Apr 242019
 

Jet tempur J-10B China © Kemenhan China via Youtube

Pemerintah Malaysia ingin melakukan kontrak pembelian pesawat tempur ringan menggunakan sistem barter dengan minyak sawitnya.

Pemerintah Malaysia sedang berdiskusi dengan negara-negara produsen pesawat tempur termasuk Rusia, Cina, dan Pakistan mengenai kesepakatan untuk pengadaan peralatan pertahanan dengan imbalan minyak sawit, kata Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu.

Sebagaimana banyak dilaporkan oleh media Malaysia pada 19 April, Mohamad Sabu mengatakan langkah tersebut merupakan bagian dari strategi kebangkitan Malaysia untuk menggunakan komoditas nasional sebagai pembayaran kesepakatan dan bukan dengan keuangan anggaran negara. “Kami telah bekerja menuju sistem barter dan telah menerima respons positif,” katanya.

Menteri mengatakan Rusia, Cina, dan Pakistan semuanya menyatakan kesediaannya untuk menerima barter minyak sawit Malaysia sebagai bagian dari pertukaran dengan pesawat tempur. Mohamad Sabu juga mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk membahas perjanjian countertrade dengan Rusia selama kunjungan empat hari ke Moskow yang dimulai pada 20 April.

Jane’s

 Posted by on April 24, 2019