Mar 262016
 

Kuala Lumpur – Sekitar 100 kapal nelayan China terlacak melanggar perairan Malaysia di Laut Cina Selatan. Malaysia pun mengirim kapal angkatan laut dan penjaga perbatasan, tapi mereka tidak akan melakukan provokasi, ujar Menteri Keamanan Malaysia, Datuk Seri Shahidan Kassim.

“Personel Badan Penegakan Kelautan Malaysia dan satuan angkatan laut telah dikirim ke wilayah perairan dekat Shoals Luconia untuk memantau situasi yang terjadi”, ujar Menteri Keamanan Nasional Malaysia Shahidan Kassim, 25/3/2016.

Shahidan tidak merinci apa jenis kapal China yang telah memasuki perairan Malaysia. Namun, pejabat kelautan dari Maritime Enforcement Agency mengatakan, kapal-kapal China itu melakukan peangkapan ikan dan dikawal dua kapal penjaga pantai China.

China memang mengklaim sebagian besar Laut China Selatan sebagai “wilayah tradisionalnya” dan terlibat sengketa perbatasan dengan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Brunei, Malaysia, Filipina dan Vietnam, dan juga Taiwan.

Juru bicara kementerian luar negeri China, Hong Lei, ketika ditanya soal itu pada konferensi Jumat (25/3/2016) menerangkan, dia tidak tahu “bagaimana rincian” laporan Malaysia tersebut.

“Sekarang musim penangkapan ikan di Laut China Selatan. Pada saat ini setiap tahun kapal pukat China berada di perairan yang relevan dan melaksanakan kegiatan penangkapan ikan secara normal,” ujar Hong Lei.

Menteri Keamanan Malaysia Shahidan menyatakan, Malaysia akan mengambil tindakan hukum jika kapal-kapal China terus-menerus berada dalam zona ekonomi eksklusif Malaysia. Seorang pejabat maritim Malaysia mengungkapkan, ada tiga kapal Malaysia yang sedang memantau armada China.

“Perintah kami adalah, jangan memprovokasi mereka dengan cara apapun,” ujar pejabat yang menolak disebutkan namanya, dengan alasan dia tidak berwenang berbicara kepada media massa.

Adapun Menteri Keamanan Malaysia, Datuk Seri Shahidan Kassim mengatakan : “Kita telah kerahkan tiga kapal APMM (Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia), dua telah bergerak, aset Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) juga ada di sana. Pesawat Bombadier telah terbang untuk meninjau kawasan itu dan mendapati terdapat sekumpulan nelayan China berada di sana. Ia mengatakan, jumlah kapal China agak banyak di sana.

Menteri Keamanan Malaysia mengatakan, tindakan akan diambil jika kapal-kapal China terus memasuki zon ekonomi ekslusif negara Malasyia.

DW.com dan Malaysiakini.com

  133 Responses to “Malaysia Kirim Kapal Perang dan Pesawat, Pantau Kapal Pencuri Ikan China”

  1.  

    OGHHHH…..!!! !! !! !! !
    …sempat terkejut diri ..namun ternyata cuma buat -pajangan-dilaut…untuk sekedar menebar sensasi dalam mencari simpati…hahhaaaaaa

  2.  

    tak respectpun buat indonana…takde guna..macam rusia bolehlah awak cakap arogan..jilat ludah awak sendri…!!!

  3.  

    awak nak cakap apapun buat saya tak penting sangat..saya tak sama kat malaysia johor.serawak.sabah..soranganpun kat sini saya tak takut..kinabalu takde lawan kat manapun termasok malaysia kota…!!

  4.  

    Saya tengok banyak gaduh..tak nak komentlah…!!

  5.  

    FIRST REMINDER
    “Perintah kami adalah, jangan memprovokasi mereka dengan cara apapun,”

    jangan memprovokasi mereka dengan cara apapun >> LIHAT² SAJA, KITA TAK ADA DAYA,.. KALAU CHINA AMBIL IKANNYA TERLALU BANYAK, BILANG KE CHINA,.. BAGI BAGI DONG ujar Panglima diraja Malon

    KWAKWAKWAKWAAAAAKKKKKK

  6.  

    Bung Kutil ketawanya jelek !!…. KUAK..KUAKK..KUAK…KUAK…

    •  

      wkwkwkwwk…..
      tapi hampir jeleknya dg ketawa anda bung @Colibri…..
      kwaaaakk…..kwaaaakkk……..
      kayak suara bebek lagi kejepit…..
      wkwkwkwkwk……
      pis bung, becandanya kelewatan…..
      ngacir ah……
      sebelum bung @C
      ngamuk……
      wkwkwkwkwk……

  7.  

    Ishhh ini forum militer?
    Komentarnya orang indonesia ini bagus betul.!!!!!

    Macam gak pernah sekolah

    •  

      muehehehheheheheheeeeee
      “Perintah kami adalah, jangan memprovokasi mereka dengan cara apapun,”

      jangan memprovokasi mereka dengan cara apapun >> LIHAT² SAJA, KITA TAK ADA DAYA,.. KALAU CHINA AMBIL IKANNYA TERLALU BANYAK, BILANG KE CHINA,.. BAGI BAGI DONG ujar Panglima diraja Malasia

      KWAKWAKWAKWAAAAAKKKKKK

    •  

      Kita2 pada sekokah pak, tapi sekarang lagi weekend… xixixi…

  8.  

    Indonesia Malaysia janganlah bertengkar, China di depan mata

  9.  

    Gurau…je..takpayah..nak.. merajuk.and.. di ambil hati…@weny…syng….oop…..

  10.  

    @wenny , ada whatsapp yang bisa dihubungi ?

  11.  

    kwak kwak kwaaaaakkkkk

  12.  

    sungguh menghibur………..hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  13.  

    @TMB _ apa yg rakyat malaysia lakukan dgn keputusan pemerintahny yg lembik mengatasi nelayan” cina?

  14.  

    go malon go malon go malon lawan china ,,,,, malon takde kuasa lawan china sana lon ngadu dulu sama mama elly,,,, buat keroyok lawan cina,,,,
    namanya juga pengecut ya berani lawan keroyokan minta tulung kakak tertua malon oztrali

    muehehheheheheee

  15.  

    mampir bentr ah sambil nunggu pesanan kopi datang……udah lah bung@colibri g dilayan bung@TMB yg lgi mabok obat nyamuk to,mending kita ngopi bareng yuk mumpung ad rokok 234 nie….hehehe

  16.  

    INDON BUALPUN TETAP BUAL…CAKAP BESAR TAKDE BUKTI…TERUK SANGAT…!!!miskin awak…!!

    •  

      Daripada ente stress lon, mendingan kita ngopi dulu sambil ngrokok Jisamsu bareng2 sama bung Beny….. lumayan gratis daripada lu manyun takde wang !!… kwaaakk..kwaaakk…kwaaaakk

  17.  

    sama pencuri ikan aja takut…! ampuuuun..

  18.  

    saya sudah cakap..kinabalu tak kan boleh mundur…indon besar cakap sahaja..!!berani di tempatan sahaja..boat awak lari..macam yang ini.itu.sana..banyak cakap bual..!

  19.  

    sudahlah jangan menghina secara berlebihan…

  20.  

    Benar-benar berita dari malon….?
    kalo begitu, pantas dan wajar. Masuk akal! itulah dia si malaysia trully asia yang tertukar.

  21.  

    Selamat menghibur diri malontong….. xixi…

  22.  

    Ga usah bertengkar, China tuh musuh yg sesungguhnya dah d depan mata

  23.  

    Sandhi Yudha@ yaelah ni orang…mau bicara ghoib…emang ente siapa bisa tau rahasia negara??? mau ngaku orang dalam???ntu…bicara sama anak tk sono…orang kasal nya aja langsung buat alasan…itu kasal asli lho…bukan yg ngaku2 kasal

  24.  

    yono, buka web the diplomat berbahasa inggris, itu ada cerita sesungguhnya , bagaimana CG cina diusir oleh militer indonesia yg hanya pake sea rider. itulah kenapa awak kapal cina tidak berani mengambil ABK cina yg ditawan oleh kapal KKP.

  25.  

    hey malaysia 100 kapal nelayan , itu bukan jumlah yg sedikit.
    Indonesia hanya 1 kapal nelayan dan langsung di protes keras , china tiongkok langsung mengakui jika natuna adalah milik indonesia.
    kenapa tiongkok terlihat berhati hati dgn tdk mengusik kedaulatan Indonesia daripada lebih berani mengacak acak kedaulatan malaysia , karena tiongkok tau kalau Indonesia sampai gusar karena ulahnya , maka Indonesia dapat menggerakan 11 Negara di ASEAN . Dan Indonesia adalah guru Militer di kawasan ASEAN. Tiongkok yg dpt dikatakan negara Adidaya tetap akan memperhitungan dgn cermat jika berani berselisih dgn Indonesia. Padahal Klaim mereka sampai tembus Natuna , tapi lihat kenapa Natuna gak berani diangkat sama Tiongkok.

    Buat Malaysia, ini adalah realita . sekarang Bangsa kami tumbuh , lihatlah dalam dua hingga tiga tahun dari sekarang , Indonesia telah mampu memproduksi pesawat tempur , kapal selam , kapal perang , tank medium , rudal , drone , Ekonomi Indonesia naik meroket bersama negara Brazil , tiongkok , India , dan masih banyak lagi yg tentunya positif bagi Kami. ini adalah momentum Kami , Bangsa Indonesia. Dahulu Malaysia pernah melecehkan Kami , dan Indonesia takan pernah lupa pulau Sipadan & Ligitan yg kalian klaim saat ini.

    Tentukanlah Nasib kalian sendiri saudara serumpun , semoga hal ini menjadi pelajaran bagi kalian agar tdk bersikap pongah.

  26.  

    Nah, kalau si Malon ini kasus-nya beda. Berhubung tidak ada pengakuan PBB atas Malon sebagai negara kepulauan, jadi si Malon tidak bisa mengaku punya ZEE 200 mil laut. Jadi, kalau ada kapal nelayan Cina numpang berak di sekitaran sana, Malon harus introspeksi diri.

  27.  

    pantau klo bahasa sipil nya lihat” doang…haha..
    kpn penindakanny…

  28.  

    Maloooooonnn…. ikanmu ada yg nyuri, cepetan dipantau !!!…. kwaaakk…kwaakk..kwaakk….

  29.  

    Tentaranya leluhur belum banyak makan asam garam.. kemerdekaannya aja dikasih… wajarlah pimpinan & tentara nya punya mental tempe

  30.  

    Sudah mulai GILA si malun kena buli bro
    Kah kah kah

    Sudah mulai GILA si malun kena buli bro
    Kah kah kah

  31.  

    Pasti rame dah kalo bahas tetangga sebelah….,bisa aja nih Bung Diego……
    Yang paling puas pasti Bung Colibri..

  32.  

    Hadeh pak cik.. 100 itu pakcik.. kapal itu bukan semut..
    Indonesia ada 1 kapal nelayan cina & abk nya ditangkap sma kkp aja, walaupun kapal pencurinya gagal dibwa pulang. banyak wrga Ente koar” ngatain Indonesia ga berday lah. Indonesia takut sma cina lah.

    Lha trus kalo perairan ente kemasukan 100 kapal pencuri ikan cina, TLDM/ negara ente diem aja, kita musti bilang apa ke negara ente yg ktnya Sok Jaguh, Haibat ntu..

    Hadehhh. Tu baru cina aja loh ya..
    Belum taiwan, thailand, vietnam dll..
    Ga bisa ngebayangin malunya pemerintah ente..
    Ntu jg kalo masi punya yg namanya Malu Negara ente..

  33.  

    Lupa makan pisang…jd pingsan deh wkwkwkwkwkkwkwk

 Leave a Reply