Dan di bawah lantamal akan ada 7 kapal peronda / patrol vessel. Juga minimal ada 1 destroyer sebagai flagship.

      Sehingga komposisi kapal permukaan di tiap lantamal adalah :

      1 x 16 = 16 destroyer
      2 x16 = 32 fregat
      4 × 16 = 64 light fregat
      7 × 16 = 112 patrol vessel

      Submarine ?

      Kalau masing2 ada 2 unit bagaimana ?

      32 unit subs.

      Support vessel ?
      Ratusan.

  15.  

    SONGONG banget omongannnya.. Tambah lama tambah cari perhatian.. Nangkap 10 nelayan lah, pesawat nyasar lah..
    Mungkin karna anggep masih jiran TNI g mau nembak,, untuk jaga hub baik.. Tapi bener-bener ngelunjang lama-lama ini Maling..

  16.  

    Masih aja sok-sok an banyak tingkah, memutar balik fakta

  17.  

    mereka malu

  18.  

    Mereka malu waktu 100 an kapal nelayan Cina mencuri ikan di ZEEnya, dan kapal perang mereka takut melawan China Coast Guard. Sekarang mereka lagi cari panggung untuk menutupi malu mereka. Dan kalau “melawan” Indonesia pasti nggak diapa-apain. Kan melawan “Abang”? Masa Abang mau pukul Adik? (Pikir mereka)

  19.  

    NAK MAU MENGAMBIL TINDAKAN YANG ADA,PRESIDEN JOKOWI DULU YANG BERTINDAK NAK MENARIK SELURUH TKI DAN MEMUTUS HUB. DIPLOMATIK DAN PERDAGANGAN DGN MALAY, RUGI2 MALAY

    •  

      Oh itu kejadiannya begini :

      2 unit F16 TNI AU sedang terbang.
      Lalu Hercules Malaysia mengejar untuk mengintercep 2 pesawat itu.

      Nah Hercules Malaysia itu kecepatan terbangnya melebihi 2 unit F16 TNI AU sebab F16 TNI AU itu barang rongsok second hibah nggak mutu.

      Sebagai bukti bahwa Hercules Malaysia kecepatan terbangnya melebihi F16 TNI AU maka pilot Hercules Malaysia mengambil foto F16 TNI AU yang sudah tertinggal di belakangnya.

      Begitu kejadian sebenarnya.

      Edisi : nyindir alay.com

      xixixixixi

    •  

      nah.. yg sy herankan f-16 tni au koq nentengin JDAM yah dlm misi intercept pesawat unidentified.
      seharusnya jika f-16 standby dlm misi intercept rudal Sidewinder adalah prioritas.
      otomatis payload akan berpengaruh jika dlm misi pengejaran

  20.  

    Cegat = intercep = force down
    TS1610 & TS1608 cuma melakukan kontak visual. Jadi ya wajar aja menhamnya Malaysia bilang gitu.
    Cuma yg ngak wajar itu knpa C130 nya terbang lewat sana. Hhi”

  21.  

    si malon ngak mau di samakan dengan chino yg di usir ma KRI 2 yg patroli di natuna
    klo seandainya ke jadian tanggal 17 kemaren KRI menembak CCG mungkin malon
    ngak akan berani berada di dekat perbatasan udara, laut dan darat NKRI.saya yakin itu…

  22.  

    Bangsa yg licik…

  23.  

    DITEMBAK JATUH SAJA PESAWAT MALINGSIA, YANG MENJADI PERTANYAAN KENAPA TRANSPONDER HARUS DIMATIKAN ?

  24.  

    hehehe dia berhak mabor begitu juga TNI AU berhak ngusir kl dia mabor di wilayah NKRI entah mau ngaku apa kagak…..

  25.  

    ojok kakean cangkem, lek liwat maneh lngsng ditembak ae. ancen tonggo siji iki mulai biyen njaluk di kepruk.

  26.  

    Shot them all

  27.  

    Kita warga indonesia mengakui malaysia jago sekali ……tapi
    jago berkilah
    jago menjilat
    jago nyolong
    jago fitnah ……

  28.  

    Sila Cuba terbang lagi RMAF..Iam waiting for u..

  29.  

    Diego adalah tuan rumah, suka ati dia orang nak tulis apa apa benda alah,

    tak da sape pon memaksa ko melawat blog nie … ko takyah bising, JKGR peduli haper …

    kalau ko tak suka, sila berambus … buat blog ko sendirik … kedatangan ko tak dialu-alukan …

  30.  

    test

  31.  

    nk komentar kurng mutu..

  32.  

    ternyata ada bagian artikel yang sengaja dipotong & dihilangkan, tidak sesuai dengan artikel aslinya…artikel copas saja dipotong, apalagi duit wkwkkwkk

    •  

      hmmm, bahaya sekali dan memalukan, apa sengaja ingin menambah rasa permusuhan indonesia malaysia? saya lihat disini antek-antek cina disini dengan komentnya laksana bunglon berkeliaran tampa di tindak….

  33.  

    mau tanya klw 24 mil dari garis pangkal natuna masuknya zona mana ya apa masih masuk ke kedaulatan RI atau bkn?

  34.  

    Pencegatan dilakukan tepat pada titik 24 mil dari Kepulauan Natuna


    lah bung diego bilang 24mil dari kepulauan natuna TDK BILANG 24 MIL DIDALAM KEPULAUAN NATUNA

    24 mil dari kepulauan natuna >>>>> 24 MIL DILUAR KEPULAUAN NATUNA

    jd siapa yg bohong ya??

  35.  

    Pencegatan dilakukan tepat pada titik 24 mil dari Kepulauan Natuna


    lah bung diego bilang 24mil dari kepulauan natuna TDK BILANG 24 MIL DIDALAM KEPULAUAN NATUNA

    24 mil dari kepulauan natuna >>>>> 24 MIL DILUAR KEPULAUAN NATUNA

    jd siapa yg bohong ya??

    baca yg teliti buang rasa dengki bos biar pikiran terang klw mrasa iri sama bung diego knp tdk bikin forum militer sendiri kali aj bnyk yg ikut promosi iklan di situs nya jd punya penghasilan 😀

    •  

      Yang bohong ya si soak.

      Di artikel di atas sudah disebut “tepatnya 24 mil dari Natuna.”

      Soak bilang kalau kalimat 24 mil dari natuna tidak ada.

      Masalahnya kalau 24 mil di barat atau di timur atau di selatan Natuna pasti akan dicegat karena itu adalah kedaulatan RI mutlak.

      24 mil di utara ? Mana Meley berani sama China.

  36.  

    jangan songong lagi malaysia.kita punya pabrik senjata,kapal perang,pesawat tempur sendiri.bahkan kita lagi ngembangin kapal selam supaya TDM tidak nyelonong lagi.bravo TNI

  37.  

    nah loh…??

  38.  

    loh kok bisa..??

  39.  

    waduh….?….:))

  40.  

    santai aja kali bang..???

    ha ha ha

  41.  

    waduh…sadis amat doanya bang..??

  42.  

    malon sudah tidak usah bohong seperti wang tebusan itu

    kejap kata bayar , kejap kata tak bayar ujungnya kena songlap

    bohong itu dosa lon

    malon sudah jadi raja judi asean jangan jadi raja tipu juga

  43.  

    mencegat tu ndak harus dipaksa mendarat lon
    klo situ mau segera keluar ya cm digiring, klo ndak mau ya forced down, klo masih ngeyel lg ya shoot down

  44.  

    Saran gw mah, nanti klo kejadian lagi TEMBAK aja Malaysongong, bikin alasan apa kek pura pura klo urusannya nanti panjang.

    Sekali kali kita yg bikin masalah ama mereka, nanti gimana reaksinya, penasaran gw.

  45.  

    Saran gw mah, nanti klo kejadian lagi Shoot aja Malaysongong, bikin alasan apa kek pura pura klo urusannya nanti panjang.

    Sekali kali kita yg bikin masalah ama mereka, nanti gimana reaksinya, penasaran gw.

 Leave a Reply