Apr 142014
 
Buk-M2E-TELAR ( Miroslav Gyurosi)

Buk-M2E-TELAR ( Miroslav Gyurosi)

Moscow 14/04/2014 – Malaysia menyatakan keseriusannya untuk mengakuisisi sistem rudal pertahanan udara terbaru Rusia, sekaligus meningkatkan kerjasama teknis-militer antar kedua negara, ujar perwakilan Rosoboronexport.

Menurut Rosoboronexport Malaysia berminat dengan rudal jarak menengah permukaan-ke-udara Buk-M2E serta sistem pertahanan udara jarak pendek-menengah Pantsir-C1, sistem rudal anti-tank Kornet-E/EM, Metis-M1, Mirazh, Sobol, serta kapal patroli Mangust Class,” ujar juru Rosoboronexport jelang DSA-2014 Asian International arms expo.

Rosoboronexport akan membahas proyek-proyek ini dengan Malaysia selama pameran Senjata DSA-2014 di Kuala Lumpur, yang berlangsung dari Senin hingga Kamis.

Sistem Pertahanan rudal/senjata jarak pendek mobile,Pantsir-S1 Rusia (SA-8 Greyhound

Sistem Pertahanan rudal/senjata jarak pendek mobile,Pantsir-S1 Rusia (SA-8 Greyhound

“Kerja sama teknis-militer yang saling menguntungkan dengan Malaysia berkembang cukup dinamis. Rusia memiliki prospek yang baik dalam penjualan: jet tempur, helikopter kargo militer, sistem pertahanan udara, senjata serbu dan kapal patroli,” ujar Nikolai Dimidyuk, Direktur Khusus yang memimpin delegasi Rusia dalam pameran di Malaysia .

Selain itu, Rusia juga akan mempresentasikan helikopter tempur Mi-171Sh yang dipesan bagi transportasi pejabat Malaysia. Rusia dan Malaysia akan membahas operasi layanan dan pusat perbaikan untuk pesawat tempur Sukhoi Su-30MKM. (RIANVOSTI).

Bagikan :

  181 Responses to “Malaysia Incar Buk-M2E dan Pantsir”

  1.  

    minyak tanah uehhh

  2.  

    Gagal lagi T_T

    Nomer berapa nih…

  3.  

    5 besar

  4.  

    yach tetngga sblah mulai gelisah ini,,,

  5.  

    ketiga.. waah klah lmbt truz nih ma tetangga…

  6.  

    3 dapet gak ya πŸ™‚

  7.  

    Duit mana lagi..

  8.  

    kita terlambat nich dari malon. . .

  9.  

    Duit mana lagi..?

  10.  

    met pagi para sesepuh jkgr… khusus bung jalo.. gemana dgn indonesia sendiri .apa sudah memadai sistem hanud kita? atau ada dail2 tertentu dgn phak rusiA untuk sistem hanud kita? trm ksih sblmx.. mohon pencerahan.. sbgi rakyat sy pgen tau…?

    •  

      Haduuh saya lagi, hihihiihihi πŸ™‚

      kita juga seperti malaysia. MEF I itu ada anggaran untuk membeli Penangkis Serangan Udara (PSU) jarak sedang dan waktu itu kita ditawari Buk-M2E juga, tapi terakhir main ke kandang nih pasukan, katanya barangnya belum ada. Lalu ane pernah nanya KSAU dan jawabannya di MEF II baru rencana beli. Nah duit MEF pertama ama kedua digabung atau sudah beli, jujur ane belum dapat info bang.. Yg kedua ada tawaran dari Nasams, mungkin termasuk ToT-nya. Tapi keputusan baru diambil setelah pilpres. Semoga menjawab ya bung πŸ™‚

      •  

        bung Bravo, kata kuncinya “main ke kandang nih pasukan” (misal markas yon arhanud X), sementara S-300 V + S-300 PMU dioperasikan yon V dan yon W…

        jadi info bung Jalo tidak otomatis menafikan info sebelumnya…

        •  

          mungkin pertanyaan yang lebih tepat;

          lho, katanya yang menembak jatuh gombal hawk itu buk m?
          πŸ™‚

        •  

          Gombal Hawk dan 2 pespur asing itu ya? Hihihi.. Terus negara yang punya pespur adem ayem aja. Nggak ribut-ribut, nggak minta pilotnya direpatriasi πŸ˜€

        •  

          aduh, susah memang jelasin ke orang yang otaknya bebel macam bung Bravo ini. sekarang saya mau nanya itu Gombal Hawk dan Pespur asing itu kenapa bisa ditembak jatoh? berarti masuk kewilayah NKRI tanpa izin “clereance” alias memang niatnya mau masuk ke wilayah kita diam-diam kan? kalo negara yang punya itu barang ribut-ribut itu namanya buka aib negara itu sendiri. udah salah masuk wilayah negara orang tanpa izin, giliran ditembak jatoh marah-marah. ckckckck, silakan aja kalo negara itu berani koar-koar toh nyatanya mereka diem aja karena malu mungkin.

        •  

          Lah itu Syria nembak jatuh pesawat Turki yang masuk ke dalam wilayah Syria, Turkinya marah toh? Trs wkt zaman perang dingin dulu, pesawat mata-mata U2 masuk wilayah Soviiet lalu ditembak jatuh sm Soviet pake SA-2 Guideline, AS tetap mencak-mencak dan menuntut mayat pilotnya direpatriasi. Padahal jelas-jelas itu misi mata-mata dan ditembak jatuhnya di wilayah Soviet. Gimana?

        •  

          Bung Bravo,
          Yang lebih menarik sebenarnya kalau pespur itu benar ditembak jatuh , kira-kira kenapa pemerintah asal pespur adem ayem ? Atau kah mereka repatriasi G to G saja tanpa liputan media ?
          Lalu apa saja kira-kira factor pembeda dengan saat U2 ditembak jatuh dan F-16 ditembak jatuh dengan asumsi tidak adanya repatriasi sama sekali ?
          Pemerintah asal pespur mungkin sengaja menerobos wilayah NKRI untuk mengetes sejauh mana payung udara NKRI sementara U2 untuk melakukan pemotretan udara dengan sudah mengetahui ancaman SA-2 .
          Mungkin Bung Bravo ada alasan lain, silahkan . JUst IMHO.

    •  

      sudah memadai Bung TKI,
      untuk kelompok SHORAD (short range air defence) baik itu dalam platform MANPADS (Man Portable Air Defense System) maupun platform mobile ada RBS 70, QW 3, Grom, Mistral Altlas, Startreak, SA-7 Strela dan RBS 23 BAMSE

      untuk kelompok Medium-long range SAM ada S.300 sama Buk-M2E

      :mrgreen:

      •  

        Bung PS… berani gak ngebabar Buk Minah kita… hayooo….. bagi crita hoax lagi yang lain soal keampuhan buk minah kita bung PS hehehehehe

        •  

          tunggu saatnya ya Bung, nanti kalo udah saatnya “menurut saya” Insya Allah saya buatin satu artikel “Hoax” seperti Sekilas Kilo kemarin hehehehe… :mrgreen:

          •  

            Aseekk…… tar ane tagih janjinya ya bung PS… hehehehehe

          •  

            Kalau rapier masuk kelas apa ya bung? Soalnya kita ada kerjasama juga…

            Makin menambah hoax πŸ˜›

          •  

            SHORAD (short range air defence) Bung Jalo πŸ˜€

          •  

            Ooh iya ya, kita ada kerjasama pengembangan bersama antara BUMNIP dan MBDA… πŸ˜€

          •  

            Bung PS, Maaf saya masih awam
            1. Dalam satuan Pertahanan udara, umumnya 1 batalyon terdiri dari berapa baterai, kemudian 1 baterai terdiri dari berapa peluncur rudal/roket dan perangkat apa saja dalam 1 baterai tersebut bisa beroperasi secara mandiri.

            2. Saya penasaran sekali mengenai jangkauan/jarak maksimal dan efektifnya dari masing-masing, SAM. Pantsir C1, Buk-m2 dan S-300.
            mohon pencerahannya. terimakasih sebelumnya…

          •  

            biasanya satu baterai itu terdiri dari Baterry Command Vehicle yang berperan sebagai Optoelectronic tracker dan FCC (fire control computer), peluncur propadnya dan radar masing-masing rudal Bung. dan dikita semua unsur itu juga digabungkan dalam satu Missile Gun Integrated Weapon System. jadi semua unsur tadi bekerja dalam satu sistim mulai dari menjejak pesawat musuh sampai ke mengendalikan penembakan rudalnya. :mrgreen:

      •  

        Nah, muncul lagi berita kita udah punya S-300. RBS-23 Bamse? Baru lagi nih beritanya.

      •  

        bung pcs@ klo yg bikinan eropah brat mmg smua udah tahu.. tpi untuk hanud dari papa bear g pernah kdengeran tyuh baik angkatan darat maupun al kita?
        .. klo ada hoax tlong kasi bocoranya dikit…

  11.  

    Assalamualaikum wr.wb
    mungkin hal inilah yang membuat alasannya Indonesia meminta russia tidak memberikan peralatan yang sama kepada potensi lawan Indonesia, bilamana Indonesia dan Malaysia terjadi konflik πŸ™‚
    jika kedua negara berseteru dimungkinkan yang mengatur lalu lintas laut dan udara kedua negara???

    kalau salah ya maaf πŸ˜€
    maaf oot πŸ˜€

    •  

      trims bung Jalo πŸ™‚ hehehe maaf masih nekarbitol πŸ˜€

      •  

        kok menurut ane ada lidah di balik mata yah :).si A punya barang X dan si C melihat potensi kalo pecah susu tuh barang bisa bikin laler pada ngiler.jadi caranya si B(babu) di suruh beli ntuh barang juga biar si C bisa obrak abrik nd tau kelemahannya di balik barang yg menggantung itu.dan itu just IMHO πŸ˜€ peace broh just hoax hoex banyakan susu

  12.  

    Biarlah malaysia beli ikan… kita belajar membuat kailnya

  13.  

    tetangga sekeliling indonesia ini kalau mau beli senjata pasti diumumkan, ak prnh memikirkan keseimbangan kawasan lah, perlombaan senjata lah, ayo indonesia, tak perlu lagi kita memikirkan keseimbangan kawasan atau perlombaan senjata, krn fakta nya mmg sudah terjadi perlombaan senjata.
    hidup Indonesia Raya!!!

  14.  

    ya ro popo tokh….kita bikin rudal yg banyak saja kq gitu aja repot…..
    seberapa banyak bias beli penangkis rudal??…10x lipat kita hujani rudal….
    majulah RI … semoga bisa menyaksikan peta RI kembali ke zaman Majapahit…amien…

  15.  

    Ini yang disebut kemakan provokasi hehehehe
    Dulu gembar gembor beli kilo mereka beli scorpene
    gembar gembor beli sukhoi tanpa persenjataan (kosongan) mereka beli Sukhoi mkm avionik gado gado
    Entar lagi paling mereka memutuskan membeli euro fighter typhon πŸ˜€

    Tugas bung nara sukses neh πŸ˜€

    •  

      Sabar.. double check lagi,asak jatuh ke lubang yg sama

    •  

      Ngak ada rahsia bro dalam beli senjata serta jumlah nya. Semua akan d rekod oleh PBB. Kecil atau besar semua tau. Yg rahsia itu sistem dan sub sistem apa yg d gunakan alutsista itu.

      •  

        perihal rahasia tetaplah berlaku. rahasia tidak berlaku bila beli ke NATO dan sebagian sistem RUSIA. Apalagi small arm pastilah susah ditelusuri.

        •  

          Nah kalau begitu indonesia beli alutsista dari negara mana? Selagi beli dari negara lain tetap akan d rekod oleh PBB atau badan yg ditugaskan seperti sipri. Maka nya kalau mau rahsia harus buat sendiri. Contoh amerika ada 5 kapal selam nuklear. Yg d tahu lo. Tapi ada kah benar amerika punya 5 kapal selam nuklear. Mgkin saja lebih dari 5. Dia bisa saja tipu lo. Knpa, kerana dia sendiri yg membina nya. Bukan membeli dari negara lain.

        •  

          @Bung Boku
          Maaf saya yang awam mau tanya
          Badan yang mengurusi laporan pembelian senjata dibawah naungan PBB itu namanya badan apa ?
          Apakah ada Undang Undangnya semua negara harus melaporkan pembelian senjata? UU nya (Traktat) namanya apa ?
          Apakah Indonesia ikut meratifikasi traktat tersbut diatas?

          Maaf awam butuh pencerahan

      •  

        transaksi jual beli tergantung pada yang bertransaksi tidak ada keharusan utk dilaporkan apalagi bila dalam kontrak jual beli alutsista tsb masing2 pihak berkomitmen utk merahasiakannya. PBB tdk ada urusannya sama jual beli ini. paling juga yg bentrok di negara penjual itu sendiri, spt di jerman contohnya yang merahasiakan penjualan alutsista ke arab saudi yg ditentang kerahasiannya sama parlemennya

    •  

      Bung Satrio, nanti kita beli/buat penawar nya .. hehe

    •  

      iya saya juga ikutan nanya SIPRI itu apa sih Bung Boku? emang setiap negara didunia yang beli persenjataan harus lapor mereka sedetail-detailnya gitu? kalo benar begitu untuk negara-negara yang melaporkan pembelian alutsistanya secara telanjang itu keuntungannya apa ya? apa SIPRI itu yang mbayari pembelian alutsista itu? maaf orang awam yang nanya dan tolong pencerahannya juga ya Bung Boku :mrgreen:

      •  

        Plis degh yah, pembelian alutsista negara manapun udah ada blue print nya, gak ada tuh krn kemakan bca berita JEKAGEER… Klo pun neh ya, mereka kemakan trus beli ini itu toh apa untung nya buat Indonesia.? Itu tanda mereka punya uang dan mereka semakin kuat karena punya alutsista yg mumpuni. Sedangkan Indonesia menurut JEKAGEER hanya akan terus membual dan mempercayai berita gosip.

        •  

          mau nanya nih Bung Jajaka Tingkir, yang bilang Malaysia kemakan berita JKGR siapa ya? Blue Print pertahanan suatu negara itu dibuat berdasarkan apa sih? tolong jelaskan dong Bung kepada saya yang awam ini :mrgreen:

        •  

          Kalau membeli senjata tidak berdasarkan mengantisipasi kekuatan musuh (tetangga) ya berarti kurang pandai pengatur strategi negara tersebut..mungkin sama dengan pemikiran anda.bung jejaka tingkir,

          Blue print dibuat karena ada potensi musuh kawasan dan dibuat anti dotnya.
          Untuk bisa tahu kekuatan musuh sesungguhnya makai peran intelejen sangat berpengaruh,,untuk mengatasinya maka ada kontra intelejen.agar kekuatan tidak bisa terdeteksi ..

          Dan bung jejaka tingkir merasa kegeran juga sebagai anggota forum sebelah merasa lebih jaguh πŸ˜€

          •  

            Setujuuuu Bung Satrio πŸ˜€
            maklum jamaah “hura percoyo kalo ndak pelototi barange” :mrgreen:

  16.  

    Bagus kl tetangga mau beli …..jadinya kita pasti terpacu ….tp apa iya mrk punya dana ?pesawat aja mau nyewa kok heheheeeee

  17.  

    Saya kira dg d beli’y Buk-m2e & Pantsir oleh malaysia, harus menjadi acuan bagi negara kita untuk lebih mandiri dlm pembuatan rudal oleh LAPAN… Jayalah NKRI…

  18.  

    tenang LPG 3kg melimpah ruah πŸ˜›

  19.  

    Biarin malay beli rudal sam kalo dia macem macem kita salvo pake rudal dari sumatera dan natuna. Makanya kita harus bikin rudal yg banyak.

  20.  

    kalo di tebak ..bu minah dan pak de sir untuk merontok an pesawat tempur atau rudal indonesia yg mana ni ya πŸ™‚ apa mereka takut dengan Euro thypon dan Sukhoi Su35, atau apache dari mamarika..
    apa ke makan berita indonesia beli senjata ini itu..yang mengancam keamanan malas sia..

    nungu sesepuh turun gunung…silahkan bung@jalo,NYD,Satrio,Diego pencerahan dan berita hoax nya,, udah lama ga makan nasi hoax nih

    kaburrrr

    •  

      Klu ngomong biar logik. Su35 dan tyhpoon aja belum jelas. Apache cuma 8. Lo bandingkan ngan singapore. Mereka ada apache 20 biji. F16 banyak + F15 SG. SAM Syder SR dan SAMPT. Ni semua sudah ada lo. Bukan rencana. Belum lagi ATGM nya punya Ribuan. Malaysia itu cuma mengimbangi singapore dan vietnam lo yg jelasx2 punya SAM medium.

      •  

        momentum modernisasi TNI sudah bergerak, memang baru bergerak tapi sudah berjalan. bahkan Sg sadar tidak akan bisa bersaing dengan Indonesia dalam hal kekuatan militer, dari segi potensi tidak ada anggota FPDA di kawasan yang bisa menyaingi Indonesia, satu persatu atau bersamaan. Kebangkitan militer Indonesia dengan segala potensinya jelas membuat gellisah negara2 tetangga. Jalan keluar Singapura adalah mencari dukungan dan perlindungan dari luar. Malaysia belum jelas arahnya, yang jelas Malaysia tidak terlihat mampu bertahan dengan kekuatan militernya sendiri menghadapi skala ancaman, Plan B-nya juga politis dan kunjungan Mahathir mungkin clue-nya

        •  

          Jgn ngomong dulu bos. Buktikan dulu. Nanti baru discuss balik. Skrng yg d depan mata aja. Ingat bukan indonesia saja punya rencana untuk program alutsista mereka. Semua negara juga sedang berjalan. Lihat nanti hasil 15-20 kedepan.

          •  

            setuju kita lihat nanti 5 tahun masa dihadapan.

          •  

            betul, makanya saya bicara potensi πŸ™‚ . energi potensial itu adalah energi yang belum bergerak. but its there, dan saya yakin potensi Indonesia sangat besar jika saja mampu dikeluarkan dengan efisien, dan faktanya potensi kami memang besar, baik potensi ekonomi, politik dan juga tentu militer

          •  

            Setuju bung.
            Saya nitip pertanyaan mohon dijawab dengan jujur.
            Pada tahun 2030 negara mana yg ekonominya terbesar ke 7 di Dunia?
            Pada tahun 2040 tolong sebutkan 4 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Dunia? mengalahkan Jerman, Jepang, Inggris, Perancis, apalagi Singapore….
            Bayangkan Bung 4 besar Dunia, hanya kalah dari China, USA, dan India.

          •  

            Setuju Bung Openmind. Tapi bagi saya paling mengkhawatirkan ketahanan energi, karena kebutuhan paling dasar.

        •  

          s’pore emang pespurnya banyak, tapi bisa scrambled ( airborne dlm waktu -/+ 15 menit )smua gak? coba aja cek di changi,sembawang & paya lebar…….he,he,he

      •  

        Bukan panik lo. Itu kan cuma statement dari rosoboron. Bukan rasmi dari kerajaan malaysia. Belum tentu malaysia beli itu. Masalah di sini forumer salah menanggapi dgn statement itu. Seolahx2 sudah deal. Terus keluar lah kenyataanx2 negatif. Klu betul pun malaysia beli SAM. Biarkan aja. Mgkin mereka ingin belajar teknologi baru. Sudah jemu kali dgn manpads. Seharusnya indonesia juga begitu. Sedia kan payung sebelum hujan. Kalau pun bukan untuk singapore iya mgkin untuk menghadapi china.

      •  

        saya support jiran mengumumkan pembelian senjatanya sekalian penempatannya. bila perlu beli yang “cutting edge” biar kami terpacu dan mempunyai alibi untuk mengimbangi atau mengatasinya. semoga dengan pemberitahuan tersebut pengadaan kami menjadi lancar tanpa ada banyak pertanyaan baik dari internal maupun jiran.

      •  

        Mau menghadapi tiongkok?
        la terus malaysia mau berdagang dengan siapa?
        kalau tiongkok di anggap lawan oleh malaysia

  21.  

    Pecel ayam buk minah..indonesia bgimana nih? Tpi klo dari info hoex πŸ˜€ buk minah ama es teler 300 udah ada di indonesia so.. “aku ra popo” #HA

  22.  

    Ummm lihat kelompok partainya siapa yg membentuk ekosistem kelemahan nkri secara sempuna

    •  

      bagaimana gk disebut negara plagit kalo gtu:
      kita beli hawk mereka ikut beli
      kita beli sukhoi, mereka ikut beli juga
      kita pake anoa, mereka ikutan borong
      kita pake CN235, mereka ngekor
      kita instal startreak, mereka mau akuisisi juga
      selanjutnya kita kedatangan apache, RI airforce one dan thypon/ SU35 apakah mereka ikutan ngekor?
      let’s see

  23.  

    Emg malay pny duit????anggaran militer j cma us 4.7milyar dollar…wkwkwkwkwkwkkkkk

  24.  

    gpp bung ss mereka pesan dan kita sudah punya jauh lebih dahulu pakai penangkisnya lagi ……….betulkah begitu? ditambah lagi buat berita a-z Dan mereka ambil semuanya kah?
    BTW ks midget Dari Italia malon punya kelemahan seperti apakah y?

    mohon pencerahannya bung ss and bung jalo. hatur nuwun

  25.  

    Kalau Malaysia membeli itu semua dalam jumlah yang “memadai”, itu bisa menjadi ancaman serius bagi pertahanan Indonesia. Sangat serius malah. Kombinasi Buk-M2E dan Patsir-S1 Russia cukup bisa dihandalkan untuk merontokan aneka Pesawat Tempur dan helicopter Serang anti tank. termasuk F-16 bekas dan Helikopter Apache.

    Efek keberadaan Buk-M2E Russia yang dikirim ke Suriah cukup membuat Armada Udara NATO berpikir 2 kali, Apalagi katanya Suriah juga mendapat jatah S-300.

    Belum diketahui, Apakah TNI mempunyai cara untuk menghadapi kombinasi Buk-M2E dan Patsir. Perlu diketahui bahwa, TNI belum pernah sukses melakukan operasi militer gabungan sekala besar dengan melibatkan banyak matra. Operasi Jayawijaya gagal dilakukan dan operasi Seroja dilakukan dengan koordinasi yang amburadul.

    •  

      @Mbah…ilustrasi !!!..terdeteksi oleh awak kabin radar pantau mobile buk – askar diraja sebuah pesawat tempur datang dr utara dgn ketinggian cukup rendah kecepatan diatas 2.mach…jarak sudah 30 km…dgn sasaran ….dlm kondisi seperti ini… Tergantung si user di lapangan mental dan nyali dibutuhkan dlm hitungan detik…walaupun tehnologi tidak jauh berbeda siapa yg menekan tombol duluan …karena dlm setiap latgab tni – atm…. katanya …heee

      •  

        Dalam kondisi damai dan kondisi perang, kadang psikologis prajurit bisa berbeda lho..

        Biasanya Buk-M2E cukup mudah untuk disembunyikan dan cukup sulit bagi pilot jet fighter untuk melihat keberadaan Buk-M2E. terbukti dalam perang lembah beeka, Israel terpaksa harus mengumpankan terlebih dahulu banyak drone agar dimakan oleh SAM, baru kemudian Jet Israel balas mengebom posisi SAM.

        •  

          Nih Mbah Moel sudah jawab sendiri pertanyaannya .. πŸ™‚

          •  

            @mbah and Ghi…
            hehehe setuju Bung Ghi, itu Mbah Moel tanya terus dijawab sendiri. Pancing si SAM ama Rhan odong-odong … 1 banding 5 kali duitnya hehehe …. habis ludes SAM nya mereka kita baru masuk….. ato minimal mereka jadi tidak tahu mana-mana object yang beneran ato cuma odong-odong …..

          •  

            Persoalannya Indonesia sampai saat ini, belum mempunyai satelit militer yang bisa melihat posisi peluncuran SAM Malaysia. Apalagi jika Peluncur SAM disembunyikan di bawah tanah dengan pintu besi buka tutup.

            cara paling murah adalah meniru Inggris dalam perang teluk, yaitu mengirim pasukan komando dan sniper untuk menghabisi operator SAM. tapi masalahnya kondisi geografisnya berbeda. kalau di irak bergurun sehingga sniper bisa menghabisi operator SAM dari jarak cukup jauh, lha kalau malaysia kan kondisinya tropis berhutan-hutan. eh salah, yang benar bersawit-sawit

          •  

            klw perang greliya insyaallah kita jagonya bung moel, malah lebih sulit diperbatasan yg masih hutan belantara daripada sudah jadi sawit smua. kemapuan personil juga kita ngak kalah dalam strategi perang wlw menghadapi musuh yg canggih. untuk satelit militer khan sudah disiapkan, tinggal numpang meluncurnya nempel siapa. atw nunggu roket kita.. who know??

  26.  

    sebenarnya dalam pengadaan alutsista kita tidak perlu “merasa tidak enak pada tetangga”
    hilangkan budaya “ewuh Pakewuh” untuk pembelian senjata
    borong semua persenjataan yg cetar membahana

  27.  

    wajar saja kalo saya pikir, Sg juga telah mengumumkan rencana pembelian aster 30. Jika TNI tidak menyesuaikan juga itu baru aneh πŸ™‚ .. atau bahkan Malaysia yang sedang berupaya menyeimbangkan kekuatan agar tidak terlalu timpang

    salah satu cara mengkonfirmasi berita alutsista adalah dengan melihat juga kondisi kawasan, berusaha menyeimbangkan dengan ancaman itu pastim diumumkan atau tidak.

    berkaitan dengan berita di atas sepertinya baru rencana, kalaupun segera terjadi jumlah hanya akan seremonial karena saat ini tangan Malaysia masih terikat untuk membereskan program2 belanja mereka sebelumnya hingga bertahun-tahun ke depan

    •  

      Sblm ke BukM dan Panstyr ….bbrp program2 yg terkendala dana harus dilewati dulu sperti Program MRCA (Opsi lease), Penambahan alutista pendukung Kor Marin mrk yg baru dibentuk,Pengadaan Helicopter Attack (mrk pengen Zulu),Pengadaan pesawat COIN.

      Kecuali kl Malaysia bs lobi Rusia agar barter BukM dan Panstyr dengan Minyak Sawit (sbgmn pembelian Tank Pendekar mrk) …kl ini terjadi baru surprise buat kawasan trutama buat Indonesia.

      Kita tunggu kabar slanjutnya dr negri jiran ….apakh cuman minat ataw bener2 nekat heheee

      •  

        betul bung, rasanya SAM juga bukan proritas bagi ancaman yg mereka mereka saat ini, lebih tepat jika peningkatan kekuatan kapal permukaan dan kemampuan marinir yg baru dibentuk

    •  

      bung nowy , saya rasa ga sesantai seperti itu contonnya saja om safrie sudah liat juga test drive hq-16 di gurun gobi, om moeldoko sudah jalan ke sanghai noon jauh disana, kri makasar sudah jalan2 ke sanghai.. bawa anak2 banyak… memangnya mo kulakan hp pakai kri makasar, silahkan dijawab sendiri, judule wannabe… yg penting sambil belanja liat cara buatnya trus insyaAlloh gitu dech..

  28.  

    Weit e minit….2 heli utama dan 2 heli pendukung? Apache macam apa ini? Maksudnya 2 bersenjata 2 lg bawa amunisi,bbm,konsumsi,senek,garpu sendok? Kemping dongg….

  29.  

    wah mestinya kita punya S-300 Pak PUR

  30.  

    MALAYSIA [RAPOPO] rapuh porak poranda

    kwkwkwkwkwk…………………………..

  31.  

    Ternyata malaysia emang demen niru Indonesia :

    Weststar edar peluru berpandu Starstreak

    KUALA LUMPUR 14 April – Kumpulan Weststar melalui anak syarikatnya, Global Komited Sdn. Bhd. hari ini memeterai memorandum persefahaman (MoU) bersama UK Thales Air Defence Ltd. bagi mengedar sistem peluru berpandu Starstreak.

    Starstreak bakal menggantikan sistem pertahanan udara teknologi lama dikenali sebagai Starburst yang digunakan Angkatan Tentera Malaysia (ATM).

    Pengarah Urusan Kumpulan Weststar, Tan Sri Syed Azman Syed Ibrahim berkata, MoU itu adalah satu langkah positif kerana memberi manfaat kepada ATM sekali gus pasukan bersenjata di rantau ini.

    ?Ini adalah perkembangan positif untuk industri pertahanan negara kerana MoU ini tidak hanya melibatkan transaksi perniagaan semata-mata tetapi merangkumi pertukaran teknologi dan pengetahuan sistem pertahanan yang akan memberi manfaat jangka masa panjang.

    ?Melalui MoU ini, kami diberi hak mempromosi, mengedar dan memasarkan sistem peluru berpandu generasi baru Starstreak di negara ini bagi menggantikan sistem Starburst,” katanya.

    Majlis yang diadakan sempena Pameran Perkhidmatan Pertahanan (DSA) 2014 itu disaksikan Menteri Pertahanan, Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein.

    Azman berkata, sistem peluru berpandu berkenaan boleh dipasang pada kenderaan utama GK-M1 yang turut dipamerkan dalam pameran kali ini.

    ?Teknologi ini adalah yang terkini dihasilkan UK Thales yang membolehkan ATM menggantikan sistem Peluru Berpandu Starburst yang diguna sebelum ini.

    ?Dengan kerjasama ini, UK Thales memudahkan Global Komited menggabungkan pelbagai sistem rangkaian pertahanan yang lengkap seperti sistem perintah dan kawalan radar untuk menyokong dan melindungi aset penting kerajaan dan tentera,” tambahnya.

    http://www.utusan.com.my/utusan/Dalam_Negeri/20140415/dn_03/Weststar-edar-peluru-berpandu-Starstreak

  32.  

    test.

  33.  

    Malaysia harus memutuskan.!
    Apakah ikut bersama saudara2 melayunya yang dari Indonesia, atau senantiasa menjadi “BONEKA”nya Barat yang senantiasa selalu mementingkan kepentingannya (Barat) sendiri. Jika sesuatu tidak sejalan dengan kepentingan barat, mereka akan:
    – mengembargo negara tersebut.
    – membekukan aset2 negara itu di negara2 Eropah dan Amerika. (Betapa sialnya Malaysia yang meminjamkan ringgitnya kepada AS, uang itu sewaktu2 bisa hangus jika malaysia berkonfrontasi dengan AS,
    Seperti Libya, berapa trilyunan dolar Khadafi meminjamkan uangnya kepada AS, saat utang itu akan jatuh tempo, meledaklah pemberontakan di negerinya, dan utang AS kepada LIBYA dianggap hangus.)

  34.  

    Jgn menghina negara orng. Jadi lah forumer yg baik dan berfikiran positif. Ingat dulu indonesia juga pernah krisis lo sampai pinjam IMF. Biar pun ada masalah kewangan. Tetapi projek seperti AV8, Gowind dan A400M mereka jalan. Saya lihat AV8 nya bagus dan ada versi AV6. AV6 ini nant akan d gunakan dlm misi PBB. Brahmos versi air launcer belum d produksi masal lagi. Masih dalam tahap ujian. Anoa batal lo kalau ngak salah kerana protes dari renault perancis. Perancis juga nawarkan VAB mereka ke malaysia. Itu sebab malaysia dulu ada rencana mau ganti mesin renault dgn mesin mercedes.

  35.  

    Bung Jalo, ulasannya tentang retrofit Tank AMX nya dong.

  36.  

    betul @ bung nara.
    paling beritanya doang yang rame.rusia kan dah hafal bgt kelakuan malingsia…..

  37.  

    Inikan yg ngeberitain kan Ria nov…. (pihak rusia), kayaknya gertak sambel nya rusia buat bargainingnya dengan Indonesia, biar Indonesia mikir, kira-kira nya begini, Indonesia pengen gua jadiin bini pertama atau jadi bini muda. ayo tinggal pilih….. Atau Malaysia memang udah jadi Bini pertamanya Rusia, sehingg waktu bini mudanya yang bernama Indonesia minta, bini tuanya diceraikan. Rusia bingung ngg bisa mutusin. Abis mintanya kelewatan, rada tega..!

    Cuman dalam konstek Rusia sedang beramasalah dengan barat , akibat kasus Crimea, ini menjadi dilematis bagi Indonesia. Karena saat ini Rusia sedang galau dan butuh solusi cepat untuk mengurangi kerugian yg lebih parah akibat embargo Eropa.

    Nilai transaksi Rusia – Malaysia tentu sangatlah kecil, dan kurang signifikan, Namun dalam konstek kekinian, Rusia akan menilai, siapa yang menjadi sahabat sejati sekarang, di kawasan ini apakah Malaysia atau Indonesia????.
    Salah melangkah maka persahatan Rusia-Indonesia yang selama ini terbina dengan baik akan buyar dengan seketika, dan akan menjadi lebih sulit memperbaikinya dikemudian hari.

    Lalu akibatnya apa setelah Indonesia di nomor duakan oleh Rusia, :
    Maka Malaysia akan selalu berada diatas angin, dan suatu saat apabila ada konflik dengan Indonesia hal yg sama saat terjadinya hilangnya Sipadan & Ligitan akan mudah terulang kembali.
    Karena secara geo strategi mereka kuat dan komplet. Secara tradisional dia didukung negara-negara persemakmuran, dan utamanya tentu Amerika. Ditambah lagi dia didukung Rusia.

    Kalau kita berpaling ke Eropa, secara geo strategi juga ngg cukup untuk membendung pengaruh Rusia dan Amerika.
    Kalau kita berpaling ke China. tentu akan mendapat penentangan dari Rusia, dan mendapat halangan dari Amerika.

    Bagai mana dengan Amerika,? sejarah panjang hubungan Indonesia dengan Amerika, banyak sekali trik – Intrik yg akhirnya merugikan Indonesia yg lebih lemah dalam segala hal. Jadi bagi saya sangat mencemaskan.

    Untuk itu Indonesia harus selalu Waspada cerdik dan pandai dalam menimbang berbagai perkembangan dan perubahan iklim geo politik dunia.

    “KESUKSESAN ITU TIDAK DIPEROLEH DENGAN SIKAP KERAS DAN KAKU TANPA KOMPROMI, TAPI KEBAIKAN HATI DAN BELAS KASIHLAH YANG MENENTUKKANNYA.’

    •  

      saya jika rusia melepas indonesia dan menggandeng malaysia sebagai “istri pertama”, maka kerugian besar terjadi pada rusia, secara sekarang indonesia sedang memodernisasi militer dengan didukung ekonomi yang satabil. apakah rusia ingin melepas RI dengan kekuatan ekonomi baru asia atau menggantinya dengan malaysia yang ekonominya mulai terpuruk………

      •  

        Sahabat sejati, apa bisa dinilai sekedar dengan uang ????
        Bukankah sahabat sejati itu selalu ada dikala kita susah dan kesulitan…. ????.

        •  

          nambahin aja:

          Sahabat sehati lebih sejati daripada serumpun bung…..

          Boleh saja didepan kita anggap malay ini “adik”….
          Tapi bagaimana kapasitas n sifat aslinya kita jg udh pada tau…..

          meskipun tak ada yg tdk bisa diubah….Tpi kewaspadaan kita jgn pernah turun kpd “saudara” yg satu ini…..

    •  

      Dengan sanksi dari negara Barat, Rusia sekarang perlu harus kerja keras buat dapat duit. Jadi jualan ke Malaysia ya supaya dapat uang banyak. Lagipula, Buk dan Pantsyir secara umum efek deterentnya buat Indonesia tidak signifikan, kecuali kita punya ambisi invasi.
      Sekarang coba bikin skenario kecil-kecilan (heheh). Misalnya Pantsyir akan digunakan sebagai unsur pelindung MBT Malon di Kalimantan. Mereka tahu bahwa Indonesia nggak akan gagabah menggebuknya pakai pesawat begitu saja. Banyak sekali alat perang yang bisa digunakan sebagai penangkalnya. Apalagi Kalimantan bukan padang pasir yang terbuka, pakai manpads yang dibawa pasukan komando, MBT dan Pantsyir bisa-bisa dibabat habis.
      Jadi menurut saya, Rusia ya jualan, yang penting laku, karena Rusia tahu benar.
      Tentang konstelasi geopolitik, juga terlalu jauh menghubungkan penjualan itu sebagai sinyal sikap Rusia. Indonesia masih sangat penting untuk ditinggalkan begitu saja oleh Rusia.

      •  

        Anda yakiiiiiiiiiiiiiinnnnn?????.

        Bagaimana kalau Rusia tetap bersahabat dan berteman dengan kita, namunnn dan akan tetapi dihati kecilnya sudah ada catatan kecil, catatan pinggir…,

        OHHH TERNYATA INDONESIA BEGITU TOHH NGG BISA DIANDELIN, AND NGGA BISA DIHARAPIN.

  38.  

    Malingsial gertak sambal.. negara peniru dan sok2an yang lagi bangkrut.. bentar lagi paleng ada berita kalau malingsial berminat untuk membeli kapal selam nuklir.. hahaha,,
    Jayalah Indonesiaku..

  39.  

    Mampos πŸ˜€

  40.  

    Biarkan Malay akuisisi Bude and Pakde , …. menurut saya bukan suatu hal berlebihan dan menjadi ancaman secara sifatnya adalah defence.
    Jawabannya cukup sederhana bagi kita yaitu segera selesaikan project RHAN dkk….

    BUK Malay vs RHAN…. seperti Catenacio vs Total football hehehehe

  41.  

    bagaimana gk disebut negara plagit kalo gtu:
    kita beli hawk mereka ikut beli
    kita beli sukhoi, mereka ikut beli juga
    kita pake anoa, mereka ikutan borong
    kita pake CN235, mereka ngekor
    kita instal startreak, mereka mau akuisisi juga
    selanjutnya kita kedatangan apache, RI airforce one dan thypon/ SU35 apakah mereka ikutan ngekor?
    let’s see

  42.  

    Pagi Warjagers.. Saya kira bung nowy benar.. jika pun terealisasi butuh waktu beberapa tahun ke depan karena prioritas mereka adalah Gowind + pembuatan LST/LPD baru. Bahkan bukan tidak mungkin pesawat COIN yang akan jadi prioritas melihat kejadian perang dengan pejuang sulu tempo hari.

    •  

      yup bung.. makanya klw mau belanja alusista harusnya mreka terstruktur dan terncana. bukan asal beli2, lihat ada yg punya pengen punya. harusnya lihat kondisi geografis alusista apa yg cocok, trus klw tetangga punya A, harus memikirkan counternya bukan menyamai. itu bukan startegi”. dipikir dulu, lihat geografis, siapa yg dihadapi, gambaran 5 thun kedepan kayak apa. itu harus dipikir klw mau pertahananya disegani, bukan karena jumlah yg wuaah..tapi stategis buat apa belinya. hehe. maklum ngasih saran saja ke Sonora.:]]

  43.  

    keliatannya kali ini malay tidak akan mengimbangi kekuatan udara kita, mereka akan berusaha membatasi ruang gerak pesawat kita dari bawah…

    •  

      yaah.. klw masalah ruang gerak, malah mereka yg ruang geraknya terbatas. inipun terbukti dari bagamana bisa pesawat segede MH gak tahu lewat mana, satu departement bilang A, yg pertahanan bilang B. naah looh itu sudah klihatan koordinasi yg buruk. untuk wilayah udaranya. diwilayah indonesia pesawat capung saja diintercep, jet tempur yg ngetes melintas saja kedetect.

  44.  

    Saya rasa andaikata benar malasya nantinya jadi mengakuisisi BUK-M dan Pantsir. Kita pasti bisa menghasilkan penawarnya atau penangkalnya. Suatu sistem pertahanan udara pastinya memiliki keterbatasan dalam hal amunisi dan persenjataannya. Seberapa banyak sih yang mampu dimiliki…? Seandainya setiap batere pertahanan udara memiliki katakanlah 10 unit amunisi roket termasuk cadangannya. Kita pancing saja agar sistem tersebut aktif melakukan pencegatan. Dengan apa? Tentunya tidak perlu dengan pespur yang kita miliki. Bisa saja kita pancing dengan menggunakan UAV buatan dalam negeri. Atau roket kendali. Begitu amunisi mereka habis. Baru kita lakukan langkah selanjutnya. Maaf, hanya pemikiran awam… CMIIW

    •  

      kalau sudah dipancing ama drone dan mereka menembak ,maka ketahuan lokasinya maka langsung disalvo aja untuk dimusnahkan .gak usah menunggu peluru dan rudalnya habis
      cmiiw

      •  

        Masalahnya buk minah ini kan spesialis objek dgn ketinggian di atas 10.000 feet.kalo di lepas buat target rendah jd gak efektif.setau saya drone dan rudal/roket rata2 ketinggiannya rendah bahkan rudal jelajah terbangnya nap on earth…pasti yg di lepas shorad/manpads…gak kena dong bung targetnya…

        •  

          Basic missile system specifications Buk missile system

          Target acquisition range (by TAR 9S18M1, 9S18M1-1)

          range – 140–,
          altitude – 60 m – 25 km,

          Firing groups in one division – up to 6 (with one command post)
          Firing groups operating in a sector

          90Β° in azimuth, 0Β°-7Β° and 7–14Β° in elevation,
          45Β° in azimuth, 14Β°-52Β° in elevation,

          Radar mast lifting height (for TAR 9S36) – 21 m,
          Reloading of 4 missiles by TEL from itself – around 15 min,
          Combat readiness time – no more than 5 min,
          Kill probability (by one missile) – 0.9 – 0.95,
          Target engagement zone

          aircraft

          altitude – 15 ? – 25 km
          range – 3 km – 42 km

          TBM

          altitude – 2,0 km – 16 km
          range – 3 km – 20 km

          sea targets – up to 25 km
          land targets – up to 15 km.

          Tinggal mereka memakai sistim pertahanan berlapis yang bagaimana.

          •  

            Yg jd pertanyaan bung satrio,brapa banyak mereka punya di tiap lapisan.kalau mau ngumpan mereka dengan cara itu ya tunggu shorad mereka habis baru buk minah digunakan…kalau mereka punya banyak shorad mosok mau nunggu habis dulu?keruan kirim aja satuan komando buat ngancurin site nya…lebih efisien dan gak makan waktu…

          •  

            Banyak kok caranya bung wehrmacht
            salah satunya yang anda sebutkan..
            yang penting data intelejen ,sehingga kita bisa memetakan dan memberikan strateginya untuk menghadapinya
            mancing memakai drone ataupun mengirim satuan komando adalah aplikasi dari buah laporan intelejen,
            Gak ngawur muter muter dulu nyari lokasi yang mana..

            Disini pun para musuh memetakan kekuatan kita dengan berbagai cara.diantaranya ya mantengin formil πŸ˜€ dan mancing mancing πŸ˜€

            makanya saya pernah cerita hoax jamesbond yang pura pura sebagai LSM hilang rimbanya karena berusaha menelisik dan menerobos area pertahanan berlapis kita
            hehehe just hoax

          •  

            Hehe benar itu bung satrio…marikita benahi intelijen kita…siapa yg mengetahui perut musuh dan perut kita sendiri tidak akan kalah menghadapi 100 pertempuran…itu kata sun tzu loh…salam bung satrio

          •  

            Bung Satrio mau dong cerita & ulasan yang lengkap mengenai jamesbond yg kesasar tuh…
            ngidam bawaan bayi neh….

          •  

            Bung @Satrio,
            James bond hilang rimba yg kasus capung merah baru2 ini ato yg mana?
            Request replay donk bung ceritanya….or linknya…..

          •  

            Saya pernah baca kok cerita hoax tersebut diforum militer
            coba anda gogling pasti ketemu,..kalau linknya ya lupa
            Tetapi itukan hanya cerita hoax saja ,,,untuk nambah bahan bacaan saja

      •  

        @bung satrio & bung wehrmacht: bener juga ya bung… tapi seperti kata bung wehrmacht bahwa SAM sejenis itu lebih untuk obyek di ketinggian 3000 meter, bagaimana antisipasinya kira-kira…

        •  

          Sattuan komando jawabannya bung delik.untuk ngamanin operasi udara dr serangan darat paskhas spesialisasinya (reccon,intercept,pengamanan LZ,penanda target).jd kalau kTa sun tzu A dilawan dgn B….

          •  

            Setuju bung wehrmacht… Saya terkadang ketika menyadari betapa penuh rahasianya alutsista yang negara kita miliki, jadi teringat ucapan seorang Erwin Rommel: β€œThe winner in a man to man fight. Is the one who puts an extra ammo in his magazine…”. Salam hormat bung wehrmacht…

          •  

            wah, sulit untuk setuju dengan rommel, bisa jadi the winner is the one better trained (mis setting senapan serbu kopassus klo gak salah single shot bukan burst, sehingga irit amunisi)

      •  

        koq pada lupa ya? saat search & tracking radar sebuah SAM diaktifkan emangnya RWR nyang ada di pespur pada diam membisu?……..tanpa search & tracking radar mo secanggih apapun ntu SAM kaga ada gunanya……klo ngaco di cmiiw ya….he,he,he

        •  

          @bung erich
          Trs kalo bunyi emangnya napa bung?kalo mis yg bunyi RWR nya F16 yg kecepatanya 1,6 suara trs yg ngejer rudalnya lebih dr 2 kali suara trs gak punya flare apa di ajak gulet immelman turn,split s atau scissor tuh rudal?

          Aseek neh ketemu ahlinya πŸ™‚

        •  

          wah kalau kondisinya seperti, Sepertinya Buk-M2E yang akan di beli Malaysia bukan ancaman berarti untuk TNI AU. kalau begitu tinggal di dar der dor dari atas saja. udah beres tuh pertahanan Malaysia

          •  

            walau saya juga tidak terlalu yakin, karena kenyataan di lapangan, pilot Amerika cukup banyak yang menghadap Tuhan karena rudal 3 jari milik Vietcong.

            terus juga, kalau cara menjinakan SAM mudah, ngapain juga banyak pilot Israel yang mau-maunya meregang nyawa kena ketapel mesir.

          •  

            dan katanya :

            Buk-M2E sekarang bisa dihubungkan dengan radar Protivnik-GE ( 10 – 400 km ). cuma gak tau juga caranya “berhubungan” antara Buk-M2E yang mobile dengan radar darat 3 dimensi itu. entah dipakai sebagai peringatan dini atau sebagai penuntun rudalnya.

          •  

            keliatannya gampang ya mbah? cara ini blum dikenal saat 2 perang tsb berlangsung…bisa ngeliat dari jauh ( 400km ) tapi baru bisa nyambit di jarak 40an km…..eman-eman mbah. nyang paling efektif tuh klo si target cuman punya waktu utk merespon -30 detik dari proses pertama sampe impact ( itupun dgn kondisi salvo 3 rudal )…..killing prob 90-100%……mohon cmiiw nya…..he,he,he

  45.  

    mobilitas adalah keunggulannya, begitu melepaskan misil dan diketahui posisinya dia akan bergerak sejauh mungkin untuk menghindari salvo artilery..

    •  

      betul,
      Generaloberst Guderian bilang β€œDer Motor des Panzers ist ebenso seine Waffe wie die Kanone”, mesin sebuah tank adalah senjata, sama seperti kanon-nya.
      dalam konteks SAM, mobilitas sama penting dengan keampuhan sistem rudalnya.

      mobilitas berarti
      >battlespace mobility, kemampuan SAM untuk β€œhide, shoot and scoot” / ngumpet, menembak dan kabur menghindari SEAD lawan.
      >kemudahan penggelaran (deployability) di dalam 1 teater, atau antar teater.

      •  

        @bung danu
        Mantap neh celetukan guderian…gak sia2 dia di julukin heinz yg selalu terburu2…lha wong setiap ngeliat anak buahnya berhenti dia selalu tereak: keep advancing!

  46.  

    jangan cuma jika, klo pengen dan niat mah langsung j daftar ikut jadi pemimpin, gtu j kok repot πŸ˜€

  47.  

    pernah baca majalah angkasa edisi khusus perang yom kipur, tentara komando israel berhasil membongkar SAM milik mesir. pertanyaannya sebegitu lemahkah pertahanan mereka??

    tolong koreksi bila saya salah…

    •  

      @bung wawan s
      Bkn edisi yom kippur bung tp yg edisi perang 6 hari.itu karena mata2 israel macam eli cohen berhasil mengetahui situs2 SAM suriah dan mesir.kalo yom kippur SAM israel yg di kadalin…

  48.  

    nyimak…

  49.  

    baru belajar dan baru bergabung di forum ini

  50.  

    Ya Allah, kemana kami cari perlindungan dr keganasan senjata malaysia ini..???

    •  

      He he… , baru segitu saja seakan dunia kiamat . Senjata-senjata mutakhir pun masih ada kelemahan dan bisa diakali kalau mau dipikir bukan hanya berdoa .

  51.  

    Saya pernh ngobrol dengn Seorang anggota TLDM yg merupkn keturunan suku jawa.mengenai hubngn militer ke2 negara.mengenai seandainya terjadi perang antr ke2 negara.beliau berpndpt,sebaiknya ke2 negara serumpn ini jangn sampai perang.krna seandainya terjadi perang maka ke2 negara ini msk dlm target konspirasi barat”YAHUDI”.Krna. Memang mereka menginginkn terjadinya Perang ini.maka seandainya Perang terjadi maka yg di untungkn adalh konspirasi tersbt.krna dengn terjdinya perang,keadaan iklim politik dan ekonomi pasti porak poranda.dengn runthnya ekonomi ini mreka akn mask dengn mudhnya untk menguasai SDA.bhkn mereka mrncnkn untk sampai mengusai Pemerintahan lewt antek2nya.oleh krna itu dia berpndpt ke2 Negara sermpn ini jngn smpai Perang.

    •  

      Bagaimana tanggapan sesepuh2 warjag,mengenai pendpt seorang anggota TLDM tersbt?apakah bnr sprti itu?!

      •  

        Ya BENER
        Logikanya kalau bisa diselesaikan secara diplomasi ngapin perang
        diluar konspirasi macem macem
        Hidup damai itu Indah dan selamat…walaupun tetep waspada dengan memperkuat alutsista

        tahun lalu pernah ane diskusikan disebelah
        Nanti tak carikan bahannya lagi,,

        •  

          Ya,trimksh ats tanggapannya bung Satrio..di tunggu untk bahan dan uberampenya…sy cm mengutarakn apa yg anggota Tldm itu katkn..maklum orang awam.slm kenal,sukses slalu,jayalah NKRI

    •  

      Kalo sy pilih takluk tunduk sm yg di Pertuan Agung, Malaysia Raya…..lebih baik jd pembantu drpd hancur berantakan…

  52.  

    Mantaap!

  53.  

    bukannya INDONESIA yg selalu mempublikasikan wacana militernya,gembar gembor mau bli a..b..c..ternyata “n”..!
    rasanya negri tetangga adem2 aja,pola kerja mereka berbeda jauh dgn indonesia,mereka ternyata lbh byk berbuat drpd berwacana dan berandai andai..sebaliknya indonesia terlalu byk berandai andai drpd realisasinya..jd begitu mereka membeli peralatan perang yg jg “diminati” indonesia,membuat byk org indonesia meriang,merana krn cm mampu jd penonton,kemudian mulai mencari pembenaran utk mencela negri org..itulah gambaran umum org indonesia!
    mungkin org2 di luar sana sedang menertawakan angan2 indonesia utk proyek kfx/ifx..bagai pungguk merindukan bulan,menanti sesuatu yg tak lbh dr sebuah mimpi..tq

  54.  

    sedikit info mengenai panstir s-1 :

    + :
    – kombinasi meriam dan misil
    – Bisa menembak sambil berjalan
    – mampu menggotong banyak amunisi
    -lebih bagus dibanding pesaingnya
    – desain yang sudah terbukti
    – dilengkapi Radar -search & tracking
    – EO & IR – backup

    – :
    -Radar rentan jamming
    – Mahal

    Pantsir – S1 adalah pengganti Tunguska , dan menggunakan meriam otomatis yang dapat dipasang pada berbagai platform . Sampai saat ini , Sedikitnya 5 negara telah membeli lebih dari 210 unit ini. Pantsir memiliki 12 rudal yang siap diluncurkan , 50 % lebih banyak dibanding kompetitornya. Namun, yang paling luar biasa dalam hal itu adalah kemampuan menembakan meriam berbarengan dengan rudalnya selagi bergerak (meskipun mungkin hanya pada kecepatan rendah , katakanlah 30 km / jam ) . Jarak efektif untuk 20 km. Selain itu bisa locking sampai 4 target secara bersamaan.
    Kelemahan utama pada sistem SACLOS-nya yang mudah dijamming. Dibandingkan sistem TOR-M1, panstir kurang peka terhadap target yang bersifat stealth.

  55.  

    tambahan buat tukang pecel:

    Buk-M1-2/M2E
    + :
    – All in One system dalam 1 unit mobil
    – Pada Saat Reload masih bisa menembakan rudalnya
    -Jarak jangkau yang bagus di kelasnya
    -kemampuan Anti Balistic Missile

    – :
    -Rudal dalam ukuran besar
    -Radarnya yang kurang peka
    – Mahal

    The Buk – M1 – 2 ( SA – 17 ) merupakan pengembangan dari sistem Buk ( SA – 11 ) , dikembangkan untuk menggantikan rudal SA – 6 . Kemudahan upgrade dari tipe lama ke tipe yang lebih baru . Dengan rudal type terbaru bisa menjangkau target sampai dengan 50km.

 Leave a Reply