Nov 292014
 
Kapal perang TNI-AL berpatroli di perairan Selat Malaka. Dok. TEMPO/ Arie Basuki

Kapal perang TNI-AL berpatroli di perairan Selat Malaka. Dok. TEMPO/ Arie Basuki

Jakarta – Media online Malaysia, Utusan.com, menyatakan Presiden Joko Widodo ingin melakukan konfrontasi dengan negeri jiran tersebut. Dalam artikel berjudul “Maaf Cakap, Inilah Jokowi“, media tersebut menulis rencana pemerintah Indonesia menenggelamkan kapal nelayan Malaysia yang menerobos perairan Indonesia kontroversial.

Khamis lalu, Jokowi mencetuskan kontroversi apabila mengarahkan pihak berkuasa maritim menenggelamkan semua bot nelayan Malaysia yang dilaporkan ditahan kerana memasuki perairan negara itu. Bagi Jokowi, tindakan ini akan memberikan kesan untuk mengurangkan pencerobohan oleh nelayan Malaysia ke kawasan perairan negara itu,” demikian dikutip dari Utusan.com.my.

Jokowi, menurut media tersebut, adalah pemimpin yang angkuh. “Ini seolah-olah memperlihatkan Jokowi memilih pendekatan konfrontasi, bertentangan dengan gambaran yang diberikan sebelum ini. Tetapi tidak dinafikan sebahagian besar rakyat Indonesia berbudaya dan tatasusila tinggi.”

Ketegangan di antara kedua negara, kata media tersebut, dipicu oleh ditahannya 200 nelayan asal Malaysia yang menerobos perairan Indonesia. “Pihak Maritim Malaysia bagaimanapun menafikan nelayan Malaysia ditahan di Indonesia kerana tidak mendapat laporan tentang penahanan itu.”

Indonesia, menurut Utusan.com, sebenarnya tidak perlu menahan para nelayan, melainkan cukup mengusir kapal tesebut. “Jokowi agak gopoh. Dia tidak menghayati memorandum persefahaman yang ditandatangani oleh pemimpin sebelum ini terhadap Garis Panduan Bersama Tentang Layanan Terhadap Nelayan oleh pihak maritim kedua-dua negara. Antara isi garis panduannya, kedua-dua negara mencapai kesepakatan hanya mengusir dan tidak menahan nelayan yang menceroboh perairan. Menenggelamkan bot dalam kata lain memusnahkan harta benda nelayan tidak ada dalam garis panduan berkenaan.”

Menurut media tersebut, seharusnya Malaysia yang melancarkan konfrontasi karena banyaknya tenaga kerja Indonesia ilegal di negeri tersebut. “Malaysia sepatutnya yang berkonfrontasi kerana pendatang tanpa izin Indonesia menyumbang kepada masalah sosial sekaligus merampas keamanan di negara ini.” TEMPO.CO.


Jakarta – Langkah Presiden Joko Widodo bersikap tegas terhadap kapal nelayan yang mencuri ikan di perairan Indonesia, diprotes oleh media online asal Malaysia, Utusan.com. Dalam artikelnya berjudul “Maaf Cakap, Inilah Jokowi,” media tersebut menuliskan kebijakan itu hanya untuk mengalihkan isu atas tekanan di dalam negeri terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

Mengambil kesempatan di atas semangat anti-Malaysia itu, Jokowi mungkin cuba mengalih tekanan yang hadapi berhubung cadangan menaikkan harga minyak sebanyak 50 peratus. Pengumuman itu mendapat bantahan hebat dalam kalangan rakyat terutama yang berada di bawah paras kemiskinan. Ironinya mereka itu sebelum ini menjulang Jokowi sebagai โ€œwira rakyatโ€ ketika berkempen dulu.

Menurut media tersebut, kenaikan harga BBM bersubsidi dilakukan karena pemerintah Indonesia ingin memangkas defisit belanja negara. Namun pemerintah harus menghadapi tekanan yang besar. Kenaikan harga yang dilakukan pemerintah Indonesia juga dinilai lebih tinggi dibandingkan Malaysia yang memiliki masyarakatnya daya beli lebih baik. “Walaupun Jokowi belum melaksanakan pelan pengurangan defisit negara cara mudah itu, tetapi rakyat sudah memberikan tekanan kepada pentadbirannya. Secara perbandingan, kenaikan harga petrol sebanyak 20 sen seliter di Malaysia yang taraf ekonomi jauh lebih tinggi berbanding Indonesia dianggap besar, bayangkan nilai 80 sen seliter di Indonesia?” .

Semestinya, kata media tersebut, Jokowi tak perlu mengalihkan perhatian. “Sepatutnya Jokowi tidak perlu mengalih tumpuan dan mengambil kesempatan di atas sentimen anti Malaysia tetapi memberi perhatian kepada isu rakyat yang berpendapatan rendah.”

Selain itu, media tersebut menulis juga bahwa Jokowi angkuh dan ingin melakukan kontroversi dengan Malaysia. Langkah pemerintah Indonesia menenggelamkan kapal bot nelayan Malaysia yang menerobos perairan Indonesia, memicu kontroversial. TEMPO.CO.


Jakarta – Media Malaysia ‘Utusan Malaysia’ menuliskan kritik terhadap Presiden Jokowi terkait kebijakan penenggelaman kapal nelayan asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia. Pakar hukum internasional dari Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menilai Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi harus memberikan klarifikasi kepada pemerintah Malaysia terkait kebijakan tersebut.

“Dalam konteks ini, Menlu Retno harus cepat memberi klarifikasi ke Dubes Malaysia untuk Indonesia atau Kemenlu Malaysia agar permasalahan tidak berkembang secara liar dan mempengaruhi hubungan kedua negara, terutama hubungan rakyat ke rakyat,” kata Hikmahanto kepada detikcom, Sabtu (29/11/2014).

Hikmahanto menilai ada tiga poin yang kiranya dapat disampai Menlu Retno kepada pemerintah Malaysia terkait kebijakan menenggelamkan kapal asing pencuri ikan. Pertama yaitu Presiden Jokowi tidak menuju secara khusus negara asal nelayan asing pencuri ikan di perairan Indonesia.

“Adapun yang disampaikan Presiden adalah secara umum, kapal asing yang melakukan penangkapan ikan di wilayah pengelolaan perikanan Indonesia,” ujar Hikmahanto.

Poin kedua adalah objek yang ditenggelamkan itu berupa kapal, bukan awak atau manusia. Sehingga jika dipertentangkan dengan HAM tidak beralasan karena bukan manusianya yang ditenggelamkan.

“Perintah menenggelamkan kapal disamping diperbolehkan menurut hukum Indonesia sebagaimana diatur dalam Pasal 69 ayat 4 UU Perikanan 2009, adalah ditujukan agar kapal yang sama tidak digunakan kembali untuk melakukan illegal fishing,” ucap Hikmahanto.

Ketiga yakni perintah menenggelamkan kapal oleh Presiden Jokowi sama sekali tidak bertujuan memprovokasi Malaysia. Tujuannya untuk penegakan hukum terhadap pelanggaran yang terjadi di wilayah Indonesia.

“Klarifikasi ini penting agar publik Malaysia tidak terpengaruh oleh berita yang menyesatkan,” tutup Hikmahanto. (Detik.com).

Bagikan Artikel :

  142 Responses to “Malaysia Gerah soal Penenggelaman Kapal”

  1. PERTAMAX

    • Numpang Nebeng Bung Venddeta , SeLamat Pagi Semua Rekan Warjager waktu indonesia Tengah & Timur , BeginiLah KeLakuan Congkak negara tetangga kita , jeLa2 perkarangan kita kok negara Lain sewot mau atur kita , oLeh sebab itu kenapa negara kita ALutsistanya di perkuat bukan untuk Show Off , tetapi untuk menjaga kedauLatan serta BaLance of Power di kekuasaan , sekaLi Lagi kita bukan untuk unjuk gigi atau mau meng Agresi suatu negara karna negara indonesia BUKAN NEGARA AGRESOR yang Angkuh seperti negara Adi daya dan sekutunya , Tapi biLa kedauLatan Negara kita di ganggu kita bikin RAME sesuai janji PAK JOKOWI !!!

    • Bayak cakap lu malon…bagaimana dg tiga kampung yg lu caplok diluar sipadan-ligitan.
      lanjut pa jokowi-jk…

      sdh kepalang tanggung perang perang sekalian.
      SAYA SIAP!!!

    • Saatnya merevolusi mental tetangga, bahwa monster maritim dunia telah bangkit. Mantap pak jokowi-jk

    • Negara MALING sedang mencari pembenaran diri atas tindakan tegas pemerintah RI tehadap para maling ikan di wilayah NKRI. Padahal polis marin MALINGSIAL itu kalo dilautan suka menodongkan senjata para nelayan/pemancing yg mau mendekati wilayah mereka. Para nelayan dan pemancing ditodongkan senjata utk segera mendatangi kapal patroli mereka. Krn ditodongkan senjata akhirnya para nelayan / pemancing mendatangi patroli tersebut sehingga bisa dianggap melewati batas wilayah negara. Dan kemudian sampan/gayungnya dipatahkan dan barang2nya dirampas baik mesin kapal atopun makanan2. Dan kemudian orangnya disuruh lompat kelaut utk menjauhkan kapal2nya dari batas wilayah. Memang negara MALING ini tdk tahu diri kelakuan polis marine yg pelanggar HAM manusia.
      MALAYSIA= Negara MALING = negara Pelanggar HAM = MALINGSIAL

  2. MALINGSIAL teriak MALING….
    NKRI punya wibawa…lanjutkan…

  3. petromax………!!!!!!!

  4. Ketegasan diiringi aplikasi nyata itu perlu… kalli ini sy setuju dengan RI1…jd jangan sampai si si sonora meneriaki RI1 NATO lagi (No action, Talk Only)

  5. mending ditenggelamkan daripada jd sasaran gelap ditengah laut. ka masih diselamatkan drpd dimakan peluru doang tp kpl tdk tenggelam

  6. Malon esm0si..haha

  7. Ingat kata bung karno MALAYSIA ITU KURANG AJAR

  8. Wah kebakaran rambut mslingsendal…moment pass..curi perhatian nih malingsendal mau pemilu umno berlagak keras untuk mendapatkan dukungan…negara lain aja adem ayem nape lu sewot…tenggelamkan
    lebih cepat..lebih baik

  9. tes

  10. Anehhh…
    Pe_De banget loh malay…. Kusus buat ente gak di tenggelemin kapalnya tp negaranya…
    NKRI HARGA MATI

  11. Masalah nya media malaysia aje yang gak ngerti dan melintir , kan omongan nya presiden sudah jelas tidak di tujukan ke satu negara melainkan kepada para pencuri ikan, gak peduli itu dari negara mana.hehehehe…salam kenal bung

  12. Sekarang gerah besok keringatan, besok nya lagi masuk angin…heheheh..salam bung warjager..

  13. wah…malaysia frustasi…
    terbiasa curi curi sewaktu pemerintahan RI sblumnya..karena tidak tegas..
    sekarang malaysia hanya bisa “banyak cakap” saja..selebihnya hanya menonton dan watching..
    hahaha

  14. udah nyelonong…nyolong ulahnya…
    Tiongkok, India, America respect Indonesia …Malaysia, Spore, Aus, PNG negara negara kecil pada konyol….hajar saja… nelayan kita disuruh berenang 5km…istilah indon sungguh menghina..FIR Natuna di control Spore….komentar di guardian.com 60 persen meremehkan Indonesia…Sungguh TNI sangat sabar…

  15. mantap hancurkan…

  16. alutsista apa sih andalan malon ini sampai2 bacot nya ga dijaga,,,
    TENTARA nya aja selalu kalah dalam kejuaraan menembak,,
    Kapal perang nya cuma 50 unit,

  17. negara malaysia adalah negara penyumbang rumpon terbanyak dilaut indonesia..

  18. Lanjutkat pak jokowi kami sbagai rakyat slalu mendukung untuk slalu menjaga harta karkat martabat bangsa NKRI harga mati malaysia emng kurangdiajar harus di kasih pelajaran

  19. kita menghormati kedaulatan negara lain, termasuk didalamnya kedaulatan hukum …

    sudah berapa banyak kapal nelayan kecil indonesia yang sudah dibakar oleh negara lain ..?

    jika TNI menenggelamkan kapal pencuri ikan adalah wajar,……

    saat sekarang, menurut salah satu media laut indonesia banyak dicuri oleh kapal kapal nelayan asing dengan jumlah yang masif ( 1 hari tercatat 5.400 ) kapal asing curi ikan di tempat kita…

    semoga tidak hanya 10 atau 20 kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan, kalau bisa 1000 sampai 10.000 kapal pencuri ikan yang tertangkap harus ditenggelamkan………

    ( hanya berlaku untuk kapal pencuri yg bertonase besar / diatas 30 ton ), jika kapal kapal nelayan kecil yg terbawa angin, ya harus dibantu dan dipulangkan ke negara asalnya………

  20. maaf menyimpang dari topik status, mau tanya nich sama admin / bung Jalo Cs ….

    kelanjutan rencana pembelian / pembuatan alutsista renstra II sudah sejauh mana ..?

  21. Suruh ngaca dulu itu malasia masak udah maling kok minta di lepasin kyak gak punya salah saja…soal masalah bbm biar itu jadi urusan dalam negeri Indonesia saja kok berani2nya ikut campur….soal memorandum dng yg pemerintahan yg lalu itu masa lalu klo ternyata merugikan kita kan isa diubah laut cman punya sdikit masih nyolong tapi malah gak tau malu bilang kita angkuh…toh juga yg ditenggelamin kapal nya bukan ABKnya…waktu TKI kita disiksa media sana diem aja….klo gak suka ya tinggal suruh saja dubesnya pergi dri sini toh kita juga yg mulai kok nanti kita liat sapa yg lebih rugi

  22. Lanjut kan pak Joko… sesekali memang harus di kasih pelajaran para pencuri ini…. Tapi BBM juga turunkan pak harganya, secara sekarang sudah menyentuh $60-$70 per barrel, Biar Nelayan melaut nya lancar Patroli KRI juga lancar.. dan Rakyat belajar memahami fluktuasi harga di atur secara Internasional… Nanti kalau tinggi lagi nggak apa-apa harganya ditinjau ulang..

    Untuk Nelayan kita jangan sampai ada yang melanggar tapal batas. untuk dilakukan pendidikan tentang hal ini..

  23. Jangan takut pak jokowi dan ibu susi TNI dan Negara kita ini Sekelas G20, inget ituuuuu…
    “NENEK MOYANGKU SEORANG PELAUT”

    Sekarang tinggal diberi modal para nelayan kita agar bisa buat kapal ikan lebih bnyak lgi utk mengairi lautan nusantara mencari berkah…

    Dan dana anggaran untuk TNI AL di perbesar lgi untuk patroli maritim

    Terakhir kita lihat hasil plus pendapatan negara

  24. ingat kata Pak Joko, kita bikin rame … tapi baru statement belum action entu Malausia udah banyak cakap … gimana di bikin rame beneran …

  25. Panas nih malaysia hehe ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  26. Anda gerah? Kasih “KIPAS” jangan ya,,,? ixiixixixixixi

  27. Malon merasa gerah kerena mengakui bahwa negaranya memang negara maling..PANAS DINGIN……….santai aja kelezzz

  28. Masih sebatas wacana…
    belum ada yg spesial…

    berharap saja bukan NaTo…

    No Bukti Means Hoax….

    siapapun pemerintahnya ttp omong kosong klo ga da bukti….

    sebagai warga negara yg cerdas ttp hrua objektif jgn sampai terbuai oleh wacana kosong…hanya karna sosok seorang president….

    yang ga setuju silahkan berpendapat, bukan beropini ..

    Salam NKRI…

  29. Betul juga si malon. Jangan ditenggelamin lah kapalnya. Baiknya ambil kapalnya langsung ganti bendera kita dan kasih ke nelayan buat nangkep ikan deket perbatasan , pasti lebih nyakitin hati mereka setiap lihat kapal y dulu miliknya dipake kita nangkep ikan

  30. Bapak jokowi sudah mulai tegas, semoga ini terus dipertahankan sampai masa akhir jabatan

  31. Media dan koran2 malingsia udah pada provokatip, coba deh koran2 di NKRI yang berbahasa Inggeris ditambahin lagi, agar masyarakat internasional cepat merespon dan mengetahui FAKTA yg sesungguhnya bahwa Malingsia adalah negara picik dn sombong. Baru mereka rasa malu.

  32. go to action mr jokowi, rakyat pasti mendukungmu untuk melakukan penegakan hukum di laut kita, tenggelamkan kapal” asing pencuri ikan agar mereka menghargai indonesia, kita adalah bangsa yg besar dan tidak boleh di lecehkan oleh nelayan asing, sekali lagi cm (nelayan) bukan tentara asing telah berani melecehkan kedaulatan indonesia, di mn martabat bangsa ini??? rakyat sedang menunggu apakah aparat TNI AL dan seluruh penjaga laut indonesia punya keberanian sprti presidenya atw hanya bermental ayam sayur yg doyan suap di tengah laut??? rakyat akan melihatnya.

  33. Emg kebiasaan maling…ketahuan bukan nya malu malah nantangin. Geber terus pak Jokowi…

  34. BLING SATAN…….. si malon

  35. 1hal yg perlu di ingat, media sosial malausia, itu tertutup tdk spt indonesia, medsos malaysia cenderung menavikan, dan mereka medsos malon, melakukan penyaringan, mana yg dr krjaaan asli beritanya tdk bleh di publikasikan,

  36. Malay seharusnya harus bisa memahami dan memaklumi , wong kita sudah punya aturan bisa utk tenggelamkan kapal pencuri ikan dari dulu … nelayan- nelayan mereka yang masuk tanpa izin ke teritori laut Indonesia wajib untuk mematuhi hukum yang berlaku di negara ybs apalagi ini soal pencurian ikan ….. heran malayan ini kok malah PRO-SETRES alias PROTES

  37. โ€œJokowi agak gopoh. Dia tidak menghayati memorandum persefahaman yang ditandatangani oleh pemimpin sebelum ini ”

    lon kita (Indonesia ) ini sudah berganti kepemimpinan anggap saja yg dulu sudah tidak berlaku, dan kita juga punya UU yg mengamanatkan utk tenggelamkan kapal pencuri selain itu pemimpin yg skrg..punya visi dan misi yg berbeda apalagi sektor Maritim yg akan digenjot scr maksimal …. maka perlu ketegasan ….. maka malay hrs bisa memahami jangan berlagak kyk bocah !!

  38. -deleted-

  39. Bung, nanti bakalan rame perang media masa RI vs melon. udah siap apa blm bung blehog don?, ..salam

    • Bila betul, nanti perang opini publik (RI vs melon) terjadi. bakal rame besar, ingat bung para tki kita di melon yg udah teken kontrak kerja lama. banyak yg menyimpan perasa’an ke tidak pua’as an. Banyak di antara mereka merasa di tipu(kontrak kerja tak sesui), perlakuan pada mereka tak mnusia wi (sangat merendah kan). ibarat api dlm sekam tinggal menunggu angin yg berhembus,.
      Wuss..! .maka keributan besar besaran bakal tterjadi,,(ini sifat militan bangsa kita )..
      salam.

  40. wahai malon ingatkah kamu akan alutsista rahasia kami yg super gahar cukup 4 jam menjadikan kuala lumpur,sabah,sarawak menjadi tanah & ingatkah kamu amarah kami atas ambalat jgn buat kami terpaksa menghancurkanmu…camkan itu malon krn rakyat nkri itu hebat oleh krn itu presidentx luar biasa “loe jual gue beli”ingat itu malon

  41. Gk usah diladeni bacotnya malingsial. Meladeni bacot mereka, bs2 menurunkan kelas Indonesia.
    Sudah jls2 peraturannya ditujukan utk semua negara, tapi mereka sok kePeDean menganggap penenggelaman hanya ditujukan utk mereka.
    Sebetulnya Itu adalah wujud kefrustasian mrka thd kemajuan Indonesia saat ini.

    Gk usah banyak kata2 lgsung tenggelamkan. Yg ngelawan, tembak!! SILENT N DEADLY.

  42. Pemerintah Mulai Hebat, Tegas & berwibawa. Saya acungkan jempol buat pemerintah. Saya dukung 100%.

  43. Dear malon,
    To many worst actions came from your side…so far you did not show as a friend or as a good colleaguest to us (indonesia)…so far to many provocative happened from your side…and to many claimed from your side to our teritory such as karang unarang (ambalat) and the latest tanjung datuk, and you are trying to claime some of our traditional culture such as batik,etc.

    Now, keep your mouth and let you watching us in how we to safeguard our teritory. But if you feel not comfortable with what we did..just one word for you..”Let we prepare each others to war”. If it’s happened, we will make sure to get back sipadan ligitan and made a big damage to your country as well.

    • THIS IS A BAD EXAMPLE OF INDON WITH BAD SPELLING IN ENGLISH BUT TRYING TO BE A SMART ASS KAKAKAAAAA….WHAT A SAD ASS HOLE….KAKAKAAAAA

      • HOI INDON …TULISAN ENGLISH KAMU STANDARD ANAK SD AJA….BELAJAR LAGI ENGLISH KAMU DAN JANGAN MEMALUKAN DIRI SENDIRI WITH YOUR WORSE ENGLISH WRITING…..KAKAKAA ….KAMU BELAJAR ENGLISH DI KINDERGARDEN ARAB KA KAKAKAKKAAAA…????

        • Hahahaha….lebih baik belajar bahasa & kebudayaan negara lain daripada mengakui kebudayaan bangsa lain seperti MALONSIALyg tidak punya kebudayaan haHAHAHAHA….

          SIAP-SIAP TENGGELAM KAPAL NELAYAN KAMU…..HAHAHA….sakitnya tuh disini didalam hatiku…sakitnya tuh disini didalam hatiku……
          KALAU GAK PUNYA IKAN JANGAN CURI TAPI BELI…KALAU GAK PUNYA DUIT UNTUK BELI….KAMU JADI PENGEMIS SAJA……HAHAHAHA……sakitnya tuh disini didalam hatiku…sakitnya tuh disini didalam hatiku.
          SAKIT….SAKIT…SAKIT MAU TENGGELAM KAPALKU..

        • bangsa miskin saja berlagu , export ikan sudah tak mampu . ternyata selama ini ikan indonesia yang elu jual ke singapore. maliiiiiingsial

          • Sabar bung prie, dia orang Seri Kembangan, Selangor. Lebih baik kita biarin aja dan tidak perlu menjelekkan negara sebelah ini. Nanti mereka akan berkaca sendiri atas apa yg diucapkannya. ๐Ÿ˜€

          • Yup bung jalo, dia tinggal di seri kembangan sebelah utara serdang, tp dia punya beberapa ip adres dan ada yg berhubungan dgn indonesia entah dia org kita atau pernah ke tempat kita, atau dia pengamat negara kita,hmm coba di cek secara manual. Hmm

      • HATI-HATI ADA PENCURI IKAN….AWAS ADA MALING IKAN..

        HATI-HATI SAMA MALONSIAL PENCURI IKAN…
        MALONSIAL LAGI KELAPARAN TIDAK PUNYA IKAN…AWAS ADA MALING IKAN..

        @MIJOE UDAH SEKARAT TIDAK MAKAN IKAN….DIA MAU MALING IKAN…HATI-HATI SAMA MALONSIAL.

        HAHAHAHAHAHAH…….HIHIHIHIHIHI……KASIHAN TIDAK PUNYA IKAN MAU MALING…

  44. SEWAKTU SI **** JOKOWI MENJADI GUBENUR SERING NGOMONG BESAR DAN SETELAH MENJADI PRESIDEN NGOMONG NYA JAUH LEBIH BESAR….WANG NGAK ADA,BBM NGAK ADA,INFRASTRUKTUR ENGAK ADA,JAKARTA KOTA BANJIR DAN ANGOTA APARAT KAYA SEPERTI PREMAN PASAR….USAH NGOMONG BESAR INDOSIAL KAKAKAKAAA…

  45. Lanjutkan Pak Joko Peduli Amat, Dah ketahuan tuh siapa malingnya..

  46. Mijoe you are a bad guy. Lol. You are Indonesian but you say a malaysian. Yu are a traitor. Yu dont deserve living in Indonesian. Go to hell.

  47. dari kemarin wacananya penenggelaman kapal…emang sudah ada yang di tenggelamkan?,udah ada rudal yang diluncurkan?, udah ada yang di bakar??….jangan2 NATO (No Action Talk Only)

  48. Soal kasus pembakaran kapal nelayan kita oleh PNG, saya no comen lah di sini sangat sensitif bung

  49. Sempat ragu dengan jokowi ternyata jokowi lebih garang dari si ###### coba kalau dari dulu orang seperti Jokowi yang mimpin, pasti nggak ada kasus century hambalang dan lain-lain.

    • Kebiasaan sipil adalah noisy but just bluffing sedangkan militer terbiasa silent but deadly…itu biasa karena sipil berlindung di balik aspek legal dan komunal sedangkan militer terbiasa sunyi sepi tanpa penghargaan dalam hidupnya yg soliter…

      Masih butuh pembuktian lima tahun kedepan…masih bau kencur untuk melakukan tindakan dewasa…

      • bung wehrmacht,

        klo sudah sejak 10 tahun lalu silent but deadly, tentu si malon sudah berkotek dari kemarin2…

        dan tentunya gak ada barang bernama “Garis Panduan Bersama Tentang Layanan Terhadap Nelayan” yang lesu darah itu…

    • KITA INGAT SAJA INDONESIA BERJAYA KETIKA PEMIMPINNYA SIPIL, SAAT IN PRESIDENNYA SIPIL TAPI DIA SDH BILANG “SAYA BIAR KURUS TAPI PERARUNG !..BANYAK KEIJAKAN SAAT INI YG MECENGANGKAN ORANG, KRN KEMAREN NGGA BERANI DILAKUKAN OLEH ORANG YG JELAS2 PENSIUNAN JENDERAL, KEIJAKAN MENENGGELAMKAN KAPAL NELAYAN ASING DLL, KEMBALI KEBIJAKAN YG MENGINGATKAN KITA PADA KEBERANIAN SEORANG SIPIL SPT SEOEKARNO…SEMOGA KEJAYAAN ITU KEMBALI

  50. sangat mungkin. target dlm 5thn anggaran pertahanan itu 1,5% dr PDB jika terealisasi itu berarti di thn 2019 anggaran pertahanan sktr 200T-300T. apalagi jika pemerintah bisa membenahi pertamina, maka harga bbm bsa di tekan. dibanding kerugian negara yg sampai 300T per thn maka 5,6jt kilo liter itu masih jauh lbh sedikit

  51. Bung danu kalo tak salah dulu ada pernyata’an2 protes duta besar kita di melon. waktu itu Bpk Dai bakthiar. Bila bung diego mau bikin artikelnya pasti rame.di situ banyak mengungkap kan tentang kelicikan para cukong melon,pada TKI kita.

  52. Kalau seperti ini masih boros BBM ga yah?
    – Patroli di lakukan oleh drone yg di lepas dari kapal patroli
    – Jika drone menemukan ada kapal asing dan terbukti melakukan ilegal fishing, akan di foto kemudian mengirimkan hasil foto ke kapal patroli terdekat beserta titik kordinat kapal asing tsb
    – Kapal patroli Baru melakukan pengejaran/intercept hanya jika memang diperlukan, selain itu kapal hanya lego jangkar sambil tunggu laporan dari drone patroli

    Ada kekurangan kalau seperti ini?

  53. saya setuju..klo perlu,suruh plg semua tki di malaysia,kasi mereka pekerjaan yg layak di indonesia pak jokowi dan beri upah sesuai dgn penghasilan mereka di malaysia..cm 1,5jt koq jumlah tki resmi yg di malaysia

    • target pemerintah tdk ada lg tki dlm 5th ke dpn. diganti dengan tenaga profesional.
      mudah2an terwujud jd gada lg tenaga kerja yg jd pembantu dluar negeri

    • Itu yg resmi di publish, yg tak resmi sngt banyak. ini lah sasaran empuk mafia tenaga kerja ilegal,cukong,polis melon utk diperas,habis habisan..salam

    • Bung jack mayoritas tki yg menjadi ilegal, pada awal nya ia hanya pegang paspor turis.yg berlaku 1 bln saja. Karena kalo lewat visa kerja resmi ngurusnya( ampun ampunan) susahnya. Jdi ya begi nian gampang dan cepat.

      • Yg penting orang nya bisa masuk dulu ke dalam melon.setelah itu baru baku atur tuh mafia ama cukong rebes dah!,(pekerja sawit).maksud nyo kalo udah didalam negri melon digelapkan. Gitu loh…

  54. Sebenarnya ada jalan, tergantung TNI aja…. Dulu BPPT sudah menawarkan pilihan penggunaan Bio-Diesel sampai TNI AL membentuk tim penyidik untuk melihat masalah keamanannya. Dan setahu saya hasilnya sudah keluar, ada juga tawaran bio-diesel dari beberapa Perguruan Tinggi, bada UGM, ITB, ITS, IPB, dll. Ini bisa sangat2 mengurangi penggunaan BBM import, tapi yah tergantung pimpinan TNI. Jangan selalu mencari masalah, carilah solusi sesuai kebutuhan.

    http://brdst.bppt.go.id/index.php/20-activities/55-diskusi-penggunaan-biosolar-b-10-untuk-armada-tni-al

    Mudah2an bukan alasan untuk malak2 kapal kecil di laut, ๐Ÿ˜€

    • Bung jalo kok jd pesimis sama TNI? Bung kan biasanya suka babar ttg kemajuan riset2 kita

      • Say gak pesimis bung, saya tahu gimana perjuangan teman2 Litbang TNI dan perjuangan peneliti2 mencari solusi mengurangi ketergantungan BBM. Dan silahkan tanya aja, yg bermasalah bukan di TNI-nya, tapi yah pimpinannya. Masalah kekurangan BBM untuk operasional TNI sudah lama dicari akar permasalahannya, seperti untuk Radar, dulu ada penelitian Litbang TNI dan beberapa instansi penelitian lainnya, hasilnya tidak digubris pimpinan dan mangkrak sampai sekarang.

        Om saya sudah 10 tahun menjabat di Kolinlamil hingga ke Pangkalan Armada Timur, disitu saya juga belajar apa yg terjadi disana. TNI sudah berdiri puluhan tahun lamanya, dan tahu permasalahan negara, terutama masalah ekonomi. Kalau sesuai hitungan bung Preman Senen, USD 5.6 miliar itu sungguh2 besar, lebih baik cari solusi lain. Saya mengikuti perkembangan berita permintaan petinggi TNI kepada pemerintah, dan yg saya lihat mereka cuman bisa mengeluh tanpa memberikan solusi. Nanti kalau kurang BBM ada alasan untuk melakukan penindakan illegal di laut (semoga tidak, karena fakta yg terjadi banyak kejadian seperti ini).

        Dari dulu sudah ada tawaran, silahkan main ke Litbang TNI AL, disana banyak pilihan untuk memenuhi kekurangan. Saya sangt mendukung kemajuan TNI kita, tapi yg difokuskan pertama adalah menjadikan TNI menjadi bersih, itu yg paling ditakutkan negara lain.

  55. Hati hati dengan nickname mijoe,dicky,, saya pernah lacak email mereka. .jgn terlalu di tanggapin.

  56. masuk rumah orang diusir kok ngotot…lucu jg tetangga kita…

    tiap negara punya hukum dan aturan untuk menindak segala macam pelanggaran terutama melanggar wilayah teritorial dan mencuri kekayaan alam…

  57. Bung jalo kok jd pesimis sama TNI? Bung kan biasanya suka babar ttg kemajuan riset2 kita

  58. Pake bio diesel ?bisa hilang dong keuntungan mafia minyak bung jalo!

  59. statement utk menenggelamkan kapal nelayan asing saya rasa ampuh jg..
    bgmn jk skrg di tambah dgn statement akan menembak jatuh setiap pesawat asing yg masuk tanpa izin di wilayah nkri..tp harus disiapkan dulu s300/s400,biar negara lain tdk anggep indonesia menggertak doank

  60. penegakan hukum harus di lakukan apapun resikonya…go…go…maju…terus …pantang mundur

  61. Nanti devisa,melon tak dpt bisa bengkrat bung…lalu apa nyang buat bayar utang nyang udah menumpuk?..bung

  62. preman seharusnya garang tidak pernah menyerah, ini preman kok letoy …pesimis.. he..ha..ha, namanya ganti preman kambuhan saja

  63. betul..betul..betul

  64. Apa yg ditakutkan dari dendam kesumat malingsial bung,,
    Kalau mereka memperlakukan nelayan kita dgn cara yg sama, saya kira itu bagus, dgn begitu baik nelayan kita atau nelayan asing akan berpikir ulang untuk menerobos batas wilayah masing2, maka akan tercipta saling hormat-menghormati wilayah masing2, tp jika masalah ini dianggap malingsial sbg konfrontasi, mereka akan berhadapan dgn TNI dan ratusan jiwa rakyat RI yg sudah siap melumat negara malingsial beserta penghuninya,,camkan itu bung,,,,

  65. KL NELAYAN DARI TIONGKOK BERNANI GK DI TENGELAMKAN ..JDN CUMA WACANA BASI ,,BUKTIKAN DGN RIND

  66. kesepahaman hanya bagi nelayan malaysia yang tidak sengaja namun bagi yang sengaja mengibarkan bendera indonesia supaya dianggap nelayan indonesia jelas itu pelanggaran dan layak diRUDAL….

  67. Maju terus pantang mudur pak jokowi , pak jk , beserta jajaranya TNI dan Rakyat Indonesia mendukung mu. sudah kepalang basah

  68. aparta TNI harus medukung, jika teriak2 krn kesejahteraan prajurit, saatnya menghentikan kebocoran penerimaan negara menjadikan menambahkan penerimaan negara, sehingga bisa dipergunakan utk meningkatkan kesejahteraan parjurit secara keseluruhan bukan hanya oknum2 tertentu saja….

  69. Like….

  70. Bagaimana sebuah kekuatan militer(british) yg memenangi perang dunia ke 2 nyaris hancur lebur karna sebuah kota asing bernama surabaya(indonesia).
    Dan lo malingsial jangan macam2 sama kami (indonesia)kalo lo tak mau kami habisi seperti kami menghabisi inggris (SAS) dan tentara gurkha yg lo banggain..

    (AREK AREK SUROBOYO)

  71. Untuk sukarta. Bilang ke pemerintah kamu. Ayo perang aja sm indonesia.
    Berani gak??
    Kalo gak berani jangan banyak bacot lu ya.
    Diem aja.
    Dasar orang miskin. Rumah aja gak punya masih banyak bacot.

  72. Lu jaga bangsamu beruk sudah tergadai ke cina Wkwkwk…sana minta wang hibah dari raja arab kah kah kah…malon tuh negara gagal total,dah miskin banyak cakap lg Wkwkwk

 Leave a Reply