JakartaGreater.com - Forum Militer
May 142016
 

Sungai Buloh – Malaysia meresmikan Pusat Komunikasi Satelit Angkatan Tentera Malaysia (PKS ATM) di Kem Paya Jaras, Sungai Buloh, Selangor pada, 9/5/2016 oleh Panglima Angkatan Tentera Malaysia, Jeneral Tan Sri Dato Sri (Dr.) Haji Zulkifeli bin Mohd Zin.

Pengoperasian PKS ATM ini mencatat sejarah bagi ATM khasnya dan Malaysia kerana ATM julung untuk pertama kalinya mengoperasikan system komunikasi satelit X Band di bawah kawalan selia mereka sendiri dan satelit MEASAT-3B yang membawa komunikasi system X Band adalah yang pertama dimiliki oleh negara di Asia Tenggara.

Pembangunan PKS adalah sebahagian dari pemodenan system komunikasi satelit ATM untuk menyokong 4DMAF.

Kehebatan yang diperoleh dari komunikasi satelit ini membantu meningkatkan keupayaan lebih canggih dan bertaraf dunia. Selain itu memberi kelebihan dalam mengoptimumkan force multiplier effect kuasa tempur ATM. Secara tidak langsung juga menjadi ‘Mata Langit’ dalam melicinkan dan memberi ‘secure communication’ untuk operasi tentera dalam pengawasan ancaman keselamatan negara seperti pencerobohan sempadan atau aktiviti pelanunan.

Leftenan Kolonel Ir. Illime bin Ibrahim yang merupakan Pegawai Memerintah Pusat Komunikasi Satelit ATM, menuturkan : “Untuk makluman Transponder X-Band untuk kegunaan tentera ini kita pasang pada MEASAT-3B bersama2 transponder awam yang lain. MEASAT-3B bukan dedicated military SATCOM. Sebelum ini kita sewa perkhidmatan Satcom dari negara luar. Kini kita hanya bayar sewaan kepada MEASAT yang mana satelit milik negara kita sendiri.

satelit malaysia 2

Ini bermakna lebih terjamin dan secure. kebanyakkan negara di Asia Tenggara menggunakan X-band Amerika atau Jepang atau Europe untuk komunikasi tentera mereka.

Jika ada dana yang mengizinkan ATM mahu lancarkan dedicated X-band satelite sendiri. Tetapi ini merupakan perancangan masa depan”

Pembangunan PKS ATM terdiri dari dua bagian penting yaitu Space Segment dan Ground Segment dimana Hub dan terminal-terminal X-Band Satelit ini akan dipasang pada unit-unit darat laut dan udara. Perolehan ini berlanjutan sehingga tahun 2020.

Sumber : Malaysiamilitarypower.blogspot.co.id

Berbagi

  106 Responses to “Malaysia Gunakan Sistem Komunikasi Satelit Militer”

  1.  

    Mantep Juga Nih Malay….

  2.  

    mantab pak cik….
    indonesia hrs menyusul neh…

  3.  

    Biasa aj..

  4.  

    Biar komunikasi ama bung Diego tambah lancar ya bang…???
    Hehehehe

  5.  

    Petromax

  6.  

    Malon dah pny Satelit Militer..??

  7.  

    Emg kita blm punya y ???

  8.  

    sy selalu pantau forum malaysia miltary yg di bahas selalu kemajuan alutsistanya entah benar atau tdk dan jarang sekali membahas kemajuan alutsista indonesia melainkan membahas kegagalan/kerusakan alutsista kecuali kemajuan alutsista singapor & ausy sj, entah takut atau tdk mau menerima kenyataan ttg kemajuan alutsista indonesia ttg proyek changbogo & ifx yg sbentar lg rampung, berbeda dg forum jktgreater yg tdk spt katak dlm tempurung

  9.  

    Final stage calon MRCA malaysia tinggal 2, pesawat F18 Super Hornet dan gripen out. Kini yg bersaing hanya Eurofighter Typhoon dan Rafale.

  10.  

    Rata2 orang Malaysia sulit menerima kenyataan jika ada sesuatu teknologi yg indonesia miliki lebih maju..bagi mereka Malaysia lebih modern dr Indonesia, mungkin krn media di sana sengaja menutupi berita ttg kemajuan indonesia jadi mrk spt katak bawah tempurung..salah satu contoh adalah MRT LRT dan kereta api komuter kalau di Malaysia sistem ini di bangun hanya di kuala Lumpur ibu kota nya sedangkan kita bukan hanya di Jakarta tapi semua kota besar di bangun sistem ini,sebenarnya banyak lagi kemajuan kita yg mrk tak tahu krn media sana sengaja tidak memberitakannya…

  11.  

    Kita juga susah pakai satelite kan…yang pakai transpordernya sat BRI …tpi pakai sinyal C dan ku band ya…jdi kalau yg x band..malaysia yg pertama ya..

  12.  

    tahnia pak cik

  13.  

    Moncer kah???

  14.  

    Mnurut saya jawabn nya sgt sederhana… Apakah anda ingin menjadi orang yg tidk ber agama..

  15.  

    satelit maesat itu made in France
    jadi sudah boleh diduga pemenang
    tender pesawat MRCA Malaysia

  16.  

    Ada sebab kenapa ADMIN disana tidak mempost update alutsista Indonesia, seperti forumx2 malaysia yg lain penuh dgn katax2 makian dan cacian dari masyarakat dua negara ini.. Lebih baik mengelakkan dari pada merawat.

    •  

      Itu hanya alasan yg dibuat-buat. Bilang aja terus terang kalo mempost update alutsista Indonesia akan membuat militer malaysia yg merasa selama ini sok jaguh jd terasa tidak ada apa apanya. Memang terkadang kenyataan terasa lebih pahit dari indahnya mimpi.

      •  

        Begini saja, klu kmu rasa pintar lebih bagus kamu tanya langsung ke admin nya forum malaysia itu, kerana saya tidak tahu. Nanti bagi saya link selepas kamu tanya kerana saya mau jawapan nya.

        •  

          Kalo saya merasa pintar itu tergantung pembandingnya. Jika ingin dibandingkan dng rata2 org malaysia tentu saya merasa lebih pintar. Alasannya karenasaya menggunakan sebagian besar kemampuan otak saya utk berpikir.

          Seharusnya kamu sudah pasti tahu mengenai kebebasan pers dinegara kamu. Atau kamu sama jg dng warga malaysia yg sok jaguh sehingga membutakan diri dng kondisi di luar negara kamu.?

          Contoh dapat dilihat dari jawaban kamu pada komen bung Bugis Kepri diatas yg mengatakan MRT di Jakarta panjangnya hanya 15 KM, mungkin kamu dapatkan sumbernya dari informasi dalam negeri kamu. Coba kamu buka informasi luar berapa panjang keseluruhan jalur MRT di jakarta. Supaya informasi kamu berkembang.

          Sudah dapat blom jawabannya apa itu MRT.? Saya yakin pasti blom dpt utk jawaban jaguhnya, padahal kalo kamu mau googling aja pasti kamu tahu difinisi MRT itu apa. Kalo ada MRT panjang 400 KM, itu MRT apa Kereta cepat.?

        •  

          Masih lagi MRT, buat masa ini MRT jakarta itu dibuat panjang nya 15.7KM yg baru dikerjakan tahap 1. Yg lain belum dikerjakan lagi. Saya bicara yg skrng berlaku. Bukan yg kedepan kerana ia belum pasti lagi jadi atau tidak. Panjang keluruhan MRT jakarta itu 110.8KM

          Ini baca sini website rasmi MRT jakarta, klu ini pun kmu tidak faham aku pun tidak tahu lagi..
          http://www.jakartamrt.com/sekilas-mrt-jakarta/id

        •  

          Makanya biasakan cari data pembanding. Itu makanya saya bilang saya pasti lebih pintar dari rata2 orang Malaysia. Secara logika berpikir saja, mungkinkah investasi yg begitu besar digunakan hanya utk memindahkan penumpang yg berjarak hanya 15 KM.?
          Kalo membaca informasi jangan sepotong-sepotong, tetapi secara keseluruhan. Proyek MRT Jkt itu panjangnya 110.8 KM terbagi dalam 2 koridor. Masing2 panjang 23.8 KM dan 87 KM.
          Lalu kamu mengelak beralasan mengatakan saat ini yg baru dikerjakan 15.7 KM. Lebih baik kamu katakan saja nanti MRT jkt lebih panjang dr Malysia tapi blom jadi masih dalam tahap pengerjaan. Itu namanya komen yg informatif dan tidak mengundang orang utk membully.

          Ini saya kasih sedikit info, MRT itu angkutan masal yg cepat terbatas menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya di dalam kota. Oleh sebab itu jaraknya pendek setiap koridornya. Walaupun panjang jalurnya ratusan kilometer namun terbagi dalam beberapa koridor. Artinya tidak sepanjang ratusan kilometer itu dilayani oleh kereta yg sama akan tetapi disambung dng kereta di koridor lain. Itu yg membedakan MRT dan Kereta Cepat atau Comuterline.

        •  

          Nah, itu sebab saya katakan yg berlaku skrng, bukan kedepan, MRT line 1 malaysia sudah hampir siap 2017 operasi. Line 2 dalam pekerjaan. Sedangkan indonesia yg baru dikerjakan tahap 1. Yg lain belum lagi.

          Panjang keseluruhan MRT jakarta itu 110.8KM, tapi kamu lupa atau tidak tahu MRT malaysia itu ada line 3, tapi belum dikerjakan. Jadi semua panjang nya 150KM.

        •  

          Ahh…taktik ngeles aja bisanya kamu. Debat begitu tidak sehat. Makanya banyak kawan-kawan dari Malaysia yg klo komen disini langsung dibully. Karena komen sok jaguh dan tidak mau kalah, ngeles sana ngeles sini.

          Introspeksi diri ya bung, baca teliti komen anda dari atas. Apa bukan ngeles namanya. OK kita akhiri saja bahasan yg ini. Kita debat lg di artikel yg lain tuh baru di naikan. Saya tunggu

        •  

          Ini wasitnya mana yah????

          ane mo pasang taruhan nih xixixi

        •  

          Komen nya bicara MRT, siapa yg ngeles. MRT skrng hanya di buat di jakarta, belum ada di tempat lain. Itu sebab saya bangkang kata dia. Katanya di semua kota, padahal belum ada. Malaysia pun sama hanya di kuala lumpur dan sekitarnya. Belum ada di tempat lain. Dia kata lagi komuter hanya di KL, padahal sudah ada sampai di perlis, skrng dlm pembinaan ke pahang dan terengganu serta kelantan.. wlpun saya bukan tinggal di semanjung, saya orng sabah ko.

  17.  

    Mantaff upin ipin

  18.  

    Di forum military lowyat malaysia selalu juga update militer indonesia. Coba masuk ke sana.

  19.  

    Malaysia joss deh..
    Salut untuk anda.

  20.  

    INDON NGEKOR MALAYSIA BELI HERCULES DARI AIR BUS

  21.  

    Ini sbg respon Malaysia krn keseringan kecolongan pelanggaran udara, dan parahnya tidak pernah ada tindakan tegas dengan mengirim pespur utk mengejar pesawat asing. Angka pelanggaran pun fantastis, 1000-an kasus pertahun. Cuek krn mau irit kali ya:)
    Berbeda dengan Indonesia dmn AU yg selalu aktif menindak setiap pelanggaran udara, bukankah ini juga pertanda teknologi radar kita sudah bisa mengcover seluruh teritorial kita. Salut sama AU RI

  22.  

    bisa pake gakk??…hihiiii

  23.  

    semoga perlombaan tehnologi yang terjadi dikawasan menuju kearah yang lebih positif supaya negara yang khususnya berada dikawasan asia tenggara dapat bersaing dengan negara-negara besar lainya brafo ASEAN

  24.  

    satelit mereka ini hanya satelit sistem relay transmiter X-band dengan dukungan optik untuk pengindraan. sama kayak setelit kita. cuma ini X-band. lebih aman dari gangguan atau penyadapan.

    kalo untuk dual purpose kita juga punya, 3 malah. mulai dari A1 sampai A3 (walaupun sebenarnya ini satelit untuk kepentingan sipil yang di manfaatkan oleh militer juga untuk memantau wilayah indonesia saat mengorbit di langit nusantara)

    tapi untuk yang X-band hanya BRI-SAT. kayaknya satelit BRI-SAT udah lebih dulu deh dari malaysia.
    heran,pemerintah mereka malah ngaku yang pertama di Asean. kasihan rakyatnya. makan retorika dan di giring media darling terus

    ini bukan satelit milik militer. kejadiannya sama. militer numpang satelit milik swasta di malaysia. mereka tertarik memakainya. numpangkan satelit negara lainkan bahaya. kemungkinan rahasia militer bisa bocor seperti contohnya pergerakan pasukan dan patroli unit darat,udara atau laut tertentu sangat bisa terjadi.

    mereka cuma punya 1 satelit. artinya kalau mereka mau mengintip kita, mereka harus menunggu sistem orbit membawa satelit mereka tepat di atas kita. itupun mungkin tidak lama. ya kalao satelit mereka mengorbit
    ( biasanya pemilik satelit harus memberitahukan di mata kordinat satelitnya agar tidak terdapat anggapan sedang melakukan upaya memata-matai negara lain. jadi negara-negara lain tahu kapan satelit mereka melintas dan apa yang seharusnya tidak terlihat bisa di sembunyikan secepatnya).

    Jangan tanya Amerika. amerika itu yah anda tahu sendirilah. mereka negara kepo.
    satelit milik mereka punya kemampuan untuk mengubah orbitnya. biasanya di desain dengan mesin jet kecil.

    contoh, laporannya emang benar pada tahun 2016 mereka meluncurkan satelit dan mengorbit di posisi bujur sekian dan lintang sekian. tapi, kemudian mereka ubah orbitnya tanpa memberitahukan kita. jadi selama belum habis dayanya itu satelit akan terus mengorbit di langit kita dengan kordinat baru yang gak kita tahu.
    setiap harinya waktu kita pikir satelit amerika akan segera melintas. ternyata sudah melintas 1 jam yang lalu tanpa kita tahu. bayangkan 1 jam itu mereka da ngintip apa aja selama beberapa tahun. sayangnya Indonesia belum punya radar yang dapat mencapai objek dengan ketinggian lebih 300 km. kalau udah ada entar kita tinggal tembak saja itu satelit pake missile anti satelit kayak punya rusia dan china dengan alasan satelite tersebut tidak terdaftar dalam melewati orbit indonesia. itu juga kalo missile ini bisa turut di buat ilmuan kita.

  25.  

    kalo udah punya satelit harus bedain mana pohon pisang dan mana pejuang sulu ya pak cik hahahaha

  26.  

    Bah Sesekali berita malaysia pake bahasa medan la..

  27.  

    dpt mainan baru ya tahniah pak cik…

  28.  

    Jumat, 13 Mei 2016

    Filipina akui kapal perang buatan Indonesia canggih.

    Captain Francis Alexander R Jose yang mewakili Kementerian Pertahanan Filipina dan ikut dalam rombongan pengiriman kapal perang dari Surabaya, Indonesia menuju Manila, Filipina mengakui kecanggihan kapal perang buatan Indonesia.

    “Bagus, dan saya merasakan sendiri dengan memaksimalkan kecepatan yang dimiliki SSV Tarlac, terbukti tetap stabil dan tidak ada goncangan,” ucap Jose usai melakukan tes kecepatan maksimal saat kapal memasuki Selat Makasar, Indonesia.

    Ditemui di atas kapal BRP Tarlac, di Perairan Filipina, Jumat, Jose mengaku sangat bangga dengan kapal produk buatan bangsa Indonesia, dan berterima kasih telah bekerja sama dalam hal pemesanan kapal.

    Pewarta Antara yang turut dalam perjalanan kapal menjumpai beberapa manuver dilakukan kapal canggih ini selama perjalanan laut, seperti memasukkan dua kapal pendukung atau “landing craft utility” (LCU) ke dalam bagian belakang kapal.

    LCU merupakan salah satu fasilitas kecanggihan kapal jenis “Strategic Sealift Vessel” BRP TARLAC (LD-601) ini, dan kapal kecil LCU berfungsi untuk mendukung peperangan di wilayah pantai dan dapat mengangkut sejumlah peralatan perang.

    Saat proses manuver, kapal SSV TARLAC sempat menenggelamkan bagian belakang tubuh kapal hingga kedalaman dua meter, agar dua kapal pendukung bisa masuk ke bagian belakang kapal.

    Setelah itu, pintu belakang kapal terbuka dan dua kapal bergiliran masuk menuju badan kapal, dan menaikkan kembali dalam posisi normal dengan membuang air yang sebelumnya masuk ke lambung belakang kapal.

    Manuver lain yang dilakukan selama perjalanan SSV Tarlac adalah memaksimalkan kecepatan yang dimiliki kapal hingga mencapai 16,2 knot.

    Selain itu, juga dilakukan manuver memfungsikan alat pemadam kebakaran yang dimiliki kapal, dengan menyemprotkan air ke laut, yang berfungsi untuk membantu pemadaman apabila terjadi kebakaran kapal.

    Sementara itu General Manager Kapal Niaga Satriyo Bintoro selaku pimpinan perjalanan ekspor perdana kapal perang dari Surabaya, Indonesia menuju Manila, Filipina mengakui semua manuver dilakukan secara maksimal selama perjalanan.

    Tujuannya, untuk menunjukkan fungsi dan kegunaan beberapa peralatan canggih yang dimiliki kapal kepada angkatan laut Filipina yang ikut serta dalam perjalanan, agar setelah serah terima kapal langsung menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan negara setempat.

      ? antara

  29.  

    kita tahulah bro. tapi, kita membicarakan satelit yang di gunakan pakai oleh angkatan bersenjata. kami pun punya 4. A1,A2,A3 dan BRISAT. dan awak hanya punya satu yang sedang di gunakan angkatan bersenjata awak. ianya pun bukan milik kerajaan. sedangkan satelit kami,kesemuanya boleh di guna pakai angkatan bersenjata dan merupakan milik kerajaan. walaupun ianya ialah satelit civilian tapi mempunyai spec for military purpose saat perancangannya. saya tak boleh beritahu awak, karena itu rahasia negara kami. dan untuk awak pahamkan satelit kaminyang bernama BRI-SAT yang di luncurkan menggunakan Roket India juga berada pada gelombang X band. sedangkan kelak 2019 kami akan meluncurkan satelit A4 dengan dual band capability for military pupose. itulah mengapa Indonesia sejak awal lagi mempunyai battle management sistem (saya juga tak boleh sebutkan namanya, ianya rahasia kami)
    kalau awak pikir saya mengkarut.. sila awak layari laman LAPAN indonesia space and aeronautic agency.

    •  

      Sudahlah bung, harab sabar, kan dia niatnya cuma provokasi.

    •  

      Komen bung 3chan yg beginian kalo dibaca sama si Freddy pasti jawabannya jangan mimpi lah bung. Dulu selalu komennya seperti itu jika ada berita bagus tentang militer RI, sekarang kumat lg dia.
      Sebenarnya sudah lama RI berusaha mewujudkan battle management sistem, oleh sebab itu PT. LEN dilibatkan. Sejak jaman SBY sudah dicoba utk matra dalam setiap latihan gabungan. Terutama matra laut dng udara. Hanya kendala alutsista berbeda block. Itulah PT.LEN ditugaskan.
      Kalo sekedar informasi umum bisa didapat di PuspenTNI bung 3chan.

    •  

      Kalau begitu syukur lah indonesia juga punya, semoga saja kedepan tidak di sadap lagi oleh australia.

  30.  

    @penyuka janda

    Pemberontakan pertama tahun 1948…kita merdeka 1945…hello?

  31.  

    @surti
    Mungkin maksudnya @PJ ini awal pemberontakan yg dilakukan paham ultra nasionalis kalau ngak salah jaman Tan Malaka muda.
    Kalau ngak salah lho ya.
    Maklumlah Kambing banyak salah. Hhe”

  32.  

    @bro_ salam
    🙂 awak punya wawasan luas kawan. saya boleh nampak awak berpikiran terbuka. bagus, menarik. saya harapkan bisa berborak dengan awak lagi di lain thread. GBU

  33.  

    Arikel membahas satelit sewaan militer malaysia tapi perdebatan bisa lari ke mana2 mulai MTR, pokok pisang sampai listrik…hehehe.
    Bung Diego, ini sangat luar biasa…maksudnya luar biasa OOT nya koment2 warjag disini, tapi seru juga ya.

    Sukses selalu untuk bung Diego.

  34.  

    [email protected] Sejarah itu bukan matematika, bukan ilmu pasti! Saya kasih contoh Swedia-Denmark itu sering perang satu sama lain dahulu, namun sejarah versi masing2 sering berbeda dlm even2 tersebut, begitu pula Perancis-Inggris banyak catatan2 sejarah masing2 mereka menjelaskan secara berbeda setiap even2 bersejarah tersebut menurut kacamata mereka sendiri. Kembali ke Indonesia, Di Belanda mereka tau nya Indonesia merdeka tahun 1949 dan ada pendapat yg bersikeras bahwa Indonesia merdeka karna USA ingin menguasai SDA nya East Indies, sementara di Indonesia kita tau nya Indonesia merdeka tahun 1945 dan kita salahkan Soeharto karna Soeharto dianggap sebagai pembukan keran masuk nya Perusahaan2 USA.

    Gmn? Sudah mengerti kira2? Klu belum ya susah juga..gmn lg menjelaskan nya.. inti nya begini, tidak ada fakta sejarah yg diputar-balikkan dlm penganalisaan yg objektif, yg ada versi yang berbeda. Jika anda punya bukti2 sejarah yg otentik, silahkan anda bawa ke meja perdebatan utuk meluruskan sejarah. Kalau tidak, jangan katakan diputar-balikkan..

  35.  

    Gampang jawab Indonesia pnya ga satelit militer… Jawaban yahh mengidentifikasi posisi abu sayyaf bikinan aseng j***nam

  36.  

    gak begitu penting.. yg penting alutsista nya..

  37.  

    sumpah, waktu loe bilang
    “bung diego ini luar biasa, ”
    (gue baca komen loe sambil minum Milo panas )
    GUE KETAWA, AMPE AIR MILO MA AER LIUR GUE MUNCRAT 🙂
    loe tau gak bro, GUE SAMA KAYAK LOE 🙂
    Edan tenan JKGR ini,
    pantas si stepanus cabut, mikir kali dia. nie bukan cuma alay lagi nih. udah campur ini mah ma orang gila 🙂
    adehhhh… sakit perut gue bro 🙂

  38.  

    kayaknya tuh satelit gak bisa nyelem lagi 😆

  39.  

    Kelebihan X Band Satcom dperjelaskan dlm wikipedia:-

    https://en.m.wikipedia.org/wiki/X_Band_Satellite_Communication

    X Band ialah standard communication band utk NATO. Malaysia memerlukan X Band utk sistem military network centric warfare mereka (NCW).

  40.  

    Satelit MEASAT 3B itu dipunyai oleh syarikat Malaysia iaitu MEASAT Sdn Bhd. Syarikat ini menyediakan perkhidmatan satelit kpd lebih 150 negara!

    https://en.m.wikipedia.org/wiki/MEASAT_Satellite_Systems

  41.  

    Berita ini Menhan Malaysia merasmikan NCW berasaskan sistem SATCOM X Band:-

    http://malaysiamilitarypower.blogspot.my/2016/05/malaysian-armed-forces-will-be-testing.html?m=1

  42.  

    sama kaya india, militer kuat tp rakyat miskin….trus yg td teriak teriak kita beli sukhoinya dikit bijimane….mereka siap hidup susah juga gk.

    yg namanya jd pemimpin itu bisa kilaf kekuasaan..soekarno mengangkat dirinya jd presiden seumur hidup, suharto uda jalan 32 tahun(secara halus demokrasi tapi semu krn 3 partai tp kalo pemilu yg menang yh partai yg itu itu saja) dia cerdik..tp USA tau semua itu dibiarkan oleh mereka selama pak harto masih ngasih kebijakan asing kelola SDA NKRI. pas pak harto sadar dia diperalat dan mulai membuka hubungan dgn rusia baru deh ditenggulingkan..maaf klo salah

  43.  

    Saat malon menghadapi pejuang sulu udah begitu hebohnya..pake jet, bom, tank, itu model dan gaya gaya otak malon jaguhh.. hard power dipertontonkan.. Biar dikatain jaguhh.. Kalo indonesia mau habisin OPM tidak pake lama..tapi itu bukan mengatasi akar masalah tapi tambah menambah dendam dan kebencian, otak malon dari dulu memang sok jagujhhh… Menjijikkan..

  44.  

    @ABG

    Orang yang biasa tereak-terak, selama ini hidupnya udah susah….

  45.  

    @daagelan

    Belum nyadar kalo negaara kita defisit listrik…udah lupa pln nyewa kapal pltu terapung dr turki?

    Emang belum tau di daerarah perbatasan listrik maasih byar pet?

    Belum dengar berita, proyek listrik 35000 MW direvisi?

    •  

      Setuju dengan mas pintar…eh maksudnya mas MULYONO, Indonesia masih terlalu banyak kekurangannya perlu sebuah terobosan memotong waktu mungkin dengan mengumpulkan semua tukang sulap di negeri ini agar segalanya akan terlihat sempurnah sebelum kedipan mata yang pertama. iya gak seh mas MUL…

  46.  

    kurang penting. klw alutsista nya udah oke. baru lah..

  47.  

    Coba deh baca disini http://jakartagreater.com/2016-tahun-untuk-satelit-drone-jet-tempur-ifx-dan-kapal-selam/ dan disini http://jakartagreater.com/tni-al-memasuki-sistem-komunikasi-satelit/ SEMUA tentang alutsista kita simpang siur. Ada yang bilang BRISAT belum terbang, di link diatas udah, ada d jkgr juga dulu (saya lupa judulnya) bahwa BRISAT itu cuma pengalihan aja. Well, coba liat diatas, masa komunikasi satelit militer pake mobil ga anti peluru :V kayak telkom aja :V

  48.  

    Berarti lebih maju kita donk..langsung pakai komunikasi ghoib.

  49.  

    lucu juga ngomongin lengser kepimpinan jaman presiden dulu. lagian itu kan dulu. skrg indonesia demokrasi coy. dgn kata lain indonesia suka dgn hal yg brhubungan demokrasi.

 Leave a Reply